15 Tempat Wisata di Pekalongan yang Wajib Dikunjungi

Siapa yang tidak pernah mendengar nama Kota Pekalongan ? Salah satu kota yang memang terkenal dengan batiknya ini memang memiliki budaya yang masih begitu lestari.

Bahkan tidak hanya budayanya saja, banyak wisata alam yang menakjubkan dapat Anda temukan di Pekalongan.

Bagi Anda yang mungkin tertarik dengan keindahan alam dan juga budaya dari Kota Pekalongan ini, berikut ini telah kami rangkum beberapa tempat wisata populer di Kota Pekalongan yang tidak boleh Anda lewatkan:

1). Museum Batik Pekalongan

Batik dan Kota Pekalongan memang menjadi dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Maka dari itu jika Anda datang ke Pekalongan jangan lewatkan untuk mengunjungi Museum Batik Pekalongan ini.

Gedungnya yang telah ada sejak 1906 ini memiliki arsitektur khas Belanda. Ketika Anda memasuki gedung museum ini Anda akan disuguhi berbagai alat membatik tradisional lho.

Hal ini tentu saja menarik, karena saat ini banyak sekali produsen batik yang menggunakan teknik cetak dibandingkan teknik tradisional.

2). Curug Bajing

Curug Bajing memang sudah menjadi tempat wisata yang terkenal di Pekalongan. Pemandangan air terjun indah dan juga alam hijau yang begitu sejuk ini dapat Anda jadikan tempat untuk berkemah lho.

Tentu menyenangkan bermalam didekat curug dengan alam yang masih begitu asri.

3). Gunung Kendalisodo

Bagi Anda yang senang mendaki, Gunung Kendalisodo menjadi salah satu gunung yang tidak boleh Anda lewatkan selama berada di Pekalongan.

Namun untuk mendaki gunung yang satu ini pastikan tubuh Anda dalam keadaan siap ya karena jalurnya yang cukup curam. Jangan lupa juga untuk mentaati setiap peraturan yang ada di gunung ini.

4). Kebun Teh Pagilaran

Kebuh teh memang selalu menjadi tempat yang menarik untuk dikunjungi. Hamparan hijau yang mempesona ditambah udara yang begitu sejuk tentu membuat siapa saja yang berkunjung merasa betah untuk berlama-lama menikmati keindahannya.

Kebun Teh Pagilaran sendiri menjadi salah satu kebun teh yang harus Anda kunjungi jika datang ke Pekalongan. Meskipun tidak berada di Pekalongan namun Kebun Teh Pagilaran ini berada tidak jauh dari Kota Pekalongan.

5). Bukit Bintang Kutorojo

Berada di ketinggian memang selalu memberikan kita pemandangan yang begitu mempesona, Di Bukit Bintang Kutorojo ini meskipun bukan bintang di langit yang dapat Anda lihat.

Namun keindahan cahaya lampu dari pemukiman warga memang membuat tempat yang satu ini seolah berada diatas hamparan bintang-bintang.

6). Desa Wisata Lolong

Keindahan alam yang berada di lokasi ini memang membuatnya dijadikan sebagai desa wisata.

Alamnya yang masih asri ditambah dengan berbagai fasilitas yang dapat Anda nikmati memang menjadi alasan dari banyaknya wisatawan yang datang ke Desa Wisata Lolong ini.

Outbound, arung jeram, bahkan berkemah dapat Anda lakukan di desa wisata yang satu ini. Bahkan jika Anda mengunjungi Desa Wisata Lolong saat musim durian tiba Anda juga dapat menyantap nikmatinya buah durian langsung dari pohonnya lho.

7). Black Canyon Pekalongan

Di Indonesia memang banyak sekali tempat yang keindahannya disebut-sebut mirip dengan Grand Canyon, dimulai dari Green Canyon, White Canyon, dan juga Black Canyon.

Nah Black Canyon ini sendiri dapat Anda temui lho di Pekalongan. Kesegaran air jernih yang berada diantara tebing batu ini tentu membuat siapa saja yang mengunjunginya terpesona.

Tak jarang tempat yang satu ini juga dijadikan tempat untuk memancing, body rafting, dan juga river tubing lho.

8). Curug Madu Doro

Bagi Anda yang ingin berwisata alam tidak jauh dari Kota Pekalongan, Curug Madu Doro ini cocok untuk Anda jadikan pilihan.

Meskipun lokasinya tidak jauh dari kota, namun keasrian Curug Madu Doro ini masih sangat begitu terjaga.

Anda juga dapat mandi lho di air terjun yang satu ini, karena aliran airnya yang tidak begitu deras dan tentunya aman.

9). Pantai Wonokerto

Sebagian dari Anda mungkin takut panas ketika ingin berwisata ke pantai, namun tenang saja, di Pantai Wonokerto ini banyak sekali pohon cemara yang membuatnya terasa begitu teduh.

Pantai dengan pesona alamnya yang indah dan pohon kelapa yang melambai-lambai akan membuat Anda betah berlama-lama disini sambil santai duduk di bawah rindangnya pepohonan.

10). Bukit Pawuluhan

Salah satu tempat wisata yang populer di Pekalongan ini memang tidak boleh Anda lewatkan.

Alamnya yang hijau membuat para pendaki tidak merasa lelah untuk mendaki di Bukit Pawuluhan.

Anda juga dapat berkemah lho di bukit ini sambil menikmati momen matahari terbit dan juga matahari terbenam.

11). Mangrove Park

Hutan Mangrove memang menjadi salah satu hal penting untuk mencegah abrasi air laut.

Mangrove Park ini sendiri juga memang sengaja dibuat oleh Dinas Pertanian Kota Pekalongan untuk mencegah terjadinya abrasi laut.

Namun karena keindahannya banyak para wisatawan yang akhirnya tertarik untuk berkunjung ke tempat ini.

12). Wisata Bahari

Lokasi Wisata Bahari ini berada di ujung utara Kota Pekalongan. Tidak hanya menikmati fasilitasnya seperti kolam renang saja.

Anda juga dapat melihat berbagai jenis ikan dan peralatan nelayan melaut lho. Tentunya menarik untuk mengajak keluarga berwisata bersama ke Wisata Bahari ini.

13). Pantai Slamaran

Keindahan pantai yang dipadukan dengan hamparan pohon pinus memang menjadi poin plus dari Pantai Slamaran ini.

Tiupan angin yang begitu menenangkan dan juga suara ombak yang yang menyegarkan membuat siapa saja yang mengunjungi pantai ini merasa relax.

Namun jika Anda berkunjung ke Pantai Slamaran ini pastikan untuk tidak terlalu dekat dengan air laut ya karena ombaknya cukup besar.

14). Curug Bidadari Talun

Namanya saja Curug Bidadari, terbayang bukan bagaimana indahnya ? Menurut kabar yang beredar di masyarakat, curug ini dinamakan Curug Bidadari karena setiap malamnya selalu ada seorang Putri yang mandi di curug ini.

Namun terlepas dari kabar tersebut Curug Bidadari memang begitu mempesona dengan airnya yang jernih dan menyegarkan.

15). Pusat Grosir Setono

Sudah puas berwisata, jangan lupa untuk berbelanja ke tempat yang satu ini.

Pusat Grosir Setono yang ada di Jalur Pantura ini memiliki banyak sekali pilihan kain batik untuk Anda bawa pulang sebagai buah tangan. Wah tentunya tempat ini tidak boleh Anda lewatkan ya.

Alam dan budaya pekalongan yang masih asri juga lestari memang menarik untuk dikunjungi ya.

Demikian beberapa rekomendasi tempat wisata di Kota Pekalongan. Semoga dapat dijadikan referensi berwisata Anda. Terima kasih.

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN

Shandy Purnamasari Umumkan Berpisah dari Gilang Juragan 99, Resmi Bercerai?

Shandy Purnamasari membuat pengakuan mengejutkan. Bagaimana tidak, dia mengaku sedang dalam proses berpisah dengan suaminya, Gilang Widya Pramana alias Juragan…

Contoh Soal Biologi Kelas 10 SMA dan Jawabannya

Mata pelajaran Biologi pada tingkat SMA merupakan perluasan dan pendalaman Biologi di SMP agar bisa diterapkan dan bermanfaat untuk kehidupan…

7 Contoh Surat Keterangan Kerja dan Cara Membuat Surat Keterangan Kerja

Mendapatkan surat keterangan kerja dari instansi tempatmu bekerja merupakan salah satu hak yang bisa kamu dapatkan. Surat keterangan kerja adalah…

Berstatus Janda, Gisel Blak-blakan Akui Lakukan Hubungan dengan Dua Pria Sekaligus

Hubungan asmara Gisella Anastasia kerap jadi sorotan. Sejak cerai, Giselle Anastasia alias Gisel akhirnya membuka secara gamblang status hubungan dengan…

Laudya Cynthia Bella dikabarkan sudah menikah lagi, Zaskia Sungkar beri pengakuan kalau…

Zaskia Sungkar beri tanggapan terkait kabar yang menyebut sahabatnya, Laudya Cynthia Bella sudah menikah lagi usai cerai dari Engku Emran.…

Kepalsuan Nathalie Holscher, Ego Besar Sosok Istri Sule Dibongkar Pakar Ekspresi: Formalitas

Nathalie Holscher mengambil keputusan drastis untuk mengakhiri pernikahannya dengan Sule. Meski sudah beberapa kali buka suara, kemunculuan Nathalie Holscher yang…

Bikin Geram! 1 Ton Bantuan Sembako dari Presiden Dikubur Tidak Dibagikan

Beredar video di sosial media yang memperlihatkan sekelompok masyarakat bersama-sama menggali tanah yang didalamnya disebut ditemukan 1 ton sembako. Masyarakat…

Contoh Soal Bahasa Inggris Kelas 7 SMP/MTs dan Jawabannya

Mengembangkan kemampuan berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris dalam bentuk lisan maupun tulisan, termasuk mendengarkan, membaca, dan menulis, merupakan salah satu tujuan…

Baru Terungkap! Tubuhnya Digerogoti Empty Sella Syndrome, Ruben Onsu Akhirnya Ngaku Diam-diam Kerap Mengalami Hal Ini di Lokasi Syuting

Kabar kesehatan Ruben Onsu belakangan ini tengah mencuri perhatian publik. Pasalnya, suami Sarwendah itu diketahui sudah beberapa kali dilarikan ke…

Terungkap Alasan Nathalie Holscher Enggan Menikah Lagi, Trauma Cerai, Singgung Nama Sule

Nathalie Holscher membuat pengakuan apa yang dipendamnya. Jika sudah resmi cerai dari komedian Sule, Nathalie Holscher mengaku trauma untuk membangun…