15 Tempat Wisata di Trenggalek yang Wajib Dikunjungi

Kabupaten Trenggalek memang terletak di daerah pesisir, tak heran jika di kabupaten ini banyak sekali keindahan pantai yang dapat Anda kunjungi.

Tidak hanya itu saja lho, Kabupaten Trenggalek juga dikelilingi oleh pegunungan. Wah pantas saja keindahan alam melimpah di kabupaten yang satu ini. Tak heran Kabupaten Trenggalek seringkali dijadikan daerah tujuan wisata.

Jika Anda tertarik berwisata di Kabupaten Trenggalek, berikut ini telah kami rangkum beberapa rekomendasi tempat wisata yang wajib Anda kunjungi:

1. Bukit Banyon

Bukit Banyon memang menyuguhkan keindahan alam yang tidak boleh Anda lewatkan. Sejuknya udara di pegunungan dan hamparan awan yang menyelimuti memang membuat tempat yang satu ini begitu menakjubkan.

Bukit Banyon memang tidak pernah salah untuk Anda nikmati kapanpun, baik di pagi hari dengan matahari terbitnya, di sore hari bersama senja, ataupun malam hari ditemani dengan cahaya lampu dari pemukiman warga.

2. Hutan Mangrove Cengkrong

Anda tentu tau bahwa tanaman bakau memiliki fungsi untuk mencegah abrasi. Namun Hutan Mangrove Cengkrong ini tidak hanya berfungsi untuk itu saja lho, hutan bakau yang satu ini memang dikelola dan dibuat semenarik mungkin untuk menjadi objek wisata yang menarik.

Ada jembatan kayu yang membelah hutan bakau, spot foto menarik, gazebo untuk bersantai, dan bahkan ada juga perahu lho yang dapat Anda gunakan untuk menyusuri sungai hutan bakau ini. Wah menarik ya?

3. Pantai Damas

Hal pertama yang akan menyapa Anda di Pantai Damas ini adalah angin yang menyejukkan, selain itu Anda juga akan dimanjakan dengan pasir pantai yang lembut. Pantai Damas sendiri memang cocok untuk menenangkan diri.

Namun, jika bosan hanya menikmati keindahannya saja, Anda dapat melakukan aktivitas lainnya seperti bermain volly pantai, berenang, memancing, dan juga menyewa perahu untuk berkeliling pantai.

4. Bukit Gembes

Anda harus mengunjungi bukit yang satu ini. Tidak hanya menawarkan keindahan alam hijau saja, dari atas Bukit Gembes ini Anda dapat melihat keindahan pantai dan pegunungan lainnya.

Selain sunset dan sunrise yang mempesona, Bukit Gembes ini juga terasa begitu romantis lho ketika malam hari. Jika Anda ingin melihat pemandangan alam sekitarnya lebih indah lagi, Anda dapat menaiki menara pohon yang ada di Bukit Gembes ini.

5. Pantai Karanggongso

Pantai Karanggongso memang mungkin terbilang sebagai pantai yang tidak terlalu luas. Namun keindahannya tidak perlu diragukan lagi lho. Tak heran pantai yang satu ini tidak pernah sepi dikunjungi para wisatawan.

Selain menikmati keindahannya, Anda juga dapat melakukan aktivitas menyenangkan lainnya di tempat ini, salah satunya adalah snorkeling.

6. Pantai Prigi

Pantai yang satu ini sudah tidak asing lagi Anda lihat fotonya. Keindahan yang luar biasa memang menjadikan Pantai Prigi ini seringkali dijadikan objek foto bagi para fotografer.

Bahkan di tempat ini juga memang sengaja dibuat beberapa spot foto lho untuk digunakan wisatawan. Pantai Prigi ini sangat cocok dikunjungi bagi Anda yang senang berfoto.

7. Pantai Blado

Pantai Blado dengan deburan ombaknya yang cukup keras memang membuatnya menjadi begitu eksotis.

Menariknya, Anda juga dapat berkemah lho di Pantai Blado ini, fasilitasnya pun terbilang lengkap lho, bahkan ada juga panggung hiburan di Pantai Blado ini.

Jika Ada ingin menikmati keindahan pantainya lebih luas lagi, Anda juga dapat menikmati keindahanannya melalui gardu pandang.

8. Bukit Tunggangan

Bagi yang pertama kali mengunjungi Bukit Tunggangan ini mungkin memang akan merasa kesulitan dengan akses jalannya yang terjal. Namun Bukit Tunggangan memang menyajikan keindahan alam yang luar biasa.

Banyak aktivitas menarik yang dapat Anda lakukan di bukit ini mulai dari berkemah dan bahkan paralayang bagi Anda yang senang memacu adrenalin.

9. Air Terjun Pantai Pelang

Kawasan Air Terjun Pantai Pelang ini memang membuat siapa saja yang mengunjunginya merasa takjub.

Belum lagi kawasannya yang dikelilingi hutan pinus membuat tempat yang satu ini memiliki udara sejuk yang akan membuat Anda betah berlama-lama di tempat ini.

Menariknya ada jembatan yang terkoneksi langsung dengan bibir pantai lho. Oh ya, jangan lewatkan juga momen matahari terbit ataupun terbenam di pantai ini ya.

10. Pantai Ngulungwetan

Lokasinya yang menghadap langsung ke samudera memang membuat pantai ini begitu mempesona saat senja tiba.

Pasir pantai putih, airnya yang jernih, beberapa terumbu karang, dan tanaman hijau yang tumbuh subut di Pantai Ngulungwetan ini memang menambah keindahan alam yang ada.

Meski ombaknya cukup besar namun pantai yang satu ini masih aman untuk Anda berenang dan tentunya sangat cocok untuk main selancar.

11. Pantai Taman Kili-Kili

Pantai Taman Kili-Kili juga menjadi salah satu tempat wisata yang tidak boleh Anda lewatkan. Pantai ini merupakan spot sunset terbaik lho di Trenggalek.

Bahkan karena alamnya yang masih sangat asri dan terjaga, Anda juga dapat melihat penangkaran penyu yang dibudidayakan di Pantai Taman Kili-Kili ini. Cukup menarik ya?

12. Puncak Jaas

Trenggalek juga memiliki tempat wisata negeri di atas awan yang lainnya lho, salah satunya adalah Puncak Jaas.

Menariknya, di dataran tinggi ini Anda tidak perlu mengkhawatirkan banyak hal karena Puncak Jaas sendiri memang memiliki fasilitas yang terbilang cukup lengkap.

Seperti adanya berbagai hidangan khas Trenggalek, kebun binatang mini, dan bahkan rest area lho.

13. Rumah Apung

Anda mungkin dapat menemukan pasar terapung di beberapa daerah, namun Trenggalek punya Rumah Apung lho untuk dijadikan pilihan wisata Anda.

Untuk menuju Rumah Apung ini Anda perlu menyewa perahu, ketika sampai Anda tidak hanya memiliki pengalaman mengunjungi rumah terapung saja, namun Anda juga dapat menyelam lho untuk melihat kehidupan di bawah laut.

14. Gunung Sepikul

Jika Anda senang dengan olahraga panjat tebing, Gunung Sepikul ini tidak boleh Anda lewatkan. Tebing yang menjulang tinggi ini memang terlihat begitu eksotis dan juga menantang.

Bahkan sambil memanjat Anda dapat sambil menikmati keindahan alam dengan udara sejuknya lho di Gunung Sepikul ini. Namun jika Anda berminat berkunjung ke tempat yang satu ini pastikan Anda memiliki nyali yang besar ya.

15. Gua Lowo

Trenggalek juga punya gua eksotis yang wajib Anda kunjungi. Namanya Gua Lowo. Dengan panjang gua yang mencapai 2000 meter ini, Gua Lowo menjadi salah satu gua terbesar lho yang ada di Asia Tenggara.

Anda juga tidak perlu khawatir jika berkunjung ke gua yang satu ini karena sudah memiliki fasilitas yang cukup lengkap seperti play ground, food court, toilet, dan juga mushola.

Demikian beberapa rekomendasi tempat wisata di Kabupaten Trenggalek. Semoga dapat menjadi referensi berwisata Anda. Terima kasih.

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN

Sempat Putus Meski Akhirnya Nikah di Bawah Tangan dan Jadi Janda 9 Tahun Terakhir, Umi Pipik Kenang Hidupnya yang Nelangsa Kala Awal Jadi Istri Uje, Jualan Makanan Agar Dapur Tetap Ngebul!

Usai sembilan tahun menyandang status janda, memang Pipik Dian Irawati tak lagi dikabarkan menjalin hubungan dengan laki-laki lain. Sebelumnya sempat…

Dituduh Pakai Pelet, Eks TKW Makmur Dinikahi Pengusaha Taiwan, Jadi Ratu, Tinggal di Apartemen Mewah

Seorang Tenaga Kerja Wanita (TKW) asal Indonesia bernasib mujur lantaran mendapat jodoh seorang pengusaha asal Taiwan. Ia tak menyangka bakal…

17 Tempat Wisata di Kabupaten Kudus yang Wajib Dikunjungi

Kudus merupakan sebuah kabupaten di provinsi Jawa Tengah. Kabupaten Kudus menyimpan banyak hal-hal yang menarik untuk Anda ketahui, termasuk tempat…

Gelagat Nathalie Holscher Terendus, Ruben Onsu Curiga Mantan Sule Bohong soal Frans Faisal: Temen Bisa Demen

Ruben Onsu tangkap gelagat Nathalie Holscher, mantan Sule yang aneh saat ditanya soal Frans Faisal. Gelagat Nathalie Holscher, mantan Sule…

Tanggapi Somasi dari Mbak Rara gegara Bongkar Trik Pawang Hujan, Pesulap Merah Santai: Saya Gak Nyebut Nama Dia!

Mbak Rara pawang hujan MotoGP Mandalika 2022, mlayangkan somasi kepada Pesulap Merah karena telah membongkar trik pawang hujan yang dilakukannya.…

15 Tempat Wisata di Tabanan Bali yang Wajib Dikunjungi

Kabupaten Tabanan memang terkenal dengan area persawahannya, tak heran jika 28% dari luas wilayahnya merupakan lahan persawahan. Tanahnya yang subur,…

Video Raffi Ahmad Diduga Senggol Payudara Niena Kirana Viral, Netizen Auto Pasang Badan

Raffi Ahmad turut menghadiri acara ulang tahun Niena Kirana Riskyana yang digelar pada hari Selasa (30/8/2022) kemarin. Dalam unggahan Instagram…

Pasal 184 KUHP (Kitab Undang-Undang Hukum Pidana)

Kitab Undang-undang Hukum Pidana (bahasa Belanda: Wetboek van Stafrecht, umum dikenal sebagai KUH Pidana atau KUHP) adalah peraturan perundang-undangan yang…

Pasal 163 bis KUHP (Kitab Undang-Undang Hukum Pidana)

Kitab Undang-undang Hukum Pidana (bahasa Belanda: Wetboek van Stafrecht, umum dikenal sebagai KUH Pidana atau KUHP) adalah peraturan perundang-undangan yang…

Terancam Hukuman Mati, Ferdy Sambo Tak Bisa Mengelak Usai Barang Bukti Berlumur Darah Ini Ketahuian Timsus, Tidak Sempat Dibakar Tapi Sudah Kena Ciduk

Ferdy Sambo bersama istrinya telah resmi menjadi tersangka dalam kasus kematian Brigadir J. Dikutip Gridhot dari Kompas.com, Ferdy Sambo membuat…