15 Tempat Wisata di Kota Probolinggo yang Wajib Dikunjungi

Kota Probolinggo memang terkenal sebagai Kota Seribu Taman, tak heran jika Anda dapat menemukan banyak sekali taman-taman indah yang ada di Kota Probolinggo.

Tidak hanya taman-tamannya saja, banyak juga tempat wisata menarik yang dapat Anda temukan di Kota Probolinggo ini. Kota Probolinggo juga bahkan memiliki budaya yang menarik lho untuk diketahui.

Bagi Anda yang tertarik untuk berwisata di Kota Probolinggo, berikut ini telah kami rangkum beberapa tempat wisata di Probolinggo yang wajib Anda kunjungi:

1. Patung Kuda Cipta Wilaha

Jangan lewatkan salah satu tempat keren di Kota Probolinggo ini. Patung Kuda Cipta Wilaha ini bahkan menjadi patung kuda terbesar kedua lho di dunia.

Tidak sekadar patung kuda saja, pemandangan di tempat ini pun sangat menawan karena memiliki latar belakang pantai utara dan hutan mangrove hijau yang begitu menyegarkan.

Satu hal yang tidak boleh terlupakan jika berkunjung ke tempat yang satu ini adalah ber-swafoto, dijamin hasil foto Anda akan sangat instagenic.

2. Taman Wisata Study Lingkungan

Taman Wisata Study Lingkungan atau yang biasa disebut sebagai TWSL ini memang menjadi tempat wisata yang tepat untuk mengajak keluarga berwisata bersama.

Di tempat ini Anda juga dapat mengenalkan kepada buah hati tentang lingkungan yang sehat.

TWSL juga memiliki banyak sekali jenis satwa dan juga tanaman yang menarik untuk Anda lihat. Menariknya, di tempat ini Anda juga dapat ber-swafoto bersama patung-patung binatang lho.

3. Wisata BJBR

Nah yang satu ini juga merupakan salah satu tempat wisata unggulan yang ada di Kota Probolinggo.

Lokasinya yang berada di Pelabuhan PPP Mayangan ini memang memiliki banyak hal menarik, mulai dari keindahan alamnya, beberapa spot foto yang instagramable, dan masih banyak lagi fasilitas lainnya yang dapat Anda gunakan. Tak heran jika Wisata BJBR ini tidak pernah sepi dikunjungi para wisatawan.

4. Pelabuhan Tanjung Tembaga

Pelabuhan Tanjung Tembaga juga menjadi salah satu tempat yang tidak boleh Anda lewatkan selama berada di Kota Probolinggo. Pemandangan Gili Ketapang yang ada di seberang pelabuhan ini memang begitu mempesona.

Tidak sekadar menikmati pemandangannya saja Anda juga dapat memancing sambil menyaksikan pembuatan kapal lho. Oh ya, jangan lewatkan momen senja ditempat ini yaa, karena akan membuat Anda terkagum-kagum.

5. Benteng Mayangan

Benteng Mayangan juga menjadi salah satu tempat wisata sejarah yang menarik untuk Anda kunjungi.

Benteng ini menjadi saksi perjuangan bangsa Indonesia khususnya masyarakat Probolinggo dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

Menariknya justru selain mengingat perjuangan bangsa Indonesia, di area Benteng Mayangan juga ada kedai kopi unik yang patut untuk Anda kunjungi.

6. Kolam Renang Banyuangga

Kolam Renang Banyuangga merupakan kolam renang pertama lho yang ada di Kota Probolinggo.

Kolam renang dengan dua kolam pilihan yaitu anak dan dewasa ini memang menjadikan tempat yang satu ini cocok untuk Anda membawa anak-anak ke tempat ini.

Poin plus dari kolam renang yang satu ini adalah kebersihannya yang begitu terjaga, jadi Anda tidak perlu khawatir deh.

7. Museum Probolinggo

Tentu tidak lengkap rasanya berkunjung ke Probolinggo tanpa mengunjungi museumnya.

Museum yang satu ini memiliki banyak sekali benda bersejarah yang berkaitan dengan Kota Probolinggo.

Tempat wisata edukasi ini sangat cocok sekali untuk Anda kunjungi bersama keluarga sambil menambah wawasan.

8. Sungai Pekalen

Sungai Pekalen memang sudah sangat terkenal dengan aliran airnya yang begitu deras, tak heran jika tempat yang satu ini sangat cocok untuk dijadikan tempat arung jeram.

Belum lagi dengan adanya bebatuan besar, menambah keseruan arung jeram di Sungai Pekalen ini. Menariknya sungai ini melintasi tiga kecamatan lho, yaitu Kecamatan Gading, Tiris, dan juga Maron.

Oh ya, ketika hujan tiba kegiatan di Sungai Pekalen harus dihentikan ya karena memang berbahaya.

9. Pantai Bentar

Pantai yang satu ini tidak sekadar menawarkan Anda keindahan pantainya yang eksotis saja lho. Banyak fasilitas lainnya seperti area outbound, mini zoo, taman bermain, dan juga tempat memancing.

Pantai Bentar juga memiliki beberapa spot instagramable lho yang dapat Anda gunakan untuk berswafoto. Tak heran jika Pantai Bentar tidak pernah sepi dikunjungi para wisatawan.

10. Air Terjun Kedung Amis

Kota Probolinggo juga memiliki air terjun yang mempesona lho. Uniknya, Air Terjun Kedung Amis ini mengalirkan airnya ke Air Terjun Watu Larang dan Air Terjun Sumber Pakis II.

Untuk menikmati keindahan Air Terjun Kedung Amis Anda disarankan untuk berangkat di pagi hari karena perjalanannya yang cukup jauh dan akses jalannya yang terbilang menantang.

Namun tidak perlu khawatir, karena keindahan yang akan Anda dapat pun pasti berhasil menghilangkan rasa lelahnya perjalanan.

11. Air Terjun Darungan

Tidak kalah indah dari Air Terjun Kedung Amis, Air Terjun Darungan juga tidak boleh Anda lewatkan.

Keindahan aliran air terjun yang menyegarkan dan alam hijau yang menyejukkan memang menjadi perpaduan sempurna untuk melepas penat yang ada.

Namun jika Anda ingin berkunjung ke air terjun yang satu ini pastikan cuaca sedang baik yaa, karena ketika cuaca buruk Air Terjun Darungan akan ditutup untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

12. Danau Ronggojalu

Tidak ingin melewati akses jalan yang sulit tapi ingin menikmati keindahan alam ? Anda dapat berkunjung ke Danau Ronggojalu ini, danay dengan pepohonan hijau yang mengelilinginya memang begitu mempesona.

Udaranya yang cukup sejuk ditambah pemandangan air di danau yang menyegarkan pasti membuat Anda betah berlama-lama di tempat yang satu ini.

13. Museum Dr. Mohammad Saleh

Dr. Mohammad Saleh memang begitu terkenang bagi warga Probolinggo. Dokter pertama yang menjadi pemimpin RSUD Probolinggo ini akhirnya dibuatkan museumnya sendiri.

Didalamnya terdapat banyak peralatan kesehatan yang digunakan beliau semasa hidupnya. Tempat yang satu ini sangat cocok bagi Anda atau mungkin anak Anda yang tertarik untuk menjadi dokter.

14. Masjid Tiban Babussalam

Anda tentu tidak boleh melupakan kewajiban untuk beribadah meskipun sedang berwisata. Nah Masjid Tiban Babussalam ini menjadi salah satu masjid yang kami rekomendasikan untuk Anda.

Menariknya menurut kabar yang beredar masjid yang sudah ada sejak tahun 1600 ini muncul secara misterius lho, bahkan pendiri masjid ini tidak pernah diketahui sampat saat ini.

Arsitekturnya yang bergaya khas arsitektur kuno pun memang menjadi pesona tersendiri dari masjid yang satu ini.

15. Alun-Alun Probolinggo

Meski Anda dapat menemukan alun-alun disetiap daerah, namun Kota Probolinggo memiliki alun-alun yang cukup menarik untuk Anda kunjungi.

Udaranya yang sejuk ditambah dengan pepohonan berbunga yang cantik menjadikan tempat yang satu ini berhasil menarik perhatian para wisatawan. Anda juga akan menemukan berbagai fasilitas penunjang lainnya yang ada di alun-alun ini.

Bahkan jika Anda berkunjung ke Alun-Alun Probolinggo pada malam hari Anda akan menemukan banyak jajaran pedagang kaki lima yang menawarkan kuliner lezat yang dapat Anda nikmati lho.

Demikian beberapa rekomendasi tempat wisata di Kota Probolinggo. Semoga dapat menjadi referensi berwisata Anda. Terima kasih.

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN