17 Tempat Wisata di Kota Serang yang Wajib Dikunjungi

Kota Serang memiliki banyak destinasi wisata pantai yang indah, serta wisata sejarah yang juga tidak kalah serunya.

Kota Serang ini bertabatas langsung dengan Laut Jawa, hal itu pula yang membuatnya memiliki destinasi wisata alam yang sangat menyegarkan mata.

Letaknya yang hanya memerlukan waktu sekitar dua jam dari jakarta, membuat Kota Serang menjadi salah satu kota yang diminati oleh para wisatawan.

Berikut telah kami rangkum beberapa tempat wisata di Kota Serang yang wajib Anda kunjungi:

1). Danau Tasikardi dan Pulau Kaputren

Lokasi: Jl. Banten Lama, Pegadingan, Kec. Kramatwatu, Serang, Banten.

Danau Tasikardi merupakan danau buatan yang memiliki pesona seperti danau alami. Danau ini adalah bekas peninggalan kerajaan Banten Lama yang juga menjadi sumber air bersih Kota Surosowan, Banten Lama.

Adapun Pulau Kaputren yang merupakan sebuah pulau kecil yang berada di tengah Danau Tasikardi. Berdasarkan cerita masyarakat, pulau ini adalah tempat tempat Ibunda Sultan Maulana untuk beribadah dan bertafakur.

Terletak jauh dari keramaian kota, membuat suasana tenang yang membuat tempat ini cocok dijadikan sebagai destinasi wisata keluarga.

2). Benteng Speelwijk

Lokasi: Kampung Pamarican, Banten, Kec. Kasemen, Kota Serang, Banten.

Tempat wisata bernama Benteng Speelwijk ini akan memberikan Anda ilmu sejarah mengenai kejayaan Belanda di Banten.

Dimana Benteng Speelwijk ini adalah sebuah peninggalan penjajah Belanda untuk menghadapi serangan rakyat Banten.

Pada setiap sudut bangunan terdapat menara pengintai yang bisa langsung melihat ke arah kota Banten Lama. Saat ini, hanya tersisa satu menara pengintai yang masih tersisa.

Walau telah berdiri dari sejak kejayaan Belanda, namun Benteng ini tetap terlihat kokoh dengan dikelilingi parit selebar 10 meter.

3). Keraton Kaibon

Lokasi: Kasunyatan, Kasemen, Kota Serang, Banten.

Wisata sejarah lainnya yang ada di Kota Serang adalah Keraton Kaibon. Dengan mengunjungi Keraton Kaibon, Anda akan melihat kemegahan dari Kerajaan Banten Lama yang masih banyak menarik minat wisatawan.

Berdasarkan cerita masyarakat, konon Keraton ini dibangun di atas air dan memiliki sebuah kanal sebagai sarana transportasi menuju Istana Surosowan.

Bentuk bangunannya yang unik menjadikan tempat ini seringkali dijadikan sebagai spot foto dengan panorma alam disekitarnya yang juga indah.

4). Istana Surosowan

Lokasi: JL. Mesjid Agung Banten, Banten, Kasemen, Kota Serang, Banten.

Lokasi Istana Surosowan ini berdekatan dengan Masjid Agung Banten Lama. Walau Istana Surosowan ini hampir rata dengan tanah, sehingga cukup sulit untuk dibayangkan bagaimana bentuk aslinya, namun pesona alam yang tersaji di Istana Surosowan tetap layak untuk dinikmati, terutama dijadikan tempat bersantai untuk keluarga.

Dengan padang rumput di sekeliling istana, anak-anak bebas bermain sambil menikmati semilir angin dari dari Pelabuhan Banten Lama.

Kemegahan dari istana ini dapat dilihat dari beberapa kolam dan sumur yang menggambarkan teknologi tingkat tinggi kerajaan Banten Lama pada masanya.

5). Masjid Agung Banten Lama

Lokasi: Komplek Masjid Agung Banten RT/RW 001/011, Banten, Kec. Kasemen, Kota Serang, Banten.

Masjid Agung Banten Lama memiliki menara yang mirip mercusuar, masjid yang menjadi ikon Kota Serang ini tidak pernah sepi pengunjung.

Selain karena memiliki arsitektur unik yang disusun dengan susunan atap bertingkat lima mirip dengan desain sebuah pagoda.

Dengan menaiki menara Masjid Agung Banten Lama, Anda bisa menikmati pemandangan lautan lepas dan pelabuhan Banten yang indah.

6). Pantai Anyer

Lokasi: Kec. Anyar, Kota Serang, Banten.

Pantai Anyer sendiri tidak hanya satu, melainkan merupakan jajaran pantai yang membentang di sepanjang garis perbatasan Kota Serang sisi barat laut.

Beberapa pantai yang terkenal diantaranya Pantai Pasir Putih Sirih, Pantai Karang Bolong dan Pantai Sambolo yang terkenal dengan mercusuar Cikonengnya.

Deretan Pantai Anyer ini bisa jadi tempat yang pas untuk berburu pemandangan senja indah di ujung barat pulau Jawa. Bayangkan bagaimana indahnya panorama yang tersaji di pantai ini.

Batuan karang, pasir yang halus, dengan air laut dan ombaknya akan membuat siapapun yang datang tidak ingin berpijak.

7). Curug Cigumawang

Lokasi: Bugel, Padarincang, Kota Serang, Banten.

Curug Cigumawang memiliki ketinggian 40 meter yang menyajikan pemandangan air terjun yang sangat memesona.

Pemandangan di sekitar Curug Cigumawang berupa pepohonan rindang dan bebatuan, akan membuat Anda merasa tenang, sejuk, dan segar.

Anda juga bisa menjadikan Curug Cigumawang sebagai tempat perkemahan dan panjat tebing.

8). Masjid Pecinan Tinggi

Lokasi: Jl. Vihara – Karangantu No.57, Banten, Kec. Kasemen, Kota Serang, Banten.

Masjid Pecinan Tinggi yang terkenal dengan sebuatan Masjid Tanpa Kubah ini merupakan masjid peninggalan kaum muslim Tionghoa di daerah Serang.

Hanya tersisa bagian mihrab berbentuk menara persegi dengan dominasi warna putih yang unik. Lokasi Masjid Pecinan Tinggi ini tidak jauh dari Istana Surosowan.

9). Gunung Pinang

Lokasi: Sukadalem, Waringinkurung, Serang, Banten

Gunung Pinang memiliki panorama alam yang sangat indah dan menyejukkan mata. Bagimana tidak, di Gunung Pinang Anda akan melihat pemandangan alam yang hijau dari atas ketinggian.

Tidak hanya itu, Anda juga bisa menikmati beragam spot foto yang menarik. Dan jika Anda ingin mencoba sensasi trek downhill Gunung Pinang yang sudah populer, silakan untuk mencobanya sebagai sebuah pengalaman baru.

10). Pemandian Cirahab

Lokasi: Sawah Luhur, Kasemen, Kabupaten Serang, Provinsi Banten.

Kolam pemandian akan membuat tubuh Anda releks, Anda akan mendapati kolam dan pemandian alam yang jernih.

Air dari pemandian ini bersumber dari pegunungan sehingga terasa menyegarkan. Dan sepanjang perjalanan menuju lokasi, Anda akan disuguhi pemandangan hijau persawahan dan areal pedesaan.

11). Arung Jeram Tubing Cikalumpang

Lokasi: Desa Kadu Bereum, Padarincang, Kabupaten Serang, Provinsi Banten.

Jika Anda merupakan seseorang yang suka memicu adrenalin, tempat wisata yang satu ini patut Anda coba.

Untuk bisa sampai di lokasi arung jeram, Anda perlu berjalan kaki sejauh satu kilometer dari tempat parkir kendaraan.

Pilih paket arung jeram berdasarkan jarak tempuh yang Anda inginkan, semakin jauh jarak yang Anda lalui maka akan semakin seru dan pastinya akan sangat menguji adrenalin.

Selain dapat melakukan arung jeram, di sini Anda juga bisa melakukan aktivitas memanjat tebing.

12). Pantai Sambolo

Lokasi: Jl. Raya Anyer, Bandulu, Serang, Banten.

Pantai Sambolo merupakan salah satu tempat wisata di Serang yang selalu ramai. Pantai Sambolo menyajikan pemandangan pantai yang landai dan bebas karang, dan hal tersebut menjadi keunikan tersendiri di pantai ini.

Terdapat berbagai permainan air yang bisa Anda sewa di sini, seperti ATV, speed boat, parasailing, snorkeling, jet ski hingga donat boat.

13). Pantai Marina Anyer

Lokasi: Desa Karang Suraga, Kecamatan Cinangka, Kabupaten Serang, Banten.

Pantai Marina Anyer merupakan sebuah pantai yang berada di Cinangka Serang dan menyajikan pemandangan pantai yang begitu indah.

Saat berada di pantai Marina Anyer, Anda bisa mencoba berbagai wahana olahraga air yang cukup lengkap dibandingkan di pantai lainnya yang ada di Serang.

Pantai Marina Anyer menyajikan suasana pantai yang begitu khas. Terlebih di sekitaran pantai terdapat aneka penjual hidangan khas laut yang disajikan oleh penduduk setempat.

14). Danau Kaolin

Danau Kaolin merupakan danau yang tercipta akibat galian tambang. Galian tambang memanglah sebuah aktivitas yang merusak alam, namun tidak dapat dipungkiri selalu bekas dari galian tambang ini selalu menyisakan landscape yang unik dan indah.

Begitu pula dengan bekas galian tambang pasir yang ada di Ciomas, Serang. Tidak hanya memunculkan danau unik, namun juga perbukitan berbatu yang mirip dengan yang ada di Danau Kaolin Pulau Bangka.

15). Pulau Lima

Pulau Lima adalah pulau dengan pasir putih dan kawasan hutan mangrove yang sangat elegan dan indah.

Anda perlu melakukan perjalanan menggunakan kapal selama 20 menit dari Pelabuhan Karangantu Banten Lama di Kota Serang, untuk bisa sampai di Pulau Lima ini. Fasilitas wisata dan beberapa warung juga telah tersedia di pulau ini.

16). Rumah Hutan

Dari namanya saja, pasti Anda sudah bisa membayangka bagaimana sejuk dan indahnya.

Di sini Anda bisa menikmati pemandangan aneka pondok kayu dengan berbagai fungsi yang dibangun dengan cantik di kawasan hutan Gunung Sayar, Kampung Cidampit.

Kawasan yang dulunya terkenal sebagai tempat angker ini, kini telah menjadi tempat wisata favorit keluarga.

17). Hutan Kayu Putih Kragilan

Deretan pohon kayu albasia yang berjajar rapi menampilkan pesona alam yang sangat meneduhkan pandangan.

Warga setempat menyebutnya hutan kayu putih karena kulit kayu dari tanaman hutan ini berwarna putih.

Indonesia sangat kaya akan keindahan alam dan budayanya, yuk sama-sama menjaga kelestariannya. Dan alam adalah sebuah bentuk dari kebesaran Tuhan, jangan lupa untuk selalu bersyukur atas segala bentuk karunianya. Selamat mengunjungi destinasi wisata yang telah kami rekomendasikan.

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN

17 Tempat Wisata di Sukabumi yang Wajib Dikunjungi

Sukabumi adalah sebuah kota di Provinsi Jawa Barat, dan menjadi salah-satu kota dengan luas wilayah terkecil di Jawa Barat. Namun…

Contoh Soal CPNS Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia (Kementerian LHK)

Dikenal memiliki banyak kelebihan, dibanding profesi lainnya. Pegawai Negeri Sipil masih menjadi sebuah profesi yang diidam-idamkan oleh banyak orang di…

20 Tempat Wisata di Jawa Tengah yang Wajib Dikunjungi

Provinsi Jawa Tengah yang memiliki 29 kabupaten dan 6 kota ini dikenal sebagai “jantung” dari budaya Jawa. Tidak heran jika…

Belum Bisa Menelan, Begini Wajah Baru Lucinta Luna Hasil Operasi Potong Jakun

Lucinta Luna menjadi sorotan lantaran baru saja melakukan serangkaian operasi plastik di Korea Selatan. Mulai dari operasi jakun, tulang ekor,…

Contoh Soal CPNS Kementerian PPN/Bappenas

Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional Republik Indonesia/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Kementerian PPN/Bappenas) berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Presiden. Kementerian…

Niat Sholat Jumat dan Tata Cara Pelaksanaannya

Sholat jumat adalah salah satu sholat wajib yang dilakasanakan pada hari jumat di waktu dzuhur. Hukum sholat jumat adalah wajib…

Contoh Buku Agenda Surat Masuk dan Keluar

Surat menyurat dalam suatu instansi baik itu perkantoran, lembaga ataupun instansi adalah auatu hal yang tidak bisa dianggap sepele. Pasalnya,…

Hasil Test Pack Positif Hamil, Hati Venna Melinda Hancur Usai Periksa ke Dokter, Ferry Irawan Telan Kecewa: Keluarga Terlanjur Heboh

Kabar tak terduga datang dari pasangan Venna Melinda dan Ferry Irawan. Saat bulan madu di Bali, Venna Melinda sempat melakukan…

Satu Indonesia Batal Bersorak! Nikita Mirzani Malah Diperbolehkan Pulang Setelah Ditangkap, Polisi Bilang Alasannya Begini: Nikita Minta Perkara Ini Dihentikan!

Satu Indonesia batal bersorak setelah Nikita Mirzani diketahui ditangkap polisi di daerah Senayan. Namun faktanya, ia sama sekali tidak ditahan…

Inez Gonzale Tuntut 4 Aset dari Suami Zaskia Gotik, Salah Satunya Milik Mantan Istri Pertama Sirajuddin Mahmud, Imel PC: Banyakan Dia dari Harta Gono-gini

Dalam tuntutannya, model Inez Gonzales juga meminta aset dari Sirajuddin Mahmud suami Zaskia Gotik. Sosok Inez Gonzales model asal Yogyakarta…