15 Tempat Wisata di Semarang yang Wajib Dikunjungi

Semarang yang menjadi kota metropolitan terbesar ke-5 di Indonesia ini memang memiliki banyak sekali tempat wisata yang dapat Anda datangi.

Berbagai fasilitas wisata dan juga keindahan alamnya tentu menjadi daya tarik bagi para wisatawan untuk datang. Belum lagi menggali sejarah masa lampau yang ada di Semarang yang menarik untuk dibahas.

Bahkan uniknya lagi Semarang juga menjadi satu-satunya kota yang memiliki benteng di Asia Tenggara. Tentu hal-hal tersebut membuat Anda semakin tertarik ke Semarang bukan ?

Nah jika Anda tertarik untuk berwisata di Semarang, berikut ini beberapa rekomendasi tempat wisata yang populer di Semarang:

1). Masjid Kapal Semarang

Masjid yang satu ini memang memiliki arsitektur yang cukup unik. Tak heran jika hingga saat ini banyak wisatawan berdatangan. Bentuknya yang menyerupai kapal memang tidak seperti masjid-masjid pada umumnya.

Masjid dengan empat lantai ini memiliki fungsi berbeda lho di setiap lantainya, khusus di lantai ke-4 Anda dapat melihat pemandangan sekitar Masjid Kapal Semarang ini.

Tidak hanya itu, Anda juga akan menemui banyak penjual rambutan dan juga durian lho di sekitaran masjid.

2). Wisata Kampung Krisan Clapar

Wisata Kampung Krisan Clapar ini memang menyuguhkan perkebunan bunga krisan yang bermekaran. Tapi tenang saja, Anda tidak hanya melihat bunga krisan bermekaran saja di tempat ini.

Akan ada guide yang membantu Anda menjelaskan tentang cara menanam bunga, dan Anda juga dapat melihat pemandangan sekitar dari gardu pandang yang ada di Wisata Kampung Krisan Clapar ini.

3). New Sabana Rawa Pening

New Sabana Rawa Pening sebenarnya merupakan danau yang mengering dan ditumbuhi tanaman liar hijau yang menjadikannya seperti sabana.

Pemandangan yang memang indah dengan hamparan tumbuhan hijau dan juga gunung yang mempesona ini bahkan membuat New Sabana Rawa Pening ini menjadi salah satu tempat wisata yang banyak di incar para wisatawan.

Anda juga dapat ber-swafoto lho di tempat ini, hasilnya pun pasti sangat menakjubkan.

4). Ayana Gedong Songo

Bagi kamu yang senang berwisata sambil ber-swafoto tempat yang satu ini cocok untuk dijadikan pilihan.

Selain alam indah yang hijau, Anda juga akan menemukan banyak sekali spot foto di Ayana Gedong Songo ini.

Mulai dari tempat duduk unik yang ada ditengah-tengah kolam, balon udara, dan juga bubble tent.

Meski sudah dibuat sedemikian rupa, namun keasrian alam di Ayana Gedong Songo ini juga masih tetap terjaga karena jauh dari keramaian kota.

5). Pagoda Avalokitesvara

Pagoda yang telah dibangun sejak tahun 1955 ini memang menjadi salah satu spot foto yang menarik untuk Anda ber-swafoto.

Ketinggiannya yang mencapai 45 meter ini terdiri dari tujuh tingkatan lho. Anda juga akan melihat empat buah patung Dewi Kwan Im yang menghadap ke empat arah mata angin di setiap tingkatannya.

6). Desa Wisata Lembah Kalipancur

Tidak perlu ke bandara untuk melihat pesawat, Anda dapat mendatangi Desa Wisata Lembah Kalipancur untuk melihat pesawat lho.

Bangkai pesawat yang memang sengaja dipindahkan ke tempat ini akhirnya dijadikan sebuah cafe yang menarik perhatian para wisatawan dan juga warga lokal.

Tidak sekadar bangkai pesawat yang di modifikasi sedemikian rupa saja, pemandangan alam hijau disekitarnya pun akan membuat Anda terpesona berada di tempat ini.

7). Dusun Semilir Eco Park Bawen

Dusun Semilir Eco Park Bawen ini menawarkan paket wisata lengkap untuk Anda kunjungi bersama keluarga. Tempat yang memang viral akhir-akhir ini menyuguhkan berbagai spot menarik lho.

Tidak hanya cocok untuk ber-swafoto Anda juga dapat menemukan berbagai spesies hewan di tempat ini. Yang lebih menyenangkan lagi di Dusun Semilir Eco Park Bawen ini juga terdapat beberapa wahana yang bisa Anda coba lho.

Setelah puas berwisata Anda juga dapat mencicipi berbagai kuliner yang ada di area foodcourt dan membeli berbagai pernak-pernik untuk dijadikan buah tangan bagi orang-orang tersayang.

8). Lawang Sewu

Siapa yang tidak tahu tempat ini ? Salah satu tempat yang memang sudah terkenal dan tidak pernah sepi pengunjung ini patut untuk Anda kunjungi jika berada di Semarang.

Gedung yang memiliki banyak sekali pintu ini memang penuh dengan cerita misterinya, namun meski begitu arsitekturnya yang khas dan juga sejarah tentang penjajahan yang melekat memang menjadi daya tarik para wisatawan datang ke tempat ini.

9). Benteng Pendem

Salah satu bangunan yang juga menjadi tempat bersejarah zaman penjajahan ini memang memiliki struktur yang cukup menarik.

Selain mengulik sejarah yang ada, banyak wisatawan yang datang ke tempat ini untuk berfoto karena tempatnya yang memang dianggap menarik.

10). Kampung Tematik Jawa

Mungkin Anda sudah tidak asing lagi dengan kampung-kampung yang dicat sedemikian rupa agar terlihat mencolok. Ya, di Semarang Anda juga dapat melihatnya di Kampung Tematik Jawa.

Tidak sekadar di cat dengan warna mencolok saja, kampung ini sengaja dijadikan sebagai salah satu tempat wisata yang memang memperlihatkan sejarah dan juga tradisi jawa yang masih terjaga hingga hari ini.

11). Pantai Marina

Pantai yang langsung mengarah ke samudera ini memang memiliki keindahan yang menakjubkan.

Terumbu karangnya yang terjaga dengan baik dan juga ikan-ikan yang hidup bahagia didalamnya memang membuatnya banyak diminati para wisatawan.

Tidak hanya menikmati keindahannya saja, Anda juga dapat memancing diatas perahu lho. Tentu asyik bukan ?

12). Semarang Contemporary Art Gallery

Salah satu museum seni yang sudah ada sejak 2011 di Semarang ini memang memiliki banyak sekali koleksi karya seni yang begitu mengagumkan.

Anda akan menemukan banyak sekali karya seni hasil dari seniman Indonesia dan juga bahkan seniman Asia lho.

Anda juga dapat berfoto lho di museum seni ini, bahkan tidak jarang banyak pasangan melakukan foto pre-wedding di Semarang Contemporary Art Gallery ini.

13). Brown Canyon

Ingin melihat bebatuan khas alam seperti di Grand Canyon ? Tenang, Anda tidak perlu jauh-jauh pergi ke Amerika.

Di Semarang Anda juga dapat menemukan Brown Canyon yang keindahannya tidak jauh berbeda dengan Grand Canyon.

Keindahan bebatuan yang memang terbentuk secara alami ini juga cocok untuk Anda jadikan tempat ber-swafoto.

14). Bukit Gombel

Meski nama dari bukit yang satu ini mungkin mengingatkan Anda pada hal mistis namun keindahan yang disuguhkan sama sekali tidak akan membuat Anda ketakutan.

Pepohonan rindang dan juga pemukiman penduduk yang memancarkan sinarnya ketika malam hari akan membuat Anda terpesona, ditambah dengan udara sejuk yang tentunya membuat Anda betah berlama-lama di tempat ini.

15). Gardu Pandang Lereng Kelir

Melihat keindahan alam dari ketinggian memang selalu membuat kita ingat kembali untuk selalu mensyukuri apa yang telah Allah berikan.

Gardu Pandang Lereng Kelir juga menjadi salah satu tempat yang menyuguhkan keindahan alam dari ketinggian 715 MDPL.

Pemandangan Kota Semarang yang begitu hijau menyegarkan mata dengan indahnya langit biru tentu membuat siapa saja yang mendatanginya terpesona.

Demikian beberapa rekomendasi tempat wisata di Semarang. Semoga dapat menjadi referensi berwisata Anda. Terima kasih.

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN

Contoh Soal AKM SMA Kelas 11 dan Pembahasannya

Asesmen Nasional (AN) merupakan kebijakan baru yang ditetapkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan sebagai pengganti Ujian Nasional (UN). Asesmen Nasional…

Video BCL Joget Kenakan Pakaian Minim Dinilai Tak Pantas, Sebut Kasihan Sama Almarhum

Bunga Citra Lestari atau BCL baru-baru ini mendadak jadi buah bibir. Netizen bahkan memberikan kritikan keras kepadanya. Kritikan tersebut bahkan…

Doa Niat Puasa Rajab dan Tata Cara Melakukannya

Puasa Rajab merupakan puasa sunnah yang dilaksanakan pada bulan Rajab yakni sebelum masuk bulan suci Ramadhan. Niat puasa sunnah Rajab…

Berstatus Tersangka, Nikita Mirzani Pergi ke Luar Negeri, Polisi: Tidak Dicekal, Bebas Berpergian

Tersangka kasus dugaan pencemaran nama baik, Nikita Mirzani pergi ke luar negeri. Nikita Mirzani yang masih berstatus wajib lapor ke…

Contoh Soal CPNS Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kemkominfo RI)

Seperti yang telah kita ketahui bersama, Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia merupakan kementerian dalam Pemerintah Indonesia yang membidangi urusan…

Contoh Soal Tes Intelegensi Umum (TIU) SKD CPNS

Seleksi Kompetensi Dasar merupakan bentuk ujian/tes bagi para peserta CPNS yang terdiri dari materi ujian Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes…

Pedangdut Cupi Cupita Bercerai, Netizen: Semangka Gede Ga Jadi Jaminan

Kabar kurang mengenakkan datang dari penyanyi dangdut Cupi Cupita. Pasalnya, rumah tangga Cupi tengah berada diujung tanduk. Hal tersebut diketahui…

Contoh Surat Alas Hak Tanah yang Baik dan Benar

Konflik pertanahan dalam prekteknya masih menjadi salah satu topik permasalahan yang sering terjadi di Indonesia. Kepemilikan tanah di Indonesia masih…

Contoh Soal Fisika Kelas 10 SMA/MA dan Jawabannya

Kualitas pembelajaran sangat berpengaruh terhadap hasil belajar. Tenaga pendidik memiliki peran penting dalam memberikan kualitas pembelajaran tersebut. Mata pelajaran Fisika…

Contoh Soal CPNS Badan Intelijen Negara (BIN)

Sesuai dengan namanya, Badan Intelijen Negara (BIN) adalah Lembaga Pemerintahan Non Kementerian yang bertugas melaksanakan pemerintahan di bidang intelijen, berkedudukan…