Urutan Pangkat TNI Angkatan Udara (AU) dan Lambangnya

Jika membuka UU Pertahanan, kita akan menemukan fakta bahwa bahwa negara dan kemajuannya akan mempengaruhi dan menentukan kemungkinan dalam pembangunan serta perkembangan kekuatan angkatan bersenjata Indonesia.

Jika berkaca diantara tahun 1959-1965, menjadi masa dimana Indonesia sebagai negara berkembang yang baru merdeka. Indonesia berusaha bangkit kembali akibat penjajahan yang berkepanjangan untuk membangun perekonomiannya dari keterpurukan dalam waktu yang cukup singkat.

Syukurnya, Indonesia mampu memiliki angkatan bersenjata yang kuat dan modern dari segi militer, peralatan dan personel khususnya Angkatan Udara Indonesia (TNI AU).

Mengingat perannya dalam menjaga keutuhan NKRI, maka penting bagi kita untuk mengenal TNI AU lebih jauh. Jadi, yuk sama-sama belajar terkait Tentara Nasional Indonesia, khususnya tugas dan urutan pangkat TNI AU berikut!

Tugas dan Peran TNI Angkatan Udara (AU)

Angkatan Udara Indonesia merupakan salah satu bagian dari pertahanan negara Indonesia yang bertugas melindungi urusan maritim Indonesia, dengan tugas lainnya yaitu:

  • Membangun dan mengembangkan kekuatan di wilayah udara.
  • Melaksanakan pemberdayaan wilayah pertahanan udara.
  • Penegakan tugas diplomasi TNI AL dalam rangka mendukung kebijakan luar negeri yang ditetapkan pemerintah.

TNI khususnya angkatan udara merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan masyarakat. Seperti yang sudah disinggung bahwa pada masa awal kemerdekaan, TNI AU berperan sangat besar dalam upaya mempertahankan kemerdekaan dan menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Modal awal TNI AU adalah pesawat-pesawat hasil jarahan tentara Jepang. Diantaranya seperti jenis Churen, Nishikoren dan Hayabusha yang pesawat-pesawat ini lah yang menjadi cikal bakal berdirinya Angkatan Udara Indonesia.

Setelah keputusan Konferensi Meja Bundar pada tahun 1949, Angkatan Udara Indonesia menerima beberapa aset Angkatan Udara Belanda. Antara lain pesawat, hanggar, depot perawatan dan depot logistik lainnya.

Adapun beberapa jenis pesawat Belanda diambil alih, antara lain C-47 Dakota, B-25 Mitchell, P -51 Mustang, Harvard AT-6, PBY-5 Catalina dan Lockheed L-12.

Urutan Pangkat TNI Angkatan Udara (AU)

Adapun urutan atau struktur kepangkatan TNI Angkatan Udara (AU) adalah sebagai berikut:

Pangkat Kehormatan

Pangkat kehormatan yang dipegang oleh TNI AU adalah Marsekal Besar. Dimana lencana pada pangkat Marsekal Besar tersebut adalah bintang lima dengan warna emas

Perwira Tinggi

Sama seperti struktur kepangkatan di Angkatan Darat dan Angkatan Laut, struktur kepangkatan bagi perwira tinggi memiliki empat pangkat. Diantaranya yaitu Marsekal, Marsekal Madya, Marsekal Muda dan Marsekal Pertama.

Dimana empat bintang emas menjadi simbol pangkat tertinggi dalam struktur pangkat perwira tinggi, Marshal.

Disusul dengan Wakil Marsekal dengan lencana tiga bintang emas dan pangkat Wakil Marsekal ditandai dengan lencana dua bintang emas.

Pangkat terakhir dalam struktur pangkat perwira tinggi adalah Marsekal, dengan lambang satu bintang emas. Pakaian sehari-hari dan upacara ialah lambang bintang berwarna emas, sedangkan pakaian dinas lapangan berwarna hitam.

Perwira Menengah

Struktur pangkat menengah memiliki tiga pangkat. Diantaranya yaitu Kolonel, Letnan Kolonel dan Mayor.

Pangkat Kolonel pakaian dinas ditandai dengan lambang tiga bunga melati emas, kecuali untuk pakaian dinas lapangan.

Selanjutnya ada pangkat Letnan Kolonel dengan lambang dua bunga melati emas pada pakaian upacara dan dinas sehari-hari. Sedangkan pada pakaian dinas lapangan dua bunga melati hitam.

Pangkat terakhir dalam struktur pangkat perwira menengah adalah bunga melati emas pada pakaian upacara dan dinas sehari-hari. Sedangkan pada pakaian dinas lapangan, perwira menggunakan warna lambangnya hitam.

Perwira Pertama

Perwira pertama adalah struktur kepangkatan yang berada di bawah perwira menengah dengan memiliki tiga pangkat, yaitu Kapten, Letnan Satu dan Letnan Dua.

Pangkat Kapten memiliki simbol tiga garis emas, disusul dengan pangkat Letnan Satu dan lambang pangkat ini adalah dua garis emas.

Pangkat terakhir dari struktur pangkat perwira pertama adalah Letnan Dua, dengan lambangnya ialah garis emas tunggal.

Dalam setiap pakaian dinas, semua pangkat adalah emas selain untuk pakaian dinas lapangan.

Bintara Tinggi

Bintara Tinggi sendiri hanya memiliki dua pangkat, yaitu Pembantu Letnan Satu dan Pembantu Letnan Dua.

Pembantu Letnan Satu memiliki dua garis bergelombang berwarna emas pada seragam upacara dan harian, dan hitam pada seragam dinas lapangan.

Pembantu Letnan Dua memiliki pangkat satu garis bergelombang pada pakaian dinas, selain pakaian dinas lapangan.

Bintara

Struktur Bintara sendiri memiliki empat pangkat, yaitu Sersan Mayor, Sersan Kepala, Sersan Satu dan Sersan Dua.

Empat baris yang menyerupai huruf V mewakili pangkat Sersan Mayor, dibawahnya adalah Sersan Utama yang ditandai dengan simbol bergaris tiga seperti huruf V.

Dua baris seperti huruf V menjadi pangkat Sersan Satu, dilanjutkan dengan Sersan Dua dengan lambangnya berupa garis menyerupai huruf V.

Semua lencana pada setiap pakaian dinas berwarna emas, terkecuali lambang dinas lapangan dari lambang pangkat yang hitam.

Tamtama Kepala

Tamtama Kepala terdiri dari jabatan Kopral Kepala, Kopral Pertama, dan Kopral Dua.

Pangkat Kopral Kepala ditandai dengan lambang tiga baris berbentuk huruf V, berwarna merah.

Pangkat kopral dilambangkan dengan dua garis yang menyerupai huruf V, masih berwarna merah disusul dengan Kopral Dua yang simbolnya berupa garis merah seperti V.

Tamtama

Dalam struktur kepangkatan ini terdapat tiga pangkat yaitu Prajurit Kepala, Prajurit Satu dan disusul dengan Prajurit Dua.

Semua lambang pada tamtama berupa garis berwarna merah dan yang membedakan antara barisan Panglima, Prajurit Pertama, dan Prajurit.

Kedua adalah jumlah garis yang berwarna merah dimana pangkat Prajurit Satu memiliki tiga garis, Prajurit Satu memiliki dua garis dan Prajurit Dua memiliki satu garis.

Demikian ulasan kami mengenai ururtan pangkat TNI Angkatan Udara. Semoga ulasan kami dapat membantu dan menjadi referensi bagi kamu yang sedang mencari tau terkait urutan pangkat Tentara Nasional Indonesia, khususnya TNI AU! Terimakasih sudah singgah dan semoga pekerjaan mu menyenangkan ya!

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN

Tanggapi Somasi dari Mbak Rara gegara Bongkar Trik Pawang Hujan, Pesulap Merah Santai: Saya Gak Nyebut Nama Dia!

Mbak Rara pawang hujan MotoGP Mandalika 2022, mlayangkan somasi kepada Pesulap Merah karena telah membongkar trik pawang hujan yang dilakukannya.…

Watak Asli Irjen Ferdy Sambo Dibongkar Grafolog, Sifat Temperamental Terlihat Jelas dari Tulisan Tangannya

Watak asli Irjen Ferdy Sambo baru-baru ini dibongkar oleh ahli tulisan tangan atau grafolog, Tessa Sugito. Watak asli tersebut dibaca…

15 Tempat Wisata di Kabupaten Tuban yang Wajib Dikunjungi

Kabupaten Tuban memang menarik untuk dikunjungi. Tempat yang dulunya merupakan pusat penyebaran agama Islam ini juga menyimpan banyak sejarah menarik…

15 Tempat Wisata di Kabupaten Jember yang Wajib Dikunjungi

Keindahan alam Kabupaten Jember memang membuatnya menyimpan banyak sekali pilihan tempat wisata untuk Anda nikmati. Keindahan pantai-pantai di Jember memang…

17 Tempat Wisata di Kabupaten Pekalongan yang Wajib Dikunjungi

Pekalongan merupakan sebuah Kabupaten di provinsi Jawa Tengah. Berdasarkan cerita masyarakat, nama Pekalongan ini terbentuk karena pada zaman dulu terdapat…

15 Tempat Wisata di Jakarta Timur yang Wajib Dikunjungi

Meski Jakarta terbagi menjadi beberapa bagian, Jakarta Timur merupakan daerah terpadat lho yang ada di Jakarta. Sebagai daerah terpadat yang…

15 Tempat Wisata di Jakarta Selatan yang Wajib Dikunjungi

Jakarta memang terbagi menjadi beberapa kota dan kabupaten, salah satunya adalah Kota Jakarta Selatan. Nah mendengar kota yang satu ini…

18 Tempat Wisata di Kabupaten Purbalingga yang Wajib Dikunjungi

Purbalingga merupakan sebuah Kabupaten di provinsi Jawa Tengah yang berbatasan dengan Kabupaten Pemalang pada sisi sebelah utara. Kabupaten Purbalingga memang…

Dulu Nangis Saat BBM Naik, Sekarang Megawati Minta Rakyat Jangan Cengeng, Anak Buah AHY: Itu Tangisan ‘Drama’

Politikus Partai demokrat Yan Harahap menyinggung Megawati Soekarnoputri soal tangisannya dulu ketika Bahan Bakar Minyak (BBM) naik. Menurutnya, tangisannya saat…

15 Tempat Wisata di Trenggalek yang Wajib Dikunjungi

Kabupaten Trenggalek memang terletak di daerah pesisir, tak heran jika di kabupaten ini banyak sekali keindahan pantai yang dapat Anda…