15 Tempat Wisata di Kota Pasuruan yang Wajib Dikunjungi

Kota Pasuruan memang sudah cukup terkenal dengan julukan Kota Santri. Masyarakatnya yang religius memang menjadi alasan utama dari terciptanya julukan ini.

Meski Kota Pasuruan terbilang sebagai daerah yang cukup kecil, namun Anda juga dapat menemukan beberapa pilihan tempat wisata lho di Kota Pasuruan.

Jika Anda tertarik berwisata di Kota Pasuruan, berikut ini telah kami rangkum beberapa rekomendasi tempat wisata yang ada di Pasuruan:

1. Taman Gor Untung Suropati

Taman Gor Untung Suropati dapat Anda jadikan pilihan pertama untuk dikunjungi jika sampai di Kota Pasuruan.

Tempat yang satu ini sangat cocok untuk Anda ber-swafoto bersama, di taman ini juga Anda akan melihat bangunan iconic berupa menara jam gadang yang berdiri gagah di taman ini.

Jika malam hari, Taman Gor Untung Suropati juga menjadi tempat wisata kuliner dengan berbagai pilihannya lho.

2. Taman Pekuncen

Kota Pasuruan memang memiliki banyak pilihan wisata murah yang dapat Anda kunjungi.

Taman Pakuncen juga memiliki udara sejuk dengan warna-warni bunga yang menambah kecantikannya.

Tidak hanya itu saja, ada juga berbagai wahana permainan yang menambah keseruan di Taman Pekuncen ini.

Bahkan tidak jarang Taman Pekuncen dijadikan tempat untuk melakukan kegiatan komunitas-komunitas yang ada di Kota Pasuruan lho.

3. Taman Sekargadung

Nah Taman Sekargadung juga dapat Anda jadikan pilihan tempat wisata murah selanjutnya.

Tidak sekadar pepohonan hijau yang meneduhkan dan kursi-kursi yang berjajar, taman yang satu ini juga dilengkapi dengan WiFi lho.

Tak heran jika Taman Sekargadung ini selalu ramai dikunjungi para pemuda Kota Pasuruan ini.

4. Taman Hayati

Nah kalau taman yang satu ini sangat cocok untuk dijadikan tempat mengosongkan pikiran, melupakan sejenak aktivitas yang ada di depan mata.

Jajaran tempat duduk yang dilengkapi dengan atap ditambah lagi tumbuhan hijau yang tumbuh di tempat ini memang cocok sekali untuk bersantai ditemani dengan tiupan angin.

5. Pantai Panggung Pasuruan

Bosan berwisata di taman ? Anda harus mengunjungi taman yang satu ini. Pantai pasir cokelat ini memang memiliki daya tarik tersendiri.

Keadaannya yang belum begitu terkenal juga membuat pantai yang satu ini tidak begitu ramai, sangat cocok bagi Anda yang tidak terlalu senang dengan keramaian.

Uniknya, di Pantai Panggung ini ketika air laut surut maka Anda akan melihat hamparan pasir pantai basah yang mirip seperti lumpur lho.

6. Danau Ranu Grati

Danau Ranu Grati memang cukup terkenal dengan misterinya, konon katanya dulu pernah ada tentara Belanda yang menghilang bersama dengan tank amfibinya, menariknya justru di dasar danau ini ditemukan lubang besar berbentuk kerucut terbalik. Namun memang cerita ini masih menjadi misteri hingga saat ini

Terlepas dari cerita misterinya, danau yang satu ini memang cukup luas dan indah, banyak pengunjung yang menghabiskan waktu di danau ini sambil memancing, atau bahkan Anda dapat berkeliling danau baik dengan perahu ataupun sepeda air.

7. Saygon Night Park

Salah satu wisata malam yang tidak boleh Anda lewatkan selama berada di Kota Pasuruan adalah Saygon Night Park.

Banyak fasilitas permainan yang dapat Anda coba di tempat ini, mulai dari trampoline, rumah balon, bioskop 6D, roller coaster, dan masih banyak lagi pilihan lainnya.

Menariknya lagi Saygon Night Park ini juga memiliki banyak cahaya lampu warna-warni lho.

8. Taman Safari Prigen

Tempat wisata yang satu ini sangat cocok untuk dikunjungi bersama keluarga. Taman Safari Prigen atau yang disebut juga sebagai Taman Safari Indonesia 2 ini memang memiliki konsep yang hampir sama dengan Taman Safari Indonesia.

Menariknya justru Taman Safari Prigen menjadi taman safari terluas dengan koleksi satwa langka di Asia lho.

Tidak sekadar berkeliling melihat berbagai jenis satwa saja, di tempat ini juga terdapat fasilitas lainnya seperti area berkemah, restaurant, dan bahkan ada juga hotel lho.

9. Candi Gunung Gangsir

Jangan lupa untuk mengunjungi salah satu tempat wisata bersejarah yang satu ini. Candi Gunung Gangsir sendiri merupakan candi terbesar yang ada di Kota Pasuruan.

Menurut masyarakat setempat Candi Gunung Gangsir memiliki banyak benda berharga didalamnya, hal ini akhirnya justru membuat banyak tangan-tangan usil menggali candi yang satu ini karena penasaran akan apa yang ada di dalamnya. Nah jika Anda berkunjung ke Candi Gunung Gangsir ini tetap jaga keasliannya yaa.

10. Candi Belahan

Nah selain Candi Gunung Gangsir, Candi Belahan juga tidak boleh Anda lewatkan. Candi yang telah ada sejak tahun 1009 ini memang memiliki berbagai cerita dibaliknya, salah satunya adalah tentang larangan perempuan memasuki kawasan Candi Belahan karena disebut-sebut akan mendapat malapetaka.

Namun meski begitu, hingga hari ini masih banyak saja wisatawan yang berkunjung ke candi yang satu ini.

11. Kebun Apel Khrisna

Meskipun Pasuruan memang bukan daerah penghasil buah apel, namun ada perkebunan apel seluas 1100 hektar yang wajib Anda kunjungi jika berada di Pasuruan.

Di tempat yang satu ini Anda akan mendapat pengetahuan sekaligus pengalaman baru yaitu tentang cara pengembangbiakan pohon apel, Anda juga bahkan dapat memanen apelnya secara langsung lho. Pasti seru deh apalagi mengajak anak-anak berwisata bersama ke tempat ini.

12. Bukit Red Flower

Bukit Red Flower merupakan perbukitan dengan hamparan pohon pinus yang begitu eksotis, Anda juga dapat melihat pemandangan Gunung Arjuno dari Bukit Red Flower ini.

Menariknya di tempat ini juga Anda akan menemukan kebun petik strawberry lho. Tidak hanya itu saja, sudah banyak spot foto yang disediakan di tempat ini untuk Anda ber-swafoto.

13. Cafe Kangen Pasuruan

Meskipun yang satu ini merupakan tempat wisata kuliner, namun keindahan alam yang disuguhkan pun akan membuat Anda betah berlama-lama di cafe yang satu ini.

Tempatnya yang berada di tengah-tengah hutan pinus membuat Cafe Kangen ini memiliki udara yang begitu sejuk, selain itu banyak santapan lezat yang dapat Anda nikmati bersamaan dengan keindahan alam yang disuguhkan.

14. Kedai Hutan Cempaka

Selain Cafe Kangen, Pasuruan juga memiliki wisata kuliner lainnya lho. Sama seperti Cafe Kangen, Kedai Hutan Cempaka ini juga menawarkan keindahan alam yang luar biasa.

Tempatnya pun berada di tengah-tengah hutan hijau dilengkap dengan berbagai kerlipan cahaya lampu yang menambah keeksotisan alamnya.

Bayangkan betapa menyenangkannya menikmati segelas kopi di alam terbuka ditemai dengan live music.

15. Ngopi Wenk Jurang

Jika Kedai Hutan Cempaka berada di tengah-tengah hutan. Nah Ngopi Wenk Jurang ini berada di ketinggian lho.

Dari kedai kopi ini Anda akan disuguhkan pemandangan Kota Mojokerto dan Kota Pasuruan lho. Tentu menyenangkan yaa menikmati kehangatan kopi ditemani udara dingin khas dataran tinggi.

Demikian beberapa rekomendasi tempat wisata di Kota Pasuruan. Semoga dapat menjadi referensi berwisata Anda. Terima kasih.

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN