17 Tempat Wisata di Majalengka yang Wajib Dikunjungi

Kabupaten Majalengka merupakan sebuah kabupaten di bagian timur dari Provinsi Jawa Barat, yang ibu kotanya adalah Majalengka. Kabupaten Majalengka menyuguhkan beragam pesona alam yang akan sangat memanjakan mata.

Wilayah Majalengka sendiri memiliki perpaduan dataran rendah di bagian utara dan juga wilayah perbukitan yang ada di bagian tengah, sehingga memiliki banyak destinasi wisata alam yang akan memanjakan Anda.

Kabupaten Majalengka memiliki destinasi wisata alam yang sangat variatif, sehingga suasana apapun yang ingin Anda dapatkan saat berlibur bisa Anda cari di kabupaten yang satu ini.

Berikut telah kami rangkum beberapa Tempat Wisata di Kabupaten Karawang yang wajib Anda kunjungi:

1). Kebun Teh Cipasung

Lokasi: Cipasung, Lemahsugih, Kab. Majalengka, Jawa Barat.

Kebun Teh Cipasung memiliki pemandangan hijau khas perkebunan teh pada umumnya, dilengkapi dengan udara disekitar yang juga sangat sejuk.

Karena Majalengka berada di dataran tinggi tentu hal ini membuat perkebunan teh menjadi destinasi wisata utama yang dimilikinya.

Untuk menikmati teduhnya pemandangan dan sejuknya udara kebun teh ini, Anda cukup membayar Rp. 3000 saja.

2). Wisata Paralayang Gunung Panten

Lokasi: Sidamukti, Kec. Majalengka, Kab. Majalengka, Jawa Barat.

Paralayang merupakan sebuah aktivitas yang cocok untuk Anda yang suka dengan tantangan dan hal yang memicu adrenalin. Anda bisa mendapatkan serunya bermain paralayang di Wisata Paralayang Gunung Panten.

Saat Anda berada di ketinggian, tentu Anda akan bisa melihat hamparan pemandangan dari Kabupaten Majalengka. Wisata Paralayang Gunung Panten ini menjadi salah satu destinasi wisata yang populer di daerah Majalengka.

Jika Anda ingin mencoba sensasi bermain paralayang, Anda akan dipandu dan dibersamai oleh seorang ahli sehingga sudah pasti aman.

3). Air Terjun Cibali

Lokasi: Desa Cikondang, Kec. Cingambul, Kab. Majalengka, Jawa Barat.

Perjalanan panjang yang harus Anda tempuh untuk dapat sampai di Air Terjun Cibali, akan mampu terbayarkan dengan pemandangan yang tersaji di tempat ini.

Sepanjang jalan menuju air terjun Anda akan disuguhi pemandangan sawah hijau yang sangat menyejukkan pandangan.

Nuansa alam di tempat ini masih bergitu bersih, sehingga menghadirkan udara yang segar. Tempat ini cocok untuk Anda jadikan sebagai destinasi wisata untuk melepas penat, dan menenangkan hati dan pikiran.

4). Gunung Ciremai

Lokasi: Bantaragung, Sindangwangi, Kab. Majalengka, Jawa Barat.

Jika Anda suka mendaki gunung, Gunung Ciremai bisa Anda jadikan destinasi wisata di Kabupaten Majalengka.

Ketinggian gunung ini berkisar 3.078 MDPL dengan adanya tiga jalur pendakian yang sudah populer, yaitu Jalur Palutungan, Jalur Linggarjati dan Jalur Apuy.

Gunung Ciremai terletak di 3 wilayah yaitu Majalengka, Cirebon dan Kuningan. Tepatnya berada di Bantaragung Sindangwangi dengan harga tiket masuk sekitar Rp. 6000 saja.

5). Bukit Panyaweuyan Argapura

Lokasi: Tejamulya, Argapura, Kab. Majalengka, Jawa Barat.

Bukit Panyaweuyan Argapura menyajikan panorama alam yang sangat memanjakan mata. Tempat ini menjadi tempat favorit untuk para pecinta fotografi, terutama saat matahari terbit dengan pemandangan bukit yang masih berselimut kabut.

Hasil foto yang didapatkan dijamin akan sangat indah. dari atas bukit ini Anda juga akan melihat pemandangan gunung yang berdekatan dengan Kabupaten Majalengka.

6). Air Terjun Cilutung

Lokasi: Talagakulon, Talaga, Kab. Majalengka, Jawa Barat.

Air Terjun Cilutung menyuguhkan pesona alam yang masih sangat asri. Airnya yang bersih dan segar menjadi daya tarik tersendiri dari air terjun ini, yang akan membuat siapapun yang datang dapat melepas segala penat yang telah menumpuk.

Dengan nuansa pedesaan yang nyaman dan tenang tentu akan membuat wisatawan betah untuk berlama-lama di Air Terjun Cilutung ini.

7). Jembar Waterpark

Lokasi: Ranji Wetan, Kasokandel, Kab. Majalengka, Jawa Barat.

Destinasi wisata yang satu ini akan menjadi tempat yang cocok untuk rekreasi bersama keluarga. Wahana air selalu menjadi tempat yang disenangi oleh anak-anak maupun dewasa.

Jembar Waterpark mengusung konsep desa yang membuat pengunjungnya sudah pasti nyaman. Tempat wisata ini buka dari hari Senin hingga Sabtu dengan tiket seharga Rp. 20.000 sementara hari Minggu atau libur Rp. 25.000.

8). Telaga Nila

Lokasi: Lengkong Kulon, Sindangwangi, Kab. Majalengka, Jawa Barat.

Telaga Nila memiliki air yang masih begitu bersih dan jernih, dengan pantulan warna kehijauan saat terkena sinar matahari membuat telaga ini sangat elok dipandang mata.

Letak Telaga Nila berada di kaki gunung Ciremai, sehingga udara di sini terasa begitu sejuk.

9). Kolam Renang Balong Sang Raja

Lokasi: Cigasong, Kab. Majalengka, Jawa Barat.

Kolam Renang Balong Sang Raja ini dulunya digunakan sebagai pemandian dari para pejabat pemerintah kerajaan Belanda. Ada mata air akar yang mengalir ke kolam yang menjadikannya begitu jernih dan segar.

Lokasinya mungkin terkesan kuno karena berusia ratusan tahun, tetapi tempat ini tetap sangat menarik untuk dikunjungi, terlebih dengan adanya area outbond.

Di sini Anda dapat melihat beberapa peninggalan zaman Belanda, seperti Tuga dan beberapa pohon besar yang membuatnya semakin menarik.

10). Gunung Batu Tilu

Lokasi: Girimukti, Kasokandel, Kab. Majalengka, Jawa Barat.

Menurut cerita masyarakat, Gunung Batu Tilu adalah seekor naga besar yang kepalanya berada di Gunung Ciremai. Sementara ekornya memanjang hingga Gunung Batu Tilu.

Tempat ini berupa kumpulan tiga bukit dengan keindahan dan keunikannya tersendiri. Bukit ini berupa puncak Sukmana dan puncak Gunung Tilu kemudian satu puncak lagi belum diketahui namanya.

Anda bisa menemukan 2 sungai besar yang melintas dan adanya hutan lindung dengan pohon jati serta pohon pinus di sekitar Gunung Batu Tilu.

11). Curug Muara Jaya

Lokasi: Kampung Apuy, Argamukti, Argapura, Kab. Majalengka, Jawa Barat.

Dengan ketinggian kurang lebih 73 meter, Curug Muara Jaya menawarkan panorama alam yang begitu indah dan udara yang sejuk.

Debit air yang deras, membuat Anda perlu berhati-hati saat bermain air di curug ini. Curug Muara Jaya berada di lereng Gunung Ciremai sehingga menghadirkan suasana yang menenangkan.

12). Situ Sangiang

Lokasi: Sangiang, Banjaran, Kab. Majalengka, Jawa Barat.

Situ Sangiang yang juga dikenal sebagai Telaga Sangiang ini merupakan tempat wisata yang juga dijadikan tempat ziarah makam keramat Pucuk Ulum atau Sunan Parung.

Situ Sangiang dikelilingi oleh pohon rindang yang menjadikan tempat ini sangat asri dan juga sejuk.

13). Curug Tonjong

Lokasi: Teja, Rajagaluh, Kab. Majalengka, Jawa Barat.

Curug Tonjong merupakan bagian dari sungai Cikadongdong yang memiliki ketinggian sekitar kurang lebih 4 meter.

Panorama curug tersebut berada di antara celah bebatuan dengan rimba pepohonan menghasilkan pemandangan yang sangat indah.

Terdapat jembatan bambu yang akan membantu wisatawan untuk menuju bagian hulu curug.

14). Bukit Alam Hejo

Lokasi: Pasirayu, Sindang, Kab. Majalengka, Jawa Barat.

Bukit Alam Hejo merupakan destinasi wisata berupa taman bermain. Dimana Anda dapat menikmati pemandangan yang indah, dengan udaranya yang segar, dan dilengkapi banyak wisata kuliner yang akan sangat memanjakan perut Anda.

Selain itu Anda juga dapat berenang di kolam renang yang tersedia baik untuk anak maupun dewasa, juga terdapat aneka permainan seru seperti flying fox, motor ATV dan masih banyak lagi.

15). Lemah Putih

Lokasi: Lemah Putih, Lemahsugih, Kab. Majalengka, Jawa Barat.

Lemah Putih menyajikan pemandangan alam kabupaten Majalengka dari ketinggian yang begitu memanjakan mata. Di sini juga terdapat Taman Dinosaurus, Kafe, aneka hiburan dan juga kolam renang.

Landscape yang tersaji di Lemah Putih ini akan menjadi tempat favorit para pecinta fotografi, sebab saat matahari terbenam Anda akan melihat sunset dengan matahari yang berbalut awan indah.

16). Cadas Gantung

Lokasi: Mirat, Kec. Leuwimunding, Kab. Majalengka, Jawa Barat.

Dari Cadas Gantung Anda bisa menikmati pesona keindahan alam Gunung Kromong dan kawasan Leuwimuding, Palasah.

Akses jalan menuju Cadas Gantung ini akan sangat mudah ditempuh apabila Anda menggunakan kendaraan roda dua.

Dengan tarif Rp. 3000 Anda sudah bisa menikmati segala pesona alam yang ada di Curug Gantung.

17). Rumah Adat Panjalin

Lokasi: Blok Rabu, Desa Panjalin Kidul, Kecamatan Sumberjaya, Kab. Majalengka, Jawa Barat.

Rumah Adat Panjalin merupakan rumah adat asli dari peninggalan sejarah di Majalengka. Majalengka memiliki sejarah yang kental dengan perkembangan islam, dimana Majalengka sendiri didirikan oleh Raden Sanata, keturunan kerajaan Talaga pada abad ke-17.

Meskipun kondisi Rumah Adat Panjalin ini sudah terlihat rapuh, namun rumah adat ini tetap terlihat indah dan menawan. Wisataan yang datang bisa melihat benda peninggalan sejarah, terutama sejarah penyebaran agama Islam di Jawa Barat.

Indonesia sangat kaya akan keindahan alam dan budayanya, yuk sama-sama menjaga kelestariannya.

Dan alam adalah sebuah bentuk dari kebesaran Tuhan, jangan lupa untuk selalu bersyukur atas segala bentuk karunianya.

Selamat mengunjungi destinasi wisata yang telah kami rekomendasikan.

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN

Lihat! Ibu Ini Membawa 3 Anak Kembarnya Masuk Tahanan, Kak Seto Bela-belain Istri Sambo Agar Tak Dibui, Netizen: Dibayar Berapa Sama Ibu PC?

Perlakuan istimewa dari Ketua Lembaga Perlindungan Anak Indonesia (LPAI) Seto Mulyadi atau akrab disapa Kak Seto terhadap istri Ferdy Sambo,…

15 Tempat Wisata di Kabupaten Tulungagung yang Wajib Dikunjungi

Tulungagung dan Bali menjadi dua tempat yang tidak jauh berbeda, pesona keindahan pantainya menjadi salah satu yang harus Anda kunjungi…

Tinggalkan Anak 11 Bulan Demi Berzina dengan Pria Lain, Seorang Anggota Polisi Pergoki Istrinya Berselingkuh dengan Anak Kepala Desa, Temukan Fakta Mencengangkan di Kamar Hotel

Tinggalkan tanggungjawabnya di rumah, sang suami pergoki istrinya asik dengan pria lain. Tak semua pasangan suami istri bisa menangani masalah…

17 Tempat Wisata di Kabupaten Purworejo yang Wajib Dikunjungi

Purworejo merupakan sebuah Kabupaten di provinsi Jawa Tengah. Kabupaten Purworejo menyimpan banyak destinasi wisata yang sangat menyenangkan dan indah untuk…

Murkanya Bharada E saat Rekonstruksi, Anggap Adegan Versi Tersangka Lain Termasuk Ferdy Sambo Tak Sesuai Fakta: Ada Penolakan

Bharada Richard Eliezer atau Bharada E sempat marah saat rekostruksi kasus pembunuhan berencana Brigadir J digelar. Proses rekonstruksi kasus pembunuhan…

15 Tempat Wisata di Kabupaten Sumenep yang Wajib Dikunjungi

Salah satu kabupaten yang ada di Pulau Madura ini memang memiliki keindahan alam yang luar biasa. Banyak pulau-pulau indah yang…

15 Tempat Wisata di Kabupaten Jember yang Wajib Dikunjungi

Keindahan alam Kabupaten Jember memang membuatnya menyimpan banyak sekali pilihan tempat wisata untuk Anda nikmati. Keindahan pantai-pantai di Jember memang…

Putrinya Kaya Raya hingga Punya Rumah Serba Emas Senilai Rp 20 Miliar, Ibunda Inul Daratista Justru Demen Dandan Sederhana, Begini Gayanya yang Jauh dari Kesan Glamor

Baru-baru ini, potret ibunda Inul Daratista mendadak jadi sorotan netizen. Pasalnya, Ibunda Inul Daratista tampil sangat sederhana meski putrinya seorang…

17 Tempat Wisata di Kabupaten Klaten yang Wajib Dikunjungi

Klaten merupakan kabupaten di Provinsi Jawa Tengah. Dengan pusat pemerintahannya berada di Kota Klaten Kabupaten yang berbatasan dengan provinsi Daerah…

Ditantang Turunkan Salju di Korea dengan Honor Rp 5 M, Mbak Rara Angkat Tangan

Mbak Rarara ditantang untuk menurunkan salju secara sengaja oleh Richard Lee. Siapa sangka jika ia menolk tantangan itu meski diiming-imingi…