14 Tempat Wisata di Kampar yang Wajib Dikunjungi

Berwisata memang menjadi salah satu aktivitas menyenangkan dikala mendapatkan waktu luang. Kebanyakan orang berwisata untuk menghilangkan penat yang menumpuk setelah melakukan aktivitas sehari-hari.

Tidak perlu repot dan jauh-jauh ke luar negeri, Indonesia sendiri menyuguhkan keindahan alam yang luar biasa bahkan banyak keindahan alam yang dapat Anda nikmati secara gratis.

Salah satu daerah yang terkenal dengan keindahan alamnya adalah Kabupaten Kampar, salah satu kabupaten yang berada di Provinsi Riau ini seringkali dijuluki sebagai Bumi Sarimadu.

Daerah yang masih cukup kental dengan adat istiadatnya ini memiliki banyak sekali objek wisata bersejarah dan juga menarik. Berikut ini beberapa tempat wisata paling populer yang dapat Anda kunjungi di Kabupaten Kampar:

1. Sungai Gulamo

Salah satu sungai terindah yang ada di Kabupaten Kampar ini menjadi destinasi wisata yang banyak diminati oleh para wisatawan.

Saking indahnya Sungai Gulamo ini juga disebut-sebut sebagai Green Canyon Gulamo. Di tempat yang memiliki debit air yang cukup tenang ini Anda dapat menikmati keindahan alam sambil bermeditasi.

Dijamin liburan Anda terasa menyenangkan dan menenangkan jika Anda mengunjungi tempat yang satu ini.

2. Puncak Pukatan

Kampar memang terkenal dengan berbagai puncaknya, Puncak Pukatan juga menjadi salah satu objek wisata yang harus Anda kunjungi jika berada di Kabupaten Kampar.

Meskipun untuk menuju ke tempat yang satu ini terbilang cukup melelahkan, namun dapat dipastikan bahwa lelahnya perjalanan akan terbayarkan oleh keindahan alam yang akan Anda dapat.

3. Ulu Kasok

Meskipun tempat wisata yang satu ini terbilang masih baru, namun keindahannya tidak kalah dibanding tempat wisata lainnya di Kabupaten Kampar.

Uniknya di Ulu Kasok Anda dapat menemukan pulau, air terjun, dan juga puncak sekaligus. Selain itu, tempat yang satu ini juga memiliki jembatan kayu untuk memudahkan Anda mengitari keindahan alam yang disajikan.

Banyak orang bahkan menyebut Ulu Kasok sebagai Raja Ampatnya Kampar karena keindahannya yang serupa dengan Raja Ampat.

4. Puncak Mahligai Indah

Tempat wisata yang satu ini juga cocok untuk dijadikan destinasi wisata selama Anda berada di Kabupaten Kampar.

Sebelum mencapai puncaknya Anda akan disuguhi deretan pepohonan hijau yang membuat udara terasa sejuk, bahkan bagi Anda yang mungkin tidak berniat pergi ke puncaknya, Anda juga dapat ber-swafoto di beberapa spot foto yang telah disediakan di bagian bawah.

Jika di bawah pun Anda sudah mendapat pemandangan indah, tentu di puncaknya Anda dapat melihat keindahan pulau-pulau yang ada di Kabupaten Kampar.

5. Air Terjun Batang Kapas

Air terjun yang memiliki ketinggian 150m ini akan membuat Anda terkagum-kagum melihat keindahannnya.

Karena debit airnya yang tidak terlalu besar Anda juga dapat berendam ataupun mandi dibawah air terjun secara langsung.

Selain bermain secara langsung, Anda juga dapat mengadakan camping di sekitar Air Terjun Batang Kapas lho sekaligus melihat matahari terbit di pagi harinya.

6. Puncak Kompe

Puncak Kompe ini berada tidak jauh dari Ulu Kasok. Ketika mendatangi tempat yang satu ini Anda akan disambut oleh semilir angin yang menyapa.

Selain keindahannya yang tidak bisa diragukan lagi, Anda juga dapat menemui berbagai kuliner yang menggugah selera seperti sop tumpang dan juga ikan baung asam pedas.

Wah pastinya perpaduan pemandangan, makanan lezat, dan semilir angin bikin betah untuk berlama-lama di tempat ini.

7. Desa Buluh Cina

Pesona alam Kabupaten Kampar memang tidak ada habisnya. Di Desa Buluh Cina ini Anda dapat menemukan beberapa jenis flora dan juga fauna lho.

Selain untuk berwisata, tempat yang satu ini juga cocok untuk dijadikan tempat edukasi atau bahkan objek foto. Uniknya di desa ini Anda juga dapat melihat 7 danau dengan keindahan yang berbeda-beda.

Spot foto yang menarik juga tentunya akan membuat feeds instagram Anda lebih aesthetic jika berkunjung ke tempat yang satu ini.

8. Lubang Kolam Kampar

Tempat yang satu ini sebenarnya merupakan terowongan yang menghubungkan Provinsi Sumatera Barat dengan Provinsi Riau.

Meskipun saat ini Lubang Kolam Kampar telah ditutup, namun pesonanya masih memikat para wisatawan untuk berkunjung sekadar ber-swafoto di Lubang Kolam Kampar ini.

9. Rumah Lontiok

Rumah Lontiok atau dalam bahasa Indonesia berarti Rumah Lentik ini merupakan sebutan untuk rumah adat di Kabupaten Kampar.

Hingga saat ini keindahan Rumah Lontiok masih menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke tempat yang satu ini.

Atapnya yang membentuk lengkungan lentik dan runcing dan juga bagian kakinya yang berbentuk perahu ini tentu menjadi keunikan tersendiri dibanding rumah adat daerah lainnya.

Selain itu Rumah Lontiok tidak dibuat begitu saja, rumah adat yang satu ini dibuat dengan penuh makna disetiap detail bangunannya.

Tak ada salahnya untuk mengunjungi Rumah Lontiok jika Anda berkunjung ke Kabupaten Kampar untuk mengetahui lebih dalam tentang kekayaan budaya Indonesia.

10. Jembatan Water Front City Bangkinang

Salah satu icon baru di Kabupaten Kampar ini membentang sepanjang Sungai Kampar dan menghubungkan secara langsung Bangkinang dengan Kampuong Godang.

Untuk melihat keindahan jembatan yang satu ini ada baiknya Anda berkunjung di malam hari, karena pada malam hari Jembatan Water Front City Bangkinang ini diterangi lampu warna-warni yang cocok untuk dijadikan sebagai objek foto.

Selain malam hari, di sore hari juga Anda dapat mendatangi tempat yang satu ini untuk melihat matahari terbenam lho.

11. Bukit Naang Bangkinang

Tempat wisata yang satu ini cocok bagi Anda yang menyukai tantangan memacu adrenalin.

Bukit Naang Bangkinang menyediakan berbagai fasilitas seperti arena ATV, flying fox yang memiliki tinggi 22m, tree top adventure, waterboom untuk anak, dan juga beberapa wahana lainnya.

Selain wahana yang menarik, tempat yang satu ini juga memiliki udara sejuk yang akan membuat Anda betah berlama-lama.

12. Wisata Hutan Pinus Candika

Hutan pinus ini sebenarnya sudah ada sejak lama, namun baru-baru ini para pemuda Kabupaten Kampar berinisiatif untuk membersihkannya dan menjadikannya objek wisata.

Tempat yang biasa dijadikan sebagai tempat perkemahan anak pramuka ini tentunya menjadi tempat yang nyaman untuk Anda berkemah bersama orang-orang tersayang.

Sembari menikmati sejuknya hutan pinus Anda juga dapat menyewa hammock, atau menaiki ayunan lho. Tempatnya yang asri juga dinilai cukup instagramable.

13. Teluk Jering

Teluk Jering berada di sebuah desa kecil di dekat Sungai Kampar. Teluk yang juga memiliki hamparan rumput hijau tentunya cukup untuk menghilangkan penat Anda.

Daerah yang masih bersih dan asri ini cocok untuk dijadikan tempat wisata pilihan bersama orang-orang tersayang.

14. Candi Muara Takus

Rekomendasi yang terakhir ini cocok bagi Anda yang senang mengeksplor sejarah. Selain sejarahnya yang kental, Anda juga dapat berfoto dengan latar belakang keindahan candi yang satu ini.

Di Candi Muara Takus sendiri Anda dapat menemui keberadaan Candi Pangkalan, Candi Bungsu, dan juga Candi Mahligai Stupa.

Keindahan alam di Kabupaten Kampar memang tidak dapat diragukan. Kemanapun Anda pergi dapat Anda temui berbagai tempat yang meneduhkan isi pikiran.

Ketika berwisata pastikan untuk tetap menjaga keasrian alam yaa, dan jangan membuang sampah sembarangan.

Demikian rekomendasi tempat wisata populer di Kampar. Semoga dapat dijadikan destinasi pilihan Anda. Terima kasih.

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN