15 Tempat Wisata di Kabupaten Tuban yang Wajib Dikunjungi

Kabupaten Tuban memang menarik untuk dikunjungi. Tempat yang dulunya merupakan pusat penyebaran agama Islam ini juga menyimpan banyak sejarah menarik untuk diketahui.

Tidak sekadar sejarahnya saja, Tuban juga memiliki banyak sekali keindahan alam yang dapat Anda nikmati lho. Mulai dari air terjun, pantai, goa, dan juga hutan yang telah memiliki fasilitas lengkap.

Meskipun dilengkapi fasilitas tapi tentunya tempat wisata alam di Tuban masih begitu asri dan terjaga. Tertarik untuk berwisata di Tuban? Berikut ini telah kami rangkum beberapa tempat wisata yang wajib Anda kunjungi selama berada di Tuban:

1. Air Terjun Nglirip

Air Terjun Nglirip memang memiliki keindahannya tersendiri. Aliran air terjun yang mengalir dari ketinggian 25 meter ini memang terlihat begitu segar.

Belum lagi rimbunnya pepohonan membuat tempat yang satu ini terasa begitu sejuk. Air Terjun Nglirip sangat cocok untuk Anda yang mungkin sedah membutuhkan ketenangan.

Menyenangkannya lagi, dengan udara sejuknya Anda juga dapat sambil menikmati santapan-santapan lezat yang dijual di warung-warung sekitaran air terjun ini.

2. Pantai Boom

Keindahan Pantai Boom lengkap dengan sejarahnya memang menarik untuk dikunjungi. Hamparan pasir pantai, air laut lengkap dengan deburan ombaknya, dan juga angin yang bertiup memang menjadikan siapa saja yang mengunjungi pantai ini merasa betah berada di Pantai Boom.

Menariknya, Anda akan menemukan dua sumur air tawar kuno dengan prasasti sejarahnya. Pantai Boom juga memiliki fasilitas yang cukup lengkap lho, mulai dari toilet, pilihan kuliner, dan juga toko oleh-oleh. Menarik bukan?

3. Goa Putri Asih

Anda tidak boleh melewatkan goa yang satu ini. Goa Putri Asih memang begitu eksotis, belum lagi dengan adanya penerangan yang membuat keeksotisannya terlihat lebih jelas lagi.

Stalaktit dan juga stalagmit di goa ini juga begitu mempesona lho. Bahkan keindahan goa ini juga seringkali dijadikan objek foto oleh para fotografer.

4. Pantai Cemara

Sesuai namanya, Pantai Cemara ini memiliki deretan pohon cemara lho di pinggir pantai. Meski Pantai Cemara tergolong sebagai pantai yang belum memiliki fasilitas wisata, namun keindahannya begitu mempesona.

Pantai ini juga masih cukup asri lho, dengan pasir putih dan juga air lautnya yang jernih Pantai Cemara ini cukup aman untuk Anda bermain air karena ombaknya yang tenang.

5. Pantai Pasir Putih Remen

Senang dengan hamparan pasir putih yang luas ? Anda harus berkunjung ke Pantai Pasir Putih Remen ini. Keindahan pantainya dan ditambah dengan fasilitasnya yang lengkap, tak heran jika pantai yang satu ini selalu ramai pengunjung.

Banyak wisatawan yang menyempatkan diri untuk sekadar menikmati keindahan pantai yang satu ini sambil berjemur atau ber-swafoto.

Anda juga tidak perlu khawatir lho, di area Pantai Pasir Putih Remen sudah banyak yang menjual makanan khas Tuban untuk Anda nikmati sambil melihat keindahan pantainya.

6. Goa Akbar

Goa Akbar menjadi salah satu goa unik yang harus Anda kunjungi selama berada di Tuban. Bentuknya yang memang megah akan membuat siapa saja yang mengunjunginya merasa takjub dengan goa ini belum lagi ditambah dengan pesona stalaktit dan stalagmitnya.

Uniknya didalam Goa Akbar ini Anda akan menemukan kolam ikan koi lho. Goa yang satu ini bahkan terbilang instagramable lho, tak jarang para wisatawan berfoto didalam Goa Akbar.

7. Pemandian Bektiharjo

Pemandian yang sudah sejak abad ke-13 ini merupakan peninggalan dari Raden Danur Wendo. Aliran air alaminya memang begitu menyegarkan.

Bahkan di Pemandian Bektiharjo juga terdapat pohon besar lho yang menjadikan udaranya begitu sejuk. Menariknya, Anda akan bertemu dengan kera-kera jinak yang hidup di sekitaran pemandian ini.

8. Museum Kambang Putih

Museum Kambang Putih ini merupakan satu-satunya museum lho yang ada di Tuban. Di ruangan pertama museum ini Anda akan menemukan koleksi kaset dan juga foto dari band legendaris Indonesia, bernama Koes Plus yang memang berasal dari Kabupaten Tuban.

Nah di ruangan berikutnya Anda akan menemukan beragam peninggalan dari Kabupaten Tuban ini sendiri, seperti uang-uang juno, peralatan nelayan tradisional, dan juga beberapa peninggalan budaya Tuban lainnya.

9. Discovery of Forest

Hutan wisata yang dikelola langsung oleh Perum Perhutani ini memang begitu menarik perhatian para wisatawan.

Perpaduan alam yang asri dengan berbagai fasilitas penunjang wisata membuat Discovery of Forest ini begitu cocok untuk dijadikan tempat berfoto.

Yang lebih menarik adalah adanya rumah pohon yang dapat Anda kunjungi. Tentu seru berkunjung ke hutan wisata yang satu ini bersama teman-teman.

10. Mangrove Center

Anda tentu tau bahwa mangrove memiliki fungsi yang sangat penting untuk mencegah abrasi.

Tidak sekadar menikmati hutan mangrove saja, di Mangrove Center ini Anda juga dapat belajar cara menanam dan membudidayakan tanaman mangrove ini.

Menariknya Mangrove Center juga memiliki fasilitas wisata lengkap lho seperti tempat berkemah, outbound, dan yang lainnya.

11. Makam Sunan Bonang

Salah satu makam wali songo ini memang tidak boleh Anda lewatkan jika datang ke Tuban.

Salah satu penyebar agama Islam di Pulau Jawa ini memang memiliki jasa yang besar, tak heran banyak yang berkunjung ke Makam Sunan Bonang ini untuk berziarah dan mendoakan beliau.

Jika Anda ingin berkunjung ke Makam Sunan Bonang, Anda tidak perlu khawatir karena lokasinya berada di tengah kota dan sangat strategis.

12. Air Terjun Sanggrahan

Ada tempat wisata indah yang tersembunyi di Tuban, yaitu Air Terjun Sanggrahan.

Air terjun dengan aliran air yang cukup deras ini memang begitu terlihat menyegarkan, bentuknya yang berundak juga menjadikan air terjun yang satu ini terlihat begitu eksotis.

Namun karena lokasinya yang cukup tersembunyi dan sepi pastikan Anda membawa bekal untuk teman perjalanan Anda ya.

13. Goa Kancing

Goa yang satu ini memang hanya memiliki kedalaman 5 meter saja, namun justru tebing dari goa ini terlihat begitu eksotis. Belum lagi pemandangan alam sekitarnya yang menakjubkan.

Udara sekitaran goa ini juga sangat sejuk lho, pastinya Anda akan betah berlama-lama di tempat ini. Tak jarang banyak wisatawan yang ber-swafoto di tebing Goa Kancing ini.

14. Danau Njowo

Danau ini sebenarnya merupakan bekas dari galian batu kapur, namun justru bekas galiannya yang terisi air ini membuat tempat ini mirip seperti danau yang begitu mempesona dengan air hijaunya.

Suasana alam sekitarnya juga sangat mendukung sekali untuk dikunjungi karena udaranya yang sejuk. Selain danaunya, ada tebing batu kapur yang sangat cocok untuk Anda jadikan tempat berfoto.

15. Tapakan Andongsari

Tapakan Andongsari ini berada di puncak Gunung Tapakan lho. Tak heran ketika berkunjung ke tempat yang satu ini udara khas dataran tinggi akan menyapa Anda.

Di Tapakan Andongsari ini Anda dapat menikmati keindahan alam Kabupaten Tuban yang begitu hijau mengagumkan.

Bahkan tidak hanya pemandangan hijaunya saja lho, gardu pandang di Tapakan Andongsari ini juga menghadap langsung ke laut luas. Wah pemandangan yang sangat menakjubkan ya?

Demikian beberapa rekomendasi tempat wisata di Kabupaten Tuban. Semoga dapat menjadi referensi berwisata Anda. Terima kasih.

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN

Nathalie Holscher Bak Jadi Sosok Orang Ketiga, Marissya Icha Pasrah Kalau Tak Dipilih Frans Faisal: Enggak Maksa

Marissya Icha ikhlas bila Frans Faisal berjodoh dengan Nathalie Holscher. Belakangan, Frans Faisal dan Nathalie Holscher memang ramai dijodohkan oleh…

Apa Itu Leasing Mobil dan Bagaimana Cara Kerjanya

Leasing adalah sebuah aktivitas pembiayaan yang dilakukan oleh perusahaan dalam bentuk pengadaan atau peminjaman barang modal yang diatur dalam sebuah…

Cara Membuat Makalah yang Baik dan Benar Terbaru

Sering kali anda sebagai pelajar maupun mahasiswa diminta untuk mengerjakan tugas berupa makalah, sayangnya tidak semua tahu cara membuat makalah…

15 Tempat Wisata di Kabupaten Ponorogo yang Wajib Dikunjungi

Ketika mendengar nama Kabupaten Ponorogo tentu yang ada dibenak Anda adalah kesenian reog bukan ? Ya, salah satu kesenian dari…

15 Tempat Wisata di Kabupaten Pacitan yang Wajib Dikunjungi

Keindahan alam di Kabupaten Pacitan memang sudah tidak dapat diragukan lagi. Keindahan pantainya, goa, dan juga hamparan alam hijau yang…

Raul Lemos terseret uang korupsi miliaran rupiah dan puluhan ribu dolar AS, ini pasal hukum yang menantinya

Sosok suami artis Krisdayanti, Raul Lemos, kini tengah hangat diberitakan terkait masalah yang sedang menjeratnya. Padahal seperti diketahui, Raul Lemos…

15 Tempat Wisata di Kabupaten Situbondo yang Wajib Dikunjungi

Kabupaten Situbondo memang memiliki keindahan alam yang luar biasa. Letaknya yang berada di tengah jalur transportasi Jawa-Bali ini menjadikan Situbondo…

Viral Pengantin Wanita Pakai Perhiasan Emas Menutupi Tubuh Sampai Tak Mampu Jalan, Kisahnya Tuai Simpati

Pengantin tampil mewah di hari pernikahan tentu sudah menjadi hal yang umum. Salah satu membuat penampilan pengantin terlihat mewah di…

Di luar ekspektasi, ternyata segini bayaran Farel Prayoga sekali manggung

Penyanyi cilik Farel Prayoga melejit namanya pasca bernyanyi di acara HUT Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 2022 lalu. Ia berhasil…

Sosok Biduan yang Sedang Hamil Ini Nangis, Imbas Lihat Ulah Ayu Ting Ting di Acara TV, Ada Apa?

Lihat aksi Ayu Ting Ting di acara TV, sosok biduan yang sedang hamil, Zaskia Gotik menangis. Menangis, sosok biduan yang…