Pengertian Komitmen, Contoh Komitmen dan Cara Menjaga Komitmen dalam Hubungan Cinta

Selama ini kita sering menggunakan kata komitmen untuk mengikat janji atau menyatakan sesuatu yang berhubungan dengan cita-cita.

Misalnya, mahasiswa yang ingin lulus harus tetap berkomitmen pada studinya atau orang gemuk yang ingin kurus harus berkomitmen pada program dietnya.

Hal semacam ini secara tidak sadar selalu terjadi pada kita, walaupun pada kenyataannya masih banyak dari kita yang belum mengetahui arti dari komitmen yang sebenarnya. Di sinilah fungsi memahami arti komitmen sederhana namun mengesankan.

Tapi tenang, kali ini kami akan memberikan pembahasan tentang apa itu komitmen, untuk itu simak ulasan kami berikut ini.

Pengertian Komitmen Secara Umum

Arti dari komitmen sebenarnya sangat luas. Secara bahasa, komitmen adalah sikap setiap orang terhadap sesuatu, baik itu diri sendiri, orang lain, organisasi, dan lain-lain.

Komitmen dapat dibuat secara sukarela atau dipaksakan, tergantung pada situasi masing-masing. Beberapa orang berkomitmen untuk sesuatu karena mereka mencintai apa yang mereka lakukan.

Yang lain berkomitmen karena mereka takut kehilangan ketika mereka tidak memenuhi komitmen itu. Beberpa orang lainnya mungkin berkomitmen karena mereka merasa memiliki tanggung jawab untuk melakukannya.

Kenyataannya, komitmen lebih mudah diucapkan daripada dilakukan. Melaksanakan komitmen merupakan bentuk tanggung jawab terhadap diri sendiri dan orang lain. Dengan memahami makna dari komitmen ini, diharapkan akan tumbuh rasa percaya diri atau semangat untuk berubah menjadi lebih baik.

Tanpa komitmen, suatu hubungan mungkin tidak akan berjalan harmonis, karena akan sulit untuk memahami sudut pandang yang berbeda. Tidak hanya hubungan cinta, komitmen juga dibutuhkan dalam hubungan kerja dan sebagainya.

Pengertian Komitmen Menurut Para Ahli

Untuk mendalami pengertian komitmen, berikut kami berikan pengertian komitmen menurut para ahli:

1). Griffin

Menurut Griffin, komitmen adalah suatu sikap yang menunjukkan sejauh mana seseorang mengetahui, mengenal, dan bersedia untuk terikat pada organisasinya.

2). Sri Kuntjoro

Sri Kuntjoro menjelaskan bahwa komitmen adalah rasa keterlibatan, loyalitas, dan identifikasi yang diungkapkan seseorang terhadap organisasi.

3). Steer dan Porter

Menurut Steers dan Porter, komitmen adalah suatu keadaan di mana seseorang menjadi terikat oleh tindakannya sehingga menimbulkan keyakinan yang mendukung aktivitas dan keterlibatannya.

4). Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Dalam KBBI, komitmen adalah tindakan untuk melakukan sesuatu. Dengan kata lain, komitmen adalah suatu bentuk pengabdian atau kewajiban yang mengikat orang lain, hal tertentu, atau tindakan tertentu.

Contoh Komitmen dalam Kehidupan Sehari-hari

Berikut dibawah ini contoh komitmen dalam kehidupan sehari-hari, antara lain sebagai berikut.

1). Komitmen Untuk Diri Sendiri

Komitmen berdasarkan keinginan pribadi untuk hal-hal yang lebih baik. Misalnya, berkomitmen untuk menghemat uang saat ingin membeli barang tertentu.

Memegang komitmen untuk berolahraga setiap hari agar sehat. Berkomitmen untuk diet agar tubuh tetap langsing atau berbagai hal berdasarkan keinginan sendiri.

2). Komitmen pada keluarga

Salah satu contoh komitmen terhadap keluarga adalah motivasi untuk menabung atau bekerja keras untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik.

Berbeda dengan komitmen terhadap diri sendiri, komitmen terhadap keluarga tidak hanya mementingkan diri sendiri tetapi mencakup tanggung jawab terhadap keluarga.

3). Komitmen Kerja

Dalam buku yang berjudul “Human Resource Management Review” yang ditulis oleh John Meyer dan Natalie Allen pada tahun 1991 disebutkan tiga model komitmen kerja seseorang terhadap perusahaannya. Tiga jenis komitmen kerja adalah:

  • Cinta terhadap pekerjaan (affective commitment).
  • Takut kehilangan (continuance commitment).
  • Memiliki rasa kewajiban (Normative Commitment).

4). Komitmen dalam Hubungan

Memahami arti komitmen juga berguna untuk menjaga suatu hubungan, baik untuk hubungan pernikahan maupun pacaran. Orang yang sedang pacaran akan selalu menjaga komitmennya dalam berpacaran agar tidak putus.

Dalam sebuah hubungan cinta, komitmen adalah tanggung jawab diri terhadap pasangan yang perlu dijaga bersama

5). Komitmen terhadap lingkungan

Orang yang peduli lingkungan biasanya memahami arti dari komitmen, karena kelompok pecinta alam telah menanamkan tanggung jawab yang besar untuk terus menjaga lingkungan dalam diri mereka.

Motif komitmen ini dapat berupa komitmen afektif atau komitmen normatif, bahkan dapat dilengkapi dengan continuance commitment.

Cara Menjaga Komitmen dalam Hubungan Cinta

Kunci untuk mempertahankan komitmen dalam hubungan adalah percaya pada diri sendiri untuk menjadi diri sendiri.

Mendorong diri sendiri terlalu keras untuk menjadi apa yang diinginkan orang lain hanya akan menyebabkan keretakan dalam suatu hubungan.

Selain itu, ada beberapa cara lain yang bisa kamu lakukan untuk menjaga komitmen dalam suatu hubungan, antara lain:

1). Belajarlah untuk berkompromi

Dalam sebuah hubungan, kamu dan pasangan pasti akan menemukan perbedaan, mulai dari perbedaan pendapat hingga idealisme. Oleh karena itu, kamu dan pasangan dituntut untuk bisa saling berkompromi.

Pasalnya, hubungan yang tidak dilandasi kompromi akan mudah dipenuhi konflik. Keadaan seperti ini tentu membuat hubungan kamu menjadi tempat yang tidak nyaman untuk berkomitmen.

2). Buat kenangan bersama

Cara lain untuk menjaga komitmen dalam hubungan adalah dengan membuat lebih banyak kenangan dengan pasanga.

Kenangan indah bersama dapat membantu kamu dan pasangan melewati masa-masa sulit yang mungkin timbul di sepanjang jalan hubungan dengannya.

3). Selesaikan konflik dengan baik

Jika kamu dan pasangan sedang mengalami konflik, biasakan untuk menyelesaikannya dengan baik dan dalam keadaan tenang. Cobalah untuk tidak saling berteriak dan menuduh, apalagi mengatakan hal-hal yang kasar.

kamu dan pasangan juga harus bisa menerima kritik, tidak keras kepala, saling memaafkan, dan bekerja sama untuk mencari solusi terbaik atas masalah yang dihadapi.

Untuk mencapai kestabilan dalam suatu hubungan, dibutuhkan waktu dan usaha yang tidak mudah. Salah satu hal yang dapat kamu lakukan untuk keberhasilan suatu hubungan adalah berkomitmen pada hubungan tersebut.

Tanpa berpegang teguh pada arti komitmen, kamu dan pasangan mungkin akan kesulitan mendamaikan perbedaan untuk mencapai tujuan bersama.

Jika kamu mengalami kesulitan dalam komitmen, baik dalam hubungan cinta atau hal lainnya, kamu dapat berkonsultasi dengan psikolog sehingga dapat menghilangkan ketakutan dan masalah.

Demikian artikel kami tentang arti komitmen beserta contoh komitmen dan kehidupan sehari-hari.

Semoga ulasan kami dapat membantu, terutama menambah wawasan kamu mengenai komitmen. Terima kasih telah berkunjung

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN

7 Fakta Unik Mbak Rara Si Pawang Hujan, Dari Keturunan Muslim tapi Mengaku Non Muslim

Rara Istiati Wulandari atau yang lebih dikenal Mbak Rara Pawang Hujan kembali ramai dibicarakan oleh warganet. Hal ini terjadi lantaran…

Sosok Biduan yang Sedang Hamil Ini Nangis, Imbas Lihat Ulah Ayu Ting Ting di Acara TV, Ada Apa?

Lihat aksi Ayu Ting Ting di acara TV, sosok biduan yang sedang hamil, Zaskia Gotik menangis. Menangis, sosok biduan yang…

15 Tempat Wisata di Klungkung Bali yang Wajib Dikunjungi

Salah satu kabupaten yang ada di Bali ini memang begitu terkenal dengan kulinernya yang khas. Namun bukan hanya kulinernya saja…

Selama Ini Dikenal Sabar! Bak Kelewat Murka, Bunga Citra Lestari sampai Tega Semprot Syahrini karena Tak Nyaman: ‘Parah’

Penyanyi cantik Bunga Citra Lestari sempat semprot Syahrini. Kira-kira apa yang terjadi? Sosok Bunga Citra Lestari selama ini dikenal sangat…

15 Tempat wisata di Kabupaten Sidoarjo yang Wajib Dikunjungi

Sidoarjo dan duka saat bencana lumpur lapindo melanda memang tidak pernah bisa dilupakan hingga saat ini. Namun meski begitu musibah…

Hanya Gara-gara Masalah Sepele Ini, Sosok Santri Pondok Gontor Ini Alami Penganiayaan Sampai Meninggal Dunia, Hotman Paris yang Bongkar Semuanya

Seorang santri Pondok Gontor berinisial AM dianiaya sampai tewas. Kasus bermula ketika seorang ibu asal Palembang, Sumatera Selatan, mengadu ke…

Video Raffi Ahmad Diduga Senggol Payudara Niena Kirana Viral, Netizen Auto Pasang Badan

Raffi Ahmad turut menghadiri acara ulang tahun Niena Kirana Riskyana yang digelar pada hari Selasa (30/8/2022) kemarin. Dalam unggahan Instagram…

17 Tempat Wisata di Kabupaten Pemalang yang Wajib Dikunjungi

Pemalang merupakan sebuah Kabupaten di provinsi Jawa Tengah. Menawarkan destinasi wisata alam yang indah, bahkan beberapa diantaranya masih menjadi sebuah…

Hancur Hati Nagita Slavina? Ayu Ting Ting Mendadak Muncul di Unggahan Raffi Ahmad, Terbongkar Alasan Ayah Rafathar

Ayu Ting Ting Mendadak Muncul di Unggahan Raffi Ahmad, Terbongkar Alasan Ayah Rafathar, Hancur Hati Nagita Slavina? Memang, beberapa waktu…

15 Tempat Wisata di Kabupaten Sukoharjo yang Wajib Dikunjungi

Sukoharjo merupakan sebuah Kabupaten di provinsi Jawa Tengah. Kabupaten Sukoharjo menjadi daerah dengan destinasi wisata alam yang memesona, sehingga siapapun…