17 Tempat Wisata di Karanganyar yang Wajib Dikunjungi

Karanganyar merupakan sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Tengah yang terkenal dengan julukan bumi INTANPARI (industri, pertanian, perdagangan, dan pariwisata).

Sebutan tersebut tentu tidak mungkin tidak beralasan, melainkan karena kabupaten Karanganyar memiliki beragam aspek yang berkembang seiring berjalannya waktu.

Daerah dengan suhu yang sejuk, dengan pemandangan yang masih asri ini memiliki beragam destinasi wisata yang akan memberikan Anda pengalam berlibur yang tidak terlupakan.

Karanganyar memiliki destinasi wisata alam yang cukup variatif, sehingga suasana apapun yang ingin Anda dapatkan saat berlibur bisa Anda cari di kabupaten Karanganyar.

Berikut telah kami rangkum beberapa Tempat Wisata di Kabupaten Karanganyar yang wajib Anda kunjungi:

1. Air Terjun Parang Ijo

Lokasi: Jl. Munggur Raya, Mlinggur, Girimulyo, Kec. Ngargoyoso, Kab. Karanganyar.

Air Terjun Parang Ijo ini berlokasi di kawasan Girimulyo dan menjadi salah satu objek wisata yang tidak boleh Anda lewatkan saat berada di Karanganyar.

Air terjun ini memiliki air yang menyegarkan, Anda juga bisa menikmati keseruan wahana permainan flying fox, dan tentunya menikmati keindahan alam yang tersaji dengan begitu eloknya dari atas gardu pandang.

2. Grojogan Sewu

Lokasi: Jl. Raya Tawangmangu, Beji, Kec. Tawangmangu, Kab. Karanganyar.

Grojogan Sewu yang terletak di Gunung Lawu ini memiliki aliran air terjunnya yang sangat banyak. Dari tumpukan aliran airnya yang begitu banyak ini membuat Grojogan Sewu memberikan panorama alam yang akan membuat Anda terpana.

Selain itu kondisi alam di sekitarnya pun masih sangat asri dan bersih. Untuk menikmati keindahan di sini Anda perlu menaiki anak tangga sebanyak 1200 anak tangga.

3. Air Terjun Jumog

Lokasi: Jl. Dk Berjo, Gandu, Berjo, Kec. Ngargoyoso, Kab. Karanganyar.

Air Terjun Jumog memiliki aliran air yang begitu jernih dan menyegarkan. berada tidak jauh dari lokasi Grojogan Sewu, dan menawarkan panorama alam yang tidak kalah indahnya.

Namun nama Air Terjun Jumog ini masih belum seterkenal Grojogan Sewu di kalangan para pelancong. Padahal air terjun ini juga sangat indah dengan air segar yang begitu jernih.

4. Air Terjun Pringgodani

Lokasi: Area Hutan Lindung, Blumbang, Kec. Tawangmangu, Kab. Karanganyar.

Air Terjun Pringgodani ini termasuk air terjun yang cukup mudah untuk dijangkau, hanya berjarak sekitar 4 km dari Terminal Bus Tawangmangu.

Walaupun memang akses jalan menuju air terjun ini tidaklah mudah. Namun tentu hal tersebut tidak akan jadi masalah berarti, karena sajian alam di Air Terjun Pringgodani akan mampu mengobati rasa lelah tersebut.

5. Candi Sukuh

Lokasi: Tambak, Berjo, Kec. Ngargoyoso, Kab. Karanganyar.

Candi Sukuh memiliki bentuk yang sangat berbeda dari kebanyakan bangunan candi kuno yang ada di Indonesia.

Candi ini malah terlihat mirip seperti bangunan milik Suku Inca yang ada di Peru dan Suku Maya yang ada di Meksiko.

Di sekitar bangunan candi anda bisa menemukan beberapa patung erotis yang diyakini sebagai lambang kesuburan.

6. Gunung Lawu

Lokasi: Area Hutan, Gondosuli, Kec. Tawangmangu, Kab. Karanganyar.

Gunung Lawu ini terletak di perbatasan antara Jawa Tengah dan Jawa Timur, dimana sisi baratnya adalah Karanganyar.

Objek wisata ini cocok untuk Anda yang senang mendaki, biasanya akses pendakiannya yang paling sering digunakan adalah dari Cemoro Kandang yang masuk ke dalam administrasi Karanganyar.

Gunung Lawu sendiri memiliki tiga puncak yaitu hargo domilah, dalem, dan hargo dumilah dengan keindahan alam yang begitu sangat indah.

7. Tenggir Park

Lokasi: Tambak, Berjo, Kec. Ngargoyoso, Kab. Karanganyar.

Tenggir Park merupakan waterpark yang didesain dengan konsep yang sangat kekinian, tak heran destinasi wisata ini selalu berhasil menarik peminat para wisatawan.

Selain itu Anda juga bisa melakukan beragam aktivitas seru lainnya, seperti seperti sepeda layang, rumah pohon, rumah Honai khas Papua, air terjun bidadari, dan lainnya.

Tenggir Park yang berlokasi di kawasan kaki Gunung Lawu ini, akan memberikan suasana yang masih sangat asri dan sejuk.

8. Candi Cetho

Lokasi: Ceto, RT.01/RW.03, Cetho, Gumeng, Kec. Jenawi, Kab. Karanganyar.

Candi Cetho merupakan peninggalan dari kerajaan Majapahit, yang terletak di daerah Desa Gumeng, Dusun Cetho dan berada di ketinggian sekitar 1.496 mdpl sehingga udaranya begitu sejuk.

Secara keseluruhan, candi satu ini memiliki sekitar 11 teras yang hampir semuanya terletak di atas tanah berundak.

9. Bukit Sekipan

Lokasi: Jl. Sekipan, Kramat, Kalisoro, Kec. Tawangmangu, Kab. Karanganyar.

Bukit Sekipan menyediakan beragam fasilitas seru, seperti waterboom dengan berbagai wahana permainan yang menyenangkan, taman yang nyaman, arena outbound, dan masih banyak lainnya.

Di sini juga terdapat miniatur dari Ka’bah, area lempar jumrah, serta area untuk sa’i dan lainnya yang akan meberikan Anda edukasi mengenai beribadah haji.

10. Agrowisata Amanah

Lokasi: Jl. Raya Solo – Tawangmangu KM.34, RT. 01/03, Karang Wetan, Karang, Kec. Karangpandan, Kab. Karanganyar.

Agrowisata Amanah merupakan sebuah tempat rekreasi yang sangat populer di Karanganyar.

Objek wisata ini seringkali dijadikan tempat wisata bersama keluarga karena memang lokasinya yang sangat nyaman dan luas, juga dilengkapi dengan beragam permainan menarik yang cocok untuk orang dewasa maupun anak anak.

11. Perkebunan Teh Kemuning

Lokasi: Sumbersari, Kemuning, Kec. Ngargoyoso, Kab. Karanganyar.

Perkebunan Teh Kemuning menyuguhkan panorama alam yang indah dengan udara yang sejuk.

Anda bisa menikmati hidangan di tempat makan sederhana yang berada di kawasan perkebunaan teh ini sambil menikmati pemanangan alam yang tersaji di Perkebunan Teh Kemuning yang akan membuat Anda ingin kembali lagi.

12. Telaga Madirda

Lokasi: Berjo, Kec. Ngargoyoso, Kab. Karanganyar.

Telaga Madirda menyajikan keindahan tersembunyi yang belum banyak diketahui ataupun dikunjungi oleh para wisatawan.

Suasana tenang dan sejuk yang dihadirkan di sini, akan mengajak Anda untuk melepaskan semua penat dan rasa lelah dengan menikmati setiap sajian alam yang ada serta menikmati segar dan sejuknya udara yang ada di Telaga Madirda ini.

Berdasarkan penuturan warga sekitar, Telaga Madirda ini merupakan sebuah telaga keramat yang seringkali digunakan sebagai lokasi untuk melakukan ritual keagamaan penganut Agama Hindu.

Karena kabarnya telaga ini memiliki sebuah batu yang dulunya merupakan lokasi bertapa serta melahirkan dari Retno Anjani, yang merupakan ibu dari tokoh pewayangan Hanoman.

13. Agrowisata Sondokoro

Lokasi: Jl. Mangkunegara Bojonegara, Nglande Wetan, Ngijo, Kec. Tasikmadu, Kab. Karanganyar.

Agrowisata Sondokoro memiliki fasilitas seru yang bisa Anda coba, seperti waterboom, flying fox, area outbound, dan lain sebagainya.

Dan wahana yang paling populer di sini yaitu wahana kereta tua yang dapat dikendarai oleh pengunjung, untuk berkeliling area sekitar di dalam Agrowisata Sondokoro.

14. Permandian Sapta Tirta Pablengan

Lokasi: Jl. TP Joko Songo, Pablengan, Kec. Matesih, Kab. Karanganyar.

Pemandian Sapta Tirta Pablengan memiliki 7 buah mata air yang setiap mata airnya diyakini mampu memberikan berbagai khasiat yang telah lama diyakini oleh masyarakat setempat.

Misal pada sumber mata air keempat yang berkhasiat untuk membantu menyembuhkan gatal gatal, penyakit rematik, serta berbagai macam penyakit kulit lainnya.

Dan untuk sumber mata air yang ketujuh dipercaya dapat membantu menyembuhkan penyakit yang berkaitan dengan organ dalam tubuh, seperti penyakit liver, penyakit ginjal, TBC, penyakit diabetes, dan lain sebagainya.

15. Tubing Goasari Ngargoyoso

Lokasi: Jl. Ngranten Wetan, Puntuk, Puntukrejo, Kec. Ngargoyoso, Kab. Karanganyar.

Tubing Goasari Ngargoyoso akan memberikan Anda pengalaman berlibur yang seru dan juga sangat menantang.

Tubing Goasari Ngargoyoso menawarkan wisata susur sungai yang begitu menarik.

Untuk lebih aman Anda akan diajak menyusuri sungai dengan menggunakan ban dan dilengkapi helm serta pelampung.

16. Bukit Paralayang

Lokasi: Sumbersari, Kemuning, Kec. Ngargoyoso, Kab. Karanganyar.

Bukit Paralayang yang terletak di kawasan Desa Segoro Gunung, dan tidak jauh dari lokasi Kebun Teh Kemuning ini akan mengajak Anda untuk bermain paralayang sambil menikmati sajian alam yang terhampar luas.

Anda juga bisa duduk bersantai untuk menikmati panorama matahari terbenam di waktu sore.

17. Astana Giribangun

Lokasi: Jl. Astana Giribangun, Dengkeng, Girilayu, Kec. Matesih, Kab. Karanganyar.

Astana Giribangun merupakan kompleks pemakaman yang dimiliki oleh keluarga besar Presiden Ke 2 Republik indonesia, yakni Bapak Soeharto.

Anda bisa melakukan wisata ziarah di pemakaman ini, selain bisa melihat makam Pak Soeharto, di sini anda juga dapat menemukan makan keluarga beliau seperti Ibu Tien Suharto serta beberapa anggota keluarga dekatnya yang lain.

Indonesia sangat kaya akan keindahan alam dan budayanya, yuk sama-sama menjaga kelestariannya. Dan alam adalah sebuah bentuk dari kebesaran Tuhan, jangan lupa untuk selalu bersyukur atas segala bentuk karunianya.

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN