Pengertian Microsoft Power Point, Fungsi, Kelebihan dan Kekurangan Software Microsoft Power Point

Kamu pasti tidak asing dengan salah satu software yang bernama microsoft power point yang membantu kamu dalam menampilkan sebuah tampilan yang menarik saat melakukan sebuah presentasi.

Ya , software yang satu ini memang telah banyak membantu kamu untuk meringkas garis besar sebuah materi yang hendak kamu presentasikan dengan cara yang menarik dan tidak membuat orang yang melihatnya bosan karena tulisan yang panjang dan biasa-biasa saja.

Berikut ini kita akan mengulas mengenai microsoft power point lebih jelas lagi.

Pengertian Microsoft Power Point Menurut Ahli

Berikut dibawah ini pengertian Microsoft Power Point menurut para ahli, antara lain.

1). Hujair AH. Sanaky

A.H. Sanaky mengungkapkan pandangannya bahwa media power point adalah program presentasi yang merupakan salah satu program aplikasi di bawah program komputer Microsoft Office dan ditampilkan ke layar dengan bantuan proyektor LCD.

2). Mardi dkk

Mardi dkk menyatakan bahwa Power Point merupakan salah satu program aplikasi dari Microsoft yang dapat digunakan untuk melakukan pertemuan baik presentasi maupun perencanaan kegiatan lainnya yang digunakan sebagai media pembelajaran di sekolah.

3). Rusman dkk

Microsoft Office Power Point adalah program komputer untuk presentasi yang dikembangkan oleh Microsoft, selain Microsoft Word dan Excel yang sudah dikenal banyak orang.

4). Menurut Sukiman

Microsoft Power Point merupakan salah satu produk unggulan Microsoft Corporation dalam program aplikasi presentasi yang paling banyak digunakan saat ini.

Fungsi Microsoft Power Point

Fungsi dari microsoft power point adalah alat untuk memudahkan kita dalam melakukan presentasiuntuk memaparkan baik materi maupun hal-hal lainnya.

Berikut ini adalah penjelasan mengenai fungsi dari microsoft power point, yaitu:

1). Hasil dari bahan yang diketik berupa softcopy sehingga lebih mudah untuk dibawa dan disimpan.

2). Sebagai alat tulis untuk pernyataan atau pernyataan dalam bentuk tertulis.

3). Media mengekspresikan kreativitas, karena pada Microsoft Office Power Point tampilan dapat diatur semenarik mungkin dengan template yang tersedia yang harus digunakan sesuai kebutuhan.

4). Microsoft power point berfungsi sebagai media atau alat untuk presentasi dari pemula hingga pekerja.

5). Presentasi yang di sajikan berbentuk slide.

Kelebihan dan Kekurangan Microsoft Power Point

Berikut dibawah ini kelebihan dan kekurangan Microsoft Power Point, antara lain sebagai berikut.

1). Template Bervariasi

Template adalah salah satu fitur yang ditemukan di PowerPoint. Fitur ini dapat digunakan untuk membuat latar belakang yang lebih menarik dan indah dilihat mata. Tidak hanya satu, latar belakang yang diberikannya pun beragam. Sehingga pengguna bebas membuat slide dan tidak fokus pada satu bentuk tampilan.

2). Terdapat Fitur Cloud Service

Saat ini Microsoft sedang gencar-gencarnya mencoba memperkenalkan produknya yaitu One Cloud Service. Tidak mau kalah dengan kompetitornya, seperti Dropbox dan Google. Microsoft juga sengaja menyematkan layanan program yang disematkan ke dalam Microsoft PowerPoint dengan memberikan opsi simpan ke satu cloud dan menerapkannya sebagai penyimpanan default sebelum menggunakannya ke penyimpanan lokal.

3). Dapat Diexport ke PDF

Saat ingin mempresentasikan sesuatu, tentunya Anda memberikan leaflet atau pegangan kepada audiens agar mereka memahami poin yang sedang dibahas. Namun, terkadang beberapa dari mereka tidak menggunakan platform Microsoft, sehingga file yang telah didistribusikan tidak dapat dibuka.

Dengan bisanya file di simpan pada bentuk pdf, saat ini para audiens dapat melihat dokumen yang dibagikan melalui media apapun. selain itu, fitur export file to pdf sangat berguna saat anda akan mencetak slide. hal ini karena file jenis pdf dapat di terima pada platform apapun, sehingga kamu dapat mencetak di platform apapun itu setelah di ubah ke bentuk pdf.

4). Memiliki Fitur Kolaborasi

Saat Anda sedang mengejar deadline, Anda pasti membutuhkan bantuan untuk menyelesaikannya, bukan? Tidak perlu khawatir karena software PowerPoint memiliki fitur kolaborasi yang memungkinkan seseorang untuk menyajikan file secara bersamaan dari komputer yang berbeda. Dengan demikian, proses pembuatan slide menjadi lebih cepat dan mudah.

5). Memudahkan Pengguna Membuat Slide Presentasi

Microsoft PowerPoint memberikan kemudahan bagi seseorang yang sering melakukan presentasi di depan umum, terutama menggunakan alat bantu seperti proyektor layar. Dengan software ini, Anda dapat menyiapkan slide presentasi berkualitas dalam hitungan jam, bahkan menit.

6). Memudahkan Pengguna Membuat Slide Presentasi

Microsoft PowerPoint memberikan kemudahan bagi seseorang yang sering melakukan presentasi di depan umum, terutama menggunakan alat bantu seperti proyektor layar. Dengan software ini, Anda dapat menyiapkan slide presentasi berkualitas dalam hitungan jam, bahkan menit.

Kekurangan Microsoft Power Point

Berikut dibawah ini kekurangan Microsoft Power Point, antara lain.

1). Ketidakstabilan Dokumen Pada Tiap Versi

Kekurangan ini sering ditemukan pada software yang dikembangkan oleh Microsoft. Dimana pada versi yang berbeda akan tidak berfungsi optimal pada versi berikutnya, seperti versi 2007 tidak dapat digunakan secara sempurna pada versi 2010, begitu pula sebaliknya.

2). Harga Terlalu Mahal

Aplikasi ini cukup mahal, terutama untuk pelajar, mahasiswa dan pemilik usaha kecil. Sebab, Microsoft mengeluarkannya untuk konsumen yang berasal dari komunitas bisnis dan perusahaan besar. Akan tetapi dengan adanya dukungan yang berkelanjutan dan pembaharuan yang ada, produk mereka selalu menjadi pilihan bagi kebanyakan orang.

3). Hanya Bisa Digunakan Pada Platform Microsoft

Kelemahan dari software ini adalah tidak dapat dibuka pada platform jenis lain selain windows. Microsoft juga belum merilis software untuk OS lain, seperti Mac dan Linux. Dengan demikian, pekerjaan yang telah Anda selesaikan dengan PowerPoint tidak dapat diakses menggunakan platform selain Windows.

4). Tergolong Program yang Berat

Untuk dapat mengoperasikan PowerPoint, komputer harus memiliki spesifikasi yang baik. Hal ini karena pada PC yang lama kesulitan untuk dapat mengoprasikan software ini, bahkan mungkin hang atau crash.

Manfaat Microsoft Office Power Point

Berikut dibawah ini manfaat Microsoft Office Power Point, antara lain.

1). Efisiensi waktu, sebelum adanya microsoft power point orang harus menyiapkan segala hal untuk membuat presentasi seperti dokumen yang dibuat secara lengkap, dan sangat memakan waktu yang sangat lama untuk memulai presentasi. Namun dengan adanya microsoft power point waktu penulisan telah dibuat menjadi lebih efisien.

2). Mengasah kemampuan memilih kata yang tepat agar mudah dipahami oleh audiens. Karena slide yang diketik maka slide dapat diisi dengan poin-poin atau kata kunci dari pembahasan, yang kemudian pada saat presentasi satu persatu poin-poin tersebut dijelaskan secara detail oleh orang yang menyajikan agar audiens lebih memahami maksud dari poin-poin tersebut pada slide.

3). Penyajiannya tidak monoton, dengan varian transisi, template, dan tampilan yang tidak biasa serta penyajian yang berbeda dari biasanya. Penonton akan tertarik dan memperhatikan untuk mengetahui apa yang akan dibahas atau bagaimana pembahasan selanjutnya.

4). Dapat mempercepat pekerjaan / pekerjaan dapat diselesaikan lebih cepat. Karena yang akan diketik adalah poin-poin penting untuk sebuah presentasi, tidak bertele-tele selama Anda memahami materi yang akan Anda sampaikan.

5). Alat untuk melatih public speaking. Poin-poin pada slide tidak cukup untuk membuat audiens memahami tujuan presentasi, sehingga orang yang menyajikan tidak bisa tidak menjelaskan lagi. Orang-orang yang hadir seringkali bertatap muka dan menggoda penonton untuk menarik perhatian. Sering berbicara banyak di depan orang akan melatih public speaking yang awalnya canggung menjadi tidak canggung lagi.

Demikian ulasan kami mengenai pengertian microsoft power point menurut ahli, fungsi, kelebihan dan kekurangan dari software Microsoft Power Point.

Semoga ulasan kami membantu, khususnya dalam memberikan pemahaman yang berkaitan dengan microsoft power point. Terimakasih ya sudah berkunjung.

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN

Viral Suami Pamit ke Luar Kota Ternyata Untuk Nikah Lagi, Rombongan Istri Sah Labrak Acara Nikahan

Niat menikah lagi tanpa izin istri, seorang pria malah ke gep sampai dilabrak. Di TikTok tengah viral sebuah video yang…

Lirik Lagu Lebih Dari Pemenang

Lirik menjadi salah satu komponen yang penting dan dapat menarik minat masyarakat dalam mendengarkan sebuah lagu. Lirik yang mudah dihafal…

Nyaris Tak Ada yang Tahu, Inilah Sosok yang Rutin Ziarah ke Makam Olga Syahputra, Malam Hari sampai Hujan Petir Tetap Nekat ke Kuburan Mendiang Sang Komedian

Selama ini nyaris tak ada yang tahu mengenai sosok yang rutin ziarah ke makam Olga Syahputra. Inilah sosok yang rutin…

Tiara Marleen Jawab Begini Usai Ridwan Kamil Bantah Punya Hubungan Saudara

Tiara Marleen belakangan ini kembali dihujat usai mengaku masih memiliki hubungan saudara dengan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. Netizen pun…

Lirik Lagu Lily – Alan Walker

Lirik menjadi salah satu komponen yang penting dan dapat menarik minat masyarakat dalam mendengarkan sebuah lagu. Lirik yang mudah dihafal…

Lirik Lagu Engkaulah Perisaiku yang Dinyanyikan oleh Regina Pangkerego

Lirik menjadi salah satu komponen yang penting dan dapat menarik minat masyarakat dalam mendengarkan sebuah lagu. Lirik yang mudah dihafal…

Suaranya Bergetar, Raisa Akui Air Matanya Bak Dikuras saat Dengar Kabar Kepergian Eril, Persembahkan Lagu Ini untuk Anak Ridwan Kamil

Sosok penyanyi, Raisa turut berduka atas kepergian anak Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz alias Eril. Ya, kepergian anak Ridwan Kamil,…

Lirik Lagu Line Without A Hook – Ricky Montgomery

Lirik menjadi salah satu komponen yang penting dan dapat menarik minat masyarakat dalam mendengarkan sebuah lagu. Lirik yang mudah dihafal…

Lirik Lagu Batak GARA – Tongam Sirait

Lirik menjadi salah satu komponen yang penting dan dapat menarik minat masyarakat dalam mendengarkan sebuah lagu. Lirik yang mudah dihafal…

Bak Petir di Siang Bolong! Baru Juga 3 Tahun Nikah, Maia Estianty Ngaku Siap Menjanda Kembali: ‘Gue Harus Siap’

Kehidupan seorang Maia Estianty memang selalu menjadi perhatian. Ia diketahui memiliki kisah hidup yang berliku bahkan dianggap sebagai sosok yang…