19 Tempat Wisata di Cianjur yang Wajib Dikunjungi

Kabupaten Cianjur yang berada di Provinsi Jawa Barat ini memang terbilang memiliki alam yang cukup asri dan masih terjaga dengan baik.

Daerah yang disebut sebagai Kota Santri ini bukan tanpa alasan, karena di Cianjur Anda dapat menemukan banyak sekali pondok pesantren.

Selain itu hal ini juga memang melekat di Cianjur, dimana Anda dapat menemui disepanjang jalan Cianjur terdapat Asmaul Husna yang menandakan identitas Cianjur sebagai Kota Santri.

Selain keindahan alamnya, Cianjur juga memiliki banyak sekali kuliner yang menarik. Tak heran jika banyak wisatawan yang senang berkunjung ke Cianjur.

Bahkan Anda dapat melihat berbagai tugu yang menandakan ciri khas Cianjur lho, seperti tugu tauco, tugu pandan wangi, tugu tauhid, dan masih banyak tugu lain yang melambangkan ciri khas dari Kabupaten Cianjur.

Nah untuk memudahkan Anda yang mungkin sedang ingin berwisata di Kabupaten Cianjur, berikut ini telah kami rangkum beberapa tempat wisata paling populer di Cianjur:

1. Alun-Alun Cianjur

Alun-Alun Cianjur menjadi salah satu tempat yang cukup iconic di Cianjur. Tempat yang satu ini sangat cocok untuk mengajak keluarga berwisata bersama.

Sesuai dengan tradisi budaya Kabupaten Cianjur yaitu ngaos, mamaos, dan maenpo Anda dapat menemui sebuah air mancur dengan patung replika Al-Qur’an ditengahnya yang menyimbolkan tradisi budaya “ngaos”, ada juga menara yang berbentuk suling yang menyimbolkan tradisi budaya “mamaos”, dan juga ada patung pencak silat yang menyimbolkan “maenpo” di tempat ini.

Selain banyaknya simbol-simbol budaya Cianjur di tempat ini juga terdapat rumput sintetis hijau untuk Anda bersantai bersama keluarga, dan juga beberapa kursi yang terletak di beberapa sudut Alun-Alun Cianjur.

2. Situs Megalitikum Gunung Padang

Situs megalitikum yang satu ini merupakan tempat wisata yang tidak boleh ketinggalan untuk dikunjungi selama Anda berada di Cianjur.

Situs Megalitikum Gunung Padang ini disebut-sebut sebagai punden berundak piramida terbesar yang berada di Asia Tenggara.

Tidak sekadar tempat bersejarah saja tempat yang satu ini juga terlihat aesthetic lho jika Anda jadikan tempat berfoto.

3. Kebun Teh Sukanagara

Keindahan dan keasrian alam Cianjur memang menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.

Bagi Anda yang ingin menikmati hamparan pemandangan hijau kebun teh tempat yang satu ini cocok untuk Anda jadikan pilihan.

Udara yang sejuk tanpa polusi tentu akan membuat pikiran Anda lebih fresh dan relax. Tidak hanya keindahan hamparan kebun teh saja, di Kebun Teh Sukanagara ini juga terdapat area outbound lho.

4. Pantai Apra Cianjur

Keindahan pantai selatan memang tidak bisa diragukan lagi. Deburan ombak besar dan tiupan angin yang kencang akan membuat Anda merasakan sensasi bersatu dengan alam.

Pantai Apra akan terlihat begitu indah ketika momen matahari terbenam, tidak heran jika banyak orang yang datang pada sore hari untuk menjadikan momen matahari terbenam ini sebagai objek fotonya.

5. Pantai Jayanti

Pantai Jayanti menjadi salah satu pantai yang keindahannya masih begitu alami. Pantai pasir yang putih dan deburan ombak yang menenangkan ini akan membuat Anda melupakan sementara penat yang ada.

Selain itu, pantai yang satu ini juga masih jarang terjamah oleh para wisatawan. Jadi keasriannya sudah pasti masih terjaga.

6. Sungai Cikundul Cianjur

Sungai Cikundul ini merupakan tempat wisata memacu adrenalin bagi Anda yang senang bermain permainan air yang terbilang ekstrim.

Aktivitas arung jeram yang ada di tempat wisata ini cukup menantang lho karena rutenya yang ekstrim.

Tapi tidak perlu khawatir, selama Anda memiliki keberanian akan ada pemandu professional yang sigap menjaga Anda.

7. Situs Megalitikum Gunung Kasur

Selain Situs Mehalitikum Gunung Padang, Anda juga dapat mengunjungi Situs Megalitikum Gunung Kasur lho.

Tempat wisata yang akhir-akhir ini menjadi tempat favorite para pemuda ini memang menyajikan pemandangan indah di sekitar pegunungan.

Konon katanya di puncak Gunung Kasur ini terdapat makam kuno pendiri kerajaan Cianjur.

Anda juga dapat menemui sebuah batu yang terdapat cetakan telapak kaki yang disebut-sebut sebagai telapak dari Patih pertama Cianjur.

8. Kebun Raya Cibodas

Tempat yang satu ini juga merupakan tempat wisata yang wajib dikunjungi selama berada di Cianjur. Saking indahnya Kebun Raya Cibodas ini disebut-sebut sebagai surganya dunia lho.

Hamparan rumput hijau, ditambah pepohonan dan udara sejuk akan membuat Anda merasa tenang berada di tempat ini.

Selain itu Kebun Raya Cibodas juga memiliki pohon sakura seperti di Jepang, jadi Anda tidak perlu jauh-jauh ke Jepang lagi untuk melihat bunga sakura bermekaran.

Anda juga dapat mengunjungi beberapa curug dan juga air terjun yang berada di Kebun Raya Cibodas.

9. Gunung Gede Pangrango

Gunung Gede Pangrango memanglah menjadi gunung yang sangat terkenal di Jawa Barat. Gunung Gede sebenarnya berada diantara tiga kabupaten sekaligus yaitu Cianjur, Sukabumi, dan juga Bogor.

Keindahan alam yang masih terjaga membuat para wisatawan selalu ingin mendatanginya lagi dan lagi.

Di Gunung Gede Pangrango Anda dapat menemukan hutan montana, hutan submontana, hutan subalpin, savana, rawa, dan juga danau lho.

10. Curug Cibeureum

Curug yang berada di kawasan Gunung Gede Pangrango ini merupakan curug yang memiliki debit air terjun yang cukup deras.

Keindahan air terjun yang ada juga dilengkapi dengan pemandangan sekitar yang begitu mempesona, bebatuan yang terlapisi lumut hijau dan pepohonan yang rimbun membuat curug ini semakin asri dan sejuk.

11. Curug Cikondang

Curug Cikondang ini berada di kawasan Situs Megalitikum Gunung Padang.

Keindahan curug ini memang sangat memanjakan mata, terlebih keberadaannya di tengah-tengah persawahan dan juga kebun teh membuat curug ini terasa lebih asri dan membuat Anda betah untuk berlama-lama berada disini menikmati suasana yang ada.

12. Curug Citambur

Keindahan Curug Citambur memang akan membuat siapa saja yang melihatnya langsung jatuh cinta.

Meskipun rute untuk mencapai curug ini terbilang sulit karena harus menerobos beberapa hutan dan pedesaan namun pemandangan yang Anda dapat di curug ini tidak akan membuat Anda menyesal telah melewati perjalan panjang sebelumnya.

Bahkan sebelum sampai di curug Anda akan disuguhi pemandangan indah seperti hijaunya hamparan sawah dan rimbunnya pepohonan.

13. Museum Cianjur

Museum Cianjur dapat Anda jadikan pilihan berwisata sambil menambah pengetahuan mengenai sejarah.

Museum yang berada di dalam kompleks kantor pemerintahan Kabupaten Cianjur ini merupakan gedung museum budaya yang menyimpan berbagai peninggalan kebudayaan Cianjur zaman dulu.

Tidak ada salahnya untuk Anda mengunjungi tempat yang satu ini agar mengetahui sejarah kebudayaan yang ada di Cianjur.

14. Puncak Rindu Alam

Tempat wisata yang berada diantara perbatasan Kabupaten Cianjur dan Kota Bogor ini menjadi salah satu tempat wisata yang wajib dikunjungi jika berada di Cianjur ataupun Bogor.

Pemandangan hamparan kebun teh hijau yang rimbun ini akan memanjakan mata Anda, udara yang sejuk juga akan membuat Anda betah berlama-lama disini.

Selain itu di tempat ini juga Anda akan menemui berbagai makanan khas Jawa Barat dan juga berbagai souvenir yang dapat Anda jadikan oleh-oleh.

15. Perkebunan Teh Gedeh

Cianjur yang memang masih asri memang memiliki banyak sekali wisata alam yang indah. Perkebunan Teh Gedeh juga menjadi salah satu objek wisata yang seringkali menarik minat para wisatawan untuk berdatangan.

Perkebunan Teh Gedeh ini menjadi kebun teh tertua yang ada di Pulau Jawa, bagaiman tidak perkebunan yang satu ini telah ada sejak zaman kolonial Belanda.

Selain keindahannya yang dapat kita nikmati, teh di tempat ini juga merupakan teh berkualitas baik yang di ekspor lho.

16. Taman Prawatasari

Taman asri yang biasa digunakan sebagai tempat berolahraga oleh masyarakat Cianjur ini memiliki udara yang cukup sejuk karena banyaknya tanaman yang ada disekitarnya.

Sebelum memasukin Taman Prawatasari Anda juga akan melihat gerbang yang unik dimana di atasnya terdapat patung replika kecapi dan suling sebagai simbol alat musik tradisional Jawa Barat.

Selain menikmati kesejukannya disekitar taman Prawatasari juga dapat Anda temui berbagai jajanan khas Jawa Barat yang menggugah selera lho.

Anda dapat menikmati jajanan sambil duduk santai di kursi yang telah disediakan di dalam Taman Prawatasari.

17. Wisata Wachi Cianjur

Bagi Anda yang senang memandang keindahan alam dari ketinggian, tempat yang satu ini cocok untuk Anda kunjungi.

Anda dapat menaiki puncak bukit untuk melihat lembah yang berbalut kabut dengan udara sejuk di tempat ini.

Selain itu terdapat banyak spot foto yang instagramable juga lho di Wisata Wachi Cianjur ini.

18. Wisata Pokland Cianjur

Wisata Pokland memang menjadi tempat wisata yang sedang populer akhir-akhir ini.

Tempat yang merupakan hamparan luas hutan pinus ini juga dijadikan sebagai tempat pengumpulan kayu pongpoklandak yang biasa digunakan sebagai bahan material bangunan atau kerajinan lainnya.

Selain menikmati keindahan dan sejuknya hutan pinus, Wisata Pokland juga memiliki area camping ground, rumah pohon, tempat bermain anak, garden party, dan juga glamping lho.

19. The Jhon’s Aquatic Resort Cianjur

Salah satu tempat wisata yang berada dilingkungan yang masih asri ini cocok untuk dijadikan tempat wisata bersama keluarga tercinta.

Tempat yang asri dengan banyak tanaman dan rumput hijau didalamnya ini memiliki wahana lain seperti outbound, kolam renang, tempat makan, dan juga penginapan lho.

Selain itu Anda juga dapat berkeliling di The Jhon’s sambil melihat berbagai jenis binatang.

Keindahan alam dan segala cerita sejarah dibaliknya memang menarik untuk ditelusuri. Di Cianjur sendiri kita dapat menambah pengetahuan dan kecintaan terhadap budaya yang ada di Indonesia khususnya Jawa Barat ini.

Demikian artikel rekomendasi tempat wisata di Cianjur. Semoga dapat Anda jadikan pilihan destinasi wisata selama berada di Cianjur. Terima kasih.

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN