Pengertian HTTP, Fungsi dan Cara Kerja HTTP

Saat kamu mengakses sebuah situs web, tanpa sadar kamu juga telah mengakses HTTP. HTTP merupakan bagian penting dan tidak terpisahkan dari proses browsing, pengiriman file, dan berbagai hal yang berhubungan dengan aplikasi web.

Zaman sekarang, HTTP mengalami perkembangan yang cukup pesat ditandai dengan munculnya protokol HTTPS yang menggantikan HTTP versi lama.

Nah kali ini kami akan memberikan beberapa informasi tentang HTTP, yuk simak ulasan kami berikut ini.

Pengertian HTTP

HTTP (Hypertext Transfer Protocol) adalah protokol jaringan yang dikembangkan untuk membantu proses transfer antar komputer. Protokol ini berguna untuk mentransfer informasi seperti dokumen, file, gambar, dan video antar komputer dari WWW (World Wide Web).

Sesuai dengan namanya, penggunaan protokol HTTP berkaitan dengan hypertext sehingga membutuhkan banyak resource dari link file yang berperan sebagai referensi ke file atau direktori lain.

Protokol HTTP menyediakan seperangkat perintah dalam komunikasi antar jaringan. Komunikasi terjadi antara web server dan komputer klien atau sebaliknya.

Dalam komunikasi ini, komputer klien membuat permintaan dengan mengakses alamat IP atau domain (URL). Kemudian web server mengelola permintaan sesuai dengan kode yang dimasukkan.

Contoh paling sederhana dari penggunaan protokol HTTP adalah komunikasi antara komputer klien dan server web. Komputer klien membuat permintaan menggunakan browser ke server web.

Kemudian web server merespon permintaan tersebut dengan mengirimkan data/dokumen yang tersedia di web server sesuai dengan permintaan komputer client.

Sebenarnya ada protokol lain untuk pertukaran data dan informasi seperti SMTP, FTP, IMAP atau POP3. Namun, protokol HTTP adalah yang paling banyak digunakan dibandingkan dengan yang lain.

Alasannya adalah karena HTTP pada awalnya dirancang untuk mengelola dokumen HTML dan mengirimkannya ke klien. Selain itu, protokol HTTP cukup fleksibel dan saat ini sedang dikembangkan dengan penambahan beberapa fitur baru.

Ini menjadikan protokol HTTP sebagai protokol yang paling andal dan pertukaran data pemrosesan tercepat.

Fungsi HTTP

Fungsi HTTP cukup sederhana, yaitu untuk menghubungkan komputer dengan komputer lain melalui koneksi internet. HTTP diibaratkan sebagai perintah untuk menjalankan setiap komputer untuk mengirim pesan.

HTTP juga berfungsi untuk menentukan bagaimana pesan atau data dapat dikirim atau diformat ke dalam bentuk lain yang dapat diterima oleh browser. Sehingga semua data yang diinginkan oleh client dapat diakses atau ditampilkan.

Misalnya, ketika kamu memasukkan domain (URL) di browser. URL yang Anda masukkan merupakan perintah kepada web server untuk memberikan data halaman website sesuai dengan alamat yang diakses. Hasil dari perintah ini adalah tampilan halaman web yang muncul melalui web browser.

Fungsi lain dari HTTP adalah untuk mengamankan data dari pencurian dan hacker. Hal ini ditandai dengan munculnya HTTPS (Hypertext Transfer Protocol Secure). Fungsinya sama, yaitu mengatur bagaimana data diproses. Hanya saja HTTPS lebih aman daripada HTTP.

Data yang diproses menggunakan HTTPS akan dienkripsi terlebih dahulu. Cara ini bertujuan untuk mencegah hacker atau pengguna yang mencoba mencuri atau memata-matai proses pertukaran data yang sedang berlangsung.

Data yang tidak terenkripsi akan lebih mudah dibaca dan tentunya akan merugikan. Apalagi data tersebut merupakan data penting seperti username, password, PIN, identitas diri, dan lain sebagainya.

Cara Kerja HTTP

Pada dasarnya cara kerja HTTP cukup sederhana. Ketika pengguna membuka situs web melalui browser, HTTP akan menghubungkan pengguna dengan WWW serta sumber daya yang dikenal sebagai URL.

Kemudian HTTP akan memasuki protokol menggunakan TCP/IP, dan kemudian menampilkan data yang diambil kembali ke browser. Setelah itu pengguna dapat melihat berbagai situs dan isinya melalui browser.

Secara singkat cara kerja protokol HTTP dalam mentransmisikan data dapat digambarkan sebagai berikut:

1). Komputer klien atau klien HTTP akan membuat koneksi dan mengirim permintaan dokumen ke server web.

2). Server HTTP kemudian memproses permintaan dan klien HTTP menunggu tanggapan.

3). Terakhir, server web akan merespon permintaan melalui kode status data dan menutup koneksi ketika proses permintaan selesai.

Demikian artikel kami tentang pengertian HTTP lengkap dengan fungsinya dan cara kerjanya.

Semoga ulasan kami dapat membantu, terutama menambah wawasan kamu mengenai ap aitu HTTP. Terima kasih telah berkunjung.

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN

15 Tempat Wisata di Kabupaten Pacitan yang Wajib Dikunjungi

Keindahan alam di Kabupaten Pacitan memang sudah tidak dapat diragukan lagi. Keindahan pantainya, goa, dan juga hamparan alam hijau yang…

Biaya Balik Nama Mobil Bekas dan Syarat Pengurusan Terbaru

Terkadang kita memutuskan untuk membeli barang bekas yang tentunya masih layak, untuk memenuhi kebutuhan. Salah satu barang berharga yang seing…

17 Tempat Wisata di Kabupaten Temanggung yang Wajib Dikunjungi

Temanggung merupakan sebuah Kabupaten di provinsi Jawa Tengah. Kabupaten Temanggung ini memiliki ibu kota yang di kota Temanggung. Letak geografis…

Tutup Pintu Restu untuk Nathalie Holscher? Wejangan Menohok Haji Faisal untuk Frans Faisal: Cari yang Single

Frans Faisal, putra kedua Haji Faisal tersebut kini tengah dijodoh-jodohkan Nathalie Holscher. Ini bukan kali pertama Frans Faisal digosipkan dekat…

18 Tempat Wisata di Kabupaten Magelang yang Wajib Dikunjungi

Magelang merupakan sebuah Kabupaten atau Kota di provinsi Jawa Tengah. Magelang menyimpan keindahan yang beberapa diantarnya masih jarang diketahui, sehingga…

15 Tempat Wisata di Kabupaten Sampang yang Wajib Dikunjungi

Kabupaten Sampang memang menjadi salah satu kabupaten yang ada di Pulau Madura, Jawa Timur. Banyak sekali cerita sejarah yang ada…

15 Tempat Wisata di Kabupaten Situbondo yang Wajib Dikunjungi

Kabupaten Situbondo memang memiliki keindahan alam yang luar biasa. Letaknya yang berada di tengah jalur transportasi Jawa-Bali ini menjadikan Situbondo…

15 Tempat Wisata di Tabanan Bali yang Wajib Dikunjungi

Kabupaten Tabanan memang terkenal dengan area persawahannya, tak heran jika 28% dari luas wilayahnya merupakan lahan persawahan. Tanahnya yang subur,…

Cara Membuat CV yang Baik dan Benar

CV atau Curriculum Vitae merupakan Daftar Riwayat Hidup secara individual. CV biasanya digunakan oleh para pelamar kerja guna sebagai dokumen…

Lihat! Ibu Ini Membawa 3 Anak Kembarnya Masuk Tahanan, Kak Seto Bela-belain Istri Sambo Agar Tak Dibui, Netizen: Dibayar Berapa Sama Ibu PC?

Perlakuan istimewa dari Ketua Lembaga Perlindungan Anak Indonesia (LPAI) Seto Mulyadi atau akrab disapa Kak Seto terhadap istri Ferdy Sambo,…