Urutan Pangkat Polisi dan Lambangnya dari Bharada sampai Jenderal Polisi

Jika membuka Kamus Besar Bahasa Indonesia, kita akan menemukan pengertian profesi polisi sebagai badan pemerintah yang bertugas memelihara keamanan dan ketertiban umum.

Termasuk didalamnya menangkap orang yang melanggar undang-undang dan sebagainya. Polisi juga merujuk pada anggota badan pemerintah (pegawai negara yang bertugas menjaga keamanan dan sebagainya).

Masih dalam KBBI, kata polisi kemudian diklasifikasikan lagi menjadi beberapa jenis sebagai berikut:

1). Ekonomi polisi ialah yang mengamati pelanggaran aturan yang mengenai perekonomian.

2). Hukum polisi merujuk pada yang mengawasi pelaksanaan hukum atau peraturan.

3). Keagamaan polisi adalah yang mengatur dan mengamati kegiatan agama dan perilaku penganutnya.

4). Lalu lintas polisi merupakan yang memelihara keamanan dan keselamatan lalu lintas.

5). Militer anggota tentara ialah mereka yang menjalankan tugas selaku polisi untuk menjaga ketertiban atau disiplin anggota tentara yang lain.

6). Moral polisi yang mengamati, membina dan sebagainya baik dari moral atau akhlak.

7). Negara polisi berada di bawah perintah dan pengawasan pemerintah.

8). Pamongpraja polisi ialah mereka yang mengawasi dan mengamankan keputusan pemerintah dalam wilayahnya; mantri polisi.

9). Perairan (laut) polisi memiliki tugas untuk memelihara keamanan di laut (di pantai).

10). Rahasia polisi yang menyelidiki tindak kejahatan secara rahasia di dalam masyarakat. Baik warga negara maupun orang asing yang berada di negaranya.

11). Polisis susila ialah yang mengamat-amati pelanggaran susila.

12). Polisi tidur ialah cak bagian permukaan jalan yang ditinggikan secara melintang untuk menghambat laju kendaraan.

Susunan Jabatan Polisi

Setelah memahami pengertin profesi polisi itu sendiri, mari kita simak susunan jabatan dan pangkat di kepolisian Republik Indonesia, yang sudah berlaku sejak 1 Januari 2001. Dimana sebelumnya, TNI dan Polri masih memiliki tanda pangkat yang sama.

Nah, kemudian mulai dipisahkan sehingga memiliki tanda pangkat masing-masing. Jadi, untuk kamu yang tertarik dan ingin menjadi TNI dan Polri, bisa terlebihdahulu mengenali tingkat kepangkatan jajaran kepolisian di Indonesia dari yang tertinggi hingga terendah.

Berlandaskan Peraturan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2016 tentang Penatausahaan Jajaran Anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia BAB II, tentang Peringkat Kelas Pasal 3, jajaran Polri terdiri dari:

  • Perwira
  • Bintara
  • Tamtama

Urutan Pangkat Polisi dan Lambangnya Bagi Perwira

Berikut dibawah ini urutan pangkat polisi dan lambangnya bagi perwira, antara lain sebagai berikut.

1). Jenderal Polisi

Perwira polisi yang berpangkat Jenderal ini berdiri sebagai jabatan tertinggi di kepolisian. Lambang seorang perwira polisi berpangkat jenderal adalah lambang 4 bintang emas, sekaligus sebagai tanda kehormatan karena seorang jenderal tentunya memiliki tugas dan tanggung jawab yang penting dan berat.

2). Komisaris Jenderal Polisi (KOMJEN)

Perwira polisi berpangkat komjen atau komisaris jenderal adalah perwira polisi yang menduduki jabatan strategis nan penting di kepolisian.

Secara umum, Komjen menjabat sebagai Kepala Badan Narkotika Nasional, Wakil Kapolri, hingga Kabaintelkam. Adapun lambang polisi berpangkat komjen adalah 3 bintang emas.

3). Inspektur Jenderal Polisi (IRJEN)

Inspektur jenderal irjen sendiri menempati posisi di atas brigadir jenderal. Dimana seorang perwira polisi berpangkat Inspektur Jenderal dapat menduduki jabatan atau pimpinan tertinggi kepolisian daerah (Kapolda) dengan lambang pangkat Inspektur Jenderal adalah 2 bintang emas.

4). Brigadir Jenderal Polisi (BRIGJEN)

Pangkat Brigadir Jenderal menempati posisi terendah dalam kelompok perwira tinggi, yang dapat menjabat sebagai Kapolda atau pimpinan tertinggi Kepolisian Daerah. Brigadir Jenderal sendiri memiliki pangkat dengan lambang bintang satu.

5). Komisaris Besar Polisi (KOMBESPOL)

Komisaris polisi adalah senior dari peringkat ini adalah pengawas, dimana pangkat ini merupakan yang tertinggi pada tingkat Perwira Menengah. Pangkat Komisaris Besar Polisi sendiri dilambangkan dengan tiga berlian dengan warna emas.

6). Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP)

AKBP ini juga dikenal sebagai pengawas, dengan tugas yang biasanya dibantu oleh Komisaris Polisi atau Kompol. Pangkat Ajun Komisaris Besar Polisis sendiri dilambangkan dengan dua berlian dengan warna emas.

7). Komisaris Polisi (KOMPOL)

Komisaris Polisi atau disebut KOMPOL sendiri memiliki simbol berlian berwarna emas.

8). Ajun Komisaris Polisi (AKP)

AKP merupakan pangkat yang paling tinggi pada jenjang Perwira Pertama, dengan tugasnya mengontrol kinerja dari bawahannya.

AKP sebagai senior dari dua komisaris lainnya, dimana apabila Komisaris layaknya Letnan dalam TNI, maka AKP bisa diibaratkan sebagai kaptennya. Lambang dari pangkat ini adalah tiga balok dengan warna emas.

9). Inspektur Polisi Satu (IPTU)

IPTU sendiri merupakan lambang dari pangkat ini adalah dua balok emas yang dalam kemiliteran, Iptu dapat disetarakan dengan Letnan Satu.

10). Inspektur Polisi Dua (IPDA)

Ipda bisa bekerjasama dengan Aipda untuk melakukan tugasnya. Dalam kemiliteran, Ipda bisa disetarakan dengan Letnan Dua. Lambang Ipda adalah satu balok berwarna emas.

Urutan Pangkat Polisi dan Lambangnya Bagi Bintara

Berikut dibawah ini urutan pangkat polisi dan lambangnya bagi bintara, antara lain sebagai berikut.

11). Ajun Inspektur Satu (AIPTU)

AIPTU sendiri bertugas membantu Letnan Satu, dengan kepemilikian lambang pangkat ini adalah huruf V yang terbalik dan terhubung. Sepintas seperti ombak di lautan dengan warna rank nya adalag silver.

Kemampuan yang harus dimiliki oleh Aiptu Polri adalah menerjemahkan perintah menjadi tindakan yang lebih efektif, fokus, efisien, dan tentu saja harus tepat sasaran.

12). Ajun Inspektur Polisi Dua (AIPDA)

AIPDA ini bertugas membantu kepentingan Letnan Satu, degan kepemilikian simbol adalah V terbalik.

13). Brigadir Polisi Kepala (BRIPKA)

Pangkat tertinggi di NCO biasanya disingkat Bripka dengan perannya termasuk mengawasi atau mengendalikan semua brigadir di bawahnya.

14). Brigadir Polisi (BRIGPOL)

BRIGPOL sendiri juga memiliki kewajiban untuk memastikan bahwa polisi di bawahnya menjalankan tugasnya secara tertib dan konsisten.

15). Brigadir Satu Polisi (BRIPTU)

Brigadir Polisi I atau Brigadir Jenderal berada di bawah Brigadir Polisi dan di atas Brigadir Polisi II.

16). Brigadir Dua Polisi (BRIPDA)

Bripda memiliki posisi yang setara dengan Sersan Kedua di Militer.

Urutan Pangkat Polisi dan Lambangnya Bagi Tamtama

Berikut dibawah ini urutan pangkat polisi dan lambangnya bagi tamtama, antara lain sebagai berikut.

17). Ajun Brigadir Polisi (ABRIPOL)

Dimana nama Abrip sebenarnya sudah dua kali diganti yang pertama disebut Kopral, kemudian diubah lagi menjadi Bhayangkara Utama I.

Hingga saat ini, Ajun atau asisten Brigadir Polisi adalah pangkat tertinggi di kelas tamtama tetapi masih di bawah level Bintara.

18). Ajun Brigadir Satu (ABRIPTU)

Posisi Ajun Brigadir Satu berada di bawah Abripol, dimana pangkatnya sendiri semula bernama Kopral Satu.

19). Ajun Brigadir Dua (ABRIPDA)

Pangkat ini juga sudah dua kali mengalami reshuffle nama, seperti jajaran di atasnya dengan kepemilikan lambang adalah V terbalik berwarna merah.

20). Bhayangkara Kepala (BHARAKA)

Bharaka sebagai kependekan dari bhayangkara kepala sebelum tahun 2001 juga dikenal sebagai Praka (Kepala Prajurit), sama seperti di bidang militer.

Kemudian namanya diubah menjadi Bharaka, dengan pangkat untuk posisi ini ditandai dengan tiga garis miring merah.

21). Bhayangkara Satu (BHARATU)

Pangkat ini setingkat lebih tinggi dari Bharada dimana sebelum tahun 2001, peringkat ini diberi nama Prajurit Satu.

22). Bhayangkara Dua (BHARADA)

Pangkat BHARADA ini dulunya memiliki nama yang mirip dengan pangkat di TNI, yaitu prajurit dua.

Namun seiring berjalannya waktu, kini sebagai pembeda dan juga untuk mempertegas identitas, nama pangkat ini kemudian diubah menjadi Bhayangkara Dua (Bharada).

Demikian ulasan kami mengenai pengertian polisi dan urutan pangkat polisi dari Perwira, Bintara sampai Tamtama.

Semoga ulasan kami dapat membantu dan menjadi referensi bagi kamu yang sedang mencari tau terkait urutan pangkat kepolisian! Terimakasih sudah singgah dan semoga pekerjaan mu menyenangkan ya!

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN

Foto Penampakan Jenazah Brigadir J Sesaat Usai Dieksekusi Ferdy Sambo cs

Komnas HAM menunjukkan foto jenazah Brigadir Nopriansyah Yoshua Hutabarat atau Brigadir J, terkapar di rumah dinas Irjen Ferdy Sambo. Foto…

Hanya Gara-gara Masalah Sepele Ini, Sosok Santri Pondok Gontor Ini Alami Penganiayaan Sampai Meninggal Dunia, Hotman Paris yang Bongkar Semuanya

Seorang santri Pondok Gontor berinisial AM dianiaya sampai tewas. Kasus bermula ketika seorang ibu asal Palembang, Sumatera Selatan, mengadu ke…

15 Tempat Wisata di Kabupaten Situbondo yang Wajib Dikunjungi

Kabupaten Situbondo memang memiliki keindahan alam yang luar biasa. Letaknya yang berada di tengah jalur transportasi Jawa-Bali ini menjadikan Situbondo…

Apa Itu Leasing Mobil dan Bagaimana Cara Kerjanya

Leasing adalah sebuah aktivitas pembiayaan yang dilakukan oleh perusahaan dalam bentuk pengadaan atau peminjaman barang modal yang diatur dalam sebuah…

15 Tempat Wisata di Kabupaten Sumenep yang Wajib Dikunjungi

Salah satu kabupaten yang ada di Pulau Madura ini memang memiliki keindahan alam yang luar biasa. Banyak pulau-pulau indah yang…

15 Tempat Wisata di Badung Bali yang Wajib Dikunjungi

Kabupaten Badung memang sudah sangat terkenal dengan keindahan alamnya yang mengagumkan. Pasir pantai putihnya pun menjadi salah satu keunggulan dari…

Dituduh Pakai Pelet, Eks TKW Makmur Dinikahi Pengusaha Taiwan, Jadi Ratu, Tinggal di Apartemen Mewah

Seorang Tenaga Kerja Wanita (TKW) asal Indonesia bernasib mujur lantaran mendapat jodoh seorang pengusaha asal Taiwan. Ia tak menyangka bakal…

‘Takut Akan Dikejar Wartawan’, Hotman Paris Tolak Jadi Kuasa Hukum Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi Meski Sempat Dihubungi Langsung oleh Tersangka: Saya Tidak Mau

Hotman Paris selama ini memang dikenal sebagai pengacara kondang. Yang kemampuannya dalam menangani sebuah kasus tak perlu diragukan lagi. Kendati…

15 Tempat Wisata di Kabupaten Wonogiri yang Wajib Dikunjungi

Wonogiri merupakan sebuah Kabupaten di provinsi Jawa Tengah. Secara geografis Wonogiri berlokasi di bagian tenggara Provinsi Jawa Tengah. Wonogiri banyak…

Lihat! Ibu Ini Membawa 3 Anak Kembarnya Masuk Tahanan, Kak Seto Bela-belain Istri Sambo Agar Tak Dibui, Netizen: Dibayar Berapa Sama Ibu PC?

Perlakuan istimewa dari Ketua Lembaga Perlindungan Anak Indonesia (LPAI) Seto Mulyadi atau akrab disapa Kak Seto terhadap istri Ferdy Sambo,…