15 Tempat Wisata di Bangli Bali yang Wajib Dikunjungi

Kabupaten Bangli memang agak berbeda jika dibandingkan dengan kabupaten atau kota lainnya yang berada di Bali.

Kabupaten Bangli tidak terkenal dengan pantai-pantainya, Bangli justru memiliki banyak sekali tempat wisata alam seperti air terjun, pura, dan beberapa wisata alam lainnya yang berada di daratan.

Hal ini menjadikan Bangli sangat cocok bagi Anda yang mungkin bosan terus-terusan mengunjungi pantai di Bali.

Bagi Anda yang mungkin tertarik untuk berwisata di Kabupaten Bangli, berikut ini telah kami rangkum beberapa tempat wisata di Bangli yang wajib Anda kunjungi:

1. Desa Purbakala Batukaang

Jika Anda berada di Kabupaten Bangli, Desa Purbakala Batukaag ini tidak boleh Anda lewatkan. Salah satu desa yang menyimpan sejarah purbakala ini memang menarik untuk Anda kunjungi. Berbagai peninggalan purbakala dapat Anda temui di desa wisata yang satu ini.

Lokasi Desa Purbakala Batukaang yang berada di ketinggian 1.150 mdpl ini memang menyuguhkan keindahan alam yang luar biasa, mulai dari gunung, hamparan alam hijau, dan juga semilir angin yang mengalirkan aroma kopi dari perkebunan kopi yang ada di daerah ini. Wah pasti seru deh berkunjung ke desa wisata yang satu ini.

2. Desa Penglipuran

Desa Penglipuran mungkin sudah tidak asing lagi bagi Anda. Salah satu desa yang memang sudah cukup terkenal ini memang seringkali dijadikan sebagai tempat syuting berbagai ftv dan juga sinetron.

Selain begitu khas Bali, desa wisata yang satu ini juga memiliki udara yang sejuk lho. Tentunya Anda akan betah berlama-lama di Desa Penglipuran ini.

3. Kaldera Gunung Batur

Gunung Batur memang menjadi salah satu gunung yang tidak boleh Anda lewatkan jika berkunjung ke Kabupaten Bangli.

Nah di Gunung Batur terdapat sebuah kaldera yang menyajikan keindahan alam luar biasa, Kaldera Gunung Batur bahkan menjadi kaldera terbesar yang ada di dunia.

Uniknya, didalam kaldera terdapat sebuah danau berbentuk bulan sabit yang begitu mempesona lho.

4. Pemandian Air Panas Toyo Bungkah

Berada di pinggir Danau Batur, pemandian yang satu ini memang memiliki sumber mata air panas langsung dari Gunung Batur.

Mandi air panas juga memang memiliki banyak manfaat lho untuk tubuh, seperti mengobati penyakit kulit, menyegarkan tubuh, dan juga membuat relax pikiran. Wah pasti nyaman deh berada di tempat ini.

5. Museum Geopark Batur

Nah selain menjelajah di Gunung Batur, Anda juga harus berkunjung ke museum yang satu ini. Museum Geopark Batur ini menyimpan sejarah tentang Gunung Batur lho, selain itu didalamnya juga terdapat berbagai miniatur alam yang dapat Anda lihat.

Tidak hanya berfungsi sebagai museum yang menyimpan sejarah dan benda-benda lainnya. Museum Geopark Batur ini juga menjadi pusat informasi geopark nasional.

6. Pura Kehen

Pura Kehen memang menjadi salah satu pura terbesar yang ada di Kabupaten Bangli. Pura yang juga menjadi peninggalan sejarah Bali kuno ini memang memiliki arsitektur yang begitu khas Bali.

Lokasinya yang berada di dataran tinggi juga mengharuskan Anda untuk menaiki 38 anak tangga yang ada.

Pura yang satu ini juga memuat banyak nama lho, di tempat ini juga bahkan terdapat tempat suci pemujaan Dewa Tri Murthi Brahmam Wisnu, dan juga Siwa.

7. Desa Pinggan Kintamani

Desa Pinggan Kintamani ini memang menjadi spot yang tepat untuk menikmati sunrise. Letaknya yang berada di perbukitan memang menyuguhkan keindahan alam yang luar biasa di pagi hari, pemandangan Gunung Batur dan juga Gunung Agung menjadi penambah keindahannya.

Kabut yang menyapa juga tentu menjadi nilai plus dari Desa Pinggan Kintamani ini. Wah memang jadi perpaduan alam luar biasa yaa momen matahari terbit, kabut, dan pemandangan gunung-gunung disekitarnya.

8. Air Terjun Dusun Kuning

Kabupaten Bangli juga memiliki air terjun yang mempesona lho. Air Terjun Dusun Kuning ini bahkan tidak pernah sepi dikunjungi para wisatawan.

Aliran air terjunnya yang begitu segar dengan tebing yang eksotis memang membuat air terjun yang satu ini begitu mengagumkan.

Tempat yang satu ini juga dapat Anda jadikan spot untuk berfoto, karena memang terbilang cukup instagramable.

9. Desa Trunyan Kintamani

Anda mungkin pernah mendengar nama desa yang satu ini, desa wisata yang memiliki tradisi menyimpan jenazah di alam terbuka ini memang agak mistis namun menarik untuk dikunjungi.

Jangan kaget, jika Anda berkunjung ke Desa Trunyan Kintamani Anda akan menemukan banyak sekali tulang belulang orang yang telah meninggal.

Meski jenazah dibiaran begitu saja, namun Anda tidak akan mencium bau busuk karena diletakkan di sekitar pohon taru lengkap dengan kemenyan.

10. Pura Ulun Danu Batur

Pura Ulun Danu Batur ini memang memiliki pemandangan yang begitu mengagumkan. Letaknya yang menghadap langsung ke Gunung Batur membuat pemandangan Gunung Batur terlihat begitu mempesona dari Pura Ulun Danu Batur ini.

Saat terjadi letusan Gunung Batur tahun 1917 lalu seluruh bangunan ini hancur, namun menariknya justru tempat pemujaan Dewi Danu tetap berdiri kokoh lho.

11. Air Terjun Singsing

Air terjun yang satu ini tidak perlu Anda ragukan keindahannya. Tumpukan bebatuan yang menjadi tempat aliran air terjun ditambah pepohonan rimbun yang ada disekitarnya membuat tempat yang satu ini terlihat begitu eksotis.

Selain itu, lokasi dari Air Terjun Singsing yang tersembunyi membuat air terjun yang satu ini terasa begitu sunyi, jadi sangat cocok sekali bagi Anda yang sedang ingin menenangkan pikiran.

12. Hutan Bambu

Bagi Anda yang senang mencari spot foto instagramable, Hutan Bambu ini dapat Anda jadikan pilihan. Deretan pohon bambu ini memang menjadi spot yang cukup keren untuk Anda berfoto.

Selain itu, Anda juga dapat menyusuri Hutan Bambu ini sambil menikmati udaranya yang sejuk ditambah dengan keramahan masyarakat setempat yang begitu terbuka dengan para wisatawan.

13. Air Terjun Tukad Cepung

Air Terjun Tukad Cepung memang menjadi salah satu air terjun tersembunyi yang ada di Kabupaten Bangli. Akses jalannya yang juga masih terbilang sulit memang membuat tempat yang satu ini belum banyak dikunjungi para wisatawan.

Namun menariknya, sebelum Anda mengunjungi Air Terjun Tukad Cupang ini Anda akan disambut para pemuda yang melakukan upacara Mesirat yang ditujukan untuk pembersihan diri.

Untuk sampai ke tempat yang satu ini Anda juga akan ditemani oleh para pemandu yang akan membantu Anda selama perjalanan. Tapi Anda tidak perlu khawatir, segala lelah Anda akan terbayarkan dengan keindahan yang disuguhkan Air Terjun Tukad Cepung ini.

14. Air Terjun Slau Tembuku

Air Terjun Slau Tembuku atau yang biasa disebut sebagai Air Terjun Tangkup oleh masyarakat sekitar ini memang memiliki keindahan yang luar biasa.

Tempat yang juga menjadi salah satu surga tersembunyi di Kabupaten Bangli ini memang masih belum banyak diketahui oleh wisatawan.

Hal ini tentu menjadi nilai plus bagi Anda yang berkunjung ke Air Terjun Slau Tembuku karena akan lebih merasa tenang berada di tempat ini.

Menariknya lagi, air terjun yang satu ini juga memiliki aliran sungai lho dibawahnya, jadi Anda dapat berenang deh di tempat ini.

15. Stone Garden and Animal Park

Salah satu tempat wisata terbaru di Kabupaten Bangli ini juga tidak boleh Anda lewatkan. Stone Garden and Animal Park ini selain memiliki banyak koleksi binatang, juga memiliki suguhan alam hijau yang mempesona lho.

Stone Garden and Animal Park juga memiliki beberapa spot menarik yang dapat Anda gunakan untuk berfoto. Pasti hasil foto Anda intagramable deh.

Demikian beberapa rekomendasi tempat wisata di Kabupaten Bangli. Semoga dapat menjadi referensi berwisata Anda. Terima kasih.

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN

15 Tempat Wisata di Kabupaten Sampang yang Wajib Dikunjungi

Kabupaten Sampang memang menjadi salah satu kabupaten yang ada di Pulau Madura, Jawa Timur. Banyak sekali cerita sejarah yang ada…

Cara Membuat Daftar Pustaka Jurnal, Buku, Makalah dan Skripsi

Sebelum masuk pembahasan cara membuat daftar pustaka baik untuk Jurnal, Buku, Makalah maupun Skripsi ada beberapa hal yang harus anda…

Murkanya Bharada E saat Rekonstruksi, Anggap Adegan Versi Tersangka Lain Termasuk Ferdy Sambo Tak Sesuai Fakta: Ada Penolakan

Bharada Richard Eliezer atau Bharada E sempat marah saat rekostruksi kasus pembunuhan berencana Brigadir J digelar. Proses rekonstruksi kasus pembunuhan…

18 Tempat Wisata di Kabupaten Purbalingga yang Wajib Dikunjungi

Purbalingga merupakan sebuah Kabupaten di provinsi Jawa Tengah yang berbatasan dengan Kabupaten Pemalang pada sisi sebelah utara. Kabupaten Purbalingga memang…

15 Tempat Wisata di Kabupaten Pacitan yang Wajib Dikunjungi

Keindahan alam di Kabupaten Pacitan memang sudah tidak dapat diragukan lagi. Keindahan pantainya, goa, dan juga hamparan alam hijau yang…

15 Tempat Wisata di Kabupaten Ngawi yang Wajib Dikunjungi

Kabupaten Ngawi, salah satu kabupaten yang berada di Jawa Timur ini selain memiliki alam yang begitu mengagumkan juga memang kaya…

15 Tempat Wisata di Kabupaten Pamekasan yang Wajib Dikunjungi

Anda tentu sudah tidak asing lagi mendengar nama Kabupaten yang berada di Pulau Madura ini. Ya, Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur.…

15 Tempat Wisata di Badung Bali yang Wajib Dikunjungi

Kabupaten Badung memang sudah sangat terkenal dengan keindahan alamnya yang mengagumkan. Pasir pantai putihnya pun menjadi salah satu keunggulan dari…

15 Tempat Wisata di Kabupaten Pasuruan yang Wajib Dikunjungi

Kabupaten Pasuruan memang menjadi salah satu daerah yang menjadi kawasan industri di Indonesia. Namun meskipun kawasan industri bukan berarti Pasuruan…

Apa Itu Leasing Mobil dan Bagaimana Cara Kerjanya

Leasing adalah sebuah aktivitas pembiayaan yang dilakukan oleh perusahaan dalam bentuk pengadaan atau peminjaman barang modal yang diatur dalam sebuah…