17 Tempat Wisata di Pangandaran yang Wajib Dikunjungi

Kabupaten Pangandaran adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Barat. Kabupaten ini berbatasan dengan Kabupaten Ciamis di utara, Kabupaten Cilacap di timur, Samudera Hindia di selatan, serta Kabupaten Tasikmalaya di barat.

Pangandaran menawarkan beragam destinasi wisata alam dengan panorama alam yang akan memanjakan siapapun yang mengunjunginya.

Terdapat pantai dan juga curug, serta beragam destinasi wisata lainnya yang mampu memberikan Anda pengalaman berlibur yang sangat menyenangkan.

Kabupaten Pangandaran memiliki destinasi wisata yang sangat variatif, sehingga suasana apapun yang ingin Anda dapatkan saat berlibur bisa Anda cari di kabupaten yang satu ini.

Berikut telah kami rangkum beberapa Tempat Wisata di Kabupaten Pangandaran yang wajib Anda kunjungi:

1). Pantai Pangandaran

Lokasi: Desa Pananjung, Kec. Pangandaran, Kab. Pangandaran, Jawa Barat.

Seperti yang sering terdengar, Pantai Pangandaran menjadi ikon wisata kabupaten Pangandaran yang paling populer, sekaligus menjadi pantai dengan panorama alam yang sangat indah.

Di sini Anda bisa menikmati matahari terbit dan matahari terbenam dengan biasan cahaya warna-warninya yang sangat sempurna.

2). Cukang Taneuh

Lokasi: Jl. Raya Cijulang – Green Canyon, Cijulang, Kab. Pangandaran, Jawa Barat.

Cukang Taneuh yang jugad dikenal sebagai Green Canyon -nya kabupaten pangandaran ini menawarkan pesona alam yang sangat elok, membuat siapa saja yang datang pasti ingin kembali lagi ke tempat ini.

Objek wisata ini juga seringkali digunakan untuk hunting foto karena pemandangan alamnya.

3). Pantai Keusik Luhur

Lokasi: Desa Kertamukti, Kec. Cimerak, Kab. Pangandaran, Jawa Barat.

Pantai Keusik Luhur menyuguhkan pemandangan berupa alam pegunungan dengan panorama pantai yang memanjakan pandangan.

Dari bukit yang ada di Pantai Keusik Luhur, Anda bisa menikmati indahnya samudera Indonesia dengan gemuruh ombak yang menerpa batuan karang. Tempat ini akan sangat membuat Anda betah untuk berlama-lama

4). Goa Sumur Mudal

Lokasi: Desa Pananjung, Kab. Pangandaran, Jawa Barat.

Goa Sumur Mudal dulunya memiliki sebuah “sumur” yang dijadikan sebagai sumber mata air untuk warga setempat, namun tentu bukan sumur sungguhan melainkan cekungan yang mirip dengan sumur.

Goa Sumur Mudal merupakan bagian dari cagar alam yang memiliki stalaktit dan stalakmit yang bentuknya bermacam-macam, yang menjadi keunikan tersendiri.

5). Curug Bojong

Lokasi: Jl. Merdeka, Sukahurip, Pangandaran

Curug Bojong merupakan destinasi wisata air terjun, dimana air terjun di sini mengalir pada batu berbentuk tebing dengan ukuran besar, sehingga mampu menghasilkan aliran air yang terbagi ke berbagai sisi.

Pemadangan air terjuan dengan airnya yang jernih serta pepohonan hijau disekitarnya akan membuat Anda sangat relaks.

6). Pangandaran Waterpark

Lokasi: Putrapinggan, Kalipucang, Kab. Pangandaran, Jawa Barat.

Pangandaran Waterpark merupakan tempat wisata yang menyediakan beragam wahana permainan air. Waterpark selalu menjadi pilihan tepat untuk dijadikan destinasi wisata keluarga.

Selain wahana permainan air, Anda juga dapat menikmati petualangan seru seperti highrope dan menggunakan ATV.

7). Citumang Pangandaran

Lokasi: Bojong, Parigi, Kab. Pangandaran, Jawa Barat.

Citumang Pangandaran menyajikan pemandangan aliran sungai Citumang yang membelah hutan jati. Airnya begitu bening kebiruan.

Dimana pada tepian sungainya terdapat ornament batu-batu padas yang mana relungnya juga dihiasi relief khas batu alam, serta aliran sungai yang menembus ke dalam goa.

Anda akan mendapatkan suasana tenang dan sejuk saat berkunjung ke tempat wisata Citumang Pangandaran.

8). Desa Selasari Pangandaran

Lokasi: Selasari, Parigi, Kab. Pangandaran, Jawa Barat.

Desa Selasari Pangandaran akan mengajak Anda untuk menikmati suasana pedesaan yang menyediakan beragam aktivitas seru, seperti body rafting dan river tubing, wisata tirta, wisata gua dan wisata kuliner.

Anda akan mendapatkan pengalaman yang seru dan menyenangkan di tempat ini.

9). Goa Sutra Reregan

Lokasi: Goa sutra reregan, Selasari, Parigi, Pangandaran

Goa Sutra Reregan memiliki stalaktit dan stalakmit yang menjelma menjadi pemandangan yang unik dan juga indah.

Anda akan disuguhi pemandangan yang begitu indah dan juga asri saat mengunjungi tempat ini.

10). Wisata Cagar Alam Pananjung

Lokasi: Pananjung, Kec. Pangandaran, Kab. Pangandaran, Jawa Barat.

Taman Wisata Cagar Alam Pananjung atau TWA ini memiliki keadaan topografi sebagian besar landai serta beberapa tempat memiliki tonjolan bukit kapur yang juga terjal.

Tempat ini merupakan hutan sekunder yang telah berusia 50 hingga 60 tahun. Adapun jenis tanaman yang ada di sini, meliputi laban, kisegel dan lainnya.

11). Pantai Karang Nini

Lokasi: Emplak, Kec. Kalipucang, Kab. Pangandaran, Jawa Barat.

Pantai Karang Nini ini terletak dibalik bukit yang dikelilingi dengan hutan yang rimbu, sehingga membuat suasana Pantai Karang Nini sangat nyaman untuk dikunjungi.

Pantai ini masuk ke dalam daerah hutan Negara yang dikelola oleh Perum Perhutani. Anda akan disuguhi pemandangan berupa laut yang biru, serta bukti yang hijau yang mampu menyejukkan mata.

12). Pantai Pasir Beusi

Lokasi: Jl. Pantai Wisata, Desa Masawah, Cimerak, Pangandaran, Jawa Barat.

Pantai Pasir Beusi menyajikan pemandangan butiran pasir yang terhampar dengan warna yang cenderung abu, serta deburan ombak yang cukup besar, memberikan panorama alam yang akan membuat Anda betah untuk menikmati segala pemandangan yang tersaji di sini.

13). Curug Tujuh Cibolang

Lokasi: Sandingtaman, Panjalu, Kab. Ciamis, Jawa Barat.

Curug Tujuh ini memiliki tujuh air terjun yang tersebar dengan letak yang tidak berjauhan. Hal tersebut juga yang menjadikan destinasi wisata ini memiliki daya tarik tersendiri.

Adapun nama dari masing-masing curug ini adalah curug satu, curug dua, curug tiga, curug cibolang, curug cimantaja, curug cileutik dan curug cibuluh.

14). Pantai Madasari

Lokasi: Jl. Pantai Wisata, Masawah, Cimerak, Kab. Pangandaran, Jawa Barat.

Pantai Madasari memiliki pesona alam khas pantai yang akan membuat Anda betah. Anda akan disuguhi deburan ombak, dengan teluk yang indah, yang memberikan padu-padan alam yang sangat indah.

Juga terdapat batu ditengah laut yang memberikan daya tarik lebih di Pantai Madasari ini.

15). Pantai Batu Hiu

Lokasi: Ciliang, Karangbenda, Parigi, Kab. Pangandaran, Jawa Barat.

Pantai Batu Hiu merupakan pantai yang memiliki tebing cukup terjal, yang berbentuk seperti sirip hiu.

Destinasi wisata Pantai Batu Hiu menyajikan pemandangan laut lepas dengan panorama alam yang sungguh memanjakan mata, disertai bukti dengan pohon-pohon Pandang Wong yang melengkapi keindahannya.

16). Saung Muara Pangandaran

Lokasi: Kondangjajar, Cijulang, Kab. Pangandaran, Jawa Barat.

Saung Muara akan memanjakan Anda dengan pemandangan sunset yang utuh, dengan biasahan cahaya warna-warni jingga, yang perlahan menggelap dan tenggelam.

Saung Muara menyajikan pemandangan yang begitu asri dengan dikelilingi oleh tumbuhan mangrove serta pandan disekitarnya.

17). Santirah River Tubing

Lokasi: Selasari, Parigi, Kab. Pangandaran, Jawa Barat.

Santirah River Tubing sangat cocok untuk Anda yang menyukai wisata air. Anda bisa menikmati sensasi bermain arung jeram menggunakan ban besar yang memberikan pengalaman wisata yang mendebarkan, seru, dan menyenangkan.

Indonesia sangat kaya akan keindahan alam dan budayanya, yuk sama-sama menjaga kelestariannya.

Dan alam adalah sebuah bentuk dari kebesaran Tuhan, jangan lupa untuk selalu bersyukur atas segala bentuk karunianya.

Selamat mengunjungi destinasi wisata yang telah kami rekomendasikan.

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN

Pesulap Merah Cuek Disomasi Rara Pawang Hujan: Biarin Saja, Kenapa Memangnya?

Marcel Radhival atau Pesulap Merah menanggapi somasi Rara Pawang Hujan terkait pernyataan yang dianggap merendahkan pekerjaannya. Ditemui di kawasan Pluit,…

15 Tempat Wisata di Kabupaten Wonogiri yang Wajib Dikunjungi

Wonogiri merupakan sebuah Kabupaten di provinsi Jawa Tengah. Secara geografis Wonogiri berlokasi di bagian tenggara Provinsi Jawa Tengah. Wonogiri banyak…

7 Fakta Unik Mbak Rara Si Pawang Hujan, Dari Keturunan Muslim tapi Mengaku Non Muslim

Rara Istiati Wulandari atau yang lebih dikenal Mbak Rara Pawang Hujan kembali ramai dibicarakan oleh warganet. Hal ini terjadi lantaran…

18 Tempat Wisata di Kabupaten Purbalingga yang Wajib Dikunjungi

Purbalingga merupakan sebuah Kabupaten di provinsi Jawa Tengah yang berbatasan dengan Kabupaten Pemalang pada sisi sebelah utara. Kabupaten Purbalingga memang…

15 Tempat Wisata di Jakarta Selatan yang Wajib Dikunjungi

Jakarta memang terbagi menjadi beberapa kota dan kabupaten, salah satunya adalah Kota Jakarta Selatan. Nah mendengar kota yang satu ini…

15 Tempat Wisata di Karangasem Bali yang Wajib Dikunjungi

Kabupaten Karangasem memang menjadi salah satu kabupaten yang berada di daerah Bali. Masih sama seperti daerah-daerah lainnya yang berada di…

15 Tempat Wisata di Badung Bali yang Wajib Dikunjungi

Kabupaten Badung memang sudah sangat terkenal dengan keindahan alamnya yang mengagumkan. Pasir pantai putihnya pun menjadi salah satu keunggulan dari…

Hanya Gara-gara Masalah Sepele Ini, Sosok Santri Pondok Gontor Ini Alami Penganiayaan Sampai Meninggal Dunia, Hotman Paris yang Bongkar Semuanya

Seorang santri Pondok Gontor berinisial AM dianiaya sampai tewas. Kasus bermula ketika seorang ibu asal Palembang, Sumatera Selatan, mengadu ke…

Tinggalkan Anak 11 Bulan Demi Berzina dengan Pria Lain, Seorang Anggota Polisi Pergoki Istrinya Berselingkuh dengan Anak Kepala Desa, Temukan Fakta Mencengangkan di Kamar Hotel

Tinggalkan tanggungjawabnya di rumah, sang suami pergoki istrinya asik dengan pria lain. Tak semua pasangan suami istri bisa menangani masalah…

Hancur Hati Nagita Slavina? Ayu Ting Ting Mendadak Muncul di Unggahan Raffi Ahmad, Terbongkar Alasan Ayah Rafathar

Ayu Ting Ting Mendadak Muncul di Unggahan Raffi Ahmad, Terbongkar Alasan Ayah Rafathar, Hancur Hati Nagita Slavina? Memang, beberapa waktu…