Pengertian Game Online, Jenis-Jenis, Dampak Positif dan Negatif Game Online

Saat ini game online sudah tidak asing lagi buat kita, karena banyak media yang memberitakan tentang game online. Bahkan game online yang berkembang di Indonesia sudah memiliki kompetensi resmi dan diminati banyak orang.

Kita sendiri mungkin juga sering bermain game online melalui smartphone ataupun komputer. Seperti mobile legends, free fire, fornite dan masih banyak yang lainnya. Tentu sekilas, sudah mengetahui apa yang dimaksud dengan game online.

Nah untuk mengetahui lebih lanjut mengenai game online, yuk simak ulasan kami mengenai pengertian game online, jenis serta dampak game online berikut ini.

Pengertian Game Online

Game online berasal dari 2 kata dalam bahasa inggris yaitu game dan online. Game berarti permainan dan online berarti dalam jaringan (daring). Ketika kedua kata tersebut digabungkan, maka akan terbentuk makna baru yang tidak jauh dari makna dasar kedua kata tersebut.

Game online adalah jenis game yang hanya dapat dimainkan jika perangkat yang digunakan untuk memainkan game tersebut terhubung dengan jaringan internet.

Jadi, jika seseorang ingin bermain game online, maka perangkat yang digunakannya harus terhubung dengan jaringan internet. Jika tidak terhubung, maka game online tidak dapat dimainkan.

Biasanya game online memungkinkan satu pemain (player) game untuk dapat terhubung dengan pemain lain. Sehingga dapat memungkinkan satu pemain dengan pemain lainnya untuk saling menghubungi, baik itu dalam bentuk permainan atau bisa juga saling berkirim pesan.

Definisi lain menyebutkan bahwa game online adalah permainan komputer yang dapat dimainkan secara multiplayer dengan menggunakan jaringan komputer (LAN atau internet), sebagai medianya.

Umumnya, game online dapat diakses secara langsung melalui sistem yang disediakan oleh penyedia layanan online dan disediakan sebagai layanan tambahan dari penyedia layanan online.

Game online terdiri dari banyak jenis, dari game berbasis teks sederhana hingga game yang menggunakan grafik kompleks dan membentuk dunia virtual yang ditempati oleh banyak pemain sekaligus.

Dalam game online terdapat dua elemen utama yaitu server dan client. Server melakukan administrasi game dan menghubungkan klien, sedangkan klien adalah pengguna game yang menggunakan kemampuan server.

Jenis – Jenis Game Online

Ada jutaan game yang ada di dunia maya saat ini. Mulai dari permainan yang sangat sederhana hingga yang rumit. Game online juga dibedakan dari beberapa aspek diantaranya sebagai berikut:

Berdasarkan Jenis Game

a). Real time strategy (RTS)

Game jenis ini merupakan salah satu jenis game perang online dimana para pemain dalam game tersebut biasanya diharuskan untuk mengatur strategi yang baik untuk memenangkan permainan tersebut.

Contoh game ini adalah Warcraft, Rise of Nations, dan Age of Empire.

b). First person shooter (FPS)

Game FPS adalah jenis game online yang biasanya melibatkan pengambilan gambar dari sudut pandang orang pertama. Contoh game FPS adalah Point Blank.

c). Role Playing Game (RPG)

Role playing game adalah jenis game online yang memiliki karakter imajiner yang tentunya hanya ada dalam dongeng belaka.

Ada 2 jenis game RPG yaitu Live Action Role Playing (LARP) dan Massively Multiplayer Online Role Game Playing (MMORPG).

Contoh role playing game adalah Ragnarok, Final Fantasy, dan The Lord of The Rings Online.

d). Life simulation game

Game ini merupakan suatu bentuk permainan yang memiliki karakter seperti manusia yang dapat dilakukan di dunia nyata dalam menjalankan aktivitasnya sehari-hari.

Contoh game simulasi kehidupan adalah Second Life dan SimLife.

e). Vehicle simulation

Jenis game ini merupakan sebuah game yang mengharuskan pemainnya untuk dapat mengoperasikan sebuah kendaraan, baik itu kendaraan darat, laut maupun udara seperti versi aslinya.

Contoh game simulasi kendaraan adalah Orbiter, Tram, dan Flight Gear.

f). Game Action

Game action merupakan jenis game yang membutuhkan ketangkasan dari para pemainnya. Dalam permainan ini diperlukan reflek agar karakter yang dimainkan dapat memenangkan permainan.

Dalam game ini, kamu biasanya memainkan karakter yang sedang dalam misi tertentu.

g). Game adventure

Game petualangan adalah game petualangan yang biasanya mengambil tema menyelesaikan suatu kasus atau misi mencari harta karun dan menyelamatkan karakter lain.

Berdasarkan Jenis Grafis

a). Game Online 2 Dimensi (2D)

Game 2D termasuk game yang ringan dan tidak membebani sistem. Kelemahan dari game ini adalah kualitas gambar yang kurang enak dipandang jika dibandingkan dengan game 3D.

Game online pada umumnya sekarang sudah mengadopsi teknologi 2.5D dimana karakter yang dimainkan dalam bentuk 2D, namun dengan lingkungan yang sudah mengadopsi 3D.

b). Game Online 3 Dimensi (3D)

Game tipe 3D memiliki grafis yang lebih baik dalam penggambaran sehingga mirip dengan kenyataan. Biasanya pada game dengan grafik 3D memiliki sudut pandang hingga 360 derajat sehingga kita dapat melihat seluruh dunia dalam game tersebut. Namun spesifikasi komputer yang dibutuhkan dalam game 3D cukup tinggi.

Berdasarkan Metode Pembayaran

a). Gam online pay to play

Dimana dalam jenis permainan ini pemain harus membayar sejumlah uang tertentu untuk bermain. Beberapa game dapat diinstal/dimainkan secara gratis, tetapi jika pemain ingin cepat naik level atau membeli item dalam game, pemain harus membayar sejumlah uang.

Contohnya adalah Ghost online, Rangnarok Online, dan Gunboud. Beberapa game yang membebankan biaya berlangganan kepada pemain untuk mendapatkan layanan game adalah game Final Fantasy XL dan Lineage II.

b). Game online free to play

Jenis permainan ini tidak membebankan biaya apapun kepada pemain, sehingga dapat dimainkan langsung secara gratis.

Contohnya adalah Crossfire, Terra, Travian, dan Subspace. Ada juga game free-to-play yang disisipi iklan, baik in-game maupun pop-up, seperti pada game Anarchy Online.

Dampak Game Online

Dalam bermain game online terdapat berbagai dampak yang ditimbulkan. Berikut ini adalah dampak positif dan negatif dari game online.

Dampak Positif Game Online

Berikut dibawah ini dampak positif game online, antara lain.

1). Dapat mengembangkan daya nalar/berpikir.

2). Dapat meningkatkan koordinasi mata dan tangan.

3). Dapat meningkatkan konsentrasi.

4). Dapat membuat teman baru.

5). Dapat menghibur, mengurangi stres dan mengalihkan perhatian.

Dampak Negatif Game Online

Selain dampak positif, game online juga memiliki dampak negatif jika kamu terlalu banyak bermain. Berikut ini adalah dampak negatif dari game online:

1). Dapat membuat kecanduan yang berlebihan dan melupakan segalanya.

2). Membuat diri menjadi malas.

3). Dapat merusak mata dan syaraf.

4). Sulit berkonsentrasi dalam belajar dan bekerja.

5). Kesulitan dalam berinteraksi dan berekspresi.

6). Sosialisasi dengan lingkunagn menjadi berkurang.

Demikian artikel kami tentang pengertian game online lengkap dengan jenis dan dampak dari game online.

Semoga ulasan kami dapat membantu, terutama menambah wawasan kamu tentang game online. Terima kasih telah berkunjung

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN

15 Tempat Wisata di Kota Surabaya yang Wajib Dikunjungi

Surabaya memang sudah terkenal sebagai Kota Pahlawann karena sejarah pada masa penjajahannya. Namun selain itu banyak lho tempat menarik yang…

Tutup Pintu Restu untuk Nathalie Holscher? Wejangan Menohok Haji Faisal untuk Frans Faisal: Cari yang Single

Frans Faisal, putra kedua Haji Faisal tersebut kini tengah dijodoh-jodohkan Nathalie Holscher. Ini bukan kali pertama Frans Faisal digosipkan dekat…

Biaya Balik Nama Mobil Bekas dan Syarat Pengurusan Terbaru

Terkadang kita memutuskan untuk membeli barang bekas yang tentunya masih layak, untuk memenuhi kebutuhan. Salah satu barang berharga yang seing…

Cara Membuat CV yang Baik dan Benar

CV atau Curriculum Vitae merupakan Daftar Riwayat Hidup secara individual. CV biasanya digunakan oleh para pelamar kerja guna sebagai dokumen…

‘Bapak Nggak Ada Wewenang’, Viral Video Pria Tegur Petugas Dishub yang Lakukan Razia Kendaraan hingga Tagih Denda Rp 20 Ribu, sang Oknum Auto Kabur Saat dapat Ancaman Begini

Razia kendaraan memang sudah menjadi hal yang lumrah di Indonesia. Pada umumnya, pengendara bisa terjaring razia jika melakukan sejumlah pelanggaran.…

Biaya Transformasi Muhammad Fatah Jadi Ratu Keabadian Tak Murah, Lucinta Luna Bongkar Budget untuk Operasi Plastik Sekujur Tubuh

Lucinta Luna baru-baru ini membeberkan biaya yang ia habiskan untuk operasi plastik sekujur tubuh demi menjadi Ratu Keabadian. Seperti yang…

Di luar ekspektasi, ternyata segini bayaran Farel Prayoga sekali manggung

Penyanyi cilik Farel Prayoga melejit namanya pasca bernyanyi di acara HUT Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 2022 lalu. Ia berhasil…

Pasal 106 KUHP (Kitab Undang-Undang Hukum Pidana)

Kitab Undang-undang Hukum Pidana (bahasa Belanda: Wetboek van Stafrecht, umum dikenal sebagai KUH Pidana atau KUHP) adalah peraturan perundang-undangan yang…

15 Tempat Wisata di Badung Bali yang Wajib Dikunjungi

Kabupaten Badung memang sudah sangat terkenal dengan keindahan alamnya yang mengagumkan. Pasir pantai putihnya pun menjadi salah satu keunggulan dari…

Pasal 163 KUHP (Kitab Undang-Undang Hukum Pidana)

Kitab Undang-undang Hukum Pidana (bahasa Belanda: Wetboek van Stafrecht, umum dikenal sebagai KUH Pidana atau KUHP) adalah peraturan perundang-undangan yang…