15 Tempat Wisata di Kota Surabaya yang Wajib Dikunjungi

Surabaya memang sudah terkenal sebagai Kota Pahlawann karena sejarah pada masa penjajahannya. Namun selain itu banyak lho tempat menarik yang ada di Surabaya. Bahkan Surabaya juga seringkali mengadakan festival besar-besaran ketika ulang tahun.

Meski Surabaya terkenal dengan panas dan juga kesibukannya, namun Surabaya menjadi tujuan yang tepat untuk Anda yang senang berlibur dengan suasana sepi, karena kota ini akan menjadi begitu sepi ketika musim liburan tiba.

Oh ya, serunya Surabaya memiliki banyak pilihan wisata malam yang seru lho. Tertarik untuk berwisata di Kota Surabaya? Berikut ini telah kami rangkum beberapa rekomendasi tempat wisata di Surabaya yang wajib Anda kunjungi:

1. Monumen Kapal Selam

Anda tidak boleh melewatkan tempat yang satu ini. Tidak sekadar melihat kapal selam saja, di tempat yang satu ini Anda juga akan mendapat pengetahuan baru lho, pasalnya Monumen Kapal Selam ini merupakan KRI Pasopati 410 yang dulunya ikut dalam operasi Trikora.

Tidak hanya kapal selamnya saja, masih ada kendaraan militer lainnya yang dipajang di tempat ini. Seru yaa mengenal sejarah sambil melihat peninggalannya secara langsung.

2. Kebun Binatang Surabaya

Wah yang satu ini juga tidak boleh Anda lewatkan. Masyarakat Surabaya sendiri seringkali menyebut Kebun Binatang Surabaya ini dengan sebutan Bonbin.

Kebun Binatang seluas 15 hektar ini memang cocok untuk berwisata bersama keluarga. Tidak sekadar melihat berbagai jenis koleksi hewannya saja, tak jarang Kebun Binatang Surabaya ini mengadakan pertunjukan yang seru lho.

3. Hutan Bambu Keputih

Tempat wisata yang satu ini juga sempat viral lho belakangan ini. Tempat yang dulunya merupakan tempat pembuangan sampah ini akhirnya dirawat dan ditanami puluhan pohon bambu.

Saat ini justru tempat ini sudah sangat terkenal dengan keindahannya, banyak juga orang-orang berfoto di Hutan Bambu Keputih karena dianggap instagramable.

Nah, dimanapun tempatnya ternyata akan menjadi indah yaa kalau kita jaga alamnya. Jadi jangan lupa untuk tetap menjaga alam ini yaa!

4. Kenjeran Park Surabaya

Kenjeran Park juga menjadi salah satu tempat wisata yang tidak boleh Anda lewatkan. Di tempat yang satu ini Anda akan menemukan pantai indah bernama Pantai Kenjeran.

Tidak hanya itu saja lho, ada Patung Dewi Kwan Im, Pagoda Tian Ti, dan juga Klenteng Sanggar Agung.

Setelah puas menjelajah Kenjeran Park, Anda dapat menyantap berbagai kuliner yang ada di warung-warung sekitaran Kenjeran Park ini.

5. Kampung Bulak

Akhir-akhir ini memang banyak sekali yang membuat sebuah kampung menjadi warna-warni dan terlihat menarik. Nah di Kota Surabaya juga Anda dapat menemukan pemukiman penduduk dengan cat warna-warni mencolok lho.

Kampung Bulak namanya, kampung ini berada tidak jauh dari Kenjeran Park. Tidak hanya warna-warni rumah warga saja yang menarik perhatian, di kampung ini juga disediakan berbagai pilihan spot instagramable untuk Anda gunakan.

6. Kebun Bibit

Kebun Bibit juga menyediakan fasilitas wisata yang lengkap lho untuk Anda dan buah hati. Tidak hanya keindahan alamnya saja, ada juga beberapa rusa yang hidup di tempat ini.

Selain itu terdapat area outbound dan juga playground yang pastinya membuat anak Anda bahagia di tempat ini. Belum lagi udaranya yang sejuk pasti membuat Anda dan keluarga betah berlama-lama.

7. Museum House of Sampoerna

Anda tentu tidak asing dengan sampoerna kan ? Ya, sebuah brand rokok ini memang memiliki museum yang didalamnya menunjukan bagaimana keadaan dalam pabriknya.

Anda dapat menemui berbagai alat produksi, alat laboratorium, dan bahkan bahan-bahannya seperti cengkeh lho. Bahkan menariknya Anda juga dapat mengelilingi museum yang satu ini menggunakan bus.

Namun karena ini merupakan museum dari pabrik rokok, jadi tentunya pengunjung haruslah berusia 17 tahun keatas, jadi Anda harus masuk dengan menunjukkan KTP yaa.

8. Taman Kunang-Kunang

Pernah melihat kunang-kunang ? Ya, binatang yang memancarkan cahaya dimalam hari itu. Nah taman yang satu ini juga dinamai Taman Kunang-Kunang karena memiliki banyak sekali lampu yang cahayanya mirip dengan segerombolan kunang-kunang lho.

Untuk menikmati keindahannya ini, Anda disarankan untuk berkunjung dimalam hari yaa, jangan lupa juga untuk menggunakan outfit menarik agar bagus ketika diabadikan dalam kamera.

9. Ciputra Waterpark

Kota Surabaya memang terkenal dengan udaranya yang cukup panas yaa. Nah Ciputra Waterpark ini menjadi salah satu tempat wisata yang tepat untuk Anda menyegarkan badan dari panasnya Surabaya.

Banyak wahana permainan air yang menarik untuk Anda coba di Ciputra Waterpark ini, seperti kolam arus, seluncuran, dan masih banyak pilihan wahana lainnya.

10. Masjid Muhammad Cheng Hoo

Pernah mendengar nama masjid yang satu ini ? Masjid Muhammad Cheng Hoo memang cukup terkenal karena keunikannya.

Tidak seperti masjid pada umumnya, masjid yang satu ini justru memiliki arsitektur khas Tiongkok lho.

Tak heran jika masjid yang satu ini selalu ramai dikunjungi para wisatawan, selain untuk beribadah banyak juga diantara mereka yang ber-swafoto di masjid ini karena keunikannya.

11. Pelabuhan Tanjung Perak

Tidak seperti pelabuhan pada umumnya, Pelabuhan Tanjung Perak memang dibuat begitu indah agar menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.

Selain tiupan angin yang menyapa, dari Pelabuhan Tanjung Perak Anda juga dapat menikmati indahnya senja berwarna jingga yang begitu mempesona lho.

12. Surabaya North Quay

Surabaya memang memiliki banyak sekali tempat wisata unik yang juga menarik. Surabaya North Quay ini berada di Pelabuhan Tanjung Perak, menariknya tempat yang satu ini dihiasi berbagai lampu cantik lho.

Jadi akan lebih indah lagi jika Anda mengunjunginya di malam hari. Tidak sekadar menikmati indahnya lampu warna-warni saja, banyak juga permainan yang dapat Anda coba di tempat ini. Cukup menarik bukan ?

13. Museum Sepuluh Nopember

Anda tentu tau bahwa Surabaya memang dijuluki sebagai Kota Pahlawan. Hal ini juga yang mendorong adanya Museum Sepuluh Nopember ini, dimana pada 10 November merupakan peringatan Hari Pahlawan.

Museum yang satu ini juga memiliki banyak benda peninggalan perang lho, mulai dari pakaian sampai senjata yang digunakan para pahlawan Indonesia.

Menarik ya? Anda dapat berwisata sambil mengetahui tentang perjuangan para pahlawan bangsa, jadi tambah cinta deh pada negara sendiri.

14. Museum Kesehatan Dr. Adhyatma

Surabaya juga memiliki Museum Kesehatan lho. Museum yang satu ini sangat cocok bagi Anda yang ingin berwisata edukasi.

Museum Kesehatan Dr. Adhyatma sendiri memiliki tiga buah ruangan dimana di ruangan pertama Anda akan menemukan tentang sejarah dunia medis di Indonesia, sedangkan di ruangan kedua ada berbagai inovasi dari alat kesehatan mulai dari alat kesehatan zaman dulu hingga alat kesehatan yang saat ini digunakan, dan di ruangan ketiga Anda akan menemukan berbagai hal-hal mistis yang biasa dihubungkan dengan dunia medis.

Wah menarik ya? Tidak hanya tentang medisnya saja, ada juga mistis yang dapat kita ketahui kebenarannya di museum ini.

15. Surabaya Carnival Night Market

Tempat yang satu ini juga tidak boleh Anda lewatkan. Surabaya Carnival Night Market ini memang menarik untuk dikunjungi. Banyak sekali berbagai wahana permainan menarik yang dapat Anda coba di tempat ini.

Selain itu banyak juga lho kuliner kaki lima nikmat yang berjajar di Surabaya Carnival Night Market ini. Pasti seru ya? Apalagi jika berkunjung bersama orang-orang tersayang.

Demikian beberapa rekomendasi tempat wisata di Kota Surabaya. Semoga dapat menjadi referensi berwisata Anda. Terima kasih.

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN