17 Tempat Wisata di Kota Banjar yang Wajib Dikunjungi

Kota Banjar adalah sebuah kota di Provinsi Jawa Barat. Kota Banjar memiliki sejuta pesona pariwisata yang akan memanjakan Anda saat berkunjung ke kota ini.

Banyak danau, situ, sungai dan lainnya yang menyajikan pemandangan alam yang masih asri dan menghadirkan suasana alami yang sungguh menenangkan.

Banjar memiliki destinasi wisata yang cukup variatif, sehingga suasana apapun yang ingin Anda dapatkan saat berlibur bisa Anda cari di kota Banjar.

Berikut telah kami rangkum beberapa Tempat Wisata di Kota Banjar yang wajib Anda kunjungi:

1). Danau Mandalare

Lokasi: Desa Mandalare, Kecamatan Pataruman, Kabupaten Banjar Patroman, Jawa Barat.

Danau Mandalare atau yang dikenal juga sebagai Kolam Mandalare ini merupakan destinasi wisata yang akan menyuguhkan Anda pemandangan alam yang hijau berupa perbukitan, perkebunan, dan hutan, serta tebing batu yang menjulang.

Berlibur ke Danau Mandalare akan memberikan kesan yang mendalam dan tak terlupakan karena suasana yang disajikan sangat begitu memesona.

2). Situ Leutik

Lokasi: Dusun Pasirnagara dan Dusun Babakanpace, Desa Cibeureum, Kecamatan, Kota Banjar.

Situ Leutik ini merupakan sebuah danau kecil yang sudah ada sejak puluhan tahun lalu, namun baru dikembangkan pada tahun 2006.

Bukan hanya menyuguhkan keindahan alam saja, Anda juga dapat menikmati beragam fasilitas yang ada, seperti sarana outbond, kantin, perahu dayung, jogging track, dan ada juga kios cendramata sehingga Anda dapat membeli buah tangan khas Kota Banjar.

3). Situ Mustika

Lokasi: Karangpanimbal, Purwaharja, Kota Banjar, Jawa Barat.

Situ Mustika menyajikan pemandangan alam berupa danau yang dihiasi dengan beragam tanaman disekitarnya, serta pemandangan Gunung Babakan.

Sebelum menjadi tempat wisata, Situ Mustika ini dibangun dengan tujuan awal untuk memenuhi kebutuhan air masyarakat sekitar dan Rumah Sakit Umum Banjar pada tahun 1950-an.

Terdapat berbagai aktivitas yang mungkin untuk dilakukan di sini, baik hanya duduk bersantai, jalan-jalan mengelilingi danau, piknik, mendaki gunung, berperahu dan juga memancing.

4). Sungai Citanduy

Lokasi: Kota Banjar, Jawa Barat

Sungai Citanduy memiliki panjang mencapai 178,40 km (111 mil), sungai ini menjadi pembelah antara tiga kabupaten sekaligus yaitu Kabupaten Ciamis, Kabupaten Tasikmalaya, dan Kabupaten Cilacap.

Sungai Citanduy menyuguhkan pemandangan yang indah, dengan taman yang cantik yang berada di pinggiran sungai. Saat air sungai surut, Anda akan melihat tank peninggalan Belanda yang menjadi daya tarik tersendiri.

5). Pulomajeti (Situs Rawaonom)

Lokasi: Lingkungan Siluman Baru, Kelurahan atau Kecamatan Purwaharja Kota Banjar.

Pulomajeti (Situ Rawaonom) memiliki cerita mistis yang sangat kuat. Pulomajeti sendiri merupakan sebuah pulau kecil di tengah rawa (pesawahan) di Dusun Siluman, Purwaharja yang dimana itu merupakan situs keramat bagi yang mempercayainya.

Berdasarkan cerita masyarakat, Pulomajeti merupakan salah satu situs peninggalan kerajaan di Tatar Sunda pada zaman buhun (dahulu).

Namun segala cerita yang menyertainya perlahan mulai luntur, sehingga yang diingat hanya keindahan yang tersaji di tempat ini saja.

6). Curug Cibonte

Lokasi: Dusun Cijambu, Desa Cibeureum, Kecamatan Banjar, Kota Banjar, Jawa Barat.

Curug Cibonte merupakan air terjun yang yang belum banyak diketahui, sehingga suasana yang ada di Curug Cibonte ini masih sangat asri, walau memang untuk menikmati keindahan di Curug Cibonte ini Anda perlu menempuh akses jalan yang cenderung tidak mudah untuk dilewati.

Namun segala lelah yang dirasakan akan tergantikan, dengan segarnya air serta alam yang ada di Curug Cibonte ini.

7). Curug Panganten

Lokasi: Dusun Sukamulya, Desa Sukamukti, Kecamatan Pataruman, Kota Banjar, Jawa Barat.

Curug Panganten merupakan salah satu curug yang cukup populer, salah satunya karena lokasinya yang strategis karena berada di jalur utama ke Pangandaran.

Selain hal tersebut tentu karena pemandangan yang ada di Curug Panganten ini akan sangat membuat Anda betah untuk berlama-lama menikmati segala keindahannya.

8). Gunung Mandalare (Kolam Cadas Gantung)

Lokasi: Langensari, Rejasari, Banjar, Kota Banjar, Jawa Barat.

Berdasarkan lokasinya, Gunung Mandalare ini merupakan bagian dari Gunung Sawal. Anda akan disuguhkan pemandangan berupa persawahan yang luas, tebing tambang batu, perkebunan karet, dan keindahan dari Kolam Cadas Gantung.

Kolam Cadas Gantung juga menjadi spot favorit para pengunjung, pasalnya di sini tedapat hutan jati yang rimbun, sehingga menghadrikan suasana yang sejuk.

9). Lembah Pajamben

Lokasi: Desa Binangun, Kecamatan Pataruman, Kota Banjar, Jawa Barat.

Lembah Pajamben hadir dengan beragam spot foto yang unik dan kekinian, hal tersebut yang menjadi daya tarik tersendiri dari objek wisata yang satu ini.

Anda bisa mengabadikan moment liburan dengan latar belakang yang indah, berupa pemandangan alam dari atas bukit dengan udara yang sejuk.

Sehingga saat Anda melihat kembali hasil foto tersebut, akan membuat Anda mengingat segala pengalaman seru selama berlibur di sini.

10). Dinding Hits Sumanding

Lokasi: Sumanding, Kelurahan Mekarsari, Kecamatan Banjar, Kota Banjar, Jawa Barat.

Dinding Hits Sumanding menjadi objek wisata lainnya yang juga memiliki spot foto yang unik, seperti dengan latar belakang tembok hijau yang dipenuhi tumbuhan merambat.

Latar belakang foto seperti ini menjadi hal yang sangat menarik, sehingga mampu menarik banyak wisatawan.

11). Taman Langensari atau Alun-alun Langensari

Lokasi: Gg. Melati, Muktisari, Langensari, Kota Banjar, Jawa Barat.

Langensari adalah nama sebuah kecamatan yang ada di kota Banjar. Langensari memiliki alun-alun atau yang biasa disebut dengan Taman Langensari.

Di sini Anda dapat besantai sambil menyantap kuliner yang ada di sekitar Alun-alun Langensari, sambil menikmati pemandangan yang ada.

12). Taman Kota Lapang Bhakti

Lokasi: Jl. Mayjen Didi Kartasasmita, Banjar, Kota Banjar, Jawa Barat.

Taman Kota Lapang Bhakti hadir dengan beragam fasilitas yang cocok untuk Anda pecinta olahraga, karena di sini terdapat beragam sarana olahraga, jogging track, dan panjat dinding.

Namun jika Anda hanya ingin bersantai, Anda juga bisa menikmati beragam spot foto seperti Becak Cinta & Sepeda Tandem, serta menikmati aneka jajanan/kuliner kaki lima.

Fasilitas yang lengkap adalah salah satu faktor yang membuat Taman Kota Lapang Bhakti ini menarik minat banyak pengunjung.

13). Taman Dobo

Lokasi: Pataruman, Kota Banjar, Jawa Barat.

Taman Dobo menghadirkan nuansa teduh yang akan memanjakan para pengunjungnya.

Anda juga bisa menyantap beragam sajian lezat sambil menikmati pemandangan sugai Citanduy yang membelah provinsi Jawa Batat dan Jawa Tengah.

Bahkan di sini juga Anda bisa melakukan aktivitas memancing ikan untuk mengisi waktu sambil bersantai.

14). Banjar Water Park

Lokasi: Jl. Didi Kartasasmita, Banjar, Kota Banjar, Jawa Barat.

Banjar Water Park akan membuat Anda berlibur dengan pengalaman yang seru dan menyenangkan. Banjar Water Park ini dibangun pada tahun 2009 di atas tanah seluas 3,5 hektar dan di kelola oleh tim yang ditunjuk oleh pemerintah kota Banjar.

Banjar Water Park menjadi objek wisata yang populer dan banyak diminati oleh para wisatawan, di sin Anda dapat menikmati beragam wahana seperi Boomerang, Superbowl, Lazy RiverWahana, Kiddy PoolWahana, Main PoolWahana, Kolam Renang Loncat Indah, Flying Fox, Bombom Car, Ember Tumpah.

15). Cagar Budaya Pulo Majeti

Lokasi: Jalan Pulo Majeti, Purwaharja, Kota Banjar, Jawa Barat.

Cagar Budaya Pulo Majeti merupakan destinasi wisata sejarah sekaligus juga wisata ziarah yang ada di Kota Banjar.

Cagar Budaya Pulo Majeti sendiri telah memiliki sejarah yang panjang, khususnya mengenai keberadaan Kerajaan Ratu Gakuh yang menjadi cikal bakal daerah tersebut.

16). Puncak Pagerbatu

Lokasi: Dusun Pagerbatu, Desa Batulawang, Kecamatan Pataruman, Kota Banjar, Jawa Barat.

Pemandangan alam yang terhampar dari atas puncak memang selalu berhasil membuat siapapun terkesima.

Di Puncak Pagerbatu ini Anda bisa menikmati pemandangan kota Banjar dengan jarak pandang yang jauh, sehingga menghasilkan pemandangan yang eksotis dan juga indah.

17). Terowongan Binangun

Lokasi: Desa Sukamukti, Kecamatan Pataruman, Kota Banjar, Jawa Barat.

Kota Banjar sepertinya menjadi daerah yang memiliki cerita mistis yang cukup banyak, tidak terkecuali di Terowongan Binangun ini.

Terowongan sepanjang 183 meter ini dulunya merupakan jalur kereta api trayek Banjar-Cijulang. Jalur kereta api ini sudah tua karena merupakan peninggalan zaman penjajahan Belanda di Indonesia.

Namun dibalik cerita seram yang menyertainya, Terowongan Binangun tetap menyuguhkan pemandangan yang eksotis sehingga banyak menarik perhatian wisatawan.

Indonesia sangat kaya akan keindahan alam dan budayanya, yuk sama-sama menjaga kelestariannya.

Dan alam adalah sebuah bentuk dari kebesaran Tuhan, jangan lupa untuk selalu bersyukur atas segala bentuk karunianya.

Selamat mengunjungi destinasi wisata yang telah kami rekomendasikan.

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN

18 Tempat Wisata di Kabupaten Purbalingga yang Wajib Dikunjungi

Purbalingga merupakan sebuah Kabupaten di provinsi Jawa Tengah yang berbatasan dengan Kabupaten Pemalang pada sisi sebelah utara. Kabupaten Purbalingga memang…

15 Tempat Wisata di Kabupaten Pasuruan yang Wajib Dikunjungi

Kabupaten Pasuruan memang menjadi salah satu daerah yang menjadi kawasan industri di Indonesia. Namun meskipun kawasan industri bukan berarti Pasuruan…

15 Tempat Wisata di Kabupaten Nganjuk yang Wajib Dikunjungi

Anda mungkin sudah tau tentang Kabupaten Nganjuk dan perannya sebagai sentra penghasil bawang merah di Jawa Timur. Namun Kabupaten Nganjuk…

Download Driver Epson T1100

Printer Epson memang menjadi printer pilihan dengan alasan kualitasnya yang terbilang nendang. Maka tak heran jika printer Epson selalu menjadi…

Dituduh Pakai Pelet, Eks TKW Makmur Dinikahi Pengusaha Taiwan, Jadi Ratu, Tinggal di Apartemen Mewah

Seorang Tenaga Kerja Wanita (TKW) asal Indonesia bernasib mujur lantaran mendapat jodoh seorang pengusaha asal Taiwan. Ia tak menyangka bakal…

Efek Video Sikap Ashanty ke Sosok Fuji Viral, Thariq Halilintar Pasang Badan: Seakan-akan Lebih Tau Tentang Kami

Hebohnya Ashanty dihujat imbas video sikapnya ke sosok Fuji sampai ke telinga Thariq Halilintar. Ya, video yang perlihatkan sikap Ashanty…

15 Tempat Wisata di Jakarta Barat yang Wajib Dikunjungi

Kota Jakarta Barat memang terkenal dengan segala tempat-tempat bersejarahnya. Di kota yang satu ini Anda juga dapat menemui banyak sekali…

Keuntungan Membeli Mobil Secara Tunai dan Kredit

Mobil merupakan alat transportasi yang dipilih oleh banyak orang karena memiliki kapasitas serta fasilitas yang nyaman. Sadarkah Anda bahwa saat…

15 Tempat Wisata di Badung Bali yang Wajib Dikunjungi

Kabupaten Badung memang sudah sangat terkenal dengan keindahan alamnya yang mengagumkan. Pasir pantai putihnya pun menjadi salah satu keunggulan dari…

Hancur Hati Nagita Slavina? Ayu Ting Ting Mendadak Muncul di Unggahan Raffi Ahmad, Terbongkar Alasan Ayah Rafathar

Ayu Ting Ting Mendadak Muncul di Unggahan Raffi Ahmad, Terbongkar Alasan Ayah Rafathar, Hancur Hati Nagita Slavina? Memang, beberapa waktu…