16 Tempat Wisata di Wonosobo yang Wajib Dikunjungi

Wonosobo memang menjadi salah satu daerah di Indonesia yang terkenal dengan kesejukannya karena banyaknya area pegunungan di Wonosobo. Tak heran jika keindahan alam yang disuguhkan juga memang begitu asri.

Wonosobo juga menjadi salah satu daerah yang cocok dikunjungi jika Anda sedang ingin menjauh dari keramaian dan panasnya udara di perkotaan.

Jika Anda tertarik berwisata ke Wonosobo, berikut ini telah kami rangkum beberapa tempat wisata populer di Wonosobo:

1). Kawah Dieng

Kawah Dieng menjadi salah satu tempat wisata yang tidak boleh dilewatkan selama Anda berada di Wonosobo, pemandangannya yang mempesona memang selalu menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan

Pemandangan khas Kawah Dieng tentunya tidak akan Anda temui di tempat manapun. Bagi Anda yang berminat untuk mengunjungi kawah yang satu ini, tetap berhati-hati ya karena aktivitas gunung api vulkanik ini masih aktif.

2). Dataran Tinggi Dieng

Jika Kawah Dieng berada di dataran rendah, nah Anda juga perlu mengunjungi Dataran Tinggi Dieng.

Keindahan Dataran Tinggi Dieng memang selalu berhasil membuat siapa saja terkagum-kagum melihatnya. Bahkan keindahannya sudah dinikmati sejak zaman penjajahan oleh para warga berkebangsaan Belanda.

Keindahan alam dengan budaya yang begitu terasa kental tentu menjadikan Dataran Tinggi Dieng ini sebagai pilihan para wisatawan ketika datang ke Wonosobo.

3). Candi Dieng

Mengunjungi candi memang selalu menjadi hal menarik ketika berwisata. Candi Dieng sendiri merupakan candi tertua yang berada di Pulau Jawa.

Selain suasana yang begitu asri dan menenangkan, Candi Dieng ini juga memiliki nilai sejarah yang cukup tinggi karena menjadi saksi perkembangan agama Hindu di Pulau Jawa.

4). Gunung Prau

Jika Anda berkunjung ke Dataran Tinggi Dieng, jangan lupa juga untuk mendaki ke puncak Gunung Prau.

Dari atas puncak ini Anda dapat menyaksikan dataran Dieng yang begitu mengagumkan. Tidak perlu khawatir, untuk mencapai puncak Gunung Prau rute yang harus Anda lalui terbilang mudah kok.

Oh ya, jangan lupa untuk menunggu momen matahari terbit dan terbenam yang begitu mempesona ya ketika berada di tempat ini.

5). Telaga Warna

Bagi Anda yang ingin melihat keunikan fenomena alam secara langsung, Telaga Warna menjadi salah satu tempat yang harus Anda kunjungi.

Salah satu telaga yang airnya seringkali berubah warna ini tentu menambah keindahannya, sekelilingnya yang begitu hijau juga menjadikannya terlihat begitu asri.

Anda dapat menjadikan Telaga Warna sebagai tempat untuk menenangkan diri sambil melepas penat aktivitas sehari-hari.

6). Lubang Sewu

Bebatuan putih dengan banyak lubang ini memiliki keunikan tersendiri yang menarik perhatian para wisatawan.

Para wisatawan yang berkunjung ke tempat ini biasanya mengabadikan momen mereka sambil ber-swafoto di Lubang Sewu ini.

Sayangnya pemandangan bongkahan batu-batu putih ini hanya akan terlihat ketika air waduk surut ya, jadi pastikan Anda mengunjunginya saat musim kemarau agar bisa melihat eksotisnya Lubang Sewu ini.

7). Telaga Menjer

Udara sejuk dan juga keindahan pesona alam di Telaga Menjer ini disebut-sebut sama seperti Danau Bedugul yang ada di Bali lho.

Tempat wisata yang merupakan danau terbesar di Wonosobo ini juga difungsikan sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA).

Di Telaga Menjer ini Anda akan disuguhkan udara dingin khas dataran tinggi dan juga suasana tenang yang begitu asri.

Jika Anda tertarik untuk menyususri danau ini, Anda juga dapat menyewa perahu yang telah disediakan.

8). Bukit Seroja

Ingin melihat keindahan Telaga Menjer dari ketinggian ? Bukit Seroja harus Anda jadikan pilihan berwisata.

Bayangkan, melihat Telaga Menjer dari dekat saja sudah sebegitu mempesonanya.

Dari ketinggian Anda tentu dapat melihat lebih luas alam sekelilingnya yang masih begitu asri.

9). Agrowisata Tambi

Keindahan alam Wonosobo juga dapat Anda temui di Agrowisata Tambi ini. Hamparan kebun teh yang berada di ketinggian ini tentu memiliki udara yang begitu sejuk.

Adanya kabut tipis yang menyelimuti dan pemandangan hijau kebun teh tentu akan membuat Anda senang berada di tempat ini.

Tidak hanya perkebunan teh saja Anda juga dapat menikmati fasilitas outbound lho di Agrowisata Tambi ini.

10). Bukit Sikunir

Bagi Anda yang senang dengan pemandangan matahari terbit dan terbenam, Bukit Sikunir ini sangat cocok untuk Anda kunjungi.

Pemandangan alam yang dilihat dari ketinggian ditambah lagi deretan pegunungan hijau yang mempesona akan membuat Anda takjub melihatnya.

Anda juga dapat berfoto lho di beberapa spot foto yang telah dibuat ini.

11). Embung Kledung

Embung Kledung sendiri merupakan sebuah kolam yang sengaja dibuat untuk mengatasi kekurangan air saat musim kemarau tiba.

Namun keindahan alam sekitarnya ditambah air di kolam Embung Kledung yang begitu jernih justru menjadi perhatian para wisatawan.

Pemandangan alam hijau dan pegunungan yang terkadang berkabut ini tentu membuat siapa saja yang melihatnya tertarik untuk sekadar berdiam diri menikmati keindahan panorama alam di lereng Gunung Sindoro ini.

12). Pemandian Kalianget

Beberapa tempat wisata di Wonosobo memang memiliki udara yang cukup dingin, nah di Pemandian Kalianget ini Anda dapat berendam sambil menghangatkan diri.

Tidak hanya itu saja, air hangat bahkan disebut-sebut dapat menghilangkan penyakit kulit dan membuat Anda merasa relax.

Selain kolam yang disediakan, Anda juga dapat berendam air panas di ruangan yang lebih privat.

13). Bukit Siloreng Indah

Ingin melihat pemandangan tiga wilayah sekaligus ? Anda harus datang ke Bukit Siloreng Indah ini.

Bukit yang berada di ketinggian 800 MDPL ini menyuguhkan pemandangan daerah Banjarnegara, Kebumen, dan juga Magelang lho.

Jika Anda tidak ingin berjalan menuju Bukit Siloreng Indah, Anda dapat menaiki bukit menggunakan motor warga yang telah dimodifikasi.

14). Curug Winong Kaliwiro

Curug yang akhir-akhir ini sedang populer memang memiliki keunikannya tersendiri. Curug dengan tinggi 50 meter ini memiliki tebing unik dan juga bebatuan besar disekitarnya.

Bahkan ada satu batu yang ditumbuhi pohon besar dan disebut sebagai Batu Kelir yang terbilang sebagai pohon langka.

Selain itu banyak mitos yang beredar juga malah menambah rasa penasaran para wisatawan untuk datang ke Curug Winong Kaliwiro ini.

15). Curug Sikarim

Aliran air terjun yang cukup deras dari ketinggian 24 meter ini membuat suara air yang terjun menjadi begitu menarik.

Air terjun yang langsung jatuh ke bebatuan ini memang membuatnya terasa lebih menyegarkan ditambah dengan alam sekelilingnya yang begitu asri menambah kesan menyatu dengan alam ketika Anda mengunjungi Curug Sikarim ini.

16). Arung Jeram Serayu

Bagi Anda yang senang dengan permainan air memacu adrenalin, Arung Jeram Serayu ini patut Anda coba.

Tempat wisata Arung Jeram Serayu ini bahkan menjadi arung jeram terbesar lho di Jawa Tengah. Selain merasakan sensasi arung jeram Anda juga dapat berkemah lho di tempat ini.

Banyaknya keindahan alam yang disuguhkan di Wonosobo ini harus kita jaga dengan baik agar tetap asri dan lestari.

Demikian beberapa rekomendasi tempat wisata di Wonosobo. Semoga dapat dijadikan referensi berwisata Anda. Terima kasih.

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN

Pantas Santai Digugat Cerai Nathalie Holscher! Rupanya Begini Prinsip Hidup Sule yang Buat Netizen Bergidik Tak Percaya: ‘Nggak Mikir Tua Kali Ya’

Kisruh rumah tangga Nathalie Holscher dan Sule masih heboh diperbincangkan. Kini Nathalie Holscher pun memilih untuk pisah rumah usai melayangkan…

Soal Isu Brigadir J Lecehkan Istri Irjen Ferdy Sambo, Kata Mba Rara: Dia Disantet, Seketika Pikirannya Melihat Bu Putri Jadi Sosok yang Menarik

Paranormal yang juga pawang hujan Mba Rara menerawang ada energi lain yang merasuki Brigadir J sesaat sebelum melakukan tindakan cabul…

Dirinya Sendiri Penyanyi dan Saksikan Ivan Gunawan Jelekkan Keisya Levronka, Reaksi Ayu Ting Ting Disorot: Ayu Masih Mikirin Perasaan Orang

Ivan Gunawan tengah sorotan lantaran ucapannya yang dianggap merendahkan penyanyi Keisya Levronka. Diketahui hal tersebut terjadi saat Keisya Levronka menjadi…

Kronologi Kecelakaan Maut Cibubur Renggut Nyawa 10 Warga

Truk tangki Pertamina menabrak dua mobil dan 10 sepeda motor di Jalan Alternatif Cibubur, Kota Bekasi, pada Senin (18/7) sekitar…

Petinggi Polda Jatim Sampai Disiram Kopi Panas, Begini Alasan Kiai Jombang Tolak Mentah-mentah Anaknya Ditangkap Polisi, Foto Mantan Personel Slank Ikut Digeruduk

Seorang petinggi Polda Jatim sampai disiram kopi panas saat melakukan upaya penangkapan anak kiai Jombang, Moch Subchi Azal Tsani (MSAT)…

Niat Sholat Ashar dan Tata Cara Pelaksanaannya

Sholat ashar merupakan sholat fardu yang dikerjaan disore hari (pukul berapa tepatnya sholat ashar maupun sholat fardu lainnya disetiap daerah…

Ngaku Punya ‘Anu’ Besar, Vicky Prasetyo Pernah Buat Perawan Berdarah

Vicky Prasetyo kerap jadi sorotan karena perkataanya yang nyeleneh. Dirinya terang-terangan mengaku jadi gladiator akibat miliki alat vital yang besar.…

Buntut Gugat Cerai Sule? Tingkah Nathalie Holscher Berubah, Jessica Iskandar: Banyak Pikiran

Perceraian dengan Sule agaknya menguras tenaga dan batin sosok Nathalie Holscher. Dua tahun menikah, rumah tangga Nathalie Holscher dan Sule…

Jawaban Sule Saat Nathalie Holscher Minta Cerai Bikin Warganet Ngamuk: Terlalu Angkuh dengan Kejayaannya

Artis Nathalie Holscher mengungkapkan reaksi dan jawaban sang suami, Sule, saat dia mengutarakan keinginannya berpisah. Sebelum memasukkan gugatan cerai, Nathalie…

Contoh Soal AKM SMA Kelas 11 dan Pembahasannya

Asesmen Nasional (AN) merupakan kebijakan baru yang ditetapkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan sebagai pengganti Ujian Nasional (UN). Asesmen Nasional…