15 Tempat Wisata di Kota Magelang yang Wajib Dikunjungi

Salah satu kota yang berada di Provinsi Jawa Tengah ini memang menjadi salah satu kota yang memiliki banyak tempat wisata yang menarik dengan cerita dibaliknya.

Bahkan salah satu dari tujuh keajaiban dunia pun dapat Anda temukan di Kota Magelang. Tidak hanya itu saja, Kota Magelang juga memiliki banyak sekali keindahan alam yang masih begitu asri.

Tidak heran jika Kota Magelang menjadi salah satu tempat yang memang banyak dikunjungi para wisatawan.

Bagi Anda yang tertarik untuk berwisata di Kota Magelang, berikut ini telah kami rangkum beberapa tempat wisata yang populer di Magelang untuk Anda:

1). Candi Borobudur

Candi Borobudur memang menjadi candi yang paling terkenal di Indonesia. Candi yang juga diakui sebagai World Heritage Sites oleh UNESCO ini juga menjadi salah satu dari 7 keajaiban dunia lho.

Bangunan yang membuat heran para ilmuan ini memang masih menjadi misteri tentang bagaimana cerita dibalik terbentuknya Candi Borobudur ini.

Tidak hanya menarik perhatian para wisatawan lokal, Candi Borobudur juga seringkali dikunjungi oleh para wisatawan asing lho karena keindahannya.

2). Bukit Rhema

Bukit Rhema atau yang familiar dikenal sebagai Gereja Ayam ini tentu sudah tidak asing lagi bagi Anda yang menonton film Ada Apa Dengan Cinta 2.

Gereja unik yang berbentuk seperti seekor ayam sedang duduk menggunakan mahkota ini memang seringkali menarik minat wisatawan ketika berada di Magelang.

Tidak sekadar bentuknya saja yang unik di lantai 3 bangunan ini Anda akan disuguhi pemandangan alam hijau yang begitu menyejukkan mata.

3). Candi Mendut

Selain Candi Borobudur, di Magelang Anda juga dapat mengunjungi Candi Mendut. Candi yang satu ini juga tidak terlepas dari sejarah kerajaan-kerajaan masa lampau.

Uniknya dari sejak bangunan ini hilang dan ditemukan kembali atapnya tidak pernah ditemukan.

Jika Anda berkunjung ke Candi Mendut Anda akan menemukan bangunan candi megah dengan alam hijau di sekelilingnya.

4). Candi Pawon

Setelah berkunjung ke Candi Mendut, jangan lupa untuk mengunjungi Candi Pawon yang berada tidak jauh dari lokasi Candi Mendut.

Candi yang begitu jelas terlihat memiliki corak Buddha ini juga memiliki hiasan pohon hayati yang menyimbolkan kalpataru.

Sama seperti candi yang lainnya, kawasan Candi Pawon juga terlihat cukup hijau dan menyejukkan mata.

5). Gunung Andong

Gunung Andong memanglah gunung yang terbilang cukup kecil jika dibandingkan dengan gunung yang lainnya.

Gunung yang satu ini juga sangat cocok bagi para pendaki pemula. Meski begitu, pemandangan yang akan Anda dapat di puncak Gunung Andong ini sungguh menakjubkan.

Suara kicau burung yang begitu bergembira karena bisa terbang bebas, hutan pinus lebat yang begitu hijau, dan juga ladang bambu akan menemani Anda diperjalanan menuju puncak.

Ketika sampai di atas puncak Anda dapat menyaksikan secara langsung awan yang ada di samping pegunungan ini.

6). Candi Selogriyo

Candi Selogriyo memang belum cukup terkenal dikalangan para wisatawan, hal ini mungkin karena jalur menuju Candi Selogriyo yang masih terbilang cukup sulit.

Namun Candi Selogriyo sendiri sebenarnya memiliki pemandangan yang begitu menakjubkan.

Pelataran candi yang luas dan suguhan keindahan pegunungan juga udaranya yang begitu sejuk menjadi poin plus Candi Selogriyo untuk Anda kunjungi.

7). Curug Silawe

Air terjun yang cukup deras dengan ketinggian 50 meter ini memang menimbulkan suara yang cukup menyegarkan ketika Anda sampai di tempat ini.

Tidak hanya airnya saja yang menyegarkan, udara disekitar Curug Silawe juga begitu sejuk ditambah tanaman yang tumbuh subur di sisi tebing air terjun ini.

8). Punthuk Kendil

Jika Anda ingin menikmati keindahan alam Magelang dari ketinggian tempat yang satu ini cocok untuk Anda jadikan pilihan.

Dari lokasi Punthuk Kendil ini Anda akan melihat deretan 4 gunung sekaligus lho, mulai dari Gunung Sindoro, Lawu, Merbabu, dan juga Merapi.

Tidak hanya melihat pegunungan saja, Anda juga dapat melihat area persawahan yang begitu mempesona dari Punthuk Kendil ini.

Jangan lupa untuk menikmati pemandangan matahari terbit dan matahari terbenam juga ya dari lokasi Punthuk Kendil ini.

9). Air Terjun Grenjengan Kembar

Air terjun kembar yang satu ini memang memiliki daya tarik tersendiri untuk para wisatawan.

Aliran airnya yang cukup deras dengan udara yang begitu sejuk tentu akan membuat siapa saja yang mengunjunginya betah berlama-lama di tempat ini.

Selain itu suguhan alam yang masih begitu asri juga akan memanjakan mata Anda lho.

10). Gardu Pandang Silancur

Ingin melihat keindahan Magelang dari ketinggian ? Gardu Pandang Silancur ini dapat Anda jadikan pilihan.

Tidak hanya itu, Anda juga dapat menemukan berbagai macam bunga cantik yang ada disekitaran Gardu Pandang Silancur.

Pemandangan matahari terbit dan juga terbenam begitu menakjubkan lho jika dilihat dari tempat ini.

11). Jembatan Gantung Mangunsuko

Jembatan yang satu ini mungkin menjadi salah satu jembatan dengan pemandangan yang begitu indah.

Dari jembatan ini Anda dapat melihat banyak sekali aliran air terjun berundak dengan tanaman hijau yang tumbuh disekitarnya.

Pemandangan indah ini mungkin akan jarang Anda temui di tempat lainnya, maka dari itu jangan lupa untuk berkunjung ke Jembatan Gantung Mangunsuko ya jika berada di Magelang.

12). Pemandian Air Hangat Candi Umbul

Pemandian air hangat memang selalu menjadi tempat yang tepat untuk berwisata sambil meregangkan otot-otot tubuh.

Uniknya, Pemandian Air Hangat Candi Umbul ini menjadi pemandian air hangat tertua lho di Indonesia.

Di sekitar kolam pemandian ini Anda bahkan dapat mebemykan stupa dan juga ukiran bebatuan yang begit unik.

13). Air Terjun Kedung Kayang

Nuansa alam yang masih begitu asri membuat air terjun ini seringkali didatangi para wisatawan dari berbagai daerah. Bahkan keindahan Air Terjun Kedung Kayang ini seringkali dijadikan tempat berfoto lho.

Pemandangannya yang disebut instagramable memang sangat cocok untuk Anda kunjungi, selain menikmati keindahan alamnya, Anda juga dapat sambil mengabadikan momen di tempat ini.

14). Goa Slandak

Hal pertama yang akan Anda lihat ketika sampai di Goa Slandak ini adalah pemandangan air terjun yang begitu mempesona dengan bebatuan yang ada di bawahnya.

Tempat yang satu ini memang sangat cocok dijadikan pilihan tempat berwisata bagi Anda yang senang menikmati keindahan alam.

Keberadaan Goa Slandak di tengah-tengah hutan semakin membuat tempat yang satu ini begitu asri dan alami.

15). Desa Candirejo

Desa Candirejo juga menjadi salah satu tempat yang tidak boleh Anda lewatkan jika sedang berwisata di Magelang. Sajian tradisi dan budaya yang unik dapat Anda temui di Desa Candirejo ini.

Budayanya yang memang masih sangat lestari hingga saat ini membuatnya seringkali didatangi para wisatawan yang penasaran dengan budaya dan tradisinya.

Magelang dengan sejarah dan keindahan alamnya memang menjadi daya tarik tersendiri untuk Anda kunjungi.

Jangan lupa untuk tetap menjaga keindahan alam dan juga mentaati peraturan yang ada disetiap tempatnya ya.

Demikian beberapa rekomendasi tempat wisata di Kota Magelang. Semoga dapat dijadikan sebegai referensi wisata Anda. Terima kasih.

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN

17 Tempat Wisata di Kabupaten Temanggung yang Wajib Dikunjungi

Temanggung merupakan sebuah Kabupaten di provinsi Jawa Tengah. Kabupaten Temanggung ini memiliki ibu kota yang di kota Temanggung. Letak geografis…

15 Tempat Wisata di Kabupaten Jember yang Wajib Dikunjungi

Keindahan alam Kabupaten Jember memang membuatnya menyimpan banyak sekali pilihan tempat wisata untuk Anda nikmati. Keindahan pantai-pantai di Jember memang…

15 Tempat Wisata di Kabupaten Kediri yang Wajib Dikunjungi

Kabupaten Kediri menjadi salah satu kabupaten yang ada di Provinsi Jawa Timur. Kabupaten Kediri sendiri memang terkenal dengan sejarah dan…

Dituding Manfaatkan Kesulitan Orang demi Konten, Baim Wong Menangis: Tidak Sebanding dengan Adsense

YouTuber dan aktor Baim Wong tak bisa menahan air matanya saat mendengar tudingan bahwa dirinya terus memanfaatkan kesulitan orang lain…

15 Tempat Wisata di Kabupaten Wonogiri yang Wajib Dikunjungi

Wonogiri merupakan sebuah Kabupaten di provinsi Jawa Tengah. Secara geografis Wonogiri berlokasi di bagian tenggara Provinsi Jawa Tengah. Wonogiri banyak…

Raul Lemos terseret uang korupsi miliaran rupiah dan puluhan ribu dolar AS, ini pasal hukum yang menantinya

Sosok suami artis Krisdayanti, Raul Lemos, kini tengah hangat diberitakan terkait masalah yang sedang menjeratnya. Padahal seperti diketahui, Raul Lemos…

Di luar ekspektasi, ternyata segini bayaran Farel Prayoga sekali manggung

Penyanyi cilik Farel Prayoga melejit namanya pasca bernyanyi di acara HUT Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 2022 lalu. Ia berhasil…

Putrinya Kaya Raya hingga Punya Rumah Serba Emas Senilai Rp 20 Miliar, Ibunda Inul Daratista Justru Demen Dandan Sederhana, Begini Gayanya yang Jauh dari Kesan Glamor

Baru-baru ini, potret ibunda Inul Daratista mendadak jadi sorotan netizen. Pasalnya, Ibunda Inul Daratista tampil sangat sederhana meski putrinya seorang…

Lesti Kejora Laporkan Rizky Billar ke Polisi soal Dugaan KDRT

Penyanyi dangdut Lesti Kejora melaporkan suaminya, Rizky Billar ke Polres Jakarta Selatan atas kasus dugaan kekerasan dalam rumah tangga (KDRT),…

Hingga Detik Ini Nissa Sabyan Tak Menunjukkan Itikad Baik, Ririe Fairuz Beberkan Hubungan dengan Sosok yang Disebut-sebut Perusak Rumah Tangganya

Masih ingat dengan sosok Ririe Faius? Wanita yang menjadi pusat simpati publik usai perselingkuhan suaminya dengan Nissa Sabyan terkuak. Jika…