Pengertian Microsoft Power Point, Fungsi, Kelebihan dan Kekurangan Software Microsoft Power Point

Kamu pasti tidak asing dengan salah satu software yang bernama microsoft power point yang membantu kamu dalam menampilkan sebuah tampilan yang menarik saat melakukan sebuah presentasi.

Ya , software yang satu ini memang telah banyak membantu kamu untuk meringkas garis besar sebuah materi yang hendak kamu presentasikan dengan cara yang menarik dan tidak membuat orang yang melihatnya bosan karena tulisan yang panjang dan biasa-biasa saja.

Berikut ini kita akan mengulas mengenai microsoft power point lebih jelas lagi.

Pengertian Microsoft Power Point Menurut Ahli

Berikut dibawah ini pengertian Microsoft Power Point menurut para ahli, antara lain.

1). Hujair AH. Sanaky

A.H. Sanaky mengungkapkan pandangannya bahwa media power point adalah program presentasi yang merupakan salah satu program aplikasi di bawah program komputer Microsoft Office dan ditampilkan ke layar dengan bantuan proyektor LCD.

2). Mardi dkk

Mardi dkk menyatakan bahwa Power Point merupakan salah satu program aplikasi dari Microsoft yang dapat digunakan untuk melakukan pertemuan baik presentasi maupun perencanaan kegiatan lainnya yang digunakan sebagai media pembelajaran di sekolah.

3). Rusman dkk

Microsoft Office Power Point adalah program komputer untuk presentasi yang dikembangkan oleh Microsoft, selain Microsoft Word dan Excel yang sudah dikenal banyak orang.

4). Menurut Sukiman

Microsoft Power Point merupakan salah satu produk unggulan Microsoft Corporation dalam program aplikasi presentasi yang paling banyak digunakan saat ini.

Fungsi Microsoft Power Point

Fungsi dari microsoft power point adalah alat untuk memudahkan kita dalam melakukan presentasiuntuk memaparkan baik materi maupun hal-hal lainnya.

Berikut ini adalah penjelasan mengenai fungsi dari microsoft power point, yaitu:

1). Hasil dari bahan yang diketik berupa softcopy sehingga lebih mudah untuk dibawa dan disimpan.

2). Sebagai alat tulis untuk pernyataan atau pernyataan dalam bentuk tertulis.

3). Media mengekspresikan kreativitas, karena pada Microsoft Office Power Point tampilan dapat diatur semenarik mungkin dengan template yang tersedia yang harus digunakan sesuai kebutuhan.

4). Microsoft power point berfungsi sebagai media atau alat untuk presentasi dari pemula hingga pekerja.

5). Presentasi yang di sajikan berbentuk slide.

Kelebihan dan Kekurangan Microsoft Power Point

Berikut dibawah ini kelebihan dan kekurangan Microsoft Power Point, antara lain sebagai berikut.

1). Template Bervariasi

Template adalah salah satu fitur yang ditemukan di PowerPoint. Fitur ini dapat digunakan untuk membuat latar belakang yang lebih menarik dan indah dilihat mata. Tidak hanya satu, latar belakang yang diberikannya pun beragam. Sehingga pengguna bebas membuat slide dan tidak fokus pada satu bentuk tampilan.

2). Terdapat Fitur Cloud Service

Saat ini Microsoft sedang gencar-gencarnya mencoba memperkenalkan produknya yaitu One Cloud Service. Tidak mau kalah dengan kompetitornya, seperti Dropbox dan Google. Microsoft juga sengaja menyematkan layanan program yang disematkan ke dalam Microsoft PowerPoint dengan memberikan opsi simpan ke satu cloud dan menerapkannya sebagai penyimpanan default sebelum menggunakannya ke penyimpanan lokal.

3). Dapat Diexport ke PDF

Saat ingin mempresentasikan sesuatu, tentunya Anda memberikan leaflet atau pegangan kepada audiens agar mereka memahami poin yang sedang dibahas. Namun, terkadang beberapa dari mereka tidak menggunakan platform Microsoft, sehingga file yang telah didistribusikan tidak dapat dibuka.

Dengan bisanya file di simpan pada bentuk pdf, saat ini para audiens dapat melihat dokumen yang dibagikan melalui media apapun. selain itu, fitur export file to pdf sangat berguna saat anda akan mencetak slide. hal ini karena file jenis pdf dapat di terima pada platform apapun, sehingga kamu dapat mencetak di platform apapun itu setelah di ubah ke bentuk pdf.

4). Memiliki Fitur Kolaborasi

Saat Anda sedang mengejar deadline, Anda pasti membutuhkan bantuan untuk menyelesaikannya, bukan? Tidak perlu khawatir karena software PowerPoint memiliki fitur kolaborasi yang memungkinkan seseorang untuk menyajikan file secara bersamaan dari komputer yang berbeda. Dengan demikian, proses pembuatan slide menjadi lebih cepat dan mudah.

5). Memudahkan Pengguna Membuat Slide Presentasi

Microsoft PowerPoint memberikan kemudahan bagi seseorang yang sering melakukan presentasi di depan umum, terutama menggunakan alat bantu seperti proyektor layar. Dengan software ini, Anda dapat menyiapkan slide presentasi berkualitas dalam hitungan jam, bahkan menit.

6). Memudahkan Pengguna Membuat Slide Presentasi

Microsoft PowerPoint memberikan kemudahan bagi seseorang yang sering melakukan presentasi di depan umum, terutama menggunakan alat bantu seperti proyektor layar. Dengan software ini, Anda dapat menyiapkan slide presentasi berkualitas dalam hitungan jam, bahkan menit.

Kekurangan Microsoft Power Point

Berikut dibawah ini kekurangan Microsoft Power Point, antara lain.

1). Ketidakstabilan Dokumen Pada Tiap Versi

Kekurangan ini sering ditemukan pada software yang dikembangkan oleh Microsoft. Dimana pada versi yang berbeda akan tidak berfungsi optimal pada versi berikutnya, seperti versi 2007 tidak dapat digunakan secara sempurna pada versi 2010, begitu pula sebaliknya.

2). Harga Terlalu Mahal

Aplikasi ini cukup mahal, terutama untuk pelajar, mahasiswa dan pemilik usaha kecil. Sebab, Microsoft mengeluarkannya untuk konsumen yang berasal dari komunitas bisnis dan perusahaan besar. Akan tetapi dengan adanya dukungan yang berkelanjutan dan pembaharuan yang ada, produk mereka selalu menjadi pilihan bagi kebanyakan orang.

3). Hanya Bisa Digunakan Pada Platform Microsoft

Kelemahan dari software ini adalah tidak dapat dibuka pada platform jenis lain selain windows. Microsoft juga belum merilis software untuk OS lain, seperti Mac dan Linux. Dengan demikian, pekerjaan yang telah Anda selesaikan dengan PowerPoint tidak dapat diakses menggunakan platform selain Windows.

4). Tergolong Program yang Berat

Untuk dapat mengoperasikan PowerPoint, komputer harus memiliki spesifikasi yang baik. Hal ini karena pada PC yang lama kesulitan untuk dapat mengoprasikan software ini, bahkan mungkin hang atau crash.

Manfaat Microsoft Office Power Point

Berikut dibawah ini manfaat Microsoft Office Power Point, antara lain.

1). Efisiensi waktu, sebelum adanya microsoft power point orang harus menyiapkan segala hal untuk membuat presentasi seperti dokumen yang dibuat secara lengkap, dan sangat memakan waktu yang sangat lama untuk memulai presentasi. Namun dengan adanya microsoft power point waktu penulisan telah dibuat menjadi lebih efisien.

2). Mengasah kemampuan memilih kata yang tepat agar mudah dipahami oleh audiens. Karena slide yang diketik maka slide dapat diisi dengan poin-poin atau kata kunci dari pembahasan, yang kemudian pada saat presentasi satu persatu poin-poin tersebut dijelaskan secara detail oleh orang yang menyajikan agar audiens lebih memahami maksud dari poin-poin tersebut pada slide.

3). Penyajiannya tidak monoton, dengan varian transisi, template, dan tampilan yang tidak biasa serta penyajian yang berbeda dari biasanya. Penonton akan tertarik dan memperhatikan untuk mengetahui apa yang akan dibahas atau bagaimana pembahasan selanjutnya.

4). Dapat mempercepat pekerjaan / pekerjaan dapat diselesaikan lebih cepat. Karena yang akan diketik adalah poin-poin penting untuk sebuah presentasi, tidak bertele-tele selama Anda memahami materi yang akan Anda sampaikan.

5). Alat untuk melatih public speaking. Poin-poin pada slide tidak cukup untuk membuat audiens memahami tujuan presentasi, sehingga orang yang menyajikan tidak bisa tidak menjelaskan lagi. Orang-orang yang hadir seringkali bertatap muka dan menggoda penonton untuk menarik perhatian. Sering berbicara banyak di depan orang akan melatih public speaking yang awalnya canggung menjadi tidak canggung lagi.

Demikian ulasan kami mengenai pengertian microsoft power point menurut ahli, fungsi, kelebihan dan kekurangan dari software Microsoft Power Point.

Semoga ulasan kami membantu, khususnya dalam memberikan pemahaman yang berkaitan dengan microsoft power point. Terimakasih ya sudah berkunjung.

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN

15 Tempat Wisata di Kabupaten Sumenep yang Wajib Dikunjungi

Salah satu kabupaten yang ada di Pulau Madura ini memang memiliki keindahan alam yang luar biasa. Banyak pulau-pulau indah yang…

Pantas Saja Betah Menjanda, Diam-Diam Ayu Ting Ting Masih Ngarep Berjodoh dan Dinikahi Berondong Tampan Ini, Sayang Harus Berakhir Patah Hati Gegara Hal Ini

Ayu Ting Ting memang dikenal sebagai biduan dangdut yang memiliki paras cantik. Hal inilah yang membuatnya kerap didekati oleh sejumlah…

Cara Membuat Makalah yang Baik dan Benar Terbaru

Sering kali anda sebagai pelajar maupun mahasiswa diminta untuk mengerjakan tugas berupa makalah, sayangnya tidak semua tahu cara membuat makalah…

15 Tempat Wisata di Kabupaten Sukoharjo yang Wajib Dikunjungi

Sukoharjo merupakan sebuah Kabupaten di provinsi Jawa Tengah. Kabupaten Sukoharjo menjadi daerah dengan destinasi wisata alam yang memesona, sehingga siapapun…

Ditantang Turunkan Salju di Korea dengan Honor Rp 5 M, Mbak Rara Angkat Tangan

Mbak Rarara ditantang untuk menurunkan salju secara sengaja oleh Richard Lee. Siapa sangka jika ia menolk tantangan itu meski diiming-imingi…

15 Tempat Wisata di Kabupaten Jember yang Wajib Dikunjungi

Keindahan alam Kabupaten Jember memang membuatnya menyimpan banyak sekali pilihan tempat wisata untuk Anda nikmati. Keindahan pantai-pantai di Jember memang…

Di luar ekspektasi, ternyata segini bayaran Farel Prayoga sekali manggung

Penyanyi cilik Farel Prayoga melejit namanya pasca bernyanyi di acara HUT Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 2022 lalu. Ia berhasil…

15 Tempat Wisata di Kabupaten Nganjuk yang Wajib Dikunjungi

Anda mungkin sudah tau tentang Kabupaten Nganjuk dan perannya sebagai sentra penghasil bawang merah di Jawa Timur. Namun Kabupaten Nganjuk…

15 Tempat Wisata di Kabupaten Pasuruan yang Wajib Dikunjungi

Kabupaten Pasuruan memang menjadi salah satu daerah yang menjadi kawasan industri di Indonesia. Namun meskipun kawasan industri bukan berarti Pasuruan…

Cara Membuat Daftar Pustaka Jurnal, Buku, Makalah dan Skripsi

Sebelum masuk pembahasan cara membuat daftar pustaka baik untuk Jurnal, Buku, Makalah maupun Skripsi ada beberapa hal yang harus anda…