15 Tempat Wisata di Surakarta yang Wajib Dikunjungi

Surakarta merupakan salah satu kota yang berada di Jawa Tengah. Sebenarnya Surakarta sendiri mungkin lebih Anda kenal sebagai Solo. Ya, Surakarta dan Solo memang merupakan kota yang sama.

Sebenarnya nama resmi dari kota ini adalah Surakarta, namun sering disebut sebagai Kota Solo karena sejarah pada masa penjajahan dahulu ada salah satu desa yang bernama Sala.

Desa ini memang menjadi salah satu desa yang maju di Surakarta maka dari itu desa ini juga menjadi sangat terkenal.

Namun orang-orang Eropa tidak dapat mengucap Sala dan malah menyebutnya sebagai Solo yang berlanjut hingga saat ini. Jadi Solo dan Surakarta adalah tempat yang sama.

Nah berbicara tentang Surakarta, tentu banyak sekali sejarah dan keindahan alam didalamnya. Bagi Anda yang tertarik berkunjung ke Surakarta, berikut ini beberapa rekomendasi tempat wisata yang populer di Surakarta:

1). Keraton Kasunanan Surakarta

Tentu rasanya kurang jika berkunjung ke Surakarta tanpa mengunjungi Keraton Kasunanan Surakarta.

Salah satu tempat bersejarah ini merupakan tempat tinggal Raja pada zaman kerajaan masa lampau. Anda akan menemukan banyak peninggalan kerajaan lho di tempat ini.

Anda juga bahkan akan menemukan berbagai replika pusaka keraton, gamelan, dan juga kereta kencana.

Namun jika Anda berkunjung ke tempat ini jangan lupa untuk mematuhi aturan-aturan yang berlaku ya.

2). Istana Mangkunegaran

Selain Keraton Kasunanan Surakarta, Istana Mangkunegaran juga menjadi salah satu tempat yang tidak boleh Anda lewatkan ketika berkunjung ke Surakarta.

Bangunan khas Eropa yang memang menjadi daya tarik bagi para wisatawan memang begitu mengagumkan.

Bahkan di Istana Mangkunegaran ini Anda juga dapat mengunjungi Pendopo Ageng, Ndalem Ageng, Keputren, dan Pracomoyoso lho.

3). De Tjolomadoe

Dahulunya De Tjolomadoe sebenarnya merupakan pabrik gula lho, namun karena bangunannya yang bergaya khas Eropa banyak wisatawan yang akhirnya tertarik untuk berkunjung ke tempat ini.

Jika Anda memasuki De Tjolomadoe ini Anda akan melihat mesin tebu raksasa lho, ada juga toko goela, dan cafe yang bisa Anda gunakan untung nongkrong bersama teman-teman.

4). The Hetitage Palace Solo

Banyaknya bangunan khas Eropa peninggalan zaman dulu memang menjadi daya tarik tersendiri bagi beberapa tempat wisata di Solo.

Tempat yang berupa kastil Eropa ini memang memiliki nuansa Eropa klasik yang membuatmu merasa tidak sedang ada di Indonesia.

Selain ber-swafoto dengan background yang sangat bergaya Eropa, Anda juga dapat menyewa kostum lho agar hasil fotonya terlihat lebih menarik.

Tidak hanya kastil Eropa saja, Anda juga akan menemukan museum 3D, koleksi mobil antik, dan bahkan berbagai kuliner yang menggugah selera lho.

5). Air Terjun Jumog

Keindahan Air Terjun Jumog memang tidak dapat diragukan lagi. Keindahannya bahkan disebut sebagai “Surga yang hilang” lho karena lokasinya yang memang tertutup pepohonan rimbun.

Aliran air jernih dan juga udara sejuk menambah keindahan dari Air Terjun Jumog ini. Tempat yang satu ini memang cocok untuk Anda kunjungi sambil melepas penat.

6). Batu Seribu

Batu Seribu memang memiliki keunikan tersendiri, bukit batu yang membentuk dua gunung yang sama persis ini membuatnya disebut sebagai Gunung Kembar.

Dilihat dari kejauhan Batu Seribu ini memang sudah sangat mempesona, persawahan hijau dan juga tumbuhan yang tumbuh subur membuat tempat ini berhasil memanjakan mata para wisatawan.

Bahkan jika Anda naik ke atas bukit batu ini Anda akan melihat keindahan alam dimulai dari pepohonan, hamparan sawah, dan juga pesona Gunung Merbabu.

7). Gardu Pandang Bukit Batur

Selain dilihat dari Batu Seribu, keindahan Gunung Merbabu juga dapat Anda lihat melalui Gardu Pandang Bukit Batur lho.

Tidak hanya itu saja, pemandangan Gunung Sindoro dan juga Kota Boyolali dapat Anda lihat dari gardu pandang ini.

Dengan udaranya yang begitu sejuk, tempat ini juga sangat pas untuk menikmati senja lho.

8). Candi Ceto

Candi Ceto menjadi salah satu peninggalan kerajaan Hindu masa lampau. Candi yang satu ini memang berada di ketinggian dengan gapura yang berada di ujung menyuguhkan pemandangan awan yang mempesona, tak heran jika banyak warga yang menyebutnya sebagai gerbang menuju langit ke tujuh.

Sekitaran candi yang cukup hijau dan juga udara sejuk memang akan membuat penat hilang saat berada di tempat ini. Candi Ceto juga menjadi salah satu pilihan wisata yang tepat bagi Anda yang senang ber-swafoto.

9). Museum Batik Danar Hadi

Ketika Anda memasuki museum yang satu ini Anda akan disambut dengan suasana yang cukup megah.

Di Museum Batik Danar Hadi ini Anda akan melihat berbagai corak batik dari seluruh nusantara lho.

Tidak hanya itu saja, Anda bahkan dapat melihat proses membatik secara langsung lho. Tentu menyenangkan bukan ?

10). Telaga Madirda

Hijaunya alam disekitar telaga ini tentu sangat memanjakan mata para wisatawan yang datang. Airnya yang begitu jernih dan tenang menjadi poin plus dari tempat ini.

Jika Anda datang ke Telaga Madirda ini maka Anda akan merasakan senasi melihat secara langsung pemandangan alam menakjubkan yang biasanya Anda lihat dari lukisan ataupun wallpaper gadget Anda.

11). Pura Mangkunegaran

Pura Mangkunegaran sendiri selain arsitekturnya yang memang begitu khas Jawa tradisional dan Eropa ini, Anda juga akan menemui banyak sekali koleksi benda-benda seni yang ada di dalamnya.

Sejuknya udara sekitar juga akan membuat Anda betah berlama-lama di tempat ini.

12). Taman Sriwedari

Taman Sriwedari mungkin sudah tidak asing lagi di telinga Anda. Taman yang menjadi Taman Hiburan Rakyat ini memang selalu menyajikan atraksi seni lho.

Tak heran banyak wisatawan tertarik untuk datang ke tempat ini. Pertunjukan seni seperti wayang orang, pentas musik, dan juga dance cocok untuk Anda nikmati bersama orang tersayang.

13). Benteng Vastenburg

Salah satu tempat bersejarah peninggalan Belanda ini memang masih sangat kental dengan gaya Belanda.

Benteng yang sempat dijadikan sebagai tempat mengontrol pemerintahan di Keraton Surakarta ini sampai sekarang masih aktif dikunjungi wisatawan lho, di Benteng Vastenburg ini Anda akan memiliki pengetahuan baru tentang sejarah masa penjajahan lho.

14). Bumi Perkemahan Sekipan

Bagi Anda yang ingin berwisata sambil berkemah di alam terbuka, tempat yang satu ini cocok untuk Anda jadikan pilihan.

Tidak hanya sekadar tempat berkemah lho, ada waterpark yang juga dapat Anda nikmati di Bumi Perkemahan Sekipan ini.

Uniknya Anda juga dapat menemukan Rumah Papua yang sengaja dibuat di area ini. Bagi Anda yang tidak senang berkemah di alam terbuka, tenang saja Anda juga dapat menyewa villa yang ada di Bumi Perkemahan Sekipan ini.

15). Galabo Solo

Rekomendasi tempat wisata terakhir dari kami merupakan tempat paling digemari lho baik para wisatawan dan juga warga lokal.

Anda dapat berkunjung ke Galabo Solo pada pukul 17.00 – 00.00, banyak sekali jajakan kuliner kaki lima yang ada di tempat ini, bahkan menyenangkannya, Anda dapat berwisata kuliner sambil menikmati live music lho.

Demikian beberapa rekomendasi tempat wisata di Surakarta. Semoga dapat menjadi referensi berwisata Anda. Terima kasih.

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN