Pengertian JavaScript, Fungsi JavaScript dan Kelebihan JavaScript

Jika kamu seorang programmer web, pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah JavaScript. JavaScript adalah bahasa pemrograman yang digunakan dalam pengembangan website agar lebih dinamis dan interaktif.

Bahkan, produk dari perusahaan besar seperti Google, Facebook, dan LinkedIn juga sudah menggunakan JavaScript. JavaScript dapat meningkatkan fungsionalitas halaman web. Bahkan dengan JavaScript ini kamu dapat membuat aplikasi, alat, atau bahkan game di web.

Nah kali ini kita akan membahas lebih jauh tentang JavaScript, yuk simak ulasan kita tentang pengertian JavaScript, fungsi dan kelebihan JavaScript berikut ini.

Pengertian JavaScript

JavaScript adalah bahasa pemrograman populer yang digunakan untuk membuat situs web dengan konten situs web dinamis. Konten dinamis maksudnya adalah konten yang dapat bergerak atau berubah di depan layar tanpa perlu memuat ulang halaman. Misalnya fitur slideshow foto, gambar animasi, pengisian polling, dan lain-lain.

JavaScript sendiri sebenarnya biasanya dikolaborasikan dengan HTML dan CSS. Dimana HTML digunakan untuk membuat struktur website dan CSS untuk mendesain gaya halaman website.

Kemudian, JavaScript berperan menambahkan elemen interaktif untuk meningkatkan keterlibatan pengguna. Sebagai contoh, ketika kamu memberikan suka dan komentar di Twitter. Kamu dapat melihat jumlah like dan comment yang terus bertambah secara real time, tanpa memuat ulang.

Secara teknis, JavaScript adalah bahasa pemrograman tipe interpreter, jadi kamu tidak memerlukan compiler untuk menjalankannya. Selain itu JavaScript hanya bekerja dari sisi klien atau front end yang berarti proses pengolahan kode hanya akan berjalan di browser.

Fungsi JavaScript

Seperti yang telah dijelaskan di atas, JavaScript berfungsi untuk membuat halaman website menjadi lebih interaktif dan dinamis.

Penggunaan kode JavaScript diperlukan untuk situs web yang berorientasi pada pengalaman pengguna. Untuk lebih jelasnya berikut fungsi-fungsi JavaScript:

1). Membuat Website Lebih Menarik

JavaScript mampu membuat tampilan website menjadi lebih menarik dan interaktif, dengan konten yang dinamis. Misalnya, konten yang bergerak dan diperbarui secara real-time tanpa perlu memuat ulang semua halaman web berkali-kali.

Contohnya penggunaan GoogleMap, saat fitur penunjuk rute diaktifkan, Google Maps dapat terus memperbarui posisi kamu secara real time tanpa perlu melakukan reload halaman. Hal ini tentu saja tidak dapat dilakukan tanpa menggunakan JavaScript.

2). Membuat Aplikasi Mobile

Fungsi JavaScript selanjutnya adalah untuk membuat aplikasi mobile. Dulu, aplikasi mobile hanya bisa dikembangkan menggunakan bahasa pemrograman Java untuk Android. Sekarang, bahasa pemrograman ini dapat digunakan di API seluler untuk membuat aplikasi seluler.

Membuat aplikasi mobile juga lebih mudah dengan adanya framework JavaScript khusus untuk aplikasi mobile, seperti React Native. Dengan framework ini, kamu dapat membuat aplikasi mobile untuk dua sistem operasi sekaligus, yaitu Android dan iOS.

3). Mengembangkan Game Berbasis Web Browser

Tidak hanya membuat halaman web, JavaScript juga dapat berfungsi untuk mengembangkan game online berbasis browser. Untuk membuat game browser ini, bahasa pemrograman ini dipadukan dengan HTML5 yang mampu membuat game menjadi lebih menarik.

Beberapa game JavaScript populer, seperti Lord of Ultima dan Flappy Bird. Pengembangan game berbasis JavaScript ini juga didukung dengan adanya framework JavaScript khusus game, seperti Playground.js, Panda.js, dan Quintus.

4). Menjalankan Server Web

Akhirnya seiring dengan perkembangannya, bahasa pemrograman ini tidak hanya mampu bekerja di sisi browser, tetapi juga di sisi server menggunakan Node.js. Node.js ini akan mengeksekusi kode JavaScript di sisi server sehingga dapat menjalankan website, aplikasi web, dan game berbasis browser.

Node.js juga lebih mampu menangani beberapa proses secara bersamaan, tanpa harus menunggu satu proses selesai terlebih dahulu. Jadi prosesnya bisa lebih cepat.

Kelebihan JavaScript

Selain fungsinya yang beragam, berikut beberapa kelebihannya yang membuatnya populer di kalangan developer:

1). Mudah Dipahami dan Dipelajari

Bahasa pemrograman memiliki tingkat kesulitan tersendiri. Nah, JavaScript adalah salah satu yang mudah dipelajari. Sintaks atau penulisan kodenya sangat ringkas sehingga mudah dipahami.

2). Penggunaan Fleksibel

Di masa lalu, sebagian besar bahasa pemrograman situs web menggunakan PHP. Karena semua logika web dibuat di sisi server. Namun, dengan JavaScript, website dapat dibuat dari sisi klien yang lebih dinamis dan interaktif.

Bahkan seiring perkembangannya, bahasa pemrograman ini tidak hanya digunakan pada sisi client atau browser. Tetapi juga di sisi server dengan Node.js. Dengan itu, kamu dapat mengembangkan berbagai perangkat lunak seperti server, aplikasi seluler dan desktop, game, dan konsol.

3). Beban Server Lebih Ringan

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, ketika pengunjung mengakses situs web, script akan diunduh di perangkat klien. Script tersebut kemudian diproses di browser klien. Kemudian, browser mulai menampilkan halaman web. Selain itu, proses kerja di sisi server dinilai sangat efisien.

Sebab, cara kerjanya non-blocking. Artinya, proses tidak akan berhenti hanya pada satu proses. Bahkan bisa dilakukan secara bersamaan, jika proses sebelumnya tidak membutuhkan output. Dengan kata lain, beban kerja server akan jauh lebih ringan jika kamu menggunakan JavaScript.

4). Dapat digunakan untuk segala kebutuhan

Anda dapat menggunakan JavaScript untuk berbagai kebutuhan. Tidak hanya untuk front-end, kamu bahkan dapat mengelola server (backend) menggunakan Node.js.

Dengan menggunakan bahasa pemrograman ini, kamu dapat mengembangkan website dengan lebih efisien. Sebab, kamu tidak perlu repot menggunakan bahasa pemrograman yang lain.

5). Memiliki Komunitas yang Aktif

Selain mudah dipelajari dan fleksibel, Javascript juga mendapat dukungan dari komunitas pengembang yang aktif. Dengan adanya komunitas ini, kamu bisa mendapatkan bantuan dari komunitas jika mengalami masalah seperti bug saat mengembangkan aplikasi. Jadi, akan lebih mudah untuk menemukan solusi.

Demikian artikel kami tentang pengertian JavaScript lengkap dengan fungsi serta kelebihan dari JavaScript.

Semoga ulasan kami dapat membantu, terutama menambah wawasan kamu mengenai JavaScript. Terima kasih telah berkunjung.

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN

‘Dukun-dukun Langsung Resign’, Pesulap Merah Gandeng Hotman Paris Jadi Pengacara, Firdaus Oiwobo Kebakaran Jenggot: Sesat Semua!

Makin panas, Pesulap Merah alias Marcel Radhival dan dr Richard Lee kini gandeng Hotman Paris sebagai pengacara untuk lawan para…

15 Tempat Wisata di Buleleng Bali yang Wajib Dikunjungi

Kabupaten Buleleng memang menjadi salah satu tempat terkenal yang berada di Bali. Selain banyaknya objek wisata unggulan yang begitu menawan,…

15 Tempat Wisata di Bangli Bali yang Wajib Dikunjungi

Kabupaten Bangli memang agak berbeda jika dibandingkan dengan kabupaten atau kota lainnya yang berada di Bali. Kabupaten Bangli tidak terkenal…

Murkanya Bharada E saat Rekonstruksi, Anggap Adegan Versi Tersangka Lain Termasuk Ferdy Sambo Tak Sesuai Fakta: Ada Penolakan

Bharada Richard Eliezer atau Bharada E sempat marah saat rekostruksi kasus pembunuhan berencana Brigadir J digelar. Proses rekonstruksi kasus pembunuhan…

Ditantang Turunkan Salju di Korea dengan Honor Rp 5 M, Mbak Rara Angkat Tangan

Mbak Rarara ditantang untuk menurunkan salju secara sengaja oleh Richard Lee. Siapa sangka jika ia menolk tantangan itu meski diiming-imingi…

Download Driver Epson T1100

Printer Epson memang menjadi printer pilihan dengan alasan kualitasnya yang terbilang nendang. Maka tak heran jika printer Epson selalu menjadi…

Cara Membuat Website Pribadi dan Jualan Online dengan Mudah

Menggunakan website sebagai media berbagi informasi memang sangat menarik, anda bisa berbagi informasi tentang apapun kepada para pengunjung website yang…

15 Tempat Wisata di Kabupaten Tuban yang Wajib Dikunjungi

Kabupaten Tuban memang menarik untuk dikunjungi. Tempat yang dulunya merupakan pusat penyebaran agama Islam ini juga menyimpan banyak sejarah menarik…

Ditantang Turunkan Hujan dalam Waktu 10 Menit, Rara Pawang Hujan Auto Salting dan Langsung Lirik HPnya, Dokter Richard Lee: Kamu Salah Ngomong dengan Saya

Baru-baru ini, sosok Rara pawang hujan mendadak jadi sorotan saat ditantang turunkan hujan oleh Dokter Richard Lee. Tak hanya ditantang…

15 Tempat Wisata di Kabupaten Tulungagung yang Wajib Dikunjungi

Tulungagung dan Bali menjadi dua tempat yang tidak jauh berbeda, pesona keindahan pantainya menjadi salah satu yang harus Anda kunjungi…