15 Tempat Wisata di Kota Kediri yang Wajib Dikunjungi

Meski letak Kota Kediri ini berada di tengah kepungan Kabupaten Kediri, namun Kota Kediri menjadi kota terbesar ke-3 lho di Jawa Timur.

Selain menyuguhkan beragam makanan khasnya, Kota Kediri juga merupakan sebuah kerajaan lho dulunya, tak heran jika saat ini ditemukan berbagai artefak peninggalannya.

Selain itu, kota yang menjadi pusat perdagangan gula dan industri rokok di Indonesia ini juga memiliki beragam pilihan tempat wisata yang dapat Anda coba lho.

Jika Anda tertarik untuk berwisata di Kota Kediri, berikut ini beberapa rekomendasi tempat wisata di Kediri yang wajib Anda kunjungi:

1. Gunung Klotok

Bagi Anda yang senang mendaki gunung, Gunung Klotok menjadi salah satu objek wisata yang tidak boleh Anda lewatkan selama berada di Kediri.

Di gunung ini Anda akan menemui sumber air alami yang biasa disebut sebagai Sumber Lo, selain itu di puncak Gunung Klotok terdapat Watu Bengkah yang biasa digunakan untuk mengibarkan bendera merah putih setiap kali memperingati HUT RI.

Menariknya, banyak tempat wisata lain yang dapat Anda coba lho yang berada tidak jauh dari gunung ini.

2. Goa Selomangleng

Di kaki Gunung Klotok Anda akan menemukan sebuah goa, bernama Goa Selomangleng. Keunikan dari Goa Selomangleng ini sendiri adalah adanya bebatuan yang berserakan dan juga beberapa pahatan batu, diluar Goa Selomangleng juga Anda akan melihat berbagai relief yang ada.

Jika Anda berminat masuk ke dalam goa yang satu ini, maka akan ada aroma dupa yang menyapa Anda, belum lagi kegelapan yang begitu pekat.

Tidak jauh dari tempat Goa Selomangleng ini berada Anda akan menemui Kebun Bunga Matahari yang bermekaran dan cocok untuk Anda ber-swafoto lho.

3. Kebun Bunga Matahari

Nah setelah selesai berkunjung ke Goa Selomangleng, Kebun Bunga Matahari ini tidak boleh Anda lewatkan.

Sesuai namanya, di tempat ini terdapat kebun bunga matahari yang tentunya akan memanjakan mata Anda. Menariknya, ada tiga jenis bunga matahari yang ditanam di kebun ini, yaitu big smile, early russian, dan sunspot.

Jika Anda berkunjung ke tempat yang satu ini jangan lupa untuk berfoto yaa, dijamin hasil fotonya akan terlihat sangat instagramable.

4. Candi Setono Gedong

Salah satu peninggalan sejarah yang ada di Kota Kediri ini tidak boleh Anda lewatkan. Sebuah Candi yang telah ada sejak zaman Kerajaan Singosari ini dulunya merupakan tempat pemujaan Dewa Wisnu.

Meski saat ini Candi Setono Gedong sudah tidak difungsikan lagi, namun banyak wisatawan yang datang untuk melihat kemegahan bangunan candi ini, adanya artefak dan relief bergambar burung garuda juga menambah kemegahannya. Belum lagi sejarah yang ada menambah daya tarik dari candi yang satu ini.

5. Museum Fotografi

Kota Kediri juga memiliki museum yang menarik lho untuk Anda kunjungi. Museum Fotografi ini sebenarnya merupakan museum yang menyimpan perkembangan sejarah Kota Kediri lho.

Namun karena perkembangan sejarahnya ini disajikan dalam bentuk foto, jadi museum ini dinamai sebagai Museum Fotografi.

6. Taman Kebun Binatang Gudang Garam

Pernah mendengar nama “Gudang Garam” ? Ya, salah satu merek rokok. Kebun binatang ini memang berada di area pabrik rokok lho.

Meski pada awalnya tempat ini hanyalah tempat penangkaran hewan saja, namun akhirnya tempat ini dikelola dan dikembangkan untuk menjadi Taman Kebun Binatang.

Selain suasananya yang dibuat begitu alami, banyak juga jenis binatang yang ada di Taman Kebun Binatang Gudang Garam ini.

Tempat wisata yang satu ini pasti sangat cocok untuk Anda berlibur bersama anak-anak ataupun keluarga.

7. Menara Asmaul Husna

Anda tidak boleh melewatkan salah satu tempat wisata iconic di Kediri ini. Menariknya, menara yang satu ini memiliki tinggi 99 meter lho sesuai jumlah dari Asmaul Husna.

Jika Anda naik ke puncak Menara Asmaul Husna Anda dapat melihat keindahan dan juga kesibukan aktivitas di Kota Kediri. Wah menarik ya?

8. Taman Air Pagora

Kota Kediri juga memiliki tempat wisata air yang menarik lho untuk dikunjungi. Sebelum masuk kedalamnya Anda akan disambut dengan empat tokoh pewayangan yaitu Petruk, Semar, Bangung, dan Gareng, ditambah lagi dengan tambahan patung Gatotkaca.

Tentu ini jadi sambutan yang cukup memukau ketika dilihat. Tempat yang satu ini juga sangat aman lho jika ingin berwisata bersama anak-anak, karena tersedia kolam dengan air dangkal yang lengkap dengan segala pilihan permainannya.

9. Museum Airlangga

Museum Airlangga ini merupakan museum peninggalan kerajaan Mataram Hindu. Nama museumnya pun merupakan nama dari seorang raja yaitu Raja Airlangga.

Di dalam museum ini Anda akan menemukan banyak koleksi sejarah, mulai dari patung-patung primitif, arca, prasasti, dan masih banyak lagi koleksi menarik lainnya yang dapat Anda lihat di Museum Airlangga ini.

10. Pura Penataran Agung Kilisuci

Berada tidak jauh dari Museum Airlangga, Pura Penatarang Agung Kilisuci ini jangan sampai Anda lewatkan.

Namun perlu diingat bahwa tempat bersejarah yang satu ini memiliki aturan yang berlaku dimana para pengunjung tidak boleh berkata kotor dan juga harus mengenakan pakaian yang sopan.

Di Pura Penataran Agung Kilisuci ini banyak juga lho bangunan menarik yang biasanya digunakan sebagai latar berfoto para wisatawan.

11. Taman Harmoni Kediri

Taman yang satu ini menjadi salah satu tempat iconic yang wajib Anda kunjungi selama berada di Kota Kediri. “Harmoni Kediri” ini memang menjadi slogan dari Kota Kediri.

Ruang hijau terbuka ini memang menarik untuk dikunjungi dengan semilir anginnya yang menyapa. Tak jarang banyak wisatawan yang sekadar singgah untuk berfoto di tulisan “Harmoni Kediri” sebagai tanda telah berkunjung ke kota yang satu ini.

12. Kediri Ecopark

Bagi Anda yang senang dengan permainan alam, Anda harus berkunjung ke Kediri Ecopark ini.

Tidak sekadar alamnya yang asri dengan area outbound, di tempat ini juga ada kolam perahu, kolam pancing, dan bahkan terapi ikan lho.

Menariknya lagi Anda juga dapat mempelajari cara pembuatan pupuk kompos, tanaman hydroponic, dan juga pembudidayaan jamur lho.

13. Taman Herbal

Taman Herbal atau yang biasa disebut juga sebagai Taman Tempurejo ini juga menjadi salah satu tempat menarik untuk Anda kunjungi.

Taman Herbal ini selain memiliki fasilitas taman seperti pada umumnya, Anda juga akan menemukan area khusus tanaman herbal yang bermanfaat lho di taman ini. Wah menarik ya?

14. Tirtoyoso Swimming Poll

Puas berkeliling Kota Kediri, berenang memang menjadi aktifitas yang tepat untuk menyegarkan tubuh.

Nah salah satu kolam renang yang kami rekomendasikan di Kota Kediri adalah Tirtoyoso Swimming Poll.

Kesegaran airnya dijamin akan membuat Anda semangat kembali setelah puas berwisata di Kediri.

15. Alun-Alun Kota Kediri

Oh ya, yang satu ini juga tidak boleh Anda lewatkan. Tidak sekadar menyuguhkan ruang terbuka hijau, Alun-Alun Kota Kediri juga merupakan tempat yang tepat untuk Anda wisata kuliner.

Banyak kuliner nikmat yang dijual disekitaran alun-alun ini. Tak heran jika Alun-Alun Kota Kediri tidak pernah sepi pengunjung, selain wisatawan banyak warga lokal yang senang menghabiskan waktu di Alun-Alun Kota Kediri.

Demikian beberapa rekomendasi tempat wisata di Kota Kediri. Semoga dapat menjadi referensi berwisata Anda. Terima kasih.

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN