15 Tempat Wisata di Kulon Progo yang Wajib Dikunjungi

Kulon Progo merupakan sebuah kabupaten yang berada di Daerah Istimewa Yogyakarta. Tentu ketika Anda mendengar kata Yogyakarta yang Anda ingat adalah keindahan alam dan juga budayanya bukan ?

Ya, berbagai daerah di Yogyakarta memang menyajikan beragam keindahan alam yang membuat siapa saja pasti ingin kembali lagi dan lagi. Kulon Progo juga memiliki banyak sekali pilihan tempat wisata yang dapat Anda kunjungi lho.

Bagi Anda yang tertarik untuk mengunjungi Kulon Progo, berikut ini beberapa tempat wisata yang wajib Anda kunjungi jika berada di Kulon Progo:

1). Waduk Mini Kleco

Waduk Mini Kleco ini memang menjadi salah satu wisata buatan di Kulon Progo. Letaknya yang berada diatas bukit membuat Anda dapat melihat keindahan Kulon Progo dari ketinggian lho.

Selain itu Waduk Mini Kleco sendiri memang memiliki air yang begitu jernih dan menenangkan. Jadi ketika datang ke tempat yang satu ini Anda akan disuguhi air tenang, pemandangan yang indah, dan juga udara sejuk khas ketinggian. Menyenangkan bukan?

2). Kebun Teh Nglinggo

Hamparan kebun teh memang selalu berhasil mengundang para wisatawan berdatangan. Suasana yang sejuk ditambah hamparan hijau yang tersaji begitu memanjakan mata Anda.

Tentu menyenangkan menikmati keindahan alam bersama orang tersayang sambil ber-swafoto untuk mengabadikan momen.

3). Kalibiru

Kalibiru ini merupakan sebuah sungai dengan air tenang yang berwarna biru jernih. Ketika Anda mengunjungi Kalibiru maka Anda akan menemukan hamparan tanaman hijau yang mengelilingi sungai ini.

Tentu tempat yang satu ini menjadi perpaduan alam yang cocok untuk Anda menenangkan diri, melepas penat dari aktivitas sehari-hari.

4). Goa Kiskendo

Goa yang satu ini bukan sekadar goa biasa lho. Goa Kiskendo memiliki ceritanya tersendiri. Sejarah dari goa ini pun sengaja dibuat relief.

Ketika Anda memasuki Goa Kiskendo ini maka Anda akan melihat stalaktit dan juga stalakmit yang masih aktif hingga saat ini. Tidak hanya itu, Anda juga akan menemukan air terjun menyegarkan yang ada di dalam goa.

5). Pantai Trisik

Pantai Trisik menjadi salah satu pantai yang kealamiannya masih sangat terjaga. Tak jarang Anda akan menemukan berbagai burung liar ada di Pantai Trisik.

Bahkan karena masih alami tempat yang satu ini dijadikan tempat pengembangbiakan jenis penyu langka lho. Terbayang bukan bagaimana keindahan pantai yang masih begitu alami?

Dimana hewan dan tumbuhan masih hidup bahagia di tempat ini. Jika Anda berkunjung ke Pantai Trisik jangan lupa untuk menjaga alamnya ya agar tetap asri dan lestari.

6). Pantai Congot

Pemandangan Pantai Congot memang sangat menakjubkan, tak heran banyak wisatawan yang senang berkunjung ke pantai yang satu ini.

Pasir putih, terumbu karang, dan juga pohon kelapa yang berjajar rapih juga dapat Anda temui di Pantai Congot ini. Anda juga dapat menyewa perahu lho untuk memancing di tempat ini.

7). Waduk Sermo

Waduk yang menjadi tandon air bagi sawah-sawah yang berada di Desa Hargowilis ini juga menjadi salah satu tempat yang memiliki pemandangan indah lho.

Airnya yang tenang dan juga berbagai fasilitas yang disediakan menjadi daya tarik tersendiri untuk wisatawan datang berkunjung ke tempat ini.

Bagi Anda yang senang ber-swafoto di tempat ini juga banyak disediakan spot foto yang cukup menarik.

8). Gunung Ijo

Gunung yang memiliki ketinggian 1.000 mdpl ini cocok bagi siapa saja baik yang senang mendaki ataupun tidak.

Bagi Anda yang tidak senang mendaki Anda dapat melalui jalur yang bagus namun agak jauh, nah jika Anda senang mendaki ada jalur yang lebih singkat namun cukup menantang.

Di atas puncak Gunung Ijo ini Anda akan menyaksikan pemandangan alam hijau sejauh mata memandang, tentu sangat memanjakan mata Anda bukan?

9). Puncak Gunung Lanang

Kulon Progo dan pesona alamnya memang begitu menakjubkan. Jika Anda ingin melihat keindahan alam Kulon Progo, Puncak Gunung Lanang cocok untuk Anda jadikan pilihan.

Jalur menuju Puncak Gunung Lanang pun terbilang mudah karena sudah ada tangga untuk Anda naik.

Meski mungkin agak sedikit melelahkan namun melihat keindahan alam Kulon Progo dari ketinggian akan membuat Anda melupakan lelah yang ada.

10). Sungai Progo

Tidak hanya menikmati kesegaran air dari Sungai Progo dan menikmati keindahan air terjunnya saja, di Sungai Progo biasanya para wisatawan melakukan aktivitas Arung Jeram lho.

Meski terbilang ekstrim namun Anda tidak perlu khawatir karena akan ada pemandu yang menjaga Anda dan juga berbagai peralatan pengaman yang Anda gunakan.

11). Puncak Widosari

Ingin merasakan sensasi berkemah di Kulon Progo ? Anda dapat berkemah di Puncak Widosari.

Tidak hanya keindahan tebingnya yang mempesona, sebelum sampai ke tempat ini Anda bahkan akan disuguhkan hamparan kebun teh yang begitu menyejukkan lho.

Jadi berkemah Anda akan lebih menyenangkan dengan adanya perkebunan teh disekelilingnya.

12). Hutan Mangrove Pantai Bugel

Bagi Anda yang tidak ingin berwisata ke tempat yang begitu ramai, Hutan Mangrove Pantai Bugel ini dapat Anda jadikan pilihan.

Meskipun tempat yang satu ini belum seramai tempat wisata yang lainnya, namun pemandangan alamnya tidak kalah indah dibanding tempat wisata lainnya.

Anda bahkan dapat menyantap berbagai olahan laut yang dijual disekitaran Hutan Mangrove Pantai Bugel ini.

13). Bukit Isis Kulon Progo

Bagi Anda yang senang mencari tempat-tempat instagramable, Bukit Isis Kulon Progo ini dapat Anda jadikan pilihan. Keindahan dari bukit ini sendiri bahkan sempat viral lho belakangan ini.

Pemandangan kebun teh yang dinikmati dari ketinggian dan juga udara sejuk yang menyapa tentu menyenangkan untuk melepas penat.

14). Taman Sungai Mudal

Tempat yang tidak pernah surut airnya meskipun dimusim kemarau ini memang menjadi salah satu tempat untuk masyarakat sekitar memenuhi kebutuhan airnya.

Namun karena keindahan alam yang masih begitu asri dan airnya yang berwarna biru jernih, akhirnya banyak wisatawan berdatangan ke tempat ini.

Tidak hanya menikmati alam sekitarnya yang asri Anda juga dapat berenang lho di Taman Sungai Mudal ini.

15). Ayunan Langit Watu Jaran

Bagi Anda yang senang dengan permainan memacu adrenalin, Anda dapat mencoba Ayunan Langit Watu Jaran ini.

Anda akan merasakan sensasi bermain ayunan dari ketinggian, tapi tidak perlu khawatir karena Anda juga akan dilengkapi berbagai alat pengaman agar tetap aman.

Sambil berayun Anda akan melihat pemandangan alam hijau dengan pepohonan rimbun dan juga sawah yang membentang. Tentu akan membuat stress Anda hilang dengan mencoba ayunan ini.

Demikian beberapa rekomendasi tempat wisata di Kulon Progo. Semoga dapat menjadi referensi berwisata Anda. Terima kasih.

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN