15 Tempat Wisata di Sleman yang Wajib Dikunjungi

Salah satu kabupaten yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta ini memang cukup terkenal dengan Gunung Merapinya.

Kejadian dahsyat yang memang tidak dapat terlupakan ini masih terkenang hingga kini. Bahkan di Sleman sendiri dapat Anda temui berbagai tempat yang menjadi saksi bisu dari letusan Gunung Merapi.

Tidak hanya cerita sedih tentang terjadinya letusan Gunung Merapi saja, Sleman juga menawarkan keindahan alam luar biasa yang juga begitu subur lho.

Bagi Anda yang tertarik berkunjung ke Kabupaten Sleman, berikut ini beberapa rekomendasi tempat wisata yang wajib Anda kunjungi di Sleman:

1). Lava Tour Merapi

Lava Tour Merapi menjadi salah satu tempat wisata yang wajib Anda kunjungi jika senang dengan aktivitas yang memacu adrenalin. Anda dapat menyewa jeep ataupun motor untuk melakukan tour di tempat ini.

Ada banyak tempat yang dapat Anda kunjungi selama melakukan kegiatan Lava Tour Merapi ini, dan tentunya dengan track yang cukup menantang.

Salah satu tempat yang akan Anda kunjungi adalah rumah Mbah Maridjan, selain itu banyak tempat lain yang juga menjadi saksi bisu terkait dengan letusan Gunung Merapi.

2). Museum Gunung Merapi

Bagi Anda yang tidak senang dengan kegiatan memacu adrenalin seperti Lava Tour Merapi Anda dapat mengunjungi Museum Gunung Merapi untuk mengetahui lebih banyak tentang gunung tersebut.

Bahkan di museum ini terdapat tiruan gempa dan tsunami yang terjadi juga lho.

3). The Lost World Castle

Bagi Anda yang senang fotografi, The Lost World Castle cocok untuk Anda jadikan sebagai pilihan tempat berwisata sambil hunting foto.

Tempat yang memang sengaja dibangun untuk menjadi tempat wisata ini memang memiliki keunikannya tersendiri karena berbentuk kastil zaman dulu.

4). Kaliadem

Ingin menikmati ketenangan di Sleman ? Kaliadem adalah pilihan tepat untuk Anda berwisata.

Bahkan dari lokasi Kaliadem ini Ada dapat melihat pemandangan Gunung Merapi secara langsung tanpa terhalangi oleh apapun lho.

Selain itu udara sejuk yang ada di kawasan Kaliadem ini juga pasti membuat Anda betah berlama-lama disini.

5). Merapi Park

Ingin merasakan sensasi keliling dunia ? Merapi Park menjadi salah satu tempat wisata yang menyediakan berbagai miniatur landmark dunia lho, seperti menara eiffel, kincir angin khas Belanda, dan juga miniatur-miniatur lainnya.

Jika berkunjung ke Merapi Park jangan lupa untuk mengabadikan momen berwisata Anda ya.

6). Museum Affandi

Siapa yang tidak tahu sosok Affandi ? Salah satu seniman hebat Indonesia ini memiliki museum yang menyimpan berbagai hasil karyanya lho.

Karya-karyanya dengan berbagai tema yang menakjubkan dapat Anda nikmati di museum ini. Pastinya Anda akan dibuat terkagum-kagum dengan semua hasil karya dari Bapak Affandi ini.

7). Goa Jepang

Salah satu tempat bersejarah yang ada di Sleman ini tidak boleh Anda lewatkan. Goa yang dulunya merupakan te,pat bersembunyi pasukan Jepang ini memang sudah menjadi tempat yang bebas untuk para wisatawan mengunjunginya.

Memasuki Goa Jepang ini Anda akan merasakan sensasi berada di dalam bunker pertahanan sambil membayangkan tentang kejamnya pada masa penjajahan.

8). Blue Lagoon

Blue Lagoon mungkin sudah tidak asing lagi Anda dengar. Tempat wisata yang ada di Sleman ini memang sudah sangat terkenal.

Aliran airnya yang begitu jernih menyegarkan ditambah dengan alam sekitarnya masih begitu asri tentu membuat Anda senang bermain air di tempat ini dengan udaranya yang sejuk.

9). Stonehenge Cangkringan

Ingin berwisata ke Stonehenge ? Tenang saja, Anda tidak perlu jauh-jauh ke Inggris. Di Sleman Anda juga akan menemukan tempat yang mirip seperti Stonehenge Inggris lho.

Batu-batu yang berjajar secara alami memang begitu mengagumkan. Banyak wisatawan yang datang ke tempat ini untuk ber-swafoto karena pemandangannya yang memang begitu indah.

10). Tebing Breksi

Meskipun Tebing Breksi ini sebenarnya hanya sisa dari tambang kapur namun keindahan alam sekitar ditambah beberapa pahatan yang menambah keindahan batu kapur ini membuat banyak wisatawan senang berkunjung ke tempat ini.

Dari atas tebing ini Anda bahkan dapat menikmati indahnya matahari terbenam lho.

11). Agrowisata Bhumi Merapi

Ingin berlibur bersama keluarga ? Agrowisata Bhumi Merapi cocok untuk Anda jadikan pilihan.

Rumah dengan desain unik, berbagai atraksi yang dihadirkan, dan juga aktivitas seru dapat Anda rasakan disini.

Untuk menambah pengalaman baru bahkan Anda dapat menunggangi kuda lho untuk berkeliling di Agrowisata Bhumi Merapi ini.

12). Monumen Jogja Kembali

Monumen yang memang khusus dibuat untuk mengenang jasa para pahlawan ini menjadi salah satu tempat yang mengingatkan kita pada serangan pada tanggal 1 Maret 1949.

Saat itu Yogyakarta yang menjadi ibu kota dari Indonesia diserang oleh para penjajah namun akhirnya para pahlawan berhasil merebut kembali kekuasaan Indonesia.

Jadi tak ada salahnya untuk berkunjung ke tempat yang satu ini sambil mengingat perjuangan para pahlawan untuk memerdekakan Indonesia.

13). Kids Fun Park

Bagi Anda yang memang berlibur bersama anak-anak, tempat yang satu ini dijamin akan membuat anak Anda bahagia. Ada banyak wahana yang aman bagi anak-anak coba.

Tidak hanya itu saja, bahkan anak-anak dapat belajar membuat pizza lho di Kids Fun Park. Tentu menyenangkan bukan melihat anak bahagia ?

14). Museum Ullen Sentalu

Museum Ullen Sentalu juga menjadi salah satu tempat wisata yang tidak boleh Anda lewatkan jika berada di Sleman.

Museum terbaik yang ada di Indonesia ini menyuguhkan berbagai pengetahuan baru untuk Anda. Banyak hal-hal tentang seni dan juga budaya Jawa yang akan Anda ketahui dari museum yang satu ini.

15). Omah Salak Sleman

Sudah sejak 70 tahun yang lalu Turi, salah satu daerah yang ada di Sleman ini menjadi penghasil salak terkenal di Jogja.

Karena itu dibuatlah Omah Salak Sleman sebagai tempat wisata sambil menambah pengetahuan baru tentang proses memanen salak dan juga berbagai macam olahan salak.

Selain berwisata dari tempat yang satu ini juga Anda dapat membeli berbagai macam olahan salak dan salak segar untuk dijadikan oleh-oleh.

Demikian beberapa rekomendasi tempat wisata di Sleman. Semoga dapat menjadi referensi berwisata Anda. Terima kasih.

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN