15 Tempat Wisata di Kabupaten Wonogiri yang Wajib Dikunjungi

Wonogiri merupakan sebuah Kabupaten di provinsi Jawa Tengah. Secara geografis Wonogiri berlokasi di bagian tenggara Provinsi Jawa Tengah.

Wonogiri banyak menyimpan keindahan alam yang wajib untuk Anda kunjungi, dan beberapa diantaranya bahkan terbilang masih belum banyak orang yang tau, sehingga suasana asri dan udara yang sejuk menjadi sebuah hal yang bisa Anda temukan di kabupaten Wonogiri ini.

Nuansa khas pedesaan dengan suasana yang tenang juga akan menjadi suatu hal yang membuat Anda ingin kembali lagi ke Wonogiri.

Wonogiri memiliki destinasi wisata alam yang cukup variatif, sehingga suasana apapun yang ingin Anda dapatkan saat berlibur bisa Anda cari di Kabupaten Wonogiri.

Berikut telah kami rangkum beberapa Tempat Wisata di Kabupaten Wonogiri yang wajib Anda kunjungi:

1. Puncak Secokro

Lokasi: Sumberrejo, Kec. Purwantoro, Kab. Wonogiri, Jawa Tengah.

Puncak Secokro menyajikan pesona alam yang terhampar dengan begitu luasnya melalui menara pandang.

Sajian alam dari atas ketinggian memang selalu berhasil membuat siapa saja yang melihatnya akan takjub dan ingin terus menikmatinya.

Pemandangan berupa bukit dengan pepohonan hijau mampu meneduhkan setiap mata yang memandanginya.

2. Pantai Nampu

Lokasi: Gunturharjo, Kec. Paranggupito, Kab. Wonogiri, Jawa Tengah.

Pantai Nampu menyuguhkan pemandangan laut lepas yang begitu memesona, dengan semilir angin sejuk, serta hamparan pasir putih yang lembut akan membuat siapa saja yang mengunjunginya betah dan ingin kembali lagi.

Tempat ini cocok untuk Anda yang ingin melepas segala penat dari berbagai rutinitas yang melelahkan.

3. Telaga Claket Wonogiri

Lokasi: Sendangijo, Kec. Selogiri, Kab. Wonogiri, Jawa Tengah.

Telaga Claket Wonogiri dengan keindahannya, membuat tempat ini seringkali dijadikan tempat yang pas untuk berfoto, baik itu untuk kepentingan prewedding, untuk feeds, atau hanya untuk memenuhi galeri foto saja.

Kondisi alamnya yang masih terjaga membuatkawasan Telaga Claket Wonogiri ini memiliki hawa yang sejuk.

4. Bukit Cumbri

Lokasi: Kepyar, Kec. Purwantoro, Kab. Wonogiri, Jawa Tengah.

Bukit Cumbri mengajak Anda untuk menikmati pemandangan perbukitan yang sangat indah dan asri.

Untuk menikmati keindahan Bukit Cumbri ini, Anda perlu melakukan pendakian sekitar 1 jam, sehingga tempat wisata ini memang cocok untuk Anda yang suka berpetualang dan tantangan.

Pastikan Anda memiliki kondisi tubuh yang fit saat akan berkunjung ke sini.

5. Pantai Banyutowo

Lokasi: Dukuhseti. Kec. Paranggupito, Kab. Pati, Jawa Tengah.

Pantai Banyutowo dapat Anda jadikan sebagai alternatif destinasi wisata lainnya. Anda akan disuguhkan pemandangan pantai yang begitu eksotis dan memesona.

Anda bisa melihat tebing batu karang yang tersusun alami, deburan ombak yang sangat cantik, serta lambaian pepohonan di sekitar yang membuah suasana berlibur Anda menjadi sangat menyenangkan.

Pantai Banyutowo akan menjadi salah satu destinasi wisata yang sangat mengesankan dan membuat Anda ingin kembali lagi.

6. Museum Wayang Indonesia

Lokasi: Ngebel, Kec. Wuryantoro, Kab. Wonogiri, Jawa Tengah.

Museum Wayang Indonesia mengajak Anda untuk mengetahui lebih jauh mengenai koleksi wayang dengan berbagai karakter serta cerita yang melekat padanya.

Sebagai salah satu kebudayaan warisan dari nenek moyang, wayang menjadi hal yang perlu kita lestarikan dan jaga dengan baik, karena budaya merupakan sebuah kekayaan bangsa.

7. Air Terjun Kalimas

Lokasi: Dungsono, Wonokerto, Kec. Wonogiri, Kab. Wonogiri, Jawa Tengah.

Air Terjun Kalimas ini terkenal dengan pemandangan cantiknya yang disebut mirip dengan seperti air terjun Niagara yang ada di Benua Amerika.

Dengan lebar sekitar 15 m dan ketinggian 10 m, Anda bisa merasakan bagaimana kesejukan di sekitar lokasi air terjun.

Pemandangan yang tersaji dengan begitu megahnya akan mampu memanjakan setiap mata yang melihatnya.

8. Goa Putri Kencono

Lokasi: Wonodadi, Kec. Pracimantoro, Kab. Wonogiri, Jawa Tengah.

Goa Putri Kencono sangat cocok untuk Anda yang suka tantangan. Keindahan alam yang ada di dalam Goa Putri Kencono ini sangat mengagumkan, walau memang untuk dapat masuk ke goa ini Anda perlu nyali yang cukup besar.

Rangkaian stalagtit dan stalagmit yang ada di sepanjang lorong menjadi pemandangan eksotis yang tidak bisa Anda temukan di tempat lain.

9. Waduk Gajah Mungkur

Lokasi: Godean, Kec. Wonogiri, Kab. Wonogiri, Jawa Tengah.

Waduk Gajah Mungkur merupakan salah satu destinasi wisata yang cukup populer di kalangan masyarakat kabupaten Wonogiri.

Danau buatan ini menghadirkan pemandangan yang indah, disertai spot foto kekinian yang keren. Anda juga bisa mencoba keseruan bermain jetski, boat dan lainnya di sini.

10. Air Terjun Girimanik

Lokasi: Setren, Kec. Slogohimo, Kab. Wonogiri, Jawa Tengah.

Tempat wisata yang berada di kawasan wisata Girimanik ini menghadirkan pemandangan tiga air terjun yang indah dengan suansa alam yang masih asri, serta udara yang sejuk.

Ketiga air terjun tersebut memiliki nama tersendiri, yakni yang pertama adalah air terjun Manik Moyo yang memiliki ketinggian 70 meter. Kedua, air terjun Moyo dengan ketinggian 30 meter dan ketiga adalah air terjun Condromoyo.

11. Puncak Joglo Wonigiri

Lokasi: Sendang, Kec. Wonogiri, Kab. Wonogiri, Jawa Tengah.

Puncak Joglo Wonogiri menyuguhkan pemandangan yang begitu memikat mata, tak heran jika tempat wisata yang satu ini selalu berhasil membuat banyak orang tertarik untuk mengunjunginya, terutama mereke yang suka berfoto.

Karena pemandangan berupa hamparan pemandangan yang indah tentu menjadi spot foto yang sangat keren. Anda bisa menikmati panorama matahari terbenam dengan megahnya di Puncak Joglo Wonogiri ini.

12. Museum Karst Wonogiri

Lokasi: Gebangharjo, Kec. Pracimantoro, Kab. Wonogiri, Jawa Tengah.

Museum Karst akan memberikan Anda pengetahuan mengenai jenis batuan karst. Selain itu Anda juga akan diajak untuk mengenal sejarah goa-goa dengan gambaran kehidupan pada zaman purba, menarik bukan?

Wisata edukasi dapat menjadi pilihan berlibur yang tepat untuk dikunjungi bersama anak-anak agar wawasan mereka menjadi lebih luas lagi.

13. Sendang Asri Wonogiri

Lokasi: Sendang, Kec. Wonogiri, Kab. Wonogiri, Jawa Tengah.

Sendang Asri Wonogiri memiliki beragam fasilitas yang cukup lengkap, seperti taman satwa, kolam renang hingga waterboom. Anda akan mendapatkan pengalaman berlibur yang seru dan juga menyenangkan.

Tempat wisata ini dapat menjadi sebuah pilihan untuk Anda berlibur bersama keluarga. Lokasinya tak jauh dari Waduk Gajah Mungkur, sehingga Anda bisa mengunjungi dua tempat wisata dengan menempuh jarak yang terbilang dekat.

14. Bukit Jonambang

Lokasi: Watuagung, Kec. Baturetno, Kab. Wonogiri, Jawa Tengah.

Bukit Jonambang akan memanjakan Anda dengan pemandangan alam yang terhampar dengan begitu eloknya dari atas ketinggian.

Pemandangan Waduk Gajah Mungkur serta gunung Merapi dari kejauhan bisa Anda nikmati dari Bukit Jonambang ini. Untuk menikmati pemandangan secara utuh, Anda bisa menikmatinya dari gardu pandang.

Anda juga bisa duduk santai di gazebo yang telah disediakan sambil menikmati sajian alam yang selalu berhasil membuat setiap mata yang memandanginya tidak ingin berhenti menikmatinya.

15. Air Terjun Jurug Kemukus

Lokasi: Purwoharjo, Kec. Karangtengah, Kab. Wonogiri, Jawa Tengah.

Air Terjun Jurug Kemukus menyuguhkan pemandangan yang begitu memesona, air yang mengalir dengan begitu jernih dan segar, serta suasana alam yang asri dengan udara yang sejuk akan mampu memanjakan siapa saja yang datang ke air terjun ini.

Meski memang Anda perlu menempuh perjalanan yang tidak mudah untuk dapat menikmati keindahan alam yang tersaji di sini.

Indonesia sangat kaya akan keindahan alam dan budayanya, yuk sama-sama menjaga kelestariannya. Dan alam adalah sebuah bentuk dari kebesaran Tuhan, jangan lupa untuk selalu bersyukur atas segala bentuk karunianya.

Selamat mengunjungi destinasi wisata yang telah kami rekomendasikan.

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN

15 Tempat wisata di Kabupaten Sidoarjo yang Wajib Dikunjungi

Sidoarjo dan duka saat bencana lumpur lapindo melanda memang tidak pernah bisa dilupakan hingga saat ini. Namun meski begitu musibah…

17 Tempat Wisata di Kabupaten Klaten yang Wajib Dikunjungi

Klaten merupakan kabupaten di Provinsi Jawa Tengah. Dengan pusat pemerintahannya berada di Kota Klaten Kabupaten yang berbatasan dengan provinsi Daerah…

17 Tempat Wisata di Kabupaten Sragen yang Wajib Dikunjungi

Sragen merupakan sebuah Kabupaten di provinsi Jawa Tengah. Kondisi geografis serta kebudayaan di kabupaten Sragen ini membuatnya memiliki destinasi wisata…

15 Tempat Wisata di Kabupaten Jombang yang Wajib Dikunjungi

Kabupaten Jombang memang menawarkan keindahan alam yang luar biasa. Tak heran dinamai Jombang yang memiliki arti “sedap dipandang”. Salah satu…

17 Tempat Wisata di Kabupaten Temanggung yang Wajib Dikunjungi

Temanggung merupakan sebuah Kabupaten di provinsi Jawa Tengah. Kabupaten Temanggung ini memiliki ibu kota yang di kota Temanggung. Letak geografis…

15 Tempat Wisata di Kabupaten Ponorogo yang Wajib Dikunjungi

Ketika mendengar nama Kabupaten Ponorogo tentu yang ada dibenak Anda adalah kesenian reog bukan ? Ya, salah satu kesenian dari…

Dituding Manfaatkan Kesulitan Orang demi Konten, Baim Wong Menangis: Tidak Sebanding dengan Adsense

YouTuber dan aktor Baim Wong tak bisa menahan air matanya saat mendengar tudingan bahwa dirinya terus memanfaatkan kesulitan orang lain…

Dituduh Pakai Pelet, Eks TKW Makmur Dinikahi Pengusaha Taiwan, Jadi Ratu, Tinggal di Apartemen Mewah

Seorang Tenaga Kerja Wanita (TKW) asal Indonesia bernasib mujur lantaran mendapat jodoh seorang pengusaha asal Taiwan. Ia tak menyangka bakal…

17 Tempat Wisata di Kabupaten Rembang yang Wajib Dikunjungi

Rembang merupakan sebuah Kabupaten di provinsi Jawa Tengah. Mungkin nama kabupaten Rembang ini tidak cukup populer di telinga Anda. Namun…

15 Tempat Wisata di Trenggalek yang Wajib Dikunjungi

Kabupaten Trenggalek memang terletak di daerah pesisir, tak heran jika di kabupaten ini banyak sekali keindahan pantai yang dapat Anda…