15 Tempat Wisata di Kabupaten Sumenep yang Wajib Dikunjungi

Salah satu kabupaten yang ada di Pulau Madura ini memang memiliki keindahan alam yang luar biasa. Banyak pulau-pulau indah yang dapat Anda kunjungi di Kepulauan Madura yang ada di Kabupaten Sumenep.

Tidak hanya itu lho, bahkan masyarakat Kabupaten Sumenep sendiri memang begitu ramah dan menjaga tradisinya dengan baik. Berbagai wisata alam di Kabupaten Sumenep pun terbilang masih begitu asri dan terjaga.

Jika Anda berminat untuk berwisata di Kabupaten Sumenep, berikut telah kami rangkum beberapa tempat wisata yang wajib Anda kunjungi jika berada di Sumenep:

1. Museum Keraton Sumenep

Belum lengkap rasanya datang ke Kabupaten Sumenep tanpa mengunjungi Museum Keraton Sumenep.

Museum yang menyimpan berbagai peninggalan Keraton Sumenep yang disajikan lengkap dengan sejarahnya ini memang menarik untuk Anda ketahui, terlebih bagi Anda yang senang dengan sejarah.

Yang paling menarik adalah Anda akan melihat kereta kencana yang telah ada sejak masa pemerintahan Sultan Abdurrachman pada tahun 1812, ada juga koleksi Al-Qur’an raksasa yang berkukiran 4×3 meter dengan berat 500 kilogram. Wah menarik ya?

2. Pulau Gili Labak

Selain museum, Pulau Gili Labak juga menjadi salah satu tempat wisata yang tidak boleh Anda lewatkan.

Pasir putihnya yang membentang luas ditambah ombaknya yang tenang memang menjadikan pantai yang satu ini sangat cocok untuk bermain air ditepi pantai.

Bahkan menyenangkannya lagi di Pulau Gili Labak ini Anda dapat menyelam lho melihat kehidupan di bawah laut.

3. Pulau Gili Iyang

Tahukah Anda bahwa Pulau Gili Iyang merupakan pulau dengan oksigen tertinggi di dunia ? Kadar oksigennya mencapai 21,5% lho.

Kadar oksigennya yang masih begitu tinggi ini tentu menjamin keasrian alam di pulau ini terjaga. Tak heran keindahannya pun begitu menakjubkan.

Bebatuan karang yang eksotis, pasirnya yang mempesona, belum lagi keindahan alam bawah lautnya yang bisa Anda jelajahi menambah keseruan berwisata di Pulau Gili Iyang ini.

4. Pantai Sembilan

Sesuai namanya, Pantai Sembilan ini memiliki keunikannya tersendiri yaitu pasir pantai putih yang membentuk angka 9.

Keindahannya ditambah lagi dengan tiupan angin dan juga suara deburan ombak khas alam yang begitu menenangkan. Pasti Anda betah deh berlama-lama di Pantai Sembilan ini.

5. Bukit Kapur Kombang

Tidak hanya keindahan pantainya saja lho. Sumenep juga memiliki tempat wisata unik bekas penambangan batu kapur. Namanya, Bukit Kapur Kombang.

Hasil dari sisa-sisa penambangan kapur ini justru membuatnya terlihat begitu eksotis lho. Bahkan tidak jarang banyak wisatawan yang sengaja datang ke tempat yang satu ini untuk ber-swafoto.

6. Bukit Tinggi Daramista

Sumenep memang memiliki pesona alam yang tidak ada habisnya ya. Bukit Tinggi Daramisa ini menjadi salah satu spot menarik lho untuk Anda menikmati keindahan alam Kabupaten Sumenep.

Udaranya yang sejuk juga menjadi nilai tambah yang membuat wisatawan betah berada di Bukit Tinggi Daramista ini. Bahkan bagi Anda yang senang ber-swafoto ada spot foto menarik lho yang dapat Anda gunakan di tempat ini.

7. Pulau Masalembu

Familiar dengan nama pulau yang satu ini ? Ya, Pulau Masalembu memang memiliki cerita mistis juga tragis yang cukup terkenal.

Bahkan karena banyaknya kecelakaan yang terjadi di pulau ini banyak yang menyebut bahwa Pulau Masalembu merupakan Segitiga Bermuda-nya Indonesia lho.

Tapi tenang saja, sampai saat ini kepulauan ini masih sangat ramai dikunjungi wisatawan karena keindahannya.

Bahkan karena kekayaan alamnya, Pulau Masalembu ini menjadi penopang ketersediaan sumber daya alam di Kepulauan Madura.

8. Pantai Ambuten

Meski Sumenep menawarkan banyak sekali pilihan pantainya, namun setiap pantai tentu memiliki daya tarik tersediri dibanding pantai lainnya.

Nah Pantai Ambuten ini memiliki banyak sekali bebatuan karang lho disekeliling pantainya, tak heran jika pantai yang satu ini terlihat begitu eksotis.

Kebersihan pantainya pun sudah tidak perlu diragukan lagi. Wah pokoknya pasti menyenangkan deh berkunjung ke Pantai Ambuten ini.

9. Pulau Mamburit

Jangan lupakan Pulau Mamburit. Salah satu pulau indah yang ada di Kabupaten Sumenep ini sangat menarik lho, karena dikelilingi oleh pasir putihnya yang menawan.

Selain itu, pulau yang hanya dihuni oleh puluhan kepala keluarga ini juga terkenal dengan keramah-tamahannya lho.

Jika tertarik membeli ikan segar hasil tangkapan nelayan, Anda juga dapat membelinya secara langsung dijamin ikannya masih segar-segar.

10. Pulau Sapeken

Sumenep masih memiliki banyak pulau indah yang dapat Anda kunjungi, Pulau Sapeken menjadi salah satu pulau yang juga tidak boleh Anda lewatkan.

Keunggulan Pulau Sapeken sendiri adalah terumbu karangnya yang eksotis, bahkan 50% terumbu karang yang ada di Kepulauan Madura ada di pulau ini lho.

Jika Anda senang snorkeling, pulau yang satu ini juga menjadi pulau yang tepat lho untuk Anda pilih.

11. Padang Lamun

Padang Lamun ini berada di Pulau Sapudi, di tempat yang satu ini Anda dapat menikmati perairan laut dangkal dengan keindahan rumput lautnya lho. Banyak juga ikan-ikan kecil berkelompok yang sedang berenang kesana-kemari di tempat ini.

Bahkan kehadiran terumbu karang juga membuat Padang Lamun menjadi lebih eksotis. Wah tempat ini memang cocok sekali untuk menenangkan pikiran sambil melamun.

12. Air Terjun Durbugan

Ingin tempat wisata lain selain pantai ? Tenang, Kabupaten Sumenep juga memiliki air terjun indah yang tidak boleh Anda lewatkan.

Lokasinya yang masih asri membuat Air Terjun Durbugan ini terasa begitu sejuk lho. Bahkan air terjun yang satu ini bebas dar sampah, dijamin deh akan berhasil menghilangkan penat Anda.

13. Taman Adipura Kota Sumenep

Tentu Anda sudah merasa kagum bukan dengan keindahan Kabupaten Sumenep dengan mengetahui berbagai pilihan tempat wisatanya? Nah, Sumenep juga memiliki taman yang indah lho.

Taman Adipura Kota Sumenep ini memang dikelola dengan begitu baik, pepohonan rindang juga membuat tempat yang satu ini terasa begitu sejuk.

Menariknya, sambil bersantai di taman Anda dapat mencicipi berbagai kuliner kaki lima yang tersaji di sekitaran taman.

14. Makam Raja Sumenep Asta Tinggi

Selain menikmati keindahan alam Kabupaten Sumenep, Anda juga tidak boleh lupa untuk berkunjung ke Makam Raja Sumenep Asta Tinggi.

Makam ini merupakan tempat raja-raja keraton disemayamkan. Menariknya tidak sekadar berwisata religi saja, Anda akan menemukan gerbang dan juga kubah yang bergaya khas Eropa lho. Menarik ya?

15. Masjid Agung Sumenep

Puas berwisata, jangan lupa untuk tetap melaksanakan kewajiban bagi umat Muslim. Anda dapat mengunjungi salah satu icon di Kabupaten Sumenep ini, yaitu Masjid Agung Sumenep.

Tidak sekadar beribadah, masjid tertua di Indonesia ini juga memiliki arsitektur keren lho perpaduan gaya arsitektur Eropa, China, Jawa dan juga Madura. Tak heran banyak wisatawan yang ber-swafoto di masjid ini untuk mengabadikan momen.

Demikian beberapa rekomendasi tempat wisata di Kabupaten Sumenep. Semoga dapat menjadi referensi berwisata Anda. Terima kasih.

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN

Pantas Saja Betah Menjanda, Diam-Diam Ayu Ting Ting Masih Ngarep Berjodoh dan Dinikahi Berondong Tampan Ini, Sayang Harus Berakhir Patah Hati Gegara Hal Ini

Ayu Ting Ting memang dikenal sebagai biduan dangdut yang memiliki paras cantik. Hal inilah yang membuatnya kerap didekati oleh sejumlah…

‘Masih Bisa Saya Toleransi’ Haji Faisal Santai, Tak Masalah Kalau Fuji Dugem dengan Thariq Halilintar

Haji Faisal ayah Fuji menanggapi gosip tak sedap yang belakangan menimpa putrinya dan Thariq Halilintar. Gosip beredar belakangan menyebut Fuji…

Hancur Hati Nagita Slavina? Ayu Ting Ting Mendadak Muncul di Unggahan Raffi Ahmad, Terbongkar Alasan Ayah Rafathar

Ayu Ting Ting Mendadak Muncul di Unggahan Raffi Ahmad, Terbongkar Alasan Ayah Rafathar, Hancur Hati Nagita Slavina? Memang, beberapa waktu…

17 Tempat Wisata di Kabupaten Sragen yang Wajib Dikunjungi

Sragen merupakan sebuah Kabupaten di provinsi Jawa Tengah. Kondisi geografis serta kebudayaan di kabupaten Sragen ini membuatnya memiliki destinasi wisata…

Video Raffi Ahmad Diduga Senggol Payudara Niena Kirana Viral, Netizen Auto Pasang Badan

Raffi Ahmad turut menghadiri acara ulang tahun Niena Kirana Riskyana yang digelar pada hari Selasa (30/8/2022) kemarin. Dalam unggahan Instagram…

Diperkosa Tetangga sebelum Pernikahan, Pengantin Wanita Ini Dipaksa Tes Keperawanan

Seorang pengantin wanita berusia 24 tahun di Bhilwara, Rajasthan, India , dipaksa untuk tes keperawanan oleh mertuanya. Pemaksaan itu terjadi…

15 Tempat Wisata di Trenggalek yang Wajib Dikunjungi

Kabupaten Trenggalek memang terletak di daerah pesisir, tak heran jika di kabupaten ini banyak sekali keindahan pantai yang dapat Anda…

15 Tempat Wisata di Kabupaten Ngawi yang Wajib Dikunjungi

Kabupaten Ngawi, salah satu kabupaten yang berada di Jawa Timur ini selain memiliki alam yang begitu mengagumkan juga memang kaya…

Putrinya Kaya Raya hingga Punya Rumah Serba Emas Senilai Rp 20 Miliar, Ibunda Inul Daratista Justru Demen Dandan Sederhana, Begini Gayanya yang Jauh dari Kesan Glamor

Baru-baru ini, potret ibunda Inul Daratista mendadak jadi sorotan netizen. Pasalnya, Ibunda Inul Daratista tampil sangat sederhana meski putrinya seorang…

Viral Pengantin Wanita Pakai Perhiasan Emas Menutupi Tubuh Sampai Tak Mampu Jalan, Kisahnya Tuai Simpati

Pengantin tampil mewah di hari pernikahan tentu sudah menjadi hal yang umum. Salah satu membuat penampilan pengantin terlihat mewah di…