15 Tempat Wisata di Salatiga yang Wajib Dikunjungi

Cerita dibalik nama Salatiga ini memang begitu menarik untuk diketahui, cerita pada zaman kerajaan ini juga memang masih melegenda hingga saat ini. Tak heran banyak tempat di Kota Salatiga yang menjadi bukti sejarah kerajaan.

Terlepas dari sejarahnya, kota yang terletak diantara Kota Semarang dan Kota Surakarta ini memang memiliki alam yang asri dan juga sejuk. Hal ini juga yang akhirnya membuat para wisatawan tertarik untuk berkunjung ke Kota Salatiga.

Bagi Anda yang juga tertarik berwisata di Kota Salatiga, berikut ini telah kami rangkum beberapa tempat wisata populer di Kota Salatiga:

1). Bukit Cinta

Bukit Cinta memang menjadi salah satu tempat wisata yang terkenal di Kota Salatiga. Namun jangan tertipu dengan namanya ya, meskipun dinamai Bukit Cinta namun tempat yang satu ini bukan tempat untuk Anda berpacaran ya.

Banyaknya area bermain dengan suguhan keindahan alam dan sejuknya udara akan membuat para wisatawan yang datang tentu merasa jatuh cinta berwisata di Bukit Cinta ini. Tempat wisata yang satu ini sangat cocok bagi Anda yang ingin mengajak keluarga berwisata.

2). Danau Rawa Pening

Tidak jauh dari lokasi Bukit Cinta, Danau Rawa Pening juga menyuguhkan keindahan alam Kota Salatiga yang tidak boleh Anda lewatkan.

Air danau yang disebut muncul karena ditariknya sebatang lidi yang menancap ditanah ini memang menghadirkan suasana alam yang begitu tenang dan nyaman.

Tidak hanya menikmati keindahan Danau Rawa Pening dari tepinya saja, Anda juga dapat menaiki sampan lho. Selain itu Anda juga dapat menyantap berbagai kuliner nikmat yang ada di pinggir danau ini.

3). Candi Klero

Meskipun lokasinya yang berada di Semarang, namun Candi Klero ini tidak berada jauh dari Kota Salatiga.

Candi yang memang baru-baru ini dikenal dan dikunjungi para wisatawan memang menjadi salah satu peninggalan sejarah yang ada di daerah Klero.

Di Kota Salatiga sendiri Anda akan menemukan papan petunjuk untuk menuju ke Candi Klero ini.

4). Atlantic Deamland

Atlantic Dreamland juga menjadi salah satu tempat wisata yang tidak boleh Anda lewatkan jika berwisata ke Salatiga.

Berbagai fasilitas lengkap seperti waterboom, ATV, flying fox, jet coaster, bioskop 4D, softplay, dan banyak lagi lainnya dapat Anda temukan disini.

Tidak hanya itu saja Anda juga dapat menyantap makanan di restoran yang disediakan Atlantic Dreamland lho. Menyenangkan bukan ? Puas bermain bisa langsung mengisi perut yang mulai lapar.

5). Museum Kereta Api Ambarawa

Museum yang satu ini juga memang berada di Semarang, namun karena Semarang dan Salatiga memang saling berbatasan jadi museum yang satu ini juga dapat Anda kunjungi jika datang ke Salatiga.

Koleksi kereta api tua ini tentu akan membuat Anda terkagum-kagum. Tidak hanya melihat saja, kereta-kereta ini juga masih bisa beroperasi lho, jadi Anda bisa merasakan sensasi naik kereta tua di tempat ini.

6). Prasasti Plumpungan

Prasasti Plumpungan ini cocok dikunjungi bagi Anda yang ingin menambah wawasan baru. Tak heran biasanya banyak sekali pelajar yang berkunjung ke tempat ini.

Tempat yang memang merupakan pusat kebudayaan ini juga menjadi alasan dibali nama Kota Salatiga ini.

Jika Anda penasaran, jangan lupa untuk berkunjung ke Prasasti Plumpungan ya untuk mengetahui kisahnya.

7). Air Terjun Umbul Songo

Salah satu air terjun di Semarang yang tidak jauh dari Kota Salatiga ini memang wajib Anda kunjungi. Suguhan alam yang masih begitu asri memang membuat siapa saja yang mengunjunginya terpesona.

Asyiknya lagi, karena rute yang cukup jauh untuk sampai di Air Terjun Umbul Songo ini Anda dapat menyewa kuda lho untuk ditunggangi.

8). Desa Wisata Kopeng

Desa Wisata Kopeng merupakan salah satu tempat wisata yang menyuguhkan keindahan alam mempesona bagi Anda.

Udara sejuk yang dihadirkan karena letaknya yang tak jauh dari lereng gunung Merbabu dan juga hutan pinus yang begitu mempesona memang membuat siapa saja nyaman berada di desa wisata ini.

Tidak sekadar menikmati keindahan alamnya saja, Anda juga dapat berkemah, berenang, dan juga bermain outbound.

elain itu, bagi Anda yang senang dengan cantiknya bunga, di tempat ini juga dijajakan banyak bunga yang dapat Anda beli lho.

9). Agrowisata Salib Putih

Tempat wisata yang satu ini cocok untuk Anda datangi beramai-ramai. Agrowisata Salib Putih menyediakan berbagai fasilitas wisata lengkap lho.

Keindahan alamnya, arena bermain outbound, kolam renang, fasilitas berkemah, dan juga penginapan bagi Anda yang mungkin tidak tertarik untuk berkemah.

Di malam hari dari area kolam renang bahkan Anda dapat melihat hamparan pemukiman dengan kerlipan cahayanya.

10). Pohon Pengantin

Salah satu hal unik yang mungkin jarang Anda temui ada di Salatiga, pohon yang ada di tengah persawahan ini memiliki bentuk yang cukup unik, warga sekitar percaya bahwa pohon ini adalah pohon yang menyimbolkan keabadian cinta.

Hal ini karena kabar yang beredar bahwa pohon ini merupakan jelmaan dari pengantin yang mempunyai mimpi saling mencintai selamanya.

Terlepas benar atau tidak hal itu, namun hingga saat ini Pohon Pengantin ini masih menjadi spot pre-wedding paling populer lho di Kota Salatiga.

11). Sendang Senjoyo

Sebuah kolam pemandian yang berada di kaki gunung Merbabu ini memang selalu menarik perhatian para wisatawan.

Kolam pemandian yang memang sudah ada sejak Dinasti Syailendra ini memang memiliki daya tarik tersendiri bagi para wisatawan, airnya yang jernih menyegarkan.

Namun jika Anda berkunjung ke Sendang Senjoyo jangan lupa untuk menghormati dan mentaati peraturan yang diberlakukan disana ya.

12). Goa Rong View

Goa yang sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda ini disebut-sebut merupakan tempat persembunyian para penjajah.

Namun tempat yang saat ini sudah dijadikan tempat wisata ini memang memiliki pesona alam yang luar biasa lho. Tidak hanya goa nya saja, alam disekitar Goa Rong View ini juga dapat Anda nikmati.

Pemandangan hamparan hijau dan gunung-gunung tentu membuat siapa saja yang mengunjunginya merasa takjub.

13). Arrowhead Park

Tempat wisata yang berada di tengah pedesaan Tegal Waton ini memang begitu menarik untuk dikunjungi. Suguhan pemandangan alam yang begitu indah tersaji di Arrowhead Park ini.

Menariknya, Anda bahkan dapat berkeliling di Arrowhead Park ini sambil menunggangi kuda lho. Tentu menyenangkan menikmati alam asri sambil berkuda.

14). Desa Wisata Tingkir

Desa wisata yang satu ini memang menarik untuk dikunjungi. Selain menikmati keindahan alamnya, Anda juga dapat berwisata sambil berbelanja di tempat ini.

Berbagai makanan ringan, konveksi yang menjajakan baju dengan harga murah juga ada lho di Desa Wisata Tingkir. Tidak hanya itu saja, Anda juga dapat berwisata religi di pondok pesantren yang berada di desa ini.

15). Tlogo Plantation

Tempat wisata yang satu ini cocok untuk Anda kunjungi bersama keluarga. Selain lingkungannya yang begitu asri dan sejuk Anda juga dapat belajar berkebun lho di Tlogo Plantation ini.

Jika Anda tertarik untuk tour di perkebunan kopi Anda juga akan ditemani oleh guide yang akan menjelaskan tentang kopi-kopi tersebut. Tidak hanya tentang perkebunan saja, ada juga fasilitas untuk Anda bermain paintball lho.

Salatiga dengan keindahan alam dan cerita-cerita masa lampau dibaliknya memang memiliki daya tarik tersendiri untuk dikunjungi.

Jangan lupa untuk tetap menghormati budaya dan tradisi yang ada. Demikian beberapa rekomendasi tempat wisata di Kota Salatiga. Semoga dapat dijadikan referensi berwisata Anda.

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN

5 Contoh Surat Cuti Kerja dan Cara Membuatnya

Hak cuti merupakan hak normatif pekerja, yang mengartikan pengusaha berkewajiban memberikan cuti kepada pekerjanya apabila pekerja sudah bekerja. Setiap perusahaan…

Lagi dan Lagi, Anak Satu-satunya Prabowo Subianto Menuai Sorotan, Didit Hediprasetyo Ternyata Ikut Andil dalam Hal Ini di Pernikahan Putri Anies Baswedan

Anak satu-satunya Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto, Didit Hediprasetyo, menuai sorotan lagi dan lagi. Dilansir dari Tribunnews.com dan Kompas.com, Didit…

Asyik Plesiran ke Paris, Mulan Jameela Pamer Foto Bersama Tyarani Savitri Anak Sulungnya, Netizen Gagal Fokus dengan Hal Ini

Mulan Jameela bukan cuma memiliki anak perempuan bernama Safeea Ahmad. Mulan Jameela juga memiliki anak perempuan bernama Tyarani Savitri. Tyarani…

Rizky Billar Langsung Heran, Lesti Kejora Sedih dan Keluhkan Wajah Baby L yang Mirip Dengannya

Kehidupan keluarga kecil Lesti Kejora dan Rizky Billar kerap jadi sorotan. Lesti Kejora dan Rizky Billar kerap memperlihatkan momen kebersamaan…

Baim Wong Bantah Rampok Citayam Fashion Week dari Si Miskin, Sebut Demi Indonesia: Citayam Jadi Hebat dengan Uang Ini!

Artis Baim Wong menyebut upayanya mendaftarkan Citayam Fashion Week (CFW) ke Pangkalan Data Kekayaan Intelektual (PDKI) adalah demi kemajuan bangsa…

Yakinkan Yuni Shara, Raffi Ahmad Keringat Dingin di Depan Kakak KD: Aku tuh Gak Pernah Bohong

Jeli, kakak KD, Yuni Shara rupanya tak termakan ucapan Raffi Ahmad. Raffi Ahmad sampai keringat dingin saat disidang langsung oleh…

15 Contoh Surat Pribadi dan Cara Membuatnya

Pernahkah kamu menulis surat pribadi? Atau apakah kamu tahu seperti apa surat pribadi itu? Surat pribadi adalah surat antar perseorangan,…

Bikin Bergidik Ngeri! Penampakan Kuntilanak Merah Terpampang Jelas di Kediaman Ruben Onsu, Sosoknya yang Terekam Kamera Bikin Seisi Rumah Jejeritan!

Penampakan kuntilanak merah di kediaman Ruben Onsu dan Sarwendah viral. Terekam jelas di kamera, sosok kuntilanak merah yang berada di…

Satu Indonesia Batal Bersorak! Nikita Mirzani Malah Diperbolehkan Pulang Setelah Ditangkap, Polisi Bilang Alasannya Begini: Nikita Minta Perkara Ini Dihentikan!

Satu Indonesia batal bersorak setelah Nikita Mirzani diketahui ditangkap polisi di daerah Senayan. Namun faktanya, ia sama sekali tidak ditahan…

Bacaan Doa Masuk Masjid dan Sholat Tahiyatul Masjid

Ketika seseorang hendak melaksanakan sholat berjamaah atau tilawah qur’an di masjid atau untuk keperluan lainnya yang bersifat agamis hendaklah membaca…