Pengertian XAMPP, Fungsi dan Contoh XAMPP dalam Penerapannya

Pernahkah anda medengar kata XAMPP sebelumnya? Kata XAMPP sendiri mungkin kedengarannya masih asing bagi kita.

Namun, software atau aplikasi ini bisa dibilang cukup populer dan banuak digunakan oleh orang-orang yang bekerja didunia IT atau orang belajar dibidang web developer.

Sebelum itu, apa sih arti dari XAMPP itu? Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas mengenai pengertian XAMPP secara umum dan menurut para ahli, fungsi XAMPP dan contoh XAMPP dalam penerapannya.

Pengertian XAMPP Secara Umum dan Menurut Para Ahli

Secara umum, XAMPP merupakan sebuah web server yang bersifat open source dan berjalan pada sistem operasi cross platform seperti pada Windows,Linux dan juga MacOS.

Pada penggunaannya, XAMPP sendiri digunakan sebagai sebuah standalone server atau yang dikenal dengan localhost.

XAMPP sendiri diambil dari kata Apache, MySQL(dulu) dan MariaDB (sekarang), PHP dan Perl. Sedangkan kata x sendiri menandakan bahwa aplikasi ini bersifat cross platform.

Jika diuraikan secara satu persatu, huruf-huruf yang terdapat pada kata XAMPP menurut pendapat para ahli memiliki makna sebagai berikut:

1. X yang berarti Cross Platform

X merupakan kode bahwasaanya XAMPP sendiri bersifat cross platform atau dapat dijalankan di berbagai sistem operasi seperti windows, linux dan lain sebagainya.

2. A yang berarti Apache

Apache sendiri ialah sebuah aplikasi pada web server yang berfungsi untuk menciptakan halaman website yang benar sesuai dengan kode program yang ditulis oleh seorang developer. Apache sendiri bersifat open source sehingga dapat dikembangkan oleh banyak orang.

3. M yang berarti MySQL atau MariaDB

MySQL ataupun MariaDB ialah sebuah aplikasi database server yang dioptimalkan oleh orang yang sama. Adapun fungsinya yakni untuk mengolah,mengedit ataupung menghapus daftar melalui database.

4. P yang berarti PHP

Penggunaan kata P pada kata XAMPP ialah untuk menunjukkan eksistensi bahasa pemrograman PHP. Umumnya, bahasa pemrograman ini ditujukan kepada pembuatan website yang dinamis seperti pada website berbasis CMS WordPress.

5. P yang berarti Perl

Penggunaan kata P pada kata XAMPP ialah singakatan dari bahasa pemrograman Perl yang digunakan dalam memenuhi berbagai macam kebutuhan. Perl sendiri dapat digunakan pada banyak sistem operasi sehingga bersifat fleksibel dan banyak orang yang menggunakannya.

Beberapa ahli telah mengemukakan pendapat mereka mengenai defenisi dari XAMPP. Berikut beberapa pendapat para ahli mengenai pengertian dari XAMPP sebagai berikut.

1. Hidayatullah

Menurut Hidayatullah, XAMPP ialah sebuah web server yang mudah dalam pengoperasiannya dan dapat melayani tampilan halaman web yang dinamis dan dapat diakses secara lokal dengan web server localhost.

2. Madcom

Menurut Madcom, XAMPP merupakan sebuah software web server yang bersifat open source. Dengan menggunakan software ini, maka termasuk juga sudah dapat melakukan beberapa software pendukung web server seperti Apache,phpMyAdmin dan databse MySQL.

3. Wikipedia

Menurut Wikipedia, XAMPP ialah sebuah paket tumpukan dari solusi server web lintas platform gratis yang dikembangkan oleh Apache friends yaang terdiri dari Apache HTTP Server, database MariaDB, juru bahasa skrip yang diketik dengan bahasa pemrograman PHP dan Perl.

4. I Putu Agus Eka Pratama

Menurut I Putu Agus Eka Pratama, XAMPP merupakan web server yang bersifat instan yang dapat digunakan baik menggunaka sistem operasi Linux maupun sistem operasi Windows.

5. Riyanto

Menurut Riyanto, XAMPP merupakan seperangkat paket PHP dan MySQL yang bersifat open source, dimana XAMPP dapat digunakan sebagai alat bantu untuk mengembangkan aplikasi berbasis PHP. XAMPP sendiri merupakan satu paket aplikasi yang berisikan beberapa software yang berbeda-beda.

Fungsi XAMPP

Seperti dengan web-web server lokal lain, Xammp sendiri memiliki beberapa fungsi. Berikut fungsi dari XAMPP diantaranya:

1. Setting database phpMyAdmin

Dengan mengunakaan XAMPP anda dapat membuka halaman phpMyAdmin. Sama halnya seolah-olah anda menggunakan hosting atau juga Virtual Private Server, anda juga akan butuh software phpMyAdmin dalam hal mengedit, menghapus atau juga menambahkan user.

Anda juga dapat melakukannya dengan XAMPP. Yang membedakannya adalah anda tidak perlu takut ketika menemukan error pada database diakarenakan semua perubahan cuma pada server lokal komputer.

Jika anda merupakan seorang pengguna yang baru pertama sekali menggunakan phpMyAdmin, XAMPP dapat menjadi solusi yang tepat dalam mempelajari fitur-fitur dari phpMyAdmin.

2. Install WordPress Offline

XAMPP dapat digunakan dalam menjalankan Apache,MariaDB, dan PHP pada localhost tanpa harus terhubung kepada koneksi internet. Dengan kehadiran XAMPPmempermudah pekerjaan baik frontend maupun backend developer.

Untuk anda yang baru pertama kali belajar dasar-dasar WordPress, software ini dapat anda gunakan. Anda dapat mencoba fitur seperti menambahkan tema atau sekedar menambahkan plugin.

3. Menjalankan Laravel Pada Komputer

Laravel merupakan salah satu dari framework PHP yang dapay digunakan untuk mempermudah developer dalam mengembangkan suatu website.

Dengan menjalankan Laravel pada localhost yang menggunakan XAMPP, anda dapat lebih mudah untuk melakukan modifikasi script tanpa harus takut akan merusak kode inti yang ada diserver.

Contoh XAMPP Dalam Penerapannya

Berikut beberapa contoh XAMPP dalam berbagai penerapannya sebagai berikut.

1. Localhost / Apache Server

XAMPP sendiri memiliki fitur utama dimana apache server membuat serta menjalankan server localhost. Dengan servis ini, anda mampu menjalankan website secara lokal tanpa adanya koneksi internet yang terhubung kepada server.

2. MySQL / phpMyAdmin

Jika localhost berkaitan dengan apacher server, maka phpMyAdmin pada XAMMP sendiri merupakan contoh pengaplikasian dari MySQL atau database pada XAMPP.

3. Control Panel

XAMPP control panel merupakan tempat dimana seluruh aplikasi yang terdapat pada XAMPP. Melalui panel ini, anda mampu untuk mengatur program melalui XAMPP mana yang akan dihidupkan, dimatikan atau pengaturan lainnya.

Demikian pembahasan kami mengenai pengertian XAMPP secara umum dan menurut para ahli,fungsi XAMPP dan contoh XAMPP dalam penerapannya. Semoga bermanfaat.

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN

Keuntungan Membeli Mobil Secara Tunai dan Kredit

Mobil merupakan alat transportasi yang dipilih oleh banyak orang karena memiliki kapasitas serta fasilitas yang nyaman. Sadarkah Anda bahwa saat…

Murkanya Bharada E saat Rekonstruksi, Anggap Adegan Versi Tersangka Lain Termasuk Ferdy Sambo Tak Sesuai Fakta: Ada Penolakan

Bharada Richard Eliezer atau Bharada E sempat marah saat rekostruksi kasus pembunuhan berencana Brigadir J digelar. Proses rekonstruksi kasus pembunuhan…

Terpaksa Jadi Janda Lagi Usai Bahagia Dinikai Brondong Usia 27 Tahun, Syok Nikahi Suami Orang

Kemampuan akting artis senior Henidar Amroe tak perlu diragukan lagi. Ia sudah malang melintang di dunia hiburan tanah air cukup…

15 Tempat wisata di Kabupaten Sidoarjo yang Wajib Dikunjungi

Sidoarjo dan duka saat bencana lumpur lapindo melanda memang tidak pernah bisa dilupakan hingga saat ini. Namun meski begitu musibah…

15 Tempat Wisata di Kabupaten Nganjuk yang Wajib Dikunjungi

Anda mungkin sudah tau tentang Kabupaten Nganjuk dan perannya sebagai sentra penghasil bawang merah di Jawa Timur. Namun Kabupaten Nganjuk…

Satu Indonesia Bersorak! Shandy Purnamasari Resmi Laporkan Nikita Mirzani ke Kepolisian, Nyai Terancam Pasal Berlapis Maksimal 12 Tahun Penjara

Pelaporan tersebut atas dugaan pencemaran nama baik yang dilakukan oleh Nikita Mirzani. Dimana ia sebelumnya membeberkan kalau kekayaan Shandy Purnamasari…

15 Tempat Wisata di Badung Bali yang Wajib Dikunjungi

Kabupaten Badung memang sudah sangat terkenal dengan keindahan alamnya yang mengagumkan. Pasir pantai putihnya pun menjadi salah satu keunggulan dari…

Cara Membuat Daftar Pustaka Jurnal, Buku, Makalah dan Skripsi

Sebelum masuk pembahasan cara membuat daftar pustaka baik untuk Jurnal, Buku, Makalah maupun Skripsi ada beberapa hal yang harus anda…

15 Tempat Wisata di Kabupaten Pasuruan yang Wajib Dikunjungi

Kabupaten Pasuruan memang menjadi salah satu daerah yang menjadi kawasan industri di Indonesia. Namun meskipun kawasan industri bukan berarti Pasuruan…

Raul Lemos terseret uang korupsi miliaran rupiah dan puluhan ribu dolar AS, ini pasal hukum yang menantinya

Sosok suami artis Krisdayanti, Raul Lemos, kini tengah hangat diberitakan terkait masalah yang sedang menjeratnya. Padahal seperti diketahui, Raul Lemos…