18 Tempat Wisata di Purwakarta yang Wajib Dikunjungi

Kabupaten Purwakarta adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Barat. Topografi purwakarta yang didominasi area perbukitan, membuat kabupaten ini menyuguhkan panorama alam terbuka yang menyejukkan pada banyak destinasi wisatanya.

Terdapat pantai dan juga curug, serta beragam destinasi wisata lainnya yang mampu memberikan Anda pengalaman berlibur yang sangat berkesan dan menyenangkan.

Kabupaten Purwakarta memiliki destinasi wisata yang sangat variatif, sehingga suasana apapun yang ingin Anda dapatkan saat berlibur bisa Anda cari di kabupaten yang satu ini.

Berikut telah kami rangkum beberapa Tempat Wisata di Kabupaten Purwakarta yang wajib Anda kunjungi:

1). Hidden Valleyhills Purwakarta

Lokasi: Desa Cibodas, Kecamatan Sukatani, Purwakarta, Jawa barat.

Hidden Valleyhills merupakan villa, skypool dan resort yang tersedia pada satu lokasi yang sama. Dengan fasilitas tersebut, Anda akan mendapatkan pengalaman berlibur yang sangat nyaman.

Meskipun terbilang masih baru, namun tempat wisata ini telah berhasil menarik banyak wisatawan karena keindahan panorama berupa pemandangan Gunung Lembu, Gunung Cupu hingga Gunung Parang, juga karena kenyamanan yang ditawarkannya.

2). Bukit Katumbiri Purwakarta

Lokasi: Bukit Katumbir, Kecamatan Kiarapedes, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.

Katumbiri dalam bahasa Sunda yang berarti Pelangi. Bukit Katumbiri Purwakarta menyajikan pemandangan yang begitu cantik yang memajakan mata, dengan area perbukitan hijau serta udara yang sejuk akan membuat Anda sangat betah dan nyaman.

Dilengkapi beberapa spot foto semakin membuat destinasi wisata ini menarik untuk dikunjungi.

3). Kuya Maranggi Waterpark

Lokasi: Desa Cibungur, Kecamatan Bungursari, Kebupaten Purwakarta, Jawa Barat.

Kuya Maranggi Waterpark menjadi destinasi wisata yang cocok untuk keluarga. Kolam renang serta hiasan yang ada disekeliling Kuya Maranggi Waterpark ini membentuk kura-kura yang jika dalam bahasa Sunda disebut dengan kuya.

Di sini terdapat kolam renang balita, anak-anak dan dewasa dengan seluncuran spiral dan pelangi, perahu kuya, ember tumpah, hingga jembatan selfie yang menjadi spot foto favorit.

4). Urban Farming Purwakarta

Lokasi: Benteng, Campaka, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.

Dari namanya saja sudah terbayang ya bagaimana konsep yang diusung oleh destinasi wisata yang satu ini. Urban Farming Purwakarta menghadirkan atmosfer serta arsitektur rumah petani ala benua Eropa.

Warna cat mencolok dengan tanaman gantung di depan pintu dan di bawah jendela seakan membuat Anda merasa sedang berada di benua Eropa.

Selain itu, terdapat juga areal perkebunan yang akan membuat Anda belajar cara berkebun dan Anda juga bisa membeli benih bunga, sayuran, dan buah-buahan.

5). Cikao Park Purwakarta

Lokasi: Desa Cisalada, Kecamatan Jatiluhur, Kabupaten Purawakarta, Jawa Barat.

Cikao Park menyuguhkan pemandangan alam yang asri. Di sini Anda juga bisa bermain dengan aneka permainan yang bernilai edukasi.

Atau jika Anda ingin berenang dengan nuansa alam dan pantai taman satwa dengan koleksi yang langka, bird park, minizoo, area bermain, gazebo, hingga lampion garden, Cikao Park adalah tempat yang wajib Anda kunjungi.

6). Curug Cipurut Purwakarta

Lokasi: Kampung Cileungsing, Desa Sumurugul, Kecamatan Wanayasa, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.

Curug Cipurut ini terletak di tengah-tengah Gunung Burangrang. Saat Anda berkunjung ke tempat ini, Anda akan disuguhkan pemandangan dengan suasana yang masih sangat asri. Karena kawasan ini memang merupakan cagar alam yang dijaga kealamiannya oleh masyarakat sekitar.

Untuk bisa menikmati keindahan yang tersaji di Curug Cipurut, Anda harus menempuh perjalanan sekitar 20 menit dari perkampungan sekitar. Sepanjang perjalanan Anda akan disuguhi pemandangan perkebunan teh yang begitu meneduhkan.

7). Curug Tilu Purwakarta

Lokasi: Desa Ciririp, Kecamatan Sukasari, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.

Curug Tilu memiliki pesona alam yang begitu asri, bahkan bisa dibilang relatif belum terjamah oleh tangan manusia.

Pada curug utama, Anda akan dimanjakan dengan pemandangan alam nan hijau dengan kontur bebatuan khas pegunungan.

Anda bisa berenang di areal curug, namun pastikan Anda tetap berhati-hati selama berenang di aliran air Curug Tilu ini.

8). Desa Sejuta Batu Purwakarta

Lokasi: Cipeundeuy, Bojong, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.

Desa Sajuta Batu menawarkan pengalaman wisata yang seru dan menyenangkan. Di sini Anda bisa berekreasi, menikmati beragam wisata kuliner, dan melihat cagar budaya.

Anda juga akan disuguhi pemandangan berupa batuan alam, dari yang terkecil hingga terbesar dengan sejuta jenis yang berbeda.

Di Desa Sajuta Batu ini, Anda juga bisa melakukan beragam aktivitas lainnya, seperti rock climbing, memancing, berkemah, flying fox, pendakian gunung, hingga offroad

9). Tanjakan Cinta Purwakarta

Lokasi: Desa Wanawali, Kecamatan Cibatu, Kebupaten Purwakarta, Jawa Barat.

Tanjakan Cinta Purwakarta memiliki banyak spot foto kekinian yang akan menjadikan pengabdian moment Anda semakin indah.

Tidak hanya menyuguhkan pemandangan yang menawan, di sini Anda juga dapat menikmati beragam wisata kuliner yang akan memanjakan perut dengan harga yang cukup terjangkau.

Juga tersedia spot foto kekinian yang akan melengkapi moment Anda berfoto.

10). Gunung Lembu

Lokasi: Kampung Panunggal, Desa Panyindangan, Kecamatan Sukatani, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.

Gunung Lembu sangat cocok untuk Anda yang suka berpetualang. Gunung Lembu memang memiliki jalur pendakian yang tidak bisa dibilang mudah, namun pemandangan alam yang tersaji dari atas Gunung Lembu akan membuat rasa lelah yang dirasakan seketika sirna.

Dan di malam hari, Ana bisa menikmati pemandangan gemerlap kabupaten Purwakarta.

11). Gunung Parang

Lokasi: Desa Sukamulya, Kecamatan Tegal Waru, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.

Gunung Parang menjadi gunung lainnya yang bisa Anda kunjungi saat berlibur di Purwakarta. Dari atas puncak Gunung Parang Anda akan disuguhi pemandangan yang indah dan sangat menyejukkan mata.

Dan saat cuaca cukup bagus, Anda akan menyaksikan sunset yang sangat menawan hati. Gunung ini juga menyediakan spot khusus bagi para pecinta panjat tebing dengan teknik memanjat yang lebih aman.

12). Gunung Bongkok

Lokasi: Cisarua, Kecamatan Tegal Waru, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.

Jika Anda suka dengan tampilan alam saat matahari terbit, Gunung Bangkok adalah tempat yang paling tepat untuk Anda kunjungi.

Gunung Bangkok menjadi tempat paling ideal untuk menikmati momen sunrise di Kabupaten Purwakarta.

Ketinggian gunung ini tidak sampai 1000 mdpl sehingga relatif mudah untuk didaki, dibanding gunung yang sebelumnya disebutkan.

13). Mata Air Cijanun

Lokasi: Kampung Cijanun Lembangsari, Desa Cipendeuy, Kecamatan Bojong, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.

Mata Air Cijanun merupakan sumber mata air alami yang akan memberikan Anda rasa segar dan juga rileks, dilengkapi dengan suasana alam yang memesona tempat wisata yang satu ini akan sangat memanjakan setiap pengunjung yang datang.

Perbukitan hijau dan bebatuan yang berada di sekitar mata air ini menambah nuansa asri yang mampu menyejukkan mata.

14). Pasir Langlang Panyawangan

Lokasi: Pasir Muncang, Kecamatan Kiarapedes, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.

Pasir Langlang Panyawangan merupakan tempat wisata dengan suasana hutan pinus yang asri dan teduh.

Tempat wisata di Purwakarta yang satu ini akan menjadi tempat favorit untuk berfoto, karena deretan hutan pinus tersaji dengan begitu rapi dan cantik sehingga Anda mampu menghasilkan foto yang keren.

Pasir Langlang Panyawangan menyuguhkan ketenangan, keheningan, dan kesegaran yang akan membuat Anda nyaman. Di tempat ini, Anda juga bisa bersantai, menjelajahi hutan, mengunjungi goa Jepang, mengexplore Curug Pamonanan, serta berkemah.

15). Bukit Panenjoan

Lokasi: Kampung Cinangka, Desa Sindang Panon, Kecamatan Bojong, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.

Bukit Panenjoan memiliki banyak pilihan spot foto yang akan melengkapi moment berlibur Anda.

Pemandangan alam yang tersaji di Bukit Panenjoan ini sangat memsona, dengan kombinasi perkebunan, gunung, bukit dan danau Juanda Jatiluhur sebagai latar belakangnya menjadi satu kesatuan yang sangat menyejukkan mata.

Juga terdapat jembatan bambu di atas perbukitan yang membuat Bukit Panenjoan menjadi tempat sempurna, yang menggambarkan daerah pedesaan Purwakarta yang masih menjaga budaya khas Sunda.

16). Jatiluhur Water World

Lokasi: Jatimekar, Kecamatan Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.

Jatiluhur Water World merupakan objek wisata yang cocok untuk keluarga. Di sini terdapat beragam wahana permainan air dengan kolam renang berbagai macam ukuran dan tingkat kedalaman, dari kolam anak-anak hingga kolam untuk orang dewasa.

Juga terdapat wahana permainan air yang cukup menantang, seperti Water Slide dengan ketinggian 7-11 meter, seluncuran dengan rute terpanjang 43 meter, dan juga permainan Jet Sky.

17). Desa Wisata Tajur

Lokasi: Desa Pesanggrahan, Kecamatan Bojong, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.

Desa Wisata Tajur akan memanjakan Anda dengan suasana pedesaan. Kekayaan alam dan kearifan lokal menjadi sebuah hal istimewa yang tidak boleh kamu lewatkan di sini.

Anda bisa melakukan beragam kegiatan yang menyenangkan, seperti berkebun, membajak sawah, beternak dll.

Untuk menikmati suasana ini dengan lebih lama lagi, Anda juga bisa bermalam di Desa Wisata Tajur.

18). Saung Manglid

Lokasi: Parakanceuri, Pusakamulya, Kiarapedes, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.

Saung Manglid merupakan tempat makan yang mengusung konsep ruang terbuka di antara tanaman berupa sayuran, tanaman hias, dan juga dilengkapi dengan kolam ikan. Konsep tersebut yang membuat banyak orang tertarik untuk berkunjung ke tempat makan ini.

Selain menu murah yang ditawarkan, tempat makan ini didekorasi menggunakan anyaman bambu unik dengan hiasan instagramable di sekitarnya yang akan membuat Anda sangat menikmati beragam hidangan yang tersaji.

Indonesia sangat kaya akan keindahan alam dan budayanya, yuk sama-sama menjaga kelestariannya.

Dan alam adalah sebuah bentuk dari kebesaran Tuhan, jangan lupa untuk selalu bersyukur atas segala bentuk karunianya.

Selamat mengunjungi destinasi wisata yang telah kami rekomendasikan.

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN

17 Tempat Wisata di Kabupaten Sragen yang Wajib Dikunjungi

Sragen merupakan sebuah Kabupaten di provinsi Jawa Tengah. Kondisi geografis serta kebudayaan di kabupaten Sragen ini membuatnya memiliki destinasi wisata…

17 Tempat Wisata di Kabupaten Purworejo yang Wajib Dikunjungi

Purworejo merupakan sebuah Kabupaten di provinsi Jawa Tengah. Kabupaten Purworejo menyimpan banyak destinasi wisata yang sangat menyenangkan dan indah untuk…

Biaya Balik Nama Sertifikat Tanah dan Syarat Pengurusan Terbaru

Apakah Anda berencana untuk mengurus balik nama sertifikat tanah setelah transaksi? Pertama, Anda harus mengetahui detail biaya yang harus dikeluarkan…

Roro Fitria Syok Berat Lihat Suami Menari-nari Telanjang Bulat di Depan Foto Orang yang Sudah Wafat

Roro Fitria nampaknya syok berat kepada sang suami, Andre Irawan. Roro Fitria sampai tak habis pikir dengan kelakuan Andre. Maka…

15 Tempat Wisata di Kabupaten Sampang yang Wajib Dikunjungi

Kabupaten Sampang memang menjadi salah satu kabupaten yang ada di Pulau Madura, Jawa Timur. Banyak sekali cerita sejarah yang ada…

7 Fakta Unik Mbak Rara Si Pawang Hujan, Dari Keturunan Muslim tapi Mengaku Non Muslim

Rara Istiati Wulandari atau yang lebih dikenal Mbak Rara Pawang Hujan kembali ramai dibicarakan oleh warganet. Hal ini terjadi lantaran…

15 Tempat Wisata di Bangli Bali yang Wajib Dikunjungi

Kabupaten Bangli memang agak berbeda jika dibandingkan dengan kabupaten atau kota lainnya yang berada di Bali. Kabupaten Bangli tidak terkenal…

15 Tempat Wisata di Kabupaten Tuban yang Wajib Dikunjungi

Kabupaten Tuban memang menarik untuk dikunjungi. Tempat yang dulunya merupakan pusat penyebaran agama Islam ini juga menyimpan banyak sejarah menarik…

15 Tempat Wisata di Jakarta Selatan yang Wajib Dikunjungi

Jakarta memang terbagi menjadi beberapa kota dan kabupaten, salah satunya adalah Kota Jakarta Selatan. Nah mendengar kota yang satu ini…

17 Tempat Wisata di Kabupaten Pati yang Wajib Dikunjungi

Pati merupakan sebuah Kabupaten di provinsi Jawa Tengah yang berbatasan dengan beberapa kabupaten lainnya, seperti Rembang, Kudus, Jepara, Blora, dan…