17 Tempat Wisata di Sukabumi yang Wajib Dikunjungi

Sukabumi adalah sebuah kota di Provinsi Jawa Barat, dan menjadi salah-satu kota dengan luas wilayah terkecil di Jawa Barat. Namun hal tersebut tidak lantas membuat Sukabumi hanya memiliki sedikit referensi tempat wisata.

Anda dapat mengunjungi beragam objek wisata alam dengan pemandangan yang begitu sangat indah dan suasana yang sejuk nan damai. Anda juga akan dimanjakan dengan beragam wisata kuliner dengan rasa yang sangat lezat.

Sukabumi memiliki destinasi wisata yang cukup variatif, sehingga suasana apapun yang ingin Anda dapatkan saat berlibur bisa Anda cari di kota Sukabumi.

Berikut telah kami rangkum beberapa Tempat Wisata di Kabupaten Sukabumi yang wajib Anda kunjungi:

1). Curug Cimarinjung

Lokasi: Ciemas, Sukabumi, Jawa Barat.

Curug Cimarinjung akan memanjakan Anda dengan pemandangan yang sangat indah, dengan pepohonan rindang yang berada di sekitar tebing memberikan kesan sejuk dan teduh yang sangat memanjakan mata.

Curug Cimarinjung ini memiliki air terjun dengan tinggi mencapai 45 meter. Untuk melepas penat, Curug Cimarinjung akan menjadi destinasi wisata yang tepat untuk Anda.

2). Kampung Ciptagelar

Lokasi: Sirnaresmi, Cisolok, Sukabumi, Jawa Barat.

Kampung Ciptagelar adalah sebuah daerah pedesaan yang belum tersentuh oleh perkembangan zaman. ini adalah sebuah kampung yang tidak pernah tersentuh oleh perkembangan zaman.

Maka dari itu jika Anda berkunjung ke tempat ini, Anda akan merasakan suasana seperti di zaman dahulu. Letak kampung yang satu ini berada di Kampung Sukamulya, Desa Sirnaresmi, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Anda bisa melihat tradisi masyarakat zaman dahulu dan juga rumah-rumah adat yang ada di sana. Salah satu tradisinya seren taun, seren taun ini merupakan penyerahan hasil bumi ke dalam lumbung.

Udara di kampung ini juga sejuk dan nyaman, karena lokasi kampung ini berada di dataran tinggi. Harga tiket masuk menuju kampung Ciptagelar yaitu sebesar Rp 5.000an saja.

3). Pantai Pangumbahan

Lokasi: Desa Gunungbatu, Kec. Ciracap, Ka. Sukabumi, Jawa Barat.

Lokasi Pantai Pangumbahan ini terletak di Desa Gunungbatu, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Pemandangan di pantai ini sangat cantik dan indah.

Di pantai ini juga ada penangkaran penyu. Anak-anak penyu dari hasil penangkaran ini biasanya akan di lepas ke Samudera pada pukul 5 sore hari.

Para wisatawan yang berkunjung biasanya hanya ingin melihat anak-anak penyu yang lucu ini di lepaskan. Bagi Anda yang gemar berselancar, ombak di pantai ini sangat cocok untuk berselancar. Harga tiket masuknya pun juga murah hanya sekitar Rp 5.000an saja.

4). Curug Cikaso

Lokasi: Desa Ciniti, Cibitung, Sukabumi, Jawa Barat.

Curug Cikaso terletak di Kampung Ciniti, Desa Cibitung, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Curug ini memiliki dasar air yang berwarna biru kehijauan, ini adalah salah satu yang menjadi daya tarik bagi para wisatawan.

Curug ini memiliki 3 air terjun yaitu Curug Aki, Curug Aseupan, dan juga Curug Meong. Di tempat ini juga sudah menyediakan perahu untuk para pengunjung agar bisa berkeliling di sekitar curug sambil menikmati keindahan dari curug tersebut.

5). Jembatan Situ Gunung

Lokasi: Jl. Kadudampit, Gede Pangrango, Sukabumi, Jawa Barat.

Jembatan Situ Gunung merupakan jembatan gantung yang berada di ketinggian sekitar 150 meter dengan panjang mencapai 250 meter.

Jembatan ini merupakan jembatan terpanjang di Indonesia dan juga memiliki pemandangan alam yang indah.

Di sekitar jembatan ini di kelilingi pohon-pohon dan juga bukit-bukit, sehingga Anda akan mendapatkan suasana yang sejuk dan tenang.

6). Kawah Ratu

Lokasi: Desa Gunung Sari, Kec. Pamijahan, Sukabumi, Jawa Barat.

Kawah Ratu menjadi salah satu destinasi wisata yang populer di Sukabumi. Di tempat-tempat tertentu di sekitar kawah ini Anda juga bisa menemukan belerang.

Belerang ini di yakini memiliki khasiat untuk menyembuhkan berbagai penyakit kulit. Harga tiket masuk menuju Kawah Ratu ini hanya sebesar Rp 7.500 per orang.

7). Pantai Cicaladi

Lokasi: Cicaladi, Sukatani, Surade, Sukabumi, Jawa Barat.

Pantai Cicaladi menyajikan pemandangan pantai yang indah, dengan deburan ombak, serta tiupan angin khas pantai, yang dihiasi pemandangan alam hijau akan memanjakan Anda dan membuat Anda betah untuk berlama-lama di sini.

Di sini Anda juga bisa berkemah, sehingga bisa menikmati suasana pantai dengan lebih lama.

8). Sabana Puncak Pilar

Lokasi: Ciwalat, Pabuaran, Sukabumi, Jawa Barat.

Sabana Puncak Pilar menyuguhkan hamparan pemandangan hijau yang dapat memanjakan mata. Anda akan mendapati udara yang segar dan sejuk saat berkunjung ke Sabana Puncak Pilar ini.

Pemandangannya yang indah, membuat banyak orang teratarik untuk berfoto. Pesona alam yang tersaji di sini akan bertambah indah saat matahari mulai menampakan sinarnya.

9). Bravo Adventure

Lokasi: Bantarselang, Cikidang, Sungai Citarik, Sukabumi, Jawa Barat.

Bravo Adventure sangat cocok untuk Anda yang suka dengan sebuah petualangan, Anda dapat menikmati suasana alam di sini dengan cara menginap dan bermain arung jeram.

Di sini terdapat paket glamorous camping dan juga rafting (arung jeram). Fasilitasnya pun juga sudah lengkap, seperti AC, kamar mandi, dan juga sudah disediakan makanan.

Memang harga tiket masuk ke Bravo Adventure relatif mahal yaitu muali dari Rp 500.000, namun hal tersebut setara dengan fasilitas, pelayanan, serta pengalaman yang diberikannya.

10). Karang Aji Beach Villa

Lokasi: Jl. Raya Cisolok No.KM 24, Cikahuripan, Cisolok, Sukabumi, Jawa Barat.

Karang Aji Beach Villa merupakan sebuah villa dengan suguhan pemandangan laut yang akan sangat memanjakan mata. Villa ini memiliki desain yang unik dengan kubah berwarna-warni di bagian tengahnya.

Anda juga bisa menikmati beragam lukisan- lukisan seni rupa yang unik di tempat ini. Karang Aji Beach Villa dapat Anda jadikan tempat penginapan yang tepat saat berkunjung ke Sukabumi.

11). Bukit Karang Numpang

Lokasi: Cibolang, Kec. Gunungguruh, Sukabumi, Jawa Barat.

Bukit Karang Numpang menyediakan beragam spot foto yang menarik para wisatawan, terlebih Bukit Karang Numpang memang memiliki pemandangan yang sangat menawan.

Anda bisa melihat pemandangan alam yang mempesona dari atas Bukit Karang Numpang dengan membayar tiket masuk seharga Rp 3000 per orang.

12). Rumah Fantasi

Lokasi: Komplek Ruko Bounty Blok G&H, Jl. Siliwangi No.90, Cikole, Kota Sukabumi, Jawa Barat.

Rumah Fantasi merupakan objek wisata yang terbilang cukup baru, tempat in baru didirkan pada tahun 2018 lalu.

Rumah Fantasi menyediakan beragam wahana permainan yang akan memberikan pengalaman berlibur yang seru, yang juga dilengkapi dengan spot foto yang menarik.

13). Pantai Ombak Tujuh

Lokasi: Kec. Ciracap, Kab. Sukabumi, Jawa Barat.

Pantai Ombak Tujuh memiliki air yang bersih dan juga jernih sehingga memungkinkan Anda untuk melihar beragam biota laut, seperti rumput laut, kepiting, bintang laut dan berbagai macam ikan. Memiliki ombak yang cenderung besar, sehingga Anda dapat berselancar di pantai ini.

14). Tebing Panenjoan

Lokasi: Mekarsakti, Ciemas, Sukabumi, Jawa Barat.

Tebing Panenjoan ini memiliki ketinggian kurang lebih 250 Meter. Tebing ini terletak di salah satu gerbang Geopark Ciletuh, yang sangat terkenal dengan pesona alamnya.

Anda bisa melihat hamparan sawah dan air laut dari atas Tebing Panenjoan ini, serta menikmati keindahan warna-warni yang terhampar dilangit saat matahari terbenam.

15). Danau Bacan

Lokasi: Desa Bojong, Kec. Cikembar, Kab. Sukabumi, Jawa Barat.

Danau Bacan ini memiliki air danau yang berwarna hijau yang terjadi karena batuan hijau yang ada di dasar danau ini.

Pemandangan danau yang di kelilingi oleh bebatuan yang dipadukan dengan hijaunya air danau membuat tempat ini memiliki daya tarik tersendiri.

16). Goa Buniayu

Lokasi: Cipicung, Kerta Angsana, Nyalindung, Cimerang, Purabaya, Sukabumi, Jawa Barat.

Goa Buniayu merupakan goa yang memiliki sistem terbaik di wilayah Asia Tenggara. Goa Buniayu menyediakan para pemandu yang sudah sangat terlatih dan berpengalaman.

Goa ini memiliki 3 goa, dari ketiga goa ini hanya 2 goa saja yang di buka untuk umum, sementara goa yang 1 lagi hanya dikhususkan untuk penelitian dan untuk para profesional saja.

Bagian terdalam dari goa ini sangat gelap, bahkan katanya 4 kali lebih gelap dari pada gelapnya malam hari.

17). Santa Sea Waterpark

Lokasi: Jl. Lio, Santa, Gedong Panjang, Citamiang, Kota Sukabumi, Jawa Barat.

Santa Sea Waterpark menyediakan beragam wahana permainan yang sangat seru. Di sini juga terdapat kolam ombak, kebun binatang mini, air terjun buatan dan masih banyak lagi.

Harga tiket masuk di hari biasa Rp 40.000, di hari libur minggu Rp 60.000. Dulunya, tempat ini adalah sumber air panas, yang kemudian di bangun menjadi Santa Sea Waterpark.

Destinasi wisata yang satu ini dapat Anda jadikan salah satu opsi tempat wisata untuk berlibur bersama keluarga.

Indonesia sangat kaya akan keindahan alam dan budayanya, yuk sama-sama menjaga kelestariannya.

Dan alam adalah sebuah bentuk dari kebesaran Tuhan, jangan lupa untuk selalu bersyukur atas segala bentuk karunianya.

Selamat mengunjungi destinasi wisata yang telah kami rekomendasikan.

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN