Pengertian Seni Rupa Murni Menurut Para Ahli

Tahukah kamu bahwa di dunia seni dibagi menjadi dua jenis? Ya, tak lain adalah Seni Murni dan Seni Terapan.

Sebagai manusia yang memiliki akal dan pemikiran yang selalu berkembang, manusia akan terus melakukan serangkaian perkembangan sesuai dengan apa yang diimpikannya.

Untuk itu, kali ini kita akan sama-sama belajar mengenai pengertian seni rupa murni,

Pengertian Seni Rupa Murni Menurut Ahli

Seni Murni adalah salah satu bukti bagaimana manusia mampu memberikan sebuah keindahan, yang tentunya bisa dinikmati oleh mata dan dirasakan dengan sentuhan. Keindahan dan nilai estetisnya tak jarang menimbulkan kekaguman bagi siapa saja yang melihatnya.

Kita bisa dengan mudah menikmati karya tangan-tangan keren seniman di seluruh dunia. Misalnya Karya Seni Rupa seperti Lukisan, yang mampu berekspresi jika ada yang masuk ke dalamnya.

Seni rupa murni diciptakan secara bebas tanpa mempertimbangkan segi fungsi dan kegunaannya tetapi lebih mengutamakan fungsi keindahan/estetika. Seni adalah karya seseorang yang melukis tentang mengekspresikan ekspresi.

Sedangkan Rupa adalah bentuk-bentuk yang memiliki kedalaman isi atau volume. Seni rupa sendiri merupakan cabang seni rupa yang membentuk karya seni rupa dengan media yang dapat ditangkap oleh mata dan dirasakan dengan sentuhan.

Kesan ini tercipta dengan mengolah konsep titik, garis, bidang, bentuk, volume, warna, tekstur dan pencahayaan dengan acuan estetika. Untuk memberikan pemahaman yang lebih baik, di bawah ini adalah definisi Seni Murni menurut beberapa pendapat ahli:

1). Aristoteles

Pengertian Seni Rupa menurut Aristoteles adalah, karya yang didasarkan pada peniruan alam tetapi memiliki sifat ideal.

2). Susanne K Langer

Sedangkan menurut Sussane, yang dimaksud dengan Seni Murni adalah suatu bentuk karya manusia yang memiliki keindahan dan dapat dinikmati oleh orang lain. Dengan kata lain, seni rupa adalah proses penciptaan keindahan yang tujuannya untuk dinikmati.

3). Kottak

Menurut Kottak, seni adalah seni yang memiliki kualitas, hasil ekspresi dan keindahan alam serta berbagai hal yang melebihi keasliannya dengan mengelompokkan benda/subyek terhadap kriteria estetika.

4). Haukin

Menurut Haukin adalah bagian dari ekspresi jiwa manusia yang diimajinasikan dan diterapkan pada suatu objek. Seni rupa adalah seni yang juga untuk dipamerkan atau dipertunjukkan di depan banyak orang.

5). La Mery

Sedangkan menurut La Mery, arti Seni Murni adalah visi simbolis dengan bentuk yang lebih tinggi dan lebih indah. Dengan kata lain, seni rupa adalah sesuatu yang menekankan keindahan.

Tokoh Seni Rupa Indonesia

Dari semua perkembangan yang terjadi, karya-karya tangan keren para seniman pasti akan tetap melekat dan menarik di hati. Buktinya, hingga saat ini masih banyak koleksi mereka yang terpajang rapi di museum.

Meski tidak semuanya mungkin karena dijual ke pengepul, tetap saja diburu dan diburu meski menghabiskan banyak uang.

Nah, di bawah ini adalah beberapa Tokoh Seni Rupa yang terkenal dan melegenda dalam kategori Murni dari Indonesia:

  • Affandi
  • Agus Djaya
  • Basuki Abdullah
  • Christiawan “Chris” Lie
  • Dullah
  • Hendra Gunawan
  • Henricus Kusbiantoro
  • Melissa Sunjaya
  • Raden Saleh
  • Yolanda “Yo” Santosa

Bentuk Seni Rupa Murni

Setelah memahami pengertian dari seni rupa murni, ada baiknya kita juga mengetahui bentuk nya. Nah, di bawah ini adalah jenis/bentuk seni rupa murni yang umumnya sudah kita kenal:

1). Lukisan

Umumnya lukisan adalah paling akrab bagi kita. Setidaknya dalam hidup kita pasti pernahkah melihat sebuah lukisan, baik secara langsung maupun melalui media lain seperti televisi atau internet.

Jenis lukisan ini juga terdapat dalam beberapa model, antara lain Naturalisme, Klasisisme, Realisme, Romantisisme dan lain-lain. Umumnya, setiap lukisan memiliki makna, sejarah dan maknanya sendiri, yang berasal dari seniman yang membuatnya.

2). Kaligrafi

Kaligrafi merupakan salah satu contoh model seni rupa murni dua dimensi. Berfungsi sebagai suguhan mata atas dasar keindahan, ketelitian dalam pembuatannya dan biasanya diletakkan di tempat-tempat peribadatan umat Islam, rumah dan ruangan bernuansa islami lainnya.

Kaligrafi umumnya ditulis dalam bahasa Arab. Kemudian dipadukan dengan berbagai corak dan motif yang unik, sehingga menimbulkan kesan indah dan meningkatkan nilai serta harga di dalamnya.

3). Topeng

Ketika tidak digunakan, topeng biasanya dipajang di dinding rumah. Namun meski begitu, masih ada segelintir orang yang tidak memahami seni.

Bahkan memaknai topeng sebagai properti yang memiliki ikatan erat dengan dunia mistik, meski itu hanya sebagian kecil.

4). Fotografi

Bagi Anda yang suka selfie atau berfoto-foto pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah fotografi. Seni rupa dua dimensi ini semakin populer akibat kemajuan teknologi yang semakin pesat.

Seni fotografi mampu memperindah sebuah potret jika dipadukan dengan seni fotografi oleh para ahlinya.

5). Relief

Pengertian Relief adalah gambar atau lukisan yang ditampilkan dalam bentuk tiga dimensi (trimata), yang berada di atas bidang dua dimensi atau (dwimata).

Relief sering ditemukan di candi dan tugu peringatan, yang memiliki nilai sejarah tinggi.

6). Ukiran

Tidak jauh berbeda dengan relief, namun ukiran umumnya dicetak dari batu pipih dan kayu. Biasanya para pemahat akan menciptakan seni ukir berupa kehidupan manusia, pohon, bunga dan makhluk hidup lainnya. Ukiran sering ditemukan di rumah, ruang kantor, dinding bangunan dan sejenisnya.

7). Seni Grafis

Seni Grafis merupakan perpaduan antara bentuk seni rupa murni dan seni terapan, perbedaannya terletak pada penempatan kegunaannya.

Jika itu ilustrasi, maka itu diterapkan, tetapi jika itu pajangan atau hiasan, maka itu menjadi Murni. Contoh seni rupa lainnya adalah mozaik, kriya dan keramik.

Fungsi Seni Rupa Murni

Berdasarkan pengertian dan beberapa contoh di atas, setidaknya Anda dapat menarik kesimpulan tentang beberapa fungsinya. Diantaranya sebagai hiasan, pajangan dan tempat untuk mengekspresikan karya seseorang dalam bentuk seni.

Selain sebagai pajangan, tujuan seni rupa murni tentu saja menjadi sumber pendapatan bagi para pengrajin. Pasalnya, nilai yang terkandung dalam sebuah karya seni terkadang fantastis dan sangat menggiurkan.

Oleh karena itu, tidak heran mengapa banyak orang yang meliuk-liuk, tidak hanya sebagai hobi atau hobi, tetapi juga sebagai mata pencaharian yang menjanjikan.

Bahkan, sebuah karya seperti lukisan legendaris, kolektor tak segan-segan menghabiskan banyak uang hanya untuk mengoleksinya.

Demikian artikel kami mengenai pengertian seni rupa murni, tokoh seni Indonesia, bentuk dan fungsi seni rupa murni.

Semoga ulasan kami dapat membantu, khususnya menambah wawasan kamu mengenai seni rupa murni. Terimakasih sudah berkunjung

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN

Pasal 163 KUHP (Kitab Undang-Undang Hukum Pidana)

Kitab Undang-undang Hukum Pidana (bahasa Belanda: Wetboek van Stafrecht, umum dikenal sebagai KUH Pidana atau KUHP) adalah peraturan perundang-undangan yang…

Meledak Emosi Lesti Kejora, di Hadapannya Rizky Billar Berani Goda Sosok Wanita Lain Sampai Panggil Sayang

Baru-baru ini, Lesti Kejora dibuat naik pitam gara-gara ulah sang suami, Rizky Billar. Bagaimana tidak? Di hadapan Lesti Kejora, Rizky…

Pasal 154 KUHP (Kitab Undang-Undang Hukum Pidana)

Kitab Undang-undang Hukum Pidana (bahasa Belanda: Wetboek van Stafrecht, umum dikenal sebagai KUH Pidana atau KUHP) adalah peraturan perundang-undangan yang…

Tutup Pintu Restu untuk Nathalie Holscher? Wejangan Menohok Haji Faisal untuk Frans Faisal: Cari yang Single

Frans Faisal, putra kedua Haji Faisal tersebut kini tengah dijodoh-jodohkan Nathalie Holscher. Ini bukan kali pertama Frans Faisal digosipkan dekat…

Pasal 174 KUHP (Kitab Undang-Undang Hukum Pidana)

Kitab Undang-undang Hukum Pidana (bahasa Belanda: Wetboek van Stafrecht, umum dikenal sebagai KUH Pidana atau KUHP) adalah peraturan perundang-undangan yang…

Pasal 170 KUHP (Kitab Undang-Undang Hukum Pidana)

Kitab Undang-undang Hukum Pidana (bahasa Belanda: Wetboek van Stafrecht, umum dikenal sebagai KUH Pidana atau KUHP) adalah peraturan perundang-undangan yang…

18 Tempat Wisata di Bukittinggi yang Wajib Dikunjungi

Waktu senggang memang seringkali dihabiskan bersama keluarga, meski begitu bukan berarti waktu bersama keluarga adalah waktu berdiam dirumah saja. Namun…

Pasal 161 KUHP (Kitab Undang-Undang Hukum Pidana)

Kitab Undang-undang Hukum Pidana (bahasa Belanda: Wetboek van Stafrecht, umum dikenal sebagai KUH Pidana atau KUHP) adalah peraturan perundang-undangan yang…

Biaya Transformasi Muhammad Fatah Jadi Ratu Keabadian Tak Murah, Lucinta Luna Bongkar Budget untuk Operasi Plastik Sekujur Tubuh

Lucinta Luna baru-baru ini membeberkan biaya yang ia habiskan untuk operasi plastik sekujur tubuh demi menjadi Ratu Keabadian. Seperti yang…

Efek Video Sikap Ashanty ke Sosok Fuji Viral, Thariq Halilintar Pasang Badan: Seakan-akan Lebih Tau Tentang Kami

Hebohnya Ashanty dihujat imbas video sikapnya ke sosok Fuji sampai ke telinga Thariq Halilintar. Ya, video yang perlihatkan sikap Ashanty…