19 Tempat Wisata di Subang yang Wajib Dikunjungi

Kabupaten Subang merupakan salah satu Kabupaten di Jawa Barat. Letak kabupaten ini berbatasan langsung dengan Laut Jawa di utara, Kabupaten Indramayu di timur, Kabupaten Sumedang di tenggara, Kabupaten Bandung Barat di selatan, serta Kabupaten Purwakarta dan Kabupaten Karawang di barat.

Subang memiliki banyak objek wisata alam dengan panorama yang begitu indah dan udara yang sejuk. Objek wisata pantai yang menyuguhkan birunya laut, deburan ombak, lambaian pepohonan, serta angin pantai yang akan memanjakan Anda.

Juga terdapat objek wisata curug yang menyuguhkan suasana asri, dengan air yang segar, pemandangan hijau yang sejuk.

Kabupaten Subang memiliki destinasi wisata alam yang sangat variatif, sehingga suasana apapun yang ingin Anda dapatkan saat berlibur bisa Anda cari di kabupaten yang satu ini.

Berikut telah kami rangkum beberapa Tempat Wisata di Kabupaten Subang yang wajib Anda kunjungi:

1). Wisata Air Panas Ciater

Lokasi: Jl. Raya Ciater, Nagrak, Kec. Ciater, Kab. Subang, Jawa Barat.

Wisata Air Panas Ciater merupakan objek wisata air panas yang sudah sangat populer di Subang. Dengan berendam air panad di Wisata Air Panas Ciater akan mampu me-refresh tubuh Anda sehingga menjadi lebih relaks.

Penduduk lokal menyebut tempat wisata ini sebagai wisata air ajaib, hal tersebut karena air pemandian ini berasal dari Gunung Tangkuban Perahu. Wisata Air Panas Ciater cocok untuk dijadikan tujuan wisata keluarga.

2). Kawah Gunung Tangkuban Perahu

Lokasi: Jl. Raya Tangkuban Parahu, Cicadas, Sagalaherang, Kab. Subang, Jawa Barat.

Kawah dari Gunung Tangkuban Perahu juga menjadi destinasi wisata populer lainnya yang ada di kabupaten Subang.

Pesona dari keindahan kawah dan juga pemandangan dari ketinggian membuat banyak orang tertarik untuk berkunjung ke Kawah Gunung Tangkuban Perahu ini.

Kawah Gunung Tangkuban Perahu juga memiliki udara yang sejuk dan alami, sehingga Anda akan dibuat betah saat mengunjungi tempat ini.

3). Curug Agung atau Batu Kapur

Lokasi: Jl. Alternative Sagalaherang – Subang, Curugagung, Sagalaherang, Kab. Subang, Jawa Barat.

Curug Agung atau dikenal dengan Batu Kapur dipercaya sebagai air terapi yang bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit, seperti gatal-gatal dan lain sebagainya. Anda akan merasakan tubuh yang relaks dan segar saat berendam di kolam air panas ini.

Anda juga bisa menginap di penginapan yang tersedia di sini sehingga bisa menikmati suasana yang ada di Curug Agung dengan lebih lama, dan terdapat tempat rekreasi anak-anak, arena atau area perkemahan dan juga tempat makan yang siap untuk memanjakan Anda.

4). Desa Wisata Sari Bunihayu

Lokasi: Jalancagak, Kec. Jalancagak, Kab. Subang, Jawa Barat.

Desa Wisata Sari Bunihayu menyuguhkan pesona alam dengan panorama pegunungan yang sangat menyejukkan mata.

Tempat ini memiliki konsep wisata alam dan budaya, yang sangat cocok untuk Anda yang menyukai suasana pedesaan yang asri.

Desa Wisata Sari Bunihayu menjadi objek wisata yang tepat untuk melepas segala penat yang ada.

5). Curug Cileat Subang

Lokasi: Cibogo, Cupunagara, Gardusayang, Cisalak, Kab. Subang, Jawa Barat.

Curug Cileat Subang menyuguhkan pemandangan yang elok diserta udara yang begitu sejuk. Di curug ini Anda bisa camping untuk menikmati suasana air terjun dan alam sekitarnya lebih lama lagi.

Jika alam sedang menampakan pelangi, Anda akan dimanjakan dengan pemandangan berupa pantulan pelangi di air terjun yang menambah keindahan pemandangan yang ada.

6). Pantai Kalapa Patimban

Lokasi: Patimban, Pusakanagara, Kec. Pusakanagara, Kab. Subang, Jawa Barat.

Saatnya berlibur ke pantai jika ingin datang untuk bersantai. Namanya adalah pantai kalapa patimban dimana tempat ini memang menarik untuk dikunjungi.

Ada berbagai aktivitas yang bisa kita lakukan seperti bermain sepak bola, bola volly pantai, sky boat hingga memancing.

7). Curug Koleangkak

Curug Koleangkak merupakan air terjun dengan air yang jernih berwarna biru. Curug Koleangkak menjadi salah satu air terjun yang populer di Subang.

Karena minat wisatawan yang terus meningkat, warga sekitar terus mengupayakan untuk melengkapi fasilitas di sekitar air terjun. Hal tersebut juga tentunya sangat membantu perekonomian di daerah sekitar Curug Koleangkak.

8). Pantai Pondok Bali

Lokasi: Mayangan, Legonkulon, Kab. Subang, Jawa Barat.

Pantai Pondok Bali menyajikan pemandangan alam yang indah, dengan ombaknya yang cukup tenang memungkinkan Anda untuk berenang di sekitaran pantai.

Anda juga akan dimanjakan dengan wisata kuliner yang berada di tepi Pantai Pondok Bali. Suasana tenang yang tercipta karena pemandangan yang tersaji di pantai ini mampu membuat pengunjungnya merasa nyaman.

9). Curug Cina

Lokasi: Curugagung, Sagalaherang, Kab. Subang, Jawa Barat.

Curug Cina menyuguhkan keindahan alam yang sejuk dan asri, sehingga mampu menarik minat banyak wisatawan untuk datang baik sekedar berfoto maupun untuk menikmati keindahan dan merasakan kesegaran air terjun di Curug Cina ini. Tempat wisata ini baru dibuka pada tahun 2016 lalu.

10). Kebun Teh Ciater

Lokasi: Ciater, Kec. Ciater, Kab. Subang, Jawa Barat.

Kebun Teh Ciater dapat menjadi alternatif tempat wisata keluarga. Kebun teh selalu berhasil menciptakan suasana sejuk dan teduh, dengan hamparan daun teh yang hijau membuat pemandangan disini sangat asri.

Berkunjung ke kebun teh akan memberikan pengalaman tidak terlupakan dan akan membuat Anda ketagihan untuk kembali lagi.

11). Curug Cibareubeuy

Lokasi: Nagrak, Kec. Ciater, Kab. Subang, Jawa Barat.

Curug Cibareubeuy memiliki pesona alam yang begitu indah. Walau memang untuk sampai di Curug Cibareubeuy Anda perlu menempuh perjalanan yang cukup melelahkan, namun keindahan yang ditawarkan tidak akan membuat Anda menyesal, malah akan sangat mengobati rasa lelah yang Anda rasakan.

Destinasi wisata yang satu ini cocok untuk Anda yang suka berpetualang dan suka akan tantangan. Curug Cibareubeuy ini berada di lokasi yang terpencil membutuhkan waktu sekitar 1 jam 30 menit dari Desa Cibeusi.

12. Pantai Cirewang

Lokasi: Legonkulon, Pangarengan, Pamanukan, Kab. Subang, Jawa Barat.

Pantai Cirewang menyuguhkan panorama alam yang begiru asri. Untuk dapat melihat pemandangan Pantai Cirewang ini, Anda perlu menaiki perahu melewati sungai yang dikelilingi oleh pohon bakau.

Perjalanan untuk menyusuri sungai ini sekitar 15 menit sebelum sampai di tempat Teluk Cidaon. Destinasi wisata ini cocok untuk Anda yang ingin melepas penat dari rutinitas sehari-hari yang begitu berat.

13). Curug Cisaladah

Lokasi: Jalan Desa Nagrak, Nagrak, Ciater, Kabupaten Subang, Jawa Barat.

Curug Cisaladah ini memiliki aliran air yang sama dengan Curug Kaliangkak, karena memang lokasinya pun sangat berdekatan.

Anda akan disuguhi pemandangan yang indah, yang akan menyejukkan mata. Untuk dapat berfoto di Curug Cisaladah, Anda perlu meminta izin kepada pemilik villa atau penjaganya.

14). Taman Wisata Tirta Alam

Lokasi: Jl. Sagala Herang, RT. 11/14, Sagalaherang Kaler, Sagalaherang, Kab. Subang, Jawa Barat.

Taman wisata ini menyuguhkan keseruan bermain air dengan wahana yang cukup banyak. Seperti kolam renang dengan perosotan, wahana kora-kora mini dan odong-odong, danau buatan untuk main perahu atau sepeda air dan masih banyak lagi.

Mereka yang ingin berwisata dengan keluarga bisa datang Taman Wisata Tirta Alam yang juga dilengkapi dengan paly ground.

Taman Wisata Tirta Alam ini berada di Jalancagak, Cibinong, Sagalaherang. Harga tiket yang berlaku adalah Rp. 20.000 per orang dari jam 08.00 hingga 17.00 WIB.

15). Puncak Eurad

Lokasi: Pasanggrahan, Kasomalang, Kab. Subang, Jawa Barat.

Puncak Eurad menyajikan pemandangan kabupaten Subang dari ketinggian. Puncak Eurad menjadi destinasi wisata yang banyak diminatai, salah satunya karena akses jalan yang terus diperbaiki sehingga memudahkan wisatawan untuk datang ke sini.

Anda dapat menyantap hidangan dari warung sederhana, berupa penganan ringan dan minuman hangat seperti bandrek dan bajigur.

16). Hutan Kota Ranggawulung

Lokasi: Parung, Kec. Subang, Kab. Subang, Jawa Barat.

Hutan Kota Ranggawulung cocok untuk Anda yang suka melakukan penjelajahan. Hutan Kota Ranggawulung memiliki banyak flora, seperti pohon pinus, jati, mahoni dan bungur yang menambah daya tarik tersendiri.

Juga terdapat unggas yang hidup liar di hutan ini seperti bondol Jawa, Walet inchi hingga Burung Madu Sriganti.

17). Situs Nyi Subang Larang

Lokasi: Jl. Raya Gambarsari, Cikaum Timur, Kec. Cikaum, Kab. Subang, Jawa Barat.

Situs Nyi Subang Larang merupakan situs bersejarah dan peninggalan masa kerajaan Pajajaran. Di dalam situs banyak ditemukan benda-benda bersejarah yang berupa perhiasan hingga perabotan.

Sejarah selalu memiliki cerita dan peninggalan yang menarik, dan destinasi wisata Situs Nyi Subang Larang adalah salah satu tempat yang bisa menambah wawasan mengenai sejarah kerajaan Pajajaran.

18). Kasumber Mata Air Cipondok

Lokasi: Pasanggrahan, Kasomalang, Kab. Subang, Jawa Barat.

Kasumber Mata Air Cipondok atau yang juga disebut sebagai mata air Aqua karena letaknya berdampingan dengan pabrik air mineral tersebut. Kasumber Mata Air Cipondok memiliki air yang begitu jernih dan juga menyegarkan.

Anda juga akan disuguhi pemandangan alam yang memesona dengan udara yang sejuk, yang akan memberikan Anda pengalaman berlibur yang menyenangkan.

19. Curug Pandawa 5

Lokasi: Nagrak, Kec. Ciater, Kab. Subang, Jawa Barat.

Curug Pandawa 5 menyuguhkan panorama alam yang masih sangat asri, dengan sarana yang juga cukup memadai.

Curug Pandawa 5 yang letaknya tak jauh dari Curug Cibareubeuy ini memiliki aliran air yang masih satu jalur.

Indonesia sangat kaya akan keindahan alam dan budayanya, yuk sama-sama menjaga kelestariannya.

Dan alam adalah sebuah bentuk dari kebesaran Tuhan, jangan lupa untuk selalu bersyukur atas segala bentuk karunianya.

Selamat mengunjungi destinasi wisata yang telah kami rekomendasikan.

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN