Cara Mengajukan Refund Tiket Kereta Api Terbaru 2024

Kemajuan teknologi memberikan ragam dampak kemudahan melakukan banyak hal dalam kehidupan manusia. Salah satunya dalam bidang transportasi dan kemudahan proses perjalanan, misalnya transportasi kereta api. Dalam situasi tertentu, acap kali kita harus membatalkan rencana perjalanan. Masalahnya, terkadang sudah membeli tiket perjalanan untuk hal tersebut. Hal ini tentu sering dialami oleh penumpang kereta api, di Indonesia sendiri masyarakat menggunakan Akses KAI.

Penumpang yang ingin membatalkan tiket kereta api bisa menggunakan Akses KAI tanpa harus ke loket stasiun. Dimana sebelum jadwal pembatalan diberlakukan, semua calon penumpang sudah mendapat informasi terlebih dahulu melalui layanan informasi pelanggan.

Memesan dan membatalkan tiket kereta api dapat dilakukan melalui online (aplikasi dan website) ataupun offline. Mengingat situasi pandemic, tentunya kita lebih memilih melakukan segala kegiatan secara onlie. Begitu pula dengan pembatalan tiket kereta api. Kali ini, kita akan membahas terkait refund tiket kereta di beberapa media onlie. Yuk, simak!

Cara Mengajukan Refund Tiket Kereta Api di KAI Access

Cara Mengajukan Refund Tiket Kereta Api di KAI Access

Bagi yang ingin membatalkan tiket kereta, Kompas.com merangkum cara pembatalan tiket kereta melalui KAI Access. Harap diperhatikan bahwa pembatalan tiket kereta melalui KAI Access berlaku untuk penumpang yang telah membeli tiket melalui semua channel penjualan tiket KAI, sebagai berikut:

1). Akses ke KAI Anda dapat membatalkan tiket kereta hanya dengan menggunakan ponsel Anda tanpa meninggalkan rumah. Pertama, Anda harus memiliki aplikasi KAI Access versi terbaru. Jika belum, Anda bisa mendownloadnya ke Google Play atau App Store. Kemudian, Anda dapat membuat akun terlebih dahulu mengikuti proses yang ada, lalu masuk ke akun Akses KAI Anda.

2). Masuk ke menu My Journey, setelah menginput pilih menu My Journey. Pada menu ini, pilih kode booking tiket yang ingin Anda batalkan. Anda juga dapat membatalkan pembelian tiket melalui saluran eksternal (seperti Traveloka, Tokopedia, Alfamart Store, Indomaret, Alfamidi, Kantor Pos, Tiket.com dan lainnya) melalui KAI Access.

3). Setelah itu Anda bisa masuk ke menu e-tiket dan klik “Batal”. Tombol ini hanya dapat dipilih ketika kode booking DIBAYAR dan hingga 24 jam sebelum waktu keberangkatan kereta.

4). Pilih nama penumpang yang akan membatalkan tiket kereta. Kemudian, baca halaman syarat dan ketentuan dan centang setuju. Anda dapat melanjutkan proses pembatalan tiket dengan memasukkan rekening bank pengembalian dana yang benar, lalu melanjutkan.

5). Anda bisa melakukan konfirmasi pembatalan tiket sesuai pilihan sebelumnya. Kemudian, klik tombol “Konfirmasi dan Lanjutkan” di halaman konfirmasi pembatalan. Kemudian pastikan Anda “Oke” untuk membatalkan tiket. Setelah tahapan tersebut, Anda berhasil menjalankan proses pembatalan tiket kereta.

6). Anda tinggal menunggu pengembalian dana, KAI akan mengembalikan 100% tiket langsung ke akun terdaftar Anda. Diperlukan waktu 30 hari untuk mengembalikan tiket.

Cara Mengajukan Refund Tiket Kereta Api di Traveloka

Cara Mengajukan Refund Tiket Kereta Api di Traveloka

Anda dapat melakukannya langsung melalui situs web atau aplikasi seluler Traveloka. Perlu juga dicatat bahwa metode ini sepenuhnya gratis melalui langkah-langkah berikut:

a). Masuk ke Akun Traveloka Anda

Jika Anda belum memiliki akun Traveloka.com, Anda disarankan untuk mendaftar terlebih dahulu. Caranya mudah, Anda hanya perlu mengisi data yang diperlukan dan mengikuti instruksinya. Daftar menggunakan email atau alamat email yang digunakan saat melakukan pemesanan. Setelah itu, silakan masuk dari www.traveloka.com/login

b). Masuk ke Menu Pesanan Saya

Setelah mendaftar dan login, Anda dapat memilih menu "Pesanan Saya". Anda bisa melihat menu ini di kanan atas situs web Traveloka. Menu ini akan menampilkan halaman yang menampilkan seluruh daftar pesanan Anda. Untuk informasi lebih rinci tentang melihat dan memeriksa, yang harus Anda lakukan adalah mengklik tombol "Detail" pada pesanan yang ingin Anda kembalikan atau batalkan.

c). Periksa Detail Pesanan yang Ingin Anda Kembalikan Dananya

Setelah melewati tombol “Detail”, Anda akan dibawa ke halaman “Detail Pesanan”. Dalam hal ini; untuk alasan keamanan, Anda disarankan untuk memeriksa detail reservasi tiket. Setelah itu, jika datanya benar tinggal pilih tombol “Refund”.

d). Setuju dengan Syarat dan Ketentuan

Setelah mengklik tombol refund, Anda akan masuk ke halaman “Syarat dan Ketentuan Pengembalian Dana Traveloka”. Setelah setuju, centang "Ya, saya setuju" di bagian bawah halaman, lalu klik tombol “Berikutnya”.

e). Isi Formulir Pengembalian Dana

Setelah menyetujui syarat dan ketentuan pengembalian dana, Anda akan dibawa ke halaman “Formulir Pengembalian Dana”. Pilih penumpang atau tamu yang ingin Anda kembalikan dananya dan isi semua informasi yang diminta.

Informasi ini termasuk nomor rekening, alasan pengembalian dana, dan data pribadi lainnya. Anda juga dapat mengunggah dokumen terkait alasan pengembalian dana, seperti surat otorisasi, sertifikat medis dan lainnya. Setelah itu, centang kotak di samping “Ya, saya setuju” dan klik tombol “Kirim Pengembalian Dana” untuk mengirimkan permintaan pengembalian dana.

f). Periksa Status Permintaan Pengembalian Dana

Status refund bisa dipantau melalui halaman “My Order Details”, proses pembatalan ini akan diproses beberapa saat, Anda tinggal menunggu dan mengecek detail order Anda.

Cara Mengajukan Refund Tiket Kereta Api di Tokopedia

Cara Mengajukan Refund Tiket Kereta Api di Tokopedia

Bagi yang membeli tiket kereta api di Tokopedia, sebelum membatalkan harap siapkan beberapa data seperti kode reservasi dan ID.

Waktu maksimum untuk pengembalian uang adalah 30 menit sebelum keberangkatan. Untuk mengembalikan uang tiket di Tokopedia, Anda harus menggunakan aplikasi KAI Access yang tersedia untuk diunduh di Play Store.

Cara Mengajukan Refund Tiket Kereta Api di Pegipegi

Cara Mengajukan Refund Tiket Kereta Api di Pegipegi

Pegipegi hanya memberikan refund untuk tiket pesawat dan tiket hotel. Sementara itu, tiket kereta api yang dibeli di Pegipegi masih dapat di-refund secara online menggunakan aplikasi KAI Access, atau di-refund secara offline di stasiun.

Langkah-langkah proses pengembalian dana sama seperti tiket kereta api yang dibeli melalui aplikasi KAI Access atau di stasiun.

Cara Mengajukan Refund Tiket Kereta Api di Tiket.com

Cara Mengajukan Refund Tiket Kereta Api di Tiket.com

Tiket kereta yang dibeli di Tiket.com tidak dapat di-refund melalui aplikasi ini. Proses refund hanya bisa dilakukan secara offline di stasiun, tapi online di aplikasi KAI Access. Pertama, siapkan kode booking/ID reservasi dan identitas pribadi Anda, seperti KTP atau paspor. Prosedur pengembalian uang sama seperti sebelumnya, dan uang akan dikembalikan melalui transfer bank setelah 30 hingga 45 hari.

Demikian ulasan kami mengenai refund tiket kereta api melalui KAI Acess, Traveloka, Tokopedia, Pegipegi dan Tiket.com. Semoga ulasan kami membantu Anda melakukan refund tiket kereta api Anda! Terimakasih sudah singgah.

Komentar Anda
Berita terkait
Loading next page... Press any key or tap to cancel.