15 Tempat Wisata di Kota Madiun yang Wajib Dikunjungi

Kota Madiun memang menjadi salah satu kota yang memiliki banyak sekali julukan, mulai dari Kota Brem, Kota Pecel, Kota Pendekar, Kota Budaya, Kota Industri, dan masih banyak lagi julukan lainnya.

Namun menariknya justu yang melekat hingga saat ini adalah julukan “Kota GADIS”, hal ini karena mungkin dirasa agak menarik yaa.

Padahal julukan Kota GADIS sendiri bukan karena Madiun punya banyak gadis-gadis cantik lho, namun maksud dari Kota GADIS adalah kota yang terkenal dengan perdagangan, pendidikan, dan juga perindustrian dan dibuatlah singkatan GADIS agar lebih mudah diingat. Wah menarik yaaa ?

Nah, dibalik berbagai julukan dari Kota Madiun, kota yang satu ini juga memiliki beberapa tempat wisata seru lho yang patut Anda kunjungi.

Berikut ini telah kami rangkum beberapa tempat wisata yang wajib untuk dikunjungi selama berada di Madiun:

1. Sun City and Theme Park

Tempat wisata yang satu ini merupakan tempat wisata yang paling terkenal di Kota Madiun.

Tempat wisata yang menggabungkan antara waterpark dan theme park di satu tempat ini memang tidak pernah sepi pengunjung.

Banyak pilihan menarik yang tersaji di Sun City and Theme Park ini, seperti ocean walk, jelly fish, adventure land, dan masih banyak lagi pilihan lainnya.

2. Dumilah Waterpark

Nah yang satu ini juga merupakan waterpark unggulan di Kota Madiun. Namanya Dumilah Waterpark, meski begitu di tempat ini tidak hanya tersedia kolam renang saja lho, tapi ada juga pilihan permainan lainnya seperti mini game atau bahkan flying fox.

Nah puas bermain-main Damilah Waterpark juga memiliki food court yang menjual beragam pilihan makanan untuk Anda santap.

3. Klenteng Tri Dharma

Tak lengkap rasanya datang ke Kota Madiun tanpa mengunjungi Klenteng Tri Dharma. Tempat yang merupakan tempat ibadah ini memang menarik perhatian para wisatawan, ada pagoda tiga tingkat yang begitu indah lho.

Banyak juga wisatawan yang tertarik untuk ber-swafoto di tempat ini. Namun perlu diingat karena ini merupakan tempat ibadah jadi Anda tidak bisa sembarangan berfoto dan juga pastikan bahwa Anda berkunjung tanpa mengganggu aktivitas ibadahnya yaa.

4. Makam Taman

Makam ini disebut-sebut telah ada sejak tahun 1745. Makam Kanjeng Kyai Ageng Muhammad Kholifah ini memang merupakan sosok yang dihormati, beliau adalah seorang ulama yang berasal dari Banten.

Tak heran jika saat ini masih banyak pengunjung berdatangan sebagai tanda hormat sambil mengirimkan doa kepada beliau.

5. Masjid Kuno Kuncen

Nah, masih terletak di tempat yang sama dengan Makam Kanjeng Kyai Ageng Muhammad Kholifah ada juga sebuah masjid tua di tempat ini, masjid yang sudah ada sejak ratusan tahun silam ini masih berdiri kokoh lho hingga sekarang.

Bangunannya juga sangat khas mencirikan bahwa masjid ini memang telah ada sejak lama.

6. Taman Bantaran Kali Madiun

Taman Bantaran Kali Madiun ini sangat cocok untuk dijadikan tempat berwisata bersama keluarga.

Fasilitas wisata lengkap yang disajikan disini memang menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan, seperti adanya area bermain anak, gazebo, dan bahkan berbagai pilihan wisata kuliner tersaji di tempat ini lho. Wah menyenangkan yaa ?

7. Waduk Kedung Brubus

Waduk Kedung Brubus memang memiliki keindahan yang mempesona. Meski sebenarnya fungsi utamanya sebagai irigasi bagi masyarakat setempat, namun keindahannya justru menjadikan waduk yang satu ini banyak didatangi para wisatawan.

Tidak hanya itu saja menariknya Waduk Kedung Brubus justru memiliki fosil purba, dan para ahli menyimpulkan bahwa sebenarnya waduk ini merupakan sungai purba lho. Selain menikmati keindahannya, Anda juga dapat memancing lho di Waduk Kedung Brubus.

8. Taman Hijau Demangan

Taman Hijau Demangan menjadi salah satu tempat wisata murah meriah yang memiliki fasilitas lengkap lho, selain itu tempat yang satu ini juga sangat cocok untuk mengajak keluarga berwisata bersama.

Ada taman bermain anak, lapang futsal, jogging track, bahkan tempat untuk sekadar bersantai pun ada lho disini. Menariknya, banyak juga jajakan kuliner pedagang kaki lima yang dapat Anda coba di Taman Hijau Demangan ini.

9. Air Terjun Krecekan Ndenu

Madiun juga punya air terjun yang tidak boleh Anda lewatkan. Namanya Air Terjun Krecekan Ndenu.

Keindahan alam yang ditawarkan bahkan membuat air terjun yang satu ini selalu ramai lho ketika musim liburan tiba.

Suasana alam yang asri ditambah suara aliran air terjun memang tidak pernah salah untuk dinikmati bukan?

10. Wana Wisata Grape

Tempat wisata yang berada 13 km dari Kota Madiun memang tidak boleh dilewatkan. Di Wana Wisata Grape ini Anda akan menemukan aliran sungai yang berasal dari pegunungan lho, dijamin airnya pun sangat segar.

Nah selain itu, ada juga fasilitas seru lainnya seperti area outbound dan fasilitas arung jeram. Udara sekitar pun cukup sejuk, jadi pasti Anda betah berlama-lama di tempat ini.

11. Desa Wisata Brumbun

Anda juga tidak boleh melewatkan desa wisata yang satu ini. Banyak hal seru lho yang dapat Anda lakukan di Desa Wisata Brumbun, seperti berkunjung ke rumah pohon, outbound, river tubing, body rafting, dan masih banyak lagi pilihan lainnya.

Sambil melakukan aktivitas seru Anda juga akan ditemani dengan udara sejuk dan keindahan alam hijau yang memanjakan mata lho.

12. Air Terjun Seweru

Air Terjun Seweru atau yang biasa disebut juga sebagai Air Terjun Kedung Malam ini memang menjadi air terjun yang cukup sering dikunjungi wisatawan.

Lokasinya yang berada di daerah pegunungan membuat air terjun yang satu ini memiliki ketinggian hingga 400 mdpl, dengan luasnya yang mencapai 6 hektar.

Wah menakjubkan ya? Tidak hanya menikmati keindahan air terjunnya saja, Anda juga akan disuguhi pemandangan kebun kopi yang begitu mempesona. Berkunjung ke air terjun yang satu ini pasti membuat Anda bahagia.

13. Taman Rekreasi Wisata Umbul

Ingin menikmati wahana seperti yang ada di Dufan ? Nah Madiun punya alternatif lain nih, bagi Anda yang berada tidak jauh dari Madiun Taman Rekreasi Wisata Umbul ini dapat menjadi pilihan Anda.

Selain wahana bianglala, roller coaster, dan kora-kora, ada juga lho kebun binatang mini, kolam renang, dan fasilitas permainan menarik lainnya yang wajib Anda coba di tempat ini.

14. Masjid Agung Baitul Hakim

Berwisata jangan sampai membuat Anda lupa menjalankan kewajiban yaa. Anda dapat mengunjungi masjid yang satu ini untuk beribadah sambil mengagumi keindahannya.

Masjid yang memang sudah ada sejak tahun 1830 dan di renovasi kembali pada tahun 2002 ini memang memiliki arsitektur menarik dengan perpaduan gaya dari Jawa, Arab, dan juga Eropa.

Bahkan menariknya tiang penyangga dari Masjid Agung Baitul Hakim ini sengaja dibuat miring lho. Oh ya, di masjid ini juga ada fasilitas lain yang dapat Anda gunakan salah satunya adalah perpustakaan.

15. Alun-Alun Kota Madiun

Setiap kota atau bahkan daerah memang biasanya memiliki alun-alun yang menjadi salah satu ciri khasnya. Nah Kota Madiun juga memiliki alun-alun yang menarik untuk Anda kunjungi.

Tempatnya yang berupa ruang terbuka hijau ditambah dengan beberapa pedagang kuliner memang cocok sekali bagi Anda yang senang berwisata kuliner.

Sambil duduk dibawah pohon rindang Anda dapat menyantap kuliner lezat dari para pedagang sekitaran alun-alun ini.

Demikian beberapa rekomendasi tempat wisata di Kota Madiun. Semoga dapat menjadi referensi berwisata Anda. Terima kasih.

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN