17 Tempat Wisata di Sumedang yang Wajib Dikunjungi

Sumedang adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Barat. Selain menyuguhkan wisata kuliner yang memanjakan lidah, Sumedang juga menawarkan destinasi wisata yang sangat beragam yang wajib Anda kunjungi.

Terdapat wisata alam yang menyajikan panorama alam yang indah dan meneduhkan pandangan. Juga terdapat wisata alam religi, sejarah, dan lainnya yang akan memberikan Anda pengalaman berlibur yang menyenangkan.

Sumedang memiliki destinasi wisata yang cukup variatif, sehingga suasana apapun yang ingin Anda dapatkan saat berlibur bisa Anda cari di kabupaten Sumedang.

Berikut telah kami rangkum beberapa Tempat Wisata di Kabupaten Sumedang yang wajib Anda kunjungi:

1). Kampung Toga

Lokasi: Sukajaya, Kec. Sumedang Selatan, Kab. Sumedang, Jawa Barat.

Kampung Toga akan membuat Anda menambah wawasan mengenai tanaman herbal, karena disini tersedia beraneka tanaman obat keluarga atau bisa disebut juga dengan Toga.

Selain akan belajar banyak tentang tanaman obat keluarga, Anda juga dapat menikmati beragam fasilitas yang ada di Kampung Toga seperti vila, kolam renang, tempat makan, ruang pertemuan, dan tempat lesehan.

2). Pemandian Air Panas Sekarwangi

Lokasi: Conggeang, Kab. Sumedang, Jawa Barat.

Saat Anda berendam di Pemandian Air Panas Sekarwangi, tubuh akan mendapatkan sensasi relaks, sehingga tubuh menjadi lebih fresh kembali.

Air yang mengandung belerang akan mampu meningkatkan kesehatan tubuh dan dapat penyakit kulit, mengatasi gejala stroke ringan, dan bisa menurunkan kadar asam urat di dalam tubuh.

Selama Anda berendam, Anda akan disuguhi oleh pemandangan sekitar dengan alam yang masih begitu asri.

3). Batu Dua Gunung Lingga

Lokasi: Cimarga, Cisitu, Kab. Sumedang, Jawa Barat.

Batu Dua Gunung Lingga merupakan objek wisata berupa dataran luas yang memiliki ketinggian 930 mdpl.

Batu Dua Gunung Lingga menyuguhkan pemandangan alam yang hijau dan asri dengan udara yang sejuk.

Anda bisa menikmati sensasi bermain paralayang sehingga Anda dapat menikmati pemandangan alam dengan cakupan yang lebih luas lagi.

Disini juga terdapat titik geotermal yang dapat mengeluarkan gas sehingga paralayang dapat terbang lebih lama.

4). Situ Biru Cilembang

Lokasi: Hariang, Buahdua, Kab. Sumedang, Jawa Barat.

Destinasi wisata alam berikutnya adalah Situ Biru Cilembung merupakan sebuah telaga yang memiliki air yang masih jernih dengan nuansa alam sekitar yang masih sangat alami.

Karena airnya yang jernih, membuat Anda bisa melihat dasar telaga dan beragam jenis makhluk air yang unik yang ada di Situ Biru Cilembung ini.

Namun walaupun memang sangat jernih, Anda tidak diperbolehkan untuk berenag di telaga. Juga untuk menghormati adat yang berlaku di tempat ini, Anda tidak boleh datang pada hari Selasa dan Jumat.

5). Museum Prabu Geusan Ulun

Lokasi: Jl. Prabu Geusan Ulun No. 40, Regol Wetan, Kec. Sumedang Selatan, Kab. Sumedang, Jawa Barat.

Museum Prabu Geusan Ulun akan mengajak Anda untuk belajar mengenai budaya dan sejarah.

Museum Prabu Geusan Ulun merupakan salah satu kediaman dari bupati dan para kerabatnya yang sekarang sudah dijadikan sebagai objek wisata.

Di sini Anda akan menemukan beberapa benda sejarah yang dulunya ditemukan di daerah Sumedang.

Terdapat beberapa bangunan yang ada di lokasi ini seperti Ruang Srimanganti, Ruang Bumi Kaler, Ruang Bumi Gendeng, Gedung Gamelan, dan Gedung Pusaka Khusus.

6). Puncak Damar Baros Jatigede

Lokasi: Desa Paku Alam, Kecamatan Darmaraja, Kabupaten Sumedang.

Puncak Damar Baros Jatigede menyuguhkan Anda pemandangan Waduk Jatigede dari ketegian yang dikelilingi oleh perbukitan, sehingga menghasilkan pemandangan alam yang sangat memesona.

Anda juga bisa mencoba beragam wahana yang tersedia di sini, sambil menikmati pemandangan yang terhampar luas. Berlibur ke Puncak Damar Baros Jatigede akan memberikan Anda pengalaman berlibur yang menyenangkan.

7). Curug Ciputrawangi

Lokasi: Narimbang, Conggeang, Kab. Sumedang, Jawa Barat.

Curug Ciputrawangi memiliki airt terjun yang sangat segar, ditambah dengan tamanan hijau di sekeliling curug membuat Anda akan merasa betah untuk berlama-lama di sini.

Karena berada di tengah-tengah alam dengan pepohonan rindah, memungkinkan Anda untuk bertemu dengan hewan seperti babi, macan kumbang, dan monyet. Maka Anda juga perlu berhati-hati saat berkunjung ke tempat ini.

8). Gunung Tampomas

Lokasi: Cibeureum Wetan, Cimalaka, Kab. Sumedang, Jawa Barat.

Gunung Tampomas menjadi objek wisata yang cocok untuk untuk Anda yang suka mendaki. Gunung Tampomas memiliki puncak gunung yang bernama Sangiang Taraje.

Sangiang Taraje menyuguhkan pemandangan kabupaten Sumedang dengan beberapa kawah yang ada di sekitarnya yang tentunya menjadi harmoni yang sangat indah.

9). Kebun Teh Margawindu

Lokasi: Citengah, Kec. Sumedang Selatan, Kab. Sumedang, Jawa Barat.

Kebun Teh Margawindu ini terletak jauh keramaian kota dan jalan raya, sehingga Anda bisa mendapatkan suasana yang tenang dan sejuk.

Kebun Teh Margawindu menghadirkan pemandangan dan panorama alam berupa hamparan perbukitan teh yang luas dan hijau yang akan meneduhkan mata.

10). Curug Sabuk

Lokasi: Margamekar, Kec. Sumedang Selatan, Kab. Sumedang, Jawa Barat.

Curug Sabuk akan menjadi destinasi yang wajib dikunjungi bagi Anda yang suka dengan tantangan dan hal yang memacu adrenalin, pasalnya untuk samapi ke objek wisata yang satu ini Anda perlu menaklukan perjalanan dengan track yang tidak mudah.

Tentunya rasa lelah tersebut akan mampu terbayarkan dengan indahnya pemandangan yang tersaji di Curug Salak ini. Di sini terdapat empat curug, yang bisa kamu jadikan sebagai spot foto dengan pemandangan yang begitu memikat mata.

11). Eco Green Park Kampung Karuhun

Lokasi: Jl. Pagar Betis, Citengah, Kec. Sumedang Selatan, Kab. Sumedang, Jawa Barat.

Eco Green Park Kampung Karuhun akan sangat cocok dijadikan destinasi wista keluarga. Selain meyajikan pemandangan alam yang begitu asri dan masih sangat alami, juga Anda akan mendaptkan suasana tenang dan damai.

Di sini terdapat beberapa fasilitas yang bisa Anda coba, seperti outbound, kolam renang, ATV Adventure, dan Camping ground.

Saat Anda merasa lapar, Anda juga dapat menikmati sajian kuliner yang lezat di rumah makan yang ada di Eco Green Park Kampung Karuhun ini.

12). Wisata Air Gajah Depa

Lokasi: Jl. Raya Serang No. 90, Galudra, Kec. Cimalaka, Kab. Sumedang, Jawa Barat.

Wisata Air Gajah Depa merupakan salah satu wahana air yang cukup populer di Sumedang. Adapun wahana favorit di tempat ini adalah wahana Family Slide, berupa papan luncur yang bisa dinaiki 10 orang.

Selain wahana Family Slide, ada juga beberapa wahana permainan lain yang tidak kalah serunya seperti Spill Buckjet, Handboat, Water Roller, Water Capsule, Water Ball, Trampolin, dan masih banyak lagi.

Berlibur di Wisata Air Gajah Depa akan memberikan Anda pengalaman yang sangat seru dan menyenangkan.

13). Arung Jeram Pangcalikan

Lokasi: Desa Citepok, Kec. Paseh, Kab. Sumedang, Jawa Barat.

Arung Jeram Pangcalikan menawarkan Anda sebuah pengalaman yang seru, menantang, dan mengesankan.

Arus sungai di tempat ini terbilang cukup deras dan juga kuat, sehingga sangat cocok dijadikan tempat untuk bermain arung jeram. Destinasi wisata ini sangat cocok untuk Anda yang hobi berpetualang.

14). Mata Air Sirah Cipelang

Lokasi: Cipamekar, Conggeang, Kab. Sumedang, Jawa Barat.

Mata Air Sirah Cipelang menyajikan panorama alam yang indah dan masih sangat asri, dengan udara yang sejuk akan mampu memanjakan siapapun yang datang ke sumber air yang cukup terkenal di kalangan masyarakat Sumedang ini.

Pemandangan yang ditawarkan di Mata Air Sirah Cipelang akan menjadi obat ampuh untuk me-refresh tubuh dan juga pikiran yang telah dipadati oleh rutinitas yang melelahkan.

15). Wisata Alam Pangjugjugan

Lokasi: Desa Cilembu, Kecamatan Pamulihan, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

Wisata Alam Pangjugjugan hadir dengan beragam fasilitas permaian yang cukup memadai, mulai dari kolam renang, flying fox, becak mini, playground, terapi ikan, batu refleksi, lapangan futsal, menunggang kuda, naik perahu, dan lainnya.

Di sini juga Anda bisa melakukan kegiatan ekowisata dengan berkeliling kebun, melihat peternakan unggas, kelinci, kambing, sapi perah dan sapi potong.

Selain itu, Anda bisa memanen hasil pertanian sebagai buah tangan dari Wisata Alam Pangjugjugan. Berlibur ke tempat seperti ini akan memberikan Anda pengalaman berlibur yang sangat menyenangkan.

16). Gunung Kunci

Lokasi: Kotakulon, Kec. Sumedang Selatan, Kab. Sumedang, Jawa Barat.

Gunung Kunci merupakan sebuah bukit kecil yang terletak dekat dengan alun-alun kota Sumedang.

Gunung Kunci ini juga termasuk salah satu objek wisata sejarah berupa benteng yang dibangun pada masa Belanda.

Dengan mengunjungi destinasi wisata ini, Anda akan menambah wawasan dan ilmu pengetahuan tentang sejarah yang ada di Indonesia.

17). Agrowisata Kampung Nangorak

Lokasi: Margamekar, Kec. Sumedang Selatan, Kab. Sumedang, Jawa Barat.

Agrowisata Kampung Nangorak menghadirkan panorama alam yang sangat memesona, yang akan membuat Anda ingin berlama-lama di sini.

Anda dapat menikmati pemandangan di Agrowisata Kampung Nangorak untuk lebih lama dengan mendirikan tenda dan bermalam di sini, atau dengan melakukan aktivitas memancing.

Walau memang Anda perlu melakukan perjalanan yang cukup menantang karena medannya yang cukup menanjak dan memiliki tikungan yang cukup tajam untuk sampai di Agrowisata Kampung Nangorak.

Indonesia sangat kaya akan keindahan alam dan budayanya, yuk sama-sama menjaga kelestariannya.

Dan alam adalah sebuah bentuk dari kebesaran Tuhan, jangan lupa untuk selalu bersyukur atas segala bentuk karunianya.

Selamat mengunjungi destinasi wisata yang telah kami rekomendasikan.

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN