Sandiaga Uno Bakal Jadi Menteri KKP? Qodari: Tidak Bakal Korupsi Karena Sudah Sangat Kaya

Sejumlah nama diprediksi menggantikan Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Edhy Prabowo yang mundur sebagai menteri. Ada nama Sandiaga Uno.

Terdapat lima nama dari elite Gerindra yang paling berpeluang menggantikan posisi yang ditinggalkan Edhy Prabowo, yaitu Sandiaga Uno, Fadli Zon, Sugiono, Sufmi Dasco dan Ahmad Muzani.

Edhy Prabowo seperti diketahui mundur usai dinyatakan menjadi tersangka oleh KPK atas dugaan suap terkait perizinan tambak, usaha dan atau pengelolaan perikanan atau komoditas perairan sejenis lainnya tahun 2020.

Untuk mengisi kekosongan, Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan diangkat menjadi Pelaksana tugas Menteri Kelautan dan Perikanan.

Direktur Eksekutif Indo Barometer M. Qodari memprediksi, posisi Menteri Kelautan dan Perikanan tetap akan menjadi jatahnya Partai besutan Prabowo.

Menurutnya, terdapat lima nama dari elite Gerindra yang paling berpeluang menggantikan posisi yang ditinggalkan Edhy Prabowo, yaitu Sandiaga Uno, Fadli Zon, Sugiono, Sufmi Dasco dan Ahmad Muzani.

“Jadi tentunya yang paling berpeluang adalah dari tokoh Gerindra, dilihat dari latar belakang kelima nama elit Partai Gerindra yang berpeluang masuk menggantikan Edhy Prabowo sebetulnya ada dua nama, Sandiaga Uno dan Fadli Zon,” kata Qodari saat dikonfirmasi, Jumat (27/11/2020).

Pengganti Edhy Prabowo, kata Qodari, memiliki beberapa kriteria seperti Edhy Prabowo.

Di antaranya punya jabatan tinggi di partai dan memiliki kedekatan sejarah dan pribadi dengan sang ketua umum Prabowo Subianto.

“Kalau kita lihat latar belakang Edhy Prabowo itu punya beberapa ciri. Pertama, jabatannya tinggi yaitu Wakil Ketua Umum Gerindra, kedua punya sejarah kedekatan pribadi dengan pak Prabowo,” ungkapnya.

Qodari beralasan, peluang Sandiaga Uno menduduki orang nomor satu di KKP, sebab Sandiaga Uno merupakan calon wakil Presiden Prabowo pada Pilpres 2019, sehingga rekonsiliasi politik akan semakin komplit dan berpeluang kinerjanya menjadi lebih bagus.

“Kemungkinan Sandiaga Uno untuk menjadi menteri, sangat menarik karena apa, karena Sandiaga Uno itu calon wakil Presiden dari Prabowo, jadi kalau dia masuk wah komplit ini rekonsiliasi politik. Dan di sisi yang lain dengan masuknya Sandiaga Uno maka harusnya peluang kinerja yang lebih bagus juga akan terjadi,” bebernya.

Qodari berkeyakinan Sandiaga Uno tidak akan mengulang perbuatan menteri sebelumnya yang diduga melakukan tindak pidana korupsi, karena sosok Sandiaga Uno dinilai sudah sangat kaya jika dibandingkan Edhy Prabowo.

“Saya haqul yakin sih tidak sampai korupsi apa lagi buat beli barang-barang mewah, karena Sandiaga Uno sudah amat sangat kaya, dia tidak perlu korupsi untuk bisa beli barang-barang mewah yang dibeli Edhi Prabowo dan istrinya di Hawai itu,” terangnya.

Lanjut Qodari, sosok Menteri KKP selanjutnya juga harus lebih baik untuk menutup citra buruk yang ditimbulkan pendahulunya.

“Jadi menteri pengganti Edhy Prabowo harus jauh lebih bagus, karena harus menutup citra yang jelek dari yang ditimbulkan Edhy Prabowo dan saya melihat potensi itu ada di Sandiaga Uno,” tutur Qodari.

Sementara, peluang Fadli Zon, kata Qodari, jika ditarik menjadi pejabat menteri juga akan menarik, sebab meskipun Partai Gerindra sudah berkoalisi dengan pemerintah, namun posisi Fadli Zon yang berada di DPR kerap melontarkan kritik bagi pemerintah.

“Fadli Zon jadi menteri KKP akan sangat menarik melihat bagaimana dia jika menjalankan peran sebagai Menteri KKP sebagai bagian dari eksekutif, karena selama beliau di posisi legislatif banyak dan sering sekali melakukan kritik-kritik. Nah, bisa tidak kinerjanya nanti lebih bagus dari pada kritik-kritik yang ia berikan, bahkan lebih bagus dari menteri-menteri yang lain,” jelasnya.

sumber: jambi.tribunnews.com

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN

Buat Acara Lamaran dengan Ariel NOAH? Sosok Dina Lorenza Kepergok Sibuk Cari Batik, Netizen Auto Curiga: Cie

Beberapa waktu lalu, masyarakat sempat heboh menjodoh-jodohkan Ariel NOAH dengan Dina Lorenza. Perjodohan itu dimulai saat Ariel NOAH dan Dina…

Pengertian Website, Sejarah, Unsur, Jenis – Jenis dan Manfaat Website

Website merupakan salah satu yang paling sering diakses dan digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Sebut saja Google, Facebook, Kompas, Tokopedia dan…

Tangisan Terseok-seok Tubagus Joddy Saat Kecelakaan Maut Terbongkar, Sahabat Sempat Mengira Vanessa Angel dan Bibi Ardiansyah Hanya Serempetan Kecil: Dia Bilang di Sini Banyak Darah!

Kepergian Vanessa Angel dan Bibi Ardiansyah memang mengagetkan banyak orang. Dikutip Gridhot dari Kompas.com, Vanessa Angel dan suaminya meninggal dunia…

Kelingking Patah dan Giginya Tanggal, Begini Kondisi Pengasuh Anak Vanessa Angel Usai Kecelakaan

Siska Lorensa, pengasuh Gala Sky, anak Vanessa Angel dan Bibi Andriansyah, yang menjadi korban kecelakaan nahas itu, kini kondisinya membaik.…

Roy Suryo Ungkapkan Kecelakaan Tol Vanessa Angel dan Bibi Ardiansyah: Sopir Tidak Ngantuk Tapi Main HP

Kecelakaan yang merenggut nyawa artis Vanessa Angel dan Bibi Ardiansyah di tol Nganjuk arah Surabaya mendapatkan perhatian dari pakar Telematika…

Pengertian Teknologi Informasi, Fungsi, Tujuan, Manfaat dan Dampak Perkembangan Teknologi Informasi

Teknologi informasi merupakan salah satu dampak dari pesatnya perkembangan teknologi saat ini. Segala hal yang berhubungan dengan kegiatan kini menjadi…

Suami Menikah Lagi dengan Janda Kaya Tanpa Sepengetahuannya, Mantan Artis FTV Ini Banting Setir Jualan Baju

Nama Nadya Almira sempat dikenal ketika membintangi beberapa judul FTV. Namun namanya meredup ketika ia menikah. Rumah tangganya juga menjadi…

Kondisi Teddy Kini Kurus Kering Tak Punya Duit, Sule: Tidak Ada Lagi Urusannya Sama Saya

Perseteruan antara Teddy Pardiyana dan Rizky Febian terkait harta warisan Lina Jubaedah tak kunjung selesai. Teddy Pardiyana kini malah memohon…

Pengertian E-Commerce, Jenis – Jenis dan Manfaat E-Commerce

Penggunaan teknologi di era digitalisasi ini semakin meningkat, terutama bagi para pelaku industri di Indonesia yang telah menerapkan sistem digitalisasi…

Makin Go Public, Kaesang Pangarep Boyong Nadya Arifta Makan Malam Bareng Raffi Ahmad dan Nagita Slavina di Andara

Kisah cinta putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep memang sempat menjadi pembicaraan. Hal ini berawal ketika ia dikabarkan putus dari…