Contoh Soal AKM SD Kelas 4 dan Pembahasannya

Memberikan soal-soal yang relevan, memiliki makna yang mendalam, adalah sebagian dari ciri-ciri penerapan Asesmen Kompetensi Minimum (AKM).

Dengan memberikan jenis soal tersebut, diharapkan siswa bisa memahami konsep dasar dari apa yang dipelajarinya, sehingga ia dapat mengemangkan dasar pemikiran tersebut dan menerapkannya dengan suatu acuan yang tepat.

Dua kompetensi dasar yang ada pada AKM itu sendiri terbagi menjadi dua, yakni meliputi literasi membaca dan numerasi. Literasi membaca merupakan kemampuan siswa dalam memahami, mengevaluasi, menggunakan, serta merefleksikan jenis teks tertulis.

Dengan begitu, siswa akan mampu berkembang menjadi individu yang dibutuhkan oleh lingkungannya dan dapat berkontribusi secara produktif dalam lingkungan masyarakat dan yang lebih luas lagi.

Sedangkan numerasi merupakan kemampuan siswa untuk berpikir menggunakan sebuah konsep melalui suatu prosedur, fakta, dan ilmu matematika untuk dapat menangani dan menyelesaikan masalah sehari-hari.

Untuk memudahkan siswa dalam berlatih mengerjakan soal AKM, berikut kami telah menyediakan soal AKM SD kelas 4 yang dapat Anda unduh pada link Download Soal AKM SD Kelas 4 di bawah ini:

Link Download

AKM memberikan penilaian kepada siswa secara berkala, sehingga perkembangan setiap siswa dari waktu ke waktu dapat termonitor dengan baik.

Pemahaman mendalam mengenai apa yang dipelajari juga akan mampu menciptakan individu dengan karakter yang baik.

Adapun tujuan dari Asesemen Nasional adalah agar mempercepat proses penyamarataan mutu pendidikan dan pengembangan kompetensi.

Semoga informasi yang dimuat dalam artikel Download Soal AKM SD Kelas 4 ini bermanfaat. Terima kasih.

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN