15 Tempat Wisata di Kabupaten Lumajang yang Wajib Dikunjungi

Kabupaten Lumajang memang menjadi salah satu daerah yang dikelilingi oleh tiga gunung berapi yang masih aktif hingga saat ini.

Gunung Lemongan, Bromo, dan Semeru menjadi tiga gunung yang dapat Anda temui di Kabupaten Lumajang. Tiga gunung yang ada juga tentu menawarkan keindahan alam yang mempesona untuk Anda nikmati di Lumajang.

Tidak hanya gunung saja lho, beberapa keindahan alam lainnya dan juga sejarah-sejarah di tempat wisata yang ada di Lumajang memang menarik untuk dikunjungi.

Bagi Anda yang ingin berwisata di Kabupaten Lumajang, berikut ini telah kami rangkum beberapa tempat wisata yang wajib dikunjungi selama berada di Lumajang:

1. Candi Mandara Giri

Bangunan candi yang megah dan sejarah dibalik Candi Mandara Giri ini tidak boleh Anda lewatkan jika berada di Kabupaten Lumajang.

Kemegahan arsitektur khas Bali dipadukan dengan pemandangan alam Gunung Semeru tentu akan membuat Anda takjub melihat Candi Mandara Giri ini. Bahkan alam sekitar Candi Mandara Giri ini pun cukup asri lho.

2. Goa Tetes

Senang memacu adrenalin ? Jangan lewatkan goa yang satu ini. Anda diharuskan berjalan kaki 1km dari area prakir lho untuk menuju Goa Tetes.

Namun tidak usah khawatir, segala lelah Anda akan terbayarkan dengan melihat keindahan stalagtit dan stalagmit yang ada di Goa Tetes ini.

3. Gunung Semeru

Bagi Anda yang senang mendaki, Gunung Semeru menjadi salah satu gunung yang tidak boleh Anda lewatkan.

Gunung tertinggi di Pulau Jawa ini bahkan tidak hanya dapat Anda lalui lewat jalur Lumajang lho, ada jalur-jalur lainnya di Malang, Pasuruan, dan juga Probolinggo.

Anda juga akan disuguhkan berbagai keindahan yang ada di Gunung Semeru ini seperti Danau Ranu Kumbolo yang sudah sangat terkenal, pohon pinus, dan juga bunga-bunga cantik lainnya yang tumbuh di Gunung Semeru.

4. Danau Ranu Kumbolo

Ya, Danau Ranu Kumbolo menjadi salah satu destinasi wisata yang tidak boleh Anda lewatkan jika berada di Lumajang khususnya jika Anda mendaki Gunung Semeru.

Danau yang memang sudah sangat terkenal keindahannya ini bahkan dapat Anda nikmati lebih lama lho dengan berkemah di area danau ini.

Uniknya, di Gunung Semeru Anda tidak akan menemukan sumber mata air lain selain danau yang satu ini. Tak heran banyak pendaki yang mendirikan tenda di sekitaran Danau Ranu Kumbolo.

5. Pantai Watu Godeg

Pantai Watu Godeg menjadi salah satu pantai yang dipercaya masyarakat sekitar dapat menyembuhkan berbagai penyakit kulit jika mandi di air lautnya, tak heran jika pantai yang satu ini dinamai Pantai Watu Godeg dimana memiliki arti Batu Kudis.

Namun dibalik kepercayaan tersebut pantai yang satu ini memang cocok untuk dinikmati. Pemandangan alamnya yang indah ditambah suara deburan ombak pasti akan membuat Anda betah berlama-lama di tempat yang satu ini.

6. Air Terjun Kapas Biru

Air Terjun Kapas Biru akan menyuguhi Anda pemandangan alam yang begitu asri lho. Tebing tinggi yang eksotis dan suara gemericik air yang terjun dari ketinggian ini memang akan membuat Anda betah berada di Air Terjun Kapas Biru ini.

Aliran air terjun yang mengalir ke sungai juga begitu menyegarkan lho. Tidak hanya sebagai tempat bermain air dan berfoto dengan pemandangan alam indah saja, tempat yang satu ini juga akan membuat Anda berhasil melepaskan penat.

7. Pura Mandara Giri

Wisata religi dan belajar sejarah dapat Anda lakukan di Pura Mandara Giri ini. Tempat yang memang memiliki arsitektur khas Bali ini begitu menarik untuk dikunjungi.

Selain itu Candi yang sudah ada sejak 1991 ini bahkan masih terlihat sangat gagah lho. Pemandangan alam yang begitu mempesona juga tentu menambah keindahan dari Pura Mandara Giri ini.

8. Air Terjun Coban Pawon

Air terjun yang satu ini memang cukup unik untuk Anda kunjungi. Air terjun yang berada di dalam goa ini bahkan membuatnya memiliki pesona tersendiri lho.

Jika Anda berhasil masuk kedalam goa, Anda akan melihat air terjun ini lebih indah lagi lho ditambah dengan cahaya matahari masuk yang membuatnya terlihat begitu eksotis.

9. Ranu Pakis

Ranu Pakis juga menjadi salah satu danau yang indah di Lumajang. Danau yang berada di ketinggian 600 mdpl ini memang tidak pernah sepi dikunjungi para wisatawan.

Keindahan alamnya yang begitu asri mengelilingi danau dengan airnya yang tenang ditambah paduan langit biru bahkan banyak mengundang para fotografer untuk datang kesini memotret keindahan alamnya lho.

10. Ranu Pane

Selain Ranu Pakis, Ranu Pane juga menjadi salah satu tempat yang harus Anda kunjungi di Lumajang.

Suguhan pemandangan alam yang ada akan membuat Anda terkagum berada di Ranu Pane.

Dari Ranu Pane Anda dapat melihat kaldera yang terbentang luas lho. Bahkan senangnya Anda dapat berkemah juga di area Ranu Pane.

11. Air Terjun Coban Sewu

Air terjun yang satu ini memang sudah cukup populer lho. Keindahan alamnya yang begitu hijau menyejukkan mata ditambah dengan air terjunnya yang membentuk seperti tirai dari tebing tinggi ini membuatnya memiliki pesona yang berbeda dibanding air terjun lainnya.

Bahkan karena keindahannya, para wisatawan selalu menyempatkan untuk ber-swafoto jika berkunjung ke tempat yang satu ini.

12. Kali Betoto

Ingin merasakan sensasi tubing adventure ? Kali betoto menjadi pilihan wisata yang tepat untuk Anda.

Kegiatan wisata yang dapat Anda lakukan beramai-ramai ini tentu menambah keseruan wisata Anda.

Meski terbilang menantang, namun kegiatan menyusuru sungai ini akan membuat Anda merasa puas lho, terlebih dengan derasnya aliran air di Kali Betoto ini.

13. Kebun Teh Kertowono Gucialit

Dimanapun Anda berada, pesona kebun teh memang selalu memanjakan mata. Ya, Kebun Teh Kertowono Gucialit ini menjadi salah satu kebun teh yang tidak boleh Anda lewatkan selama berada di Lumajang.

Luasnya yang lebih dari 900 hektar ini akan membuat Anda terkagum dengan pemandangan kebun teh sejauh mata memandang. Udaranya yang sejuk juga tentu akan membuat Anda betah berlama-lama di kebun teh ini.

14. Puncak B-29

Ingin melihat pemandangan hamparan awan dan juga puncak gunung ? Anda harus merasakan sensasi berada di Puncak B-29.

Meski Anda perlu mendaki terlebih dahulu, dijamin segala rasa lelah Anda terbayarkan dengan keindahan yang Anda dapat di Puncak B-29 ini.

Ketinggiannya yang mencapai 2.900 mdpl ini memang menyajikan pemandangan hamparan awan cantik ditambah dengan perbukitan-perbukitan disekitarnya yang tentunya akan membuat Anda semakin mensyukuri keindahan alam yang ada di bumi pertiwi.

15. Pantai Bambang

Anda tentu sudah tidak asing lagi mendengar nama Bambang bukan ? Ya, nama pantai yang satu ini memang mirip sekali dengan nama seseorang.

Meski entah mengapa dinamai dengan Pantai Bambang, pantai yang satu ini begitu mempesona lho.

Pasir pantainya yang hitam dengan butirannya yang lebih besar dibanding pasir pantai pada umunya memang menjadi daya tarik tersendiri dari Pantai Bambang ini.

Sambil bermain pasir dan air laut, jangan lupa untuk menikmati keindahan senja dari Pantai Bambang yang begitu mengangumkan ya.

Demikian beberapa rekomendasi tempat wisata di Lumajang. Semoga dapat menjadi referensi berwisata Anda. Terima kasih.

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN