35 Tempat Wisata di Riau yang Wajib Dikunjungi

Riau menjadi salah satu provinsi yang memiliki kekayaan alam melimpah di Indonesia, terutama dalam sektor minyak dan gas. Selain itu Riau juga merupakan penggabungan dari sejumlah kerajaan Melayu yang membuat banyak objek wisatanya kental dengan sejarah.

Kekayaan alam Riau tidak bisa dihindari dengan banyaknya keindahaan alamnya juga, terlebih di kota Pekanbaru yang merupakan ibu kota Provinsi Riau saat ini. Keindahan alam memang seringkali menarik banyak wisatawan untuk hadir, tidak heran memang.

Banyak sekali orang-orang yang memilih berwisata ke tempat-tempat yang menyuguhkan keindahaan asli alam Indonesia, dibanding pergi ke tempat wisata dengan wahana-wahana khusus, keindahan alam tentunya membuat orang-orang merasa relax selama berwisata.

Untuk memudahkan Anda dalam mengeksplor keindahan alam Indonesia khususnya di Provinsi Riau, berikut ini beberapa rekomendasi tempat wisata populer di Riau:

1. Masjid Agung An-Nur Provinsi Riau

Masjid yang disebut-sebut sebagai Taj Mahalnya Riau ini menjadi salah satu masjid yang seringkali memikat para wisatawan yang datang ke Riau, khususnya kota Pekanbaru.

Masjid yang dibangun pada tahun 1968 ini juga menjadi salah satu masjid termegah di Indonesia.

Tak heran jika masjid ini seringkali dikunjungi para wisatawan karena bangunannya yang memiliki ciri khas arsitektur gabungan antara Melayu, Turki, Arab, dan juga India.

2. Istana Siak Sri Indrapura

Seperti yang telah disebutkan, bahwa Riau berasal dari gabungan sejumlah kerajaan Melayu, tempat yang satu ini juga menjadi salah satu tempat yang bersejarah di Riau.

Bagi Anda yang mungkin tertarik mengetahui lebih jauh mengenai sejarah Melayu, Istana Siak Sri Indrapura ini cocok untuk Anda jadikan pilihan.

Istana yang merupakan peninggalan Kesultanan Siak ini dikenal sebagai istana yang memiliki arsitektur indah dan juga terdapat banyak benda bersejarah peninggalan Kesultanan Siak didalamnya.

3. Candi Muara Takus

Anda mungkin sudah tidak asing lagi ketika mendengar Candi Muara Takus, satu-satunya candi yang ada di provinsi Riau ini juga seringkali dikunjungi oleh para wisatawan.

Candi yang menjadi satu-satunya jejak sejarah Budha di Riau ini menjadi peninggalan masa lampau yang berbeda dengan candi-candi lain di Pulau Jawa karena terbuat dari batu pasir, batu sungai, dan juga batu bata.

Meski jaraknya cukup jauh dari pusat kota Pekanbaru, namun tidak ada salahnya untuk kamu mengunjungi satu-satunya peninggalan sejarah Budha di provinsi Riau ini untuk sekadar ber-swafoto.

4. Rumah Lontiok

Rumah Lontiok atau dalam bahasa Indonesia berarti Rumah Lentik ini merupakan sebutan untuk rumah adat di Kabupaten Kampar, Provinsi Riau.

Hingga saat ini keindahan Rumah Lontiok masih menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke tempat yang satu ini.

Atapnya yang membentuk lengkungan lentik dan runcing dan juga bagian kakinya yang berbentuk perahu ini tentu menjadi keunikan tersendiri dibanding rumah adat daerah lainnya.

Selain itu Rumah Lontiok tidak dibuat begitu saja, rumah adat yang satu ini dibuat dengan penuh makna disetiap detail bangunannya.

Tak ada salahnya untuk mengunjungi Rumah Lontiok jika Anda berkunjung ke Kabupaten Kampar untuk mengetahui lebih dalam tentang kekayaan budaya Indonesia.

5. Taman Hutan Raya Sultan Syarif Hasyim

Taman Hutan Raya Sultan Syarif Hasyim atau yang biasa disebut sebagai Tahura SSH ini merupakana kawasan hutan konservasi yang berada di ibu kota Provinsi Riau, yaitu Pekanbaru.

Kawasan yang juga dijadikan sebagai objek wisata alam ini dapat Anda tempuh selama 30 menit dari pusat kota Pekanbaru.

Selain melihat keasrian alam Anda juga dapat menemui beragam fasilitas umum seperti sarana ibadah, panggung kesenian, gazebo, pendopo, kantor, arena bermain anak, dan juga bumi perkemahan.

6. Perpustakaan Soeman H. S.

Perpustakaan yang disebut-sebut sebagai perpustakaan termegah di Provinsi Riau ini tidak hanya menyediakan beragam buku bacaan tapi juga menyediakan beragam fasilitas penunjang lainnya seperti WiFi, komputer, ruangan ber-AC, dan beberapa fasilitas-fasilitas lainnya.

Bagi Anda yang mungkin memang senang membaca tempat yang satu ini sangat cocok Anda jadikan tujuan wisata.

Yang menjadi daya tarik lainnya selain kemegahannya adalah karena perpustakaan yang satu ini juga selalu memiliki buku-buku edisi terbaru.

7. Museum Sang Nila Utama

Museum yang menampilkan beragam miniatur rumah adat, baju adat, batu raksasa dan juga batu siput ini dikenal sebagai museum yang menjadi salah satu tempat untuk kita mengetahui lebih jauh tentang keberagaman kekayaan budaya dan tradisi di Provinsi Riau.

Museum yang memang menyediakan beragam koleksi sejarah ini cocok bagi Anda yang ingin mengajak anak-anak untuk berlibur sembari memahami kekayaan budaya dan juga tradisi di Riau.

8. Gua Pelintung

Gua yang memiliki keindahan alam yang unik ini menjadi salah satu tempat yang seringkali dikunjungi para wisatawan.

Selain itu, di zaman dulu gua ini disebut-sebut sebagai lokasi penyimpanan harta karun seorang bajak laut, sayangnya hingga saat ini harta karun itu tidak pernah ditemukan.

9. Taman Bukit Gelanggang

Taman Bukit Gelanggang menyajikan ruang terbuka hijau ini disediakan khusus oleh pemerinta pusat Kota Dumai, Provinsi Riau untuk menaikkan sektor pariwisata di kota Dumai.

Keindahan tempat yang satu ini tak jarang dijadikan tempat berkumpul para anak muda di sore hari. Anda juga dapat menikmati koneksi internet secara gratis lho di tempat ini.

10. Pantai Teluk Makmur

Dumai memanglah menjadi salah satu kota di Provinsi Riau yang memiliki banyak pantai yang layak dijadikan destinasi wisata.

Pantai Teluk Makmur juga menjadi salah satu pantai yang paling banyak diminati para wisatawan.

Keindahan pasir putihnya dan birunya air laut seringkali dijadikan sebagai objek foto bagi para pemburu foto.

Selain itu Anda juga dapat diam didalam pondokkan yang tersedia di pinggir pantai sambil menunggu matahari terbenam.

11. Pantai Purnama

Pantai Purnama menjadi pantai yang paling populer di kota Dumai, Provinsi Riau.

Pantai yang memiliki keindahaan luar biasa ini dapat membuat siapa saja merasa terhipnotis dengan pemandangan dan suara deburan ombaknya.

Tidak ada salahnya untuk menghabiskan waktu senggang dengan berdiam dipantai ini sambil menikmati keindahan yang tak ada habisnya ini.

12. Pantai Marina

Salah satu pantai yang berada di Kota Dumai, Provinsi Riau ini menyajikan pemandangan laut indah yang masih terjaga disertai dengan angin menyejukan.

Tidak hanya melihat pemandangan saja, di tempat ini Anda juga dapat bermain permainan air seperti banana boat, mega bambo, flying fish, dan banyak lagi permainana lainnya

Anda juga dapat menemukan penginapan yang berada di sekitar Pantai Marina

13. Pantai Koneng

Keindahan pantai yang berada di Kota Dumai ini sudah tidak bisa diragukan lagi. Pantai yang juga sering digunakan sebagai tempat foto pre-wedding ini dapat Anda akses dengan mudah.

Jalannya yang terbilang luas bahkan memungkinkan untuk Anda mendatanginya menggunakan bus ukuran sedang.

Selain para wisatawan, Pantai Koneng juga seringkali dikunjungi oleh warga sekitar untuk sekadar bersantai sore.

14. Hutan Mangrove Dumai

Banyaknya pantai di Dumai tidak bisa dihindari dari hutan mangrovenya. Hutan yang alami dan ditumbuhi dengan lebatnya pohon bakau membuat banyak wisatawan menyukai tempat yang satu ini.

Selain itu pemerintah setempat juga telah menambahkan beberapa fasilitas seperti jembatan dan perahu agar mempermudah wisatawan untuk menikmati keindahaannya.

15. Desa Wisata Okura

Desa Wisata Okura sendiri sebenarnya merupakan salah satu pemukiman warga suku asli Melayu-Riau.

Namun karena keasriannya dan tempat tinggalnya yang masih berbentuk rumah-rumah panggung di sepanjang Sungai Siak yang seringkali memikat para wisatawan.

Tempat ini akhirnya diresmikan sebagai desa wisata. Selain suasana pedesaan yang asri Anda juga dapat melakukan hal-hal menyenangkan lainnya seperti berkuda, bersepeda, atau bahkan menyusuri sungai.

16. Taman Telaga Tirta Patra

Salah satu taman yang menjadi objek wisata di Dumai ini menyediakan pemandangan danau yang akan berhasil memanjakan mata Anda.

Tidak hanya danau saja, Anda juga dapat bersantai dengan berjalan-jalan kecil bersama orang tersayang lho.

Tempat yang satu ini sangat cocok Anda kunjungi pada sore hari karena cuacanya yang pas dengan keindahan danau yang disajikan.

17. Teluk Jering Tambang

Teluk Jering sendiri merupakan nama dari sebuah desa yang berada di Kabupaten Kampar.

Yang menariknya adalah di desa ini Anda dapat menemukan pasir sungai yang berwarna putih seperti pasri pantai, tak jarang orang-orang menyebutnya sebagai Pantai Cinta.

Selain bermain pasir Anda juga dapat menemukan hamparan rumput hijau yang memanjakan mata di tempat ini.

18. Danau Buatan Khayangan

Danau yang berada di daerah Rumbai Pesisir ini sebenarnya dibuat sebagai saluran irigasi, namun keindahannya yang menarik banyak wisatawan untuk hadir ini akhirnya membuatnya dikenal sebagai destinasi wisata di kota Pekanbaru.

Selain menikmati indahnya pemandangan yang ada, Anda juga dapat menggunakan sampan ataupun speedboat untuk mengelilingi Danau Buatan ini.

19. Danau Lembah Sari

Danau yang satu ini menjadi salah satu danau yang seringkali dikunjungi untuk ber-swafoto, danau yang memiliki jembatan gantung yang sangat instagramable ini juga menjadi salah satu bukti bahwa masih terjaganya keasrian kota Pekanbaru.

Suasana danau yang tenang dan hijau memanjakan mata ini menjadi daya tarik utama para wisatawan untuk mengunjunginya.

Selain itu, Anda juga dapat menemui beragam kuliner khas Riau di warung-warung yang berada disekitar Danau Lembah Sari.

20. Sungai Gulamo

Salah satu sungai terindah yang ada di Kabupaten Kampar, Provinsi Riau ini menjadi destinasi wisata yang banyak diminati oleh para wisatawan. Saking indahnya Sungai Gulamo ini juga disebut-sebut sebagai Green Canyon Gulamo.

Di tempat yang memiliki debit air yang cukup tenang ini Anda dapat menikmati keindahan alam sambil bermeditasi. Dijamin liburan Anda terasa menyenangkan dan menenangkan jika Anda mengunjungi tempat yang satu ini.

21. Ulu Kasok

Meskipun tempat wisata yang satu ini terbilang masih baru, namun keindahannya tidak kalah dibanding tempat wisata lainnya di Kabupaten Kampar.

Uniknya di Ulu Kasok Anda dapat menemukan pulau, air terjun, dan juga puncak sekaligus. Selain itu, tempat yang satu ini juga memiliki jembatan kayu untuk memudahkan Anda mengitari keindahan alam yang disajikan.

Banyak orang bahkan menyebut Ulu Kasok sebagai Raja Ampatnya Kampar karena keindahannya yang serupa dengan Raja Ampat.

22. Puncak Pukatan

Puncak Pukatan juga menjadi salah satu objek wisata yang harus Anda kunjungi jika berada di Kabupaten Kampar.

Meskipun untuk menuju ke tempat yang satu ini terbilang cukup melelahkan, namun dapat dipastikan bahwa lelahnya perjalanan akan terbayarkan oleh keindahan alam yang akan Anda dapat.

23. Puncak Mahligai Indah

Tempat wisata yang satu ini juga cocok untuk dijadikan destinasi wisata jika Anda berkunjung ke Riau.

Sebelum mencapai puncaknya Anda akan disuguhi deretan pepohonan hijau yang membuat udara terasa sejuk, bahkan bagi Anda yang mungkin tidak berniat pergi ke puncaknya, Anda juga dapat ber-swafoto di beberapa spot foto yang telah disediakan di bagian bawah.

Jika di bawah pun Anda sudah mendapat pemandangan indah, tentu di puncaknya Anda dapat melihat keindahan pulau-pulau yang ada di Kabupaten Kampar.

24. Puncak Kompe

Puncak Kompe ini berada tidak jauh dari Ulu Kasok. Ketika mendatangi tempat yang satu ini Anda akan disambut oleh semilir angin yang menyapa.

Selain keindahannya yang tidak bisa diragukan lagi, Anda juga dapat menemui berbagai kuliner yang menggugah selera seperti sop tumpang dan juga ikan baung asam pedas.

Wah pastinya perpaduan pemandangan, makanan lezat, dan semilir angin bikin betah untuk berlama-lama di tempat ini.

25. Air Terjun Batang Kapas

Air terjun yang memiliki ketinggian 150m ini akan membuat Anda terkagum-kagum melihat keindahannnya.

Karena debit airnya yang tidak terlalu besar Anda juga dapat berendam ataupun mandi dibawah air terjun secara langsung.

Selain bermain secara langsung, Anda juga dapat mengadakan camping di sekitar Air Terjun Batang Kapas lho sekaligus melihat matahari terbit di pagi harinya.

26. Desa Buluh Cina

Pesona alam Riau memang tidak ada habisnya. Di Desa Buluh Cina, Kabupaten Kampar ini Anda dapat menemukan beberapa jenis flora dan juga fauna lho.

Selain untuk berwisata, tempat yang satu ini juga cocok untuk dijadikan tempat edukasi atau bahkan objek foto.

Uniknya di desa ini Anda juga dapat melihat 7 danau dengan keindahan yang berbeda-beda. Spot foto yang menarik juga tentunya akan membuat feeds instagram Anda lebih aesthetic jika berkunjung ke tempat yang satu ini.

27. Jembatan Water Front City Bangkinang

Salah satu icon baru di Riau yang berada di Kabupaten Kampar ini membentang sepanjang Sungai Kampar dan menghubungkan secara langsung Bangkinang dengan Kampuong Godang.

Untuk melihat keindahan jembatan yang satu ini ada baiknya Anda berkunjung di malam hari, karena pada malam hari Jembatan Water Front City Bangkinang ini diterangi lampu warna-warni yang cocok untuk dijadikan sebagai objek foto.

Selain malam hari, di sore hari juga Anda dapat mendatangi tempat yang satu ini untuk melihat matahari terbenam lho.

28. Bukit Naang Bangkinang

Tempat wisata yang satu ini cocok bagi Anda yang menyukai tantangan memacu adrenalin.

Bukit Naang Bangkinang menyediakan berbagai fasilitas seperti arena ATV, flying fox yang memiliki tinggi 22m, tree top adventure, waterboom untuk anak, dan juga beberapa wahana lainnya.

Selain wahana yang menarik, tempat yang satu ini juga memiliki udara sejuk yang akan membuat Anda betah berlama-lama.

29. Wisata Hutan Pinus Candika

Hutan pinus ini sebenarnya sudah ada sejak lama, namun baru-baru ini para pemuda Kabupaten Kampar berinisiatif untuk membersihkannya dan menjadikannya objek wisata.

Tempat yang biasa dijadikan sebagai tempat perkemahan anak pramuka ini tentunya menjadi tempat yang nyaman untuk Anda berkemah bersama orang-orang tersayang.

Sembari menikmati sejuknya hutan pinus Anda juga dapat menyewa hammock, atau menaiki ayunan lho. Tempatnya yang asri juga dinilai cukup instagramable.

30. Taman Agrowisata Tenayan Raya

Taman Agrowisata Tenayan Raya yang sudah ada sejak 2013 ini berada tidak jauh dari pusat kota Pekanbaru.

Tempat wisata yang satu ini cocok bagi Anda yang mungkin ingin mengajak anak-anak bermain sambil belajar tentang dunia pertanian dan juga peternakan.

Di Taman Argowisata ini Anda akan ditemani oleh mentor yang nantinya akan memberikan penjelasan mengenai pertanian dan juga peternakan.

Selain itu, Anda juga dapat bermain flying fox, ATV, dan juga berenang di kolam renang yang ada di Taman Agrowisata Tenayan Raya.

31. Bukit Kapur Air Hitam

Keindahan tempat wisata yang satu ini selalu berhasil menarik perhatian para wisatawan, adanya hamparan bukit kapur berwarna putih yang terlihat megah ini membuat para wisatawan terkagum-kagum dengan pemandangan yang disuguhkan.

Tak heran jika tempat yang satu ini seringkali dijadikan sebagai tempat untuk foto pre-wedding karena keindahannya yang membuat moment pernikahan yang berharga menjadi lebih menarik.

32. Kebun Binatang Sang Kulim

Bagi Anda yang mungkin ingin berlibur ke kebun binatang, Kebun Binatang Sang Kulim ini cocok untuk Anda jadikan pilihan.

Lokasinya yang tidak jauh dari pusat kota Pekanbaru menjadi salah satu alasan yang membuat para wisatawan seringkali mendatangi tempat yang satu ini.

Selain dapat melihat berbagai jenis binatang, Anda juga dapat merasakan sensasi naik gajah di kebun binatang yang satu ini dengan hanya membayar Rp. 10.000 saja.

33. Tapak Harimau Sakti

Tempat yang satu ini juga menjadi salah satu tempat yang menarik untuk Anda kunjungi. Tempat yang penuh sejarah ini disebut-sebut sebagai tapak atau jejak kaki harimau asuhan Datuk Pawang Leon.

Harimau ini sendiri bukanlah harimau pada umumnya, tapi merupakan harimau yang dipercaya masyarakat setempat sebagai harimau yang memiliki kesaktian luar biasa yang dapat mengusir musuh dengan satu kali hentakan kaki saja.

34. Danau Bunga Tujuh

Ditengah panasnya kota Dumai ternyata Anda dapat menemukan salah satu tempat sejuk yang berada di pusat kota Dumai.

Tempat yang satu ini cocok untuk Anda jadikan tempat bersantai menghilangkan penat. Tidak hanya danau, tempat yang satu ini juga telah dilengkapi berbagai fasilitas pariwisata lainnya.

35. Pasar Bawah

Nah untuk Anda yang sudah puas berwisata di Riau jangan lupa untuk mengunjungi Pasar Bawah yang berada di dekat Sungai Siak, Kota Pekanbaru.

Pasar yang satu ini menjadi pasar yang paling direkomendasikan warga Pekanbaru untuk dikunjungi para wisatawan karena menyediakan beragam oleh-oleh dan souvenir khas kota Pekanbaru, selain itu Anda juga dapat menemukan berbagai pilihan oleh-oleh Singapura dan Malaysia di tempat ini.

Kekayaan alam memang menjadi daya tarik tersendiri untuk kita datangi, namun selalu pastikan Anda menjaga keindahan alam di tempat yang Anda kunjungi yaa, agar alamnya tetap indah dan asri.

Demikian artikel mengenai rekomendasi tempat wisata di Riau. Semoga dapat dijadikan destinasi wisata pilihan Anda. Terima kasih.

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN