Pengertian Processor, Bagian, Fungsi, Jenis dan Tips Memilih Prosesor

Sama halnya dengan manusia, komputer juga memiliki otak untuk dapat melaksanakan semua hal, baik menjalankan semua perintah, mengontrol keseluruhan sistem komputer maupun pengolahan yang kita perintahkan.

Otak dari sebuah komputer dikenal dengan nama prosesor, dimana komponen ini memiliki sebuah IC “ Intergrated Circuit” yang mengontrol keseluruhan jalannya sebuah sistem komputer, tempat prosesor sendiri terletak di motherboard.

Walaupun prosesor sangat diperlukan namun tanpa komponen lainnya komputer tidak akan bisa berjalan maksimal, karena sistem dari komputer adalah satu kesatuan yang utuh.

Prosesor sendiri akan mampu menunjang kinerja secara maksimal jika kamu memilih prosesor yang terbaik. Berikut kita akan mengulas lebih luas mengenai prosesor.

Pengertian Processor

  • Juharis & Abdul Hamid

Menurut keduanya, prosesor merupakan pusat eksekusi dari setiap perintah, baik instruksi maupun data dalam sebuah sistem komputer.

  • Lia Kuswayatno

Dijelaskannya, prosesor merupakan sebuah chip yang menjadi prosesor utama dan digunakan sebagai pusat kendali berbagai perangkat komputer.

  • Menurut Erima Oneto

Prosesor adalah otak atau pusat kendali dari suatu sistem komputer yang bekerja juga membutuhkan dukungan dari komponen lain pada komputer.

  • Rahmat Putra

Rahmat Putra mendefenisikan bahwa prosesor merupakan suatu komponen terpenting yang ada pada sebuah komputer untuk mengendalikan semua komponen yang ada pada komputer, untuk mengolah data dan untuk menjalankan semua sistem operasi yang telah terpasang di komputer tersebut.

Bagian-bagian Processor

Dalam menunjang kinerja prosesor ada beberapa bagian yang harus ada sebagai pendukung komponen ini dapat bekerja maksimal, berikut adalah beberapa bagian dari prosesor:

  • Aritcmatics Logical Unit (ALU)

ALU sendiri merupakan bagian dari prosesor yang bertugas untuk melakukan perhitungan aritmatika yang dijalankan dengan instruksi kode program yang telah diatur. Ini bagian dari ALU yang pada dasarnya melakukan semua logika.

  • Control Unit (CU)

Selanjutnya bagian dalam prosesor adalah CU yang merupakan bagian dari prosesor yang berfungsi untuk melakukan kendali atas semua proses yang terjadi pada prosesor, baik itu kegiatan input maupun output yang terjadi di bawah kendali prosesor.

  • Memory Unit (MU)

Yaitu sebagai perangkat penyimpanan yang kecil namun memiliki kecepatan akses yang cukup tinggi.

Fungsi Processor

Berikut beberapa fungsi dari prosesor yang perlu kita ketahui, sehingga kita mengetahui betapa pentingnya prosesor yang baik tersebut, yaitu :

  • Menjalankan pemrosesan informasi pada komputer

Fungsi pertama dari prosesor adalah untuk melakukan pemrosesan informasi pada komputer. Ya, komputer adalah rangkaian perangkat elektronik yang disusun berdasarkan arsitektur dan juga berdasarkan susunan tertentu. Salah satu komponen terpenting dalam sebuah komputer adalah komponen informasi. Prosesor akan memproses segala bentuk informasi yang dimiliki oleh komputer, dan juga memproses informasi yang dimasukkan ke dalam komputer. Semua pekerjaan pemrosesan informasi akan ditangani oleh prosesor.

  • Integrasi atas keseluruhan komponen internal komputer agar dapat saling bekerja sama

Integrasi di sini berfungsi untuk melakukan integrasi atas semua komponen internal di dalam komputer. Komponen-komponen tersebut, berupa komponen chipset, harddisk, RAM, VGA, dan sebagainya, sehingga semua komponen tersebut dapat bekerja sesuai tugasnya masing-masing, dan saling terintegrasi. Semua komponen tersebut akan dihubungkan dengan komponen prosesor, sehingga dapat terintegrasi.

  • Pencegahan dari terjadinya overlapping pada tiap-tiap komponen komputer

Sebagai otak dari komputer, prosesor juga memiliki fungsi dan tugas penting lainnya, yaitu mencegah terjadinya overlapping pada setiap komponen komputer. Jadi, ketika kita akan mengakses data atau informasi, prosesor akan memastikan bahwa komponen yang akan bekerja adalah komponen hard disk, dan bukan komponen lain yang tidak terkait dengan proses pengambilan data. Hal ini tentunya sangat erat kaitannya dengan fungsi prosesor untuk mengintegrasikan setiap komponen komputer yang ada menjadi satu kesatuan yang utuh sesuai dengan fungsinya masing-masing dalam suatu sistem kerja komputer.

  • Menjaga performa dari sebuah komputer

Merupakan salah satu fungsi lain dari sebuah prosesor. Prosesor sering dianggap sebagai salah satu indikator bagaimana sebuah komputer dapat bekerja. Semakin banyak core dalam sebuah prosesor, dan juga semakin tinggi kecepatan prosesor tersebut, maka sebuah komputasi akan dianggap semakin cepat.

Ini benar, tetapi tidak mutlak. Kecepatan serta tinggi spesifikasi prosesor yang ada, harus didukung dengan kondisi komponen lain, seperti harddisk, RAM, VGA, dan chipset. Jadi, meski prosesor bisa menjadi ukuran kinerja sebuah komputer, Anda juga tetap harus melihat spesifikasi komponen lainnya.

  • Pengolahan perhitungan algoritma dalam menjalankan perintah yang diberikan

Sebuah komputasi akan berjalan dengan mengandalkan perhitungan algoritma. Perhitungan algoritma tersebut diproses sedemikian rupa, sehingga nantinya komputer dapat membaca apa yang diinginkan dan juga diperintahkan oleh pengguna, sehingga fungsi utama komputer dapat berjalan dengan baik dan lancar.

  • Memastikan agar komputer bekerja dengan baik

Fungsi terakhir dari prosesor yaitu untuk menjaga agar komputer tetap bekerja dengan baik. Ya, hal ini erat kaitannya dengan fungsi prosesor sebagai media integrasi antara komponen pengolah informasi, komponen input dan juga komponen output dalam sebuah sistem komputer. Dengan terintegrasinya semua komponen tersebut, sebuah komputer akan dapat bekerja dengan baik, dan terhindar dari berbagai macam malfungsi, seperti error, korupsi, dan banyak hal lainnya.

Jenis-Jenis Processor

Ada beberapa jenis dari prosesor yang di buat oleh beberapa perusahaan teknologi yang ada di bumi ini, berikut adalah beberpa di antarannya :

  • Intel Processor

Prosesor Intel termasuk dalam salah satu produk terpopuler bagi pengguna teknologi komputer. Jika dilihat dari segi produk, Intel merupakan pesaing terberat dari produk AMD. Intel sendiri merupakan perusahaan multinasional yang merupakan bagian dari grup Intel Corporation, dimana perusahaan ini telah berdiri sejak tahun 1968 dengan pusat pengembangan dan produksinya berada di Amerika Serikat. Tak hanya itu, perusahaan Intel juga dikenal sebagai produsen yang memiliki desain pada mikroprosesor.

  • AMD (Anvanced Micro Processor)

Advanced Micro prosesor sering disebut sebagai AMD. Untuk tingkatannya sendiri AMD masi berada di bawah Intel, namun produksi AMD terus mengembangkan produk menjadi lebih baik. AMD menempati urutan kedua perusahaan multinasional setelah Intel Corporation yang berbasis pada pengembangan produk prosesor pada komputer.

  • ARM Processor

ARM prosesor adalah perusahaan yang di dalamnya terdapat arsitektur prosesor hingga 32 bit. Pusat pengembangan dan basis produksi Prosesor ARM masih di bawah lisensi dari ARM Limited. ARM Prosesor digunakan untuk prosesor di ponsel, jadi tidak heran jika hardware baru ini terdaftar di berbagai smartphone.

  • Cyrix Processor

Cyrix adalah perusahaan yang melakukan pengembangan di bidang mikroprosesor komputer. Awal berdirinya perusahaan dan produksi produk dilakukan pada tahun 1988. Pusat pengembangan dan produksi prosesor ini berlokasi di Texas. Perlu Anda ketahui bahwa Cyrix merupakan salah satu pemasok prosesor dengan performa yang cukup tinggi.

  • Via

Via adalah perusahaan yang melakukan pengembangan pada chipset. Tidak seperti kebanyakan produsen prosesor lain yang dikembangkan di Eropa, produk ini merupakan bagian dari Formisa Plastics Group yang pusat pengembangan dan produksinya berlokasi di Taiwan.

  • Apple Processor

Apple Prosesor pada awalnya merupakan perusahaan yang dikenal dengan nama Apple Computer, Inc. namun belakangan perusahaan prosesor tersebut berada di bawah lisensi apple bernama Apple Inc. Perubahan nama tersebut dilakukan setelah peluncuran produk baru dari iPhone.

Tips Pemilihan Processor

Ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan baik-baik saat membeli laptop, terutama saat memilih jenis merek prosesor yang akan digunakan, karena meski merek laptop sama, belum tentu menggunakan prosesor yang sama. Umumnya kita bisa melihat merek prosesor melalui stiker yang menempel di bagian bawah keyboard laptop, biasanya di sisi kanan, karena akan ditempelkan di antara dua merek terkenal, yaitu Intel dan AMD. Untuk kebutuhan perkantoran biasanya orang lebih memilih Intel, sedangkan untuk kebutuhan grafis seperti studio, gamer dan lain sebagainya biasanya akan memilih AMD.

Tapi sebenarnya bukan dari mereknya yang harus kita perhatikan, melainkan kecepatan proses yang harus kita jadikan acuan. Terlepas dari pilihan antara prosesor merek Intel atau AMD, itu tergantung pada masing-masing pengguna. Terutama harus disesuaikan dengan jenis pekerjaan, karena harus dijalankan oleh komputer itu sendiri.

Demikian ulasan kami mengenai pengertian prosessor, bagian-bagian, fungsi, jenis, serta pemilihan prosesor. Semoga ulasan kami membantu, khususnya dalam memberikan pemahaman yang berkaitan dengan prosesor. Terimakasih ya sudah berkunjung.

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN

Menikah Umur 19, Artis Ini Menjanda Setelah Diselingkuhi dan Jadi Korban KDRT, Kini Fokus Asuh Anak

Artis ini jadi janda di usia 22 tahun usai diselingkuhi dan jadi korban KDRT. Kini dia mencoba bangkit dan berhasil…

Sama-sama Tenggelam di Sungai, Kenapa Kondisi Jenazah Eril Anak Ridwan Kamil dan Tangmo Nida Berbeda?

Jenazah Eril anak Ridwan Kamil masih utuh ketika ditemukan di Bendungan Engehalde, Swiss pada Rabu (8/6) waktu setempat. Bahkan aroma…

Lirik Lagu Demi Waktu yang Dinyanyikan oleh Ungu

Lirik menjadi salah satu komponen yang penting dan dapat menarik minat masyarakat dalam mendengarkan sebuah lagu. Lirik yang mudah dihafal…

Potret Mayangsari dan Iis Dahlia Saat Bungkus Makanan Sisa Acara Viral, Jadi Sorotan

Iis Dahlia dan Mayangsari menjadi sorotan baru-baru ini. Sikap tak terduga yang ditunjukkan Iis Dahlia dan Mayangsari saat hadiri acara…

Lirik Lagu Rayuan Pulau Kelapa Cipta Ismail Marzuki

Lirik menjadi salah satu komponen yang penting dan dapat menarik minat masyarakat dalam mendengarkan sebuah lagu. Lirik yang mudah dihafal…

‘Aku Pasti Pisah’, Tak Mundur Sedikit Pun! Ashanty Mantap Cerai dari Anang Hermansyah Jika Ayah Aurel Nekat Lakukan Hal Ini

Pasangan suami istri, Ashanty dan Anang Hermansyah tak pernah gagal mencuri perhatian. Menikah hampir 10 tahun lamanya, pasangan fenomenal ini…

Nagita Slavina Alami Momen Tak Mengenakan di Acara Ulang Tahun Pernikahan Ayu Dewi, Istri Raffi Ahmad: Maaf Banget

Sebuah momen tak mengenakan dialami oleh Mama Rafathar yang mana dirinya sempat salah kostum ketika menghadiri acara Ayu Dewi dan…

Lirik Lagu Satokkin Di Nipikki – Torgabe Trio

Lirik menjadi salah satu komponen yang penting dan dapat menarik minat masyarakat dalam mendengarkan sebuah lagu. Lirik yang mudah dihafal…

Lirik Lagu Tercipta Untukku yang Dinyanyikan oleh Ungu

Lirik menjadi salah satu komponen yang penting dan dapat menarik minat masyarakat dalam mendengarkan sebuah lagu. Lirik yang mudah dihafal…

‘Tutup lah Aib Orang yang Sudah Meninggal’ Astaga Gegara Posting Kemesraan Bersama Eril, Nabila Ishma Malah Banjir Cibiran, Warganet Minta Hapus Foto Anak Ridwan Kamil: Perempuan Pakai Hijab Harusnya Bisa Jaga Sikap!

Sejak berita Eril terseret terbawa arus sungai Aare Swis, tak hentinya Nabila memposting kebersamaan mereka. Ia juga membeberkan bagaimana menjalin…