Pengertian Potensi, Jenis-Jenis dan Contoh Pada Potensi

Potensi merupakan suatu hal yang didapatkan dari dalam diri berupa kemampuan atau kekuatan yang belum dikembangkan sehingga perlu untuk di latih agar menjadi sebuah keunggulan dan kelebihan seseorang.

Sebenarnya setiap orang memiliki potensi dalam dirinya masing-masing, tergantung usaha dan keberuntungan yang ada pada diri seseorang sehingga orang tersebut dapat memaksimalkan potensinya menjadi nilai positif yang sangat berguna. Potensi ini juga  ada pula pada sebuah kelompok.

Berikut ini kita akan mengulas banyak hal mengenai potensi.

Pengertian Potensi Menurut Ahli

Berikut dibawah ini pengertian potensi menurut para ahli, antara lain.

1). Majdi (2007)

Potensi adalah serangkaian kemampuan, kemampuan, kelebihan, atau kekuatan yang dapat berkembang menjadi bentuk yang lebih besar lagi. Bentuk ini biasanya diperoleh melalui pembangunan untuk kesejahteraan hidup masyarakat.

2). Myles Munroe

Myles Munroe menjelaskan pemikirannya tentang pengertian potensi adalah suatu bentuk sumber daya atau kemampuan yang cukup besar, tetapi kemampuan tersebut belum terungkap dan belum diaktifkan. Pengertian potensi menurut Munroe juga dapat diartikan bahwa potensi adalah kekuatan terpendam yang belum dimanfaatkan, bakat yang masih terpendam, atau keberhasilan yang belum tercapai bila kita memiliki kekuatan untuk mencapainya.

3). Sri Habsari

Sedangkan  Sri Habsari mengatakan bahwa arti kata potensi, yang menurutnya potensi adalah kemampuan dan kekuatan dalam diri yang dapat ditingkatkan dan dikembangkan menjadi lebih baik dengan sarana dan prasarana yang tepat dan baik.

4). Beirut

Beirut sendiri memandang pengertian potensi adalah sebagai rangkaian kemampuan dasar yang dimiliki setiap manusia untuk dapat dikembangkan dan dioptimalkan sebaik mungkin. Optimalisasi ini dilakukan atau dilakukan melalui kerja, usaha, dan pengembangan.

Jenis – Jenis Potensi

Jenis-jenis pada potensi terdiri atas beberapa hal dilihat dari setiap kemampuan yang ada, berikut ini merupakan penjelasan setiap kemampuan yang ada, sehingga kamu dapat mengetahui dan melatih kemampuan yang ada di dalam diri kamu, adapun jenis tersebut adalah sebagai berikut :

1). Kemampuan sosiologis

Yaitu kemampuan seseorang untuk peka terhadap masalah-masalah sosial yang ada di sekitarnya. Kepekaan ini mendorongnya untuk berpikir kritis dan emansipatoris.

Simpati dan empati merupakan bentuk kepekaan yang dimiliki oleh mereka yang memiliki potensi kemampuan berpikir sosiologis.

2). Kemampuan naturalis

Yaitu kemampuan seseorang untuk merasa peka terhadap lingkungan alam di sekitarnya. Orang dengan ciri ini akan merasakan sakit atau sebuah perasaaan yang sama apabila melihat ada orang yang tega merusak alam ini dengan kesengajaan ataupun untuk mencari keuntungan pribadi.

Selain itu, potensi ini juga dapat digambarkan dengan kemampuan memahami kehidupan ekologis di bumi, dan umumnya kemampuan ini dimiliki oleh para peneliti atau pejuang kelestarian alam.

3). Kemampuan musikal

Itulah kecerdasan seseorang untuk menciptakan harmoni melalui suara. Suara umumnya diciptakan melalui memainkan alat musik.

Ketrampilan memainkan alat musik dan kecerdasan mengapresiasi alunan nada adalah beberapa contoh potensi yang hanya dimiliki oleh orang-orang tertentu.

5). Kemampuan spasial

Yaitu kecerdasan yang berkaitan dengan pemahaman ruang spasial. Ruang spasial sering dikaitkan dengan pemetaan. Pengemudi profesional biasanya mengembangkan potensi ini.

Misalnya, ketika melewati jalan yang aneh, masuk ke gang sempit, dia masih bisa keluar dari gang tanpa tersesat. Kemampuan ini merupakan kemampuan spasial.

6). Kemampuan visual

Yaitu kecerdasan untuk menciptakan kreasi visual. Kreasi tersebut dapat berupa gambar, lukisan, atau film.

Selain itu orang yang memiliki kemampuan ini akan dapat menggambarkan dan memahami sebuah teka-teki yang dibuat secara visual, contoh yang sering kita lihat adalah seorang yang mampu menerjemahkan makna sebuah lukisan.

7). Kemampuan logika

Yaitu kemampuan seseorang untuk berpikir logis dan matematis. Potensi ini berkaitan dengan kecerdasan dalam pikirannya untuk memahami sesuatu secara numerik, termasuk menghitung dan menghafal rumus-rumus matematika. Potensi kemampuan logika dapat diperoleh dari bakat atau pembelajaran.

8). Kemampuan linguistik

Yaitu kemampuan individu untuk berbicara. Kemampuan ini memiliki cakupan yang luas, tidak hanya memahami teks deskriptif, tetapi juga berbicara, berceramah, dan berdiskusi.

Umumnya orang-orang seperti ini akan memiliki kemampuan dengan komunikasi yang efektif untuk dapat meyakinkan orang lain.

9). Kemampuan kinestetik

Yaitu kemampuan seseorang untuk menggerakkan tubuhnya. Tidak hanya bergerak, tetapi juga mengembangkan elastisitas atau kelenturan tubuh dan menciptakan keselarasan melalui gerakan fisik yang tepat dan mempesona, layaknya seorang penari profesional.

10). Kemampuan interpersonal

Yaitu kemampuan seseorang dalam menjalin hubungan sosial. Potensi kecerdasan seseorang yang pandai dalam hubungan interpersonal dapat dilihat dari kemampuannya berkomunikasi, melobi, mewawancarai orang lain atau sejenisnya. Kemampuan ini adalah tentang menciptakan dan memelihara hubungan manusia.

11). Kemempuan intrapersonal

Yaitu kemampuan seseorang untuk memahami, mengatur, dan mengatur diri sendiri.

Umumnya orang-orang yang telah mampu mmenguasai kemampuan intrapersonal maka akan dapat untuk membuat suatu keputusan, merancang visi, dan menetapkan tujuan hidup.

Kemampuan intrapersonal dapat digunakan untuk menjadi seorang yang lebih sabar dan tidak mudah untuk marah.

Contoh Potensi

Adapun contoh dari potensi yang dapat kita lihat adalah dalam hal proses rekrutmen dimana setiap orang harus membuat kemampuan yang ada di dalam dirinya.

Hal itulah yang merupakan contoh dari potensi diri, misalnya seseorang memiliki manajemen waktu maka seseorang tersebut telah mampu untuk mengatur waktu yang efisien dan membuat sebuah pekerjaan dapat menjadi lebih cepat.

Hal lain yang dapat kita jadikan contoh potensi adalah komunikasi, dimana disini seseorang akan mampu mewakili perusahaannya untuk menyampaikan berbagai hal yang menguntungkan untuk perusahaan dengan mendapatkan sebuah proyek atau dana dari para investor atau konsumen, sehingga kemampuan komunikasi akan membantu seseorang untuk segera mendapatkan promosi dan memiliki nilai positif yang berguna pada dirinya.

Demikian ulasan kami mengenai pengertian potensi menurut ahli, jenis dan contoh pada potensi. Semoga ulasan kami membantu, khususnya dalam memberikan pemahaman yang berkaitan dengan potensi. Terimakasih ya sudah berkunjung.

 

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN

Terpaksa Jadi Janda Lagi Usai Bahagia Dinikai Brondong Usia 27 Tahun, Syok Nikahi Suami Orang

Kemampuan akting artis senior Henidar Amroe tak perlu diragukan lagi. Ia sudah malang melintang di dunia hiburan tanah air cukup…

Di luar ekspektasi, ternyata segini bayaran Farel Prayoga sekali manggung

Penyanyi cilik Farel Prayoga melejit namanya pasca bernyanyi di acara HUT Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 2022 lalu. Ia berhasil…

Sosok Biduan yang Sedang Hamil Ini Nangis, Imbas Lihat Ulah Ayu Ting Ting di Acara TV, Ada Apa?

Lihat aksi Ayu Ting Ting di acara TV, sosok biduan yang sedang hamil, Zaskia Gotik menangis. Menangis, sosok biduan yang…

15 Tempat Wisata di Kabupaten Nganjuk yang Wajib Dikunjungi

Anda mungkin sudah tau tentang Kabupaten Nganjuk dan perannya sebagai sentra penghasil bawang merah di Jawa Timur. Namun Kabupaten Nganjuk…

Watak Asli Irjen Ferdy Sambo Dibongkar Grafolog, Sifat Temperamental Terlihat Jelas dari Tulisan Tangannya

Watak asli Irjen Ferdy Sambo baru-baru ini dibongkar oleh ahli tulisan tangan atau grafolog, Tessa Sugito. Watak asli tersebut dibaca…

Ditantang Turunkan Hujan dalam Waktu 10 Menit, Rara Pawang Hujan Auto Salting dan Langsung Lirik HPnya, Dokter Richard Lee: Kamu Salah Ngomong dengan Saya

Baru-baru ini, sosok Rara pawang hujan mendadak jadi sorotan saat ditantang turunkan hujan oleh Dokter Richard Lee. Tak hanya ditantang…

15 Tempat Wisata di Kabupaten Situbondo yang Wajib Dikunjungi

Kabupaten Situbondo memang memiliki keindahan alam yang luar biasa. Letaknya yang berada di tengah jalur transportasi Jawa-Bali ini menjadikan Situbondo…

Cara Membuat Daftar Pustaka Jurnal, Buku, Makalah dan Skripsi

Sebelum masuk pembahasan cara membuat daftar pustaka baik untuk Jurnal, Buku, Makalah maupun Skripsi ada beberapa hal yang harus anda…

17 Tempat Wisata di Kabupaten Pati yang Wajib Dikunjungi

Pati merupakan sebuah Kabupaten di provinsi Jawa Tengah yang berbatasan dengan beberapa kabupaten lainnya, seperti Rembang, Kudus, Jepara, Blora, dan…

Hanya Gara-gara Masalah Sepele Ini, Sosok Santri Pondok Gontor Ini Alami Penganiayaan Sampai Meninggal Dunia, Hotman Paris yang Bongkar Semuanya

Seorang santri Pondok Gontor berinisial AM dianiaya sampai tewas. Kasus bermula ketika seorang ibu asal Palembang, Sumatera Selatan, mengadu ke…