17 Tempat Wisata di Kabupaten Temanggung yang Wajib Dikunjungi

Temanggung merupakan sebuah Kabupaten di provinsi Jawa Tengah. Kabupaten Temanggung ini memiliki ibu kota yang di kota Temanggung.

Letak geografis Temanggung, menjadikannya banyak dimanfaatkan sebagai area perkebunan tembakau. Namun tentunya tidak hanya itu, Anda juga akan dimanjakan dengan suguhan alam lainnya yang begitu memesona.

Selain itu ada pula wisata bersejarah yang menarik untuk Anda kunjungi. Temanggung memiliki destinasi wisata yang cukup variatif, sehingga suasana apapun yang ingin Anda dapatkan saat berlibur bisa Anda cari di Kabupaten Temanggung.

Berikut telah kami rangkum beberapa Tempat Wisata di Kabupaten Temanggung yang wajib Anda kunjungi:

1. Sunrise Posong Kledung

Lokasi: Tlahap, Kec. Kledung, Kab. Temanggung.

Panorama alam berupa hamparan warna-warni saat matahari terbit selalu berhasil membuat siapa saja terpesona, apalagi jika Anda menikmati pemandangan tersebut langsung dari kaki gunung.

Anda bisa menikmati segarnya udara pagi, dengan sajian alam yang begitu memikat hati di Sunrise Posong Kledung ini. Selain itu, dari kaki gunung ini nampak pula 7 puncak gunung yang berada di sekitarnya.

2. Curug Lawe

Lokasi: Muncar, Kec. Gemawang, Kab. Temanggung.

Curug Lawe menghadirkan pesona alam yang masih asri berupa air terjun dengan percikan air terlihat seperti untaian benang tipis. Hal itu pula yang membuat air terjun ini dinamai Law, yang berarti benang-benang tipis.

Di dekat curug, juga terdapat sebuah mata air panas yang sering digunakan untuk berendam sehingga akan membuat tubuh Anda menjadi relaks. Berlibur di Curug Lawe akan memberikan Anda pengalaman berlibur yang mengesankan dan menenangkan.

3. Hutan Pinus Sigrowong

Lokasi: Kandangan Rowo Seneng, Gesing, Kec. Kandangan, Kab. Temanggung.

Hutan Pinus Sigrowong memberikan pemandangan berupa deretan hutan pinus yang menjadi suatu hal yang sangat indah untuk dipandangi.

Anda bisa berfoto di spot foto yang tersedia di sini, sehingga Anda bisa mendapatkan foto dengan background kekinian yang keren.

Di sini juga terdapat sebuah gua yang bernama gua Sigrowong yang memiliki kedalaman kurang lebih 7 meter ini konon dulunya sering dijadikan tempat persembunyian pada masa agresi militer Belanda.

4. Pikatan Waterpark

Lokasi: Kompleks Pikatan Water Park, Jl. Raya Pikatan, RT.5/RW.5, Mudal, Kec. Temanggung, Kab. Temanggung.

Pikatan Waterpark menjadi salah satu taman air favorit keluarga, sebab di sini terdapat beragam kolam renang dengan kedalaman yang berbeda serta terdapat wahana permainan yang sangat seru untuk anak-anak hingga dewasa.

Air pada kolam ini juga merupakan sumber mata air murni yang begitu menyegarkan.

5. Candi Pringapus

Lokasi: Pringapus, Kec. Ngadirejo, Kab. Temanggung.

Candi Pringapus merupakan wisata budaya dan sejarah. Berdasarkan cerita masyarakat setempat, bentuk bangunan candi ini merupakan tiruan dari Mahameru yang mana merupakan tempat tinggal para Dewa.

Hal tersebut juga yang menjadi daya tarik tersendiri dari Candi Pringapus ini, karena banyak wisatawan yang penasaran dengan cerita sejarah yang digambarkan pada relief hapsara dan hiasan artefak yang eksotis.

6. Curug Trocoh

Lokasi: Tawangsari, Kec. Wonoboyo, Kab. Temanggung.

Curug Trocoh memiliki tinggi mencapai 120 meter dengan aliran air yang deras. Saat Anda memandanginya, seolah Anda melihat air deras raksasa yang turun dari atas langit yang begitu menakjubkan.

Curug Trocoh juga memiliki lima tingkatan, sehingga membuat jatuhan air tersebut terlihat sangat indah. Suasana asri dan udara yang sejuk akan memanjakan Anda saat berkunjung ke sini.

7. Alam Sewu

Lokasi: Giripurno, Kec. Ngadirejo, Kab. Temanggung.

Alam Sewu mengajak Anda untuk menikmati pemandangan asri alami dari hamparan perkebunan tembakau yang luas dengan udara yang sejuk dan menyegarkan.

Di sekelilingnya, terdapat gunung-gunung yang menjulang dengan gagah menambah indah panorama alam yang tersaji di Alam Sewu.

8. Gunung Prau

Lokasi: Jl. Candiroto-Kejajar, KM.11, Gejungan, Wates, Kec. Wonoboyo, Kab. Temanggung.

Gunung Prau yang terkenal akan keindahannya ini, menjadi destinasi wisata yang tepat untuk Anda yang memiliki hobi mendaki.

Puncak Gunung Prau Sering mendapatkan pujian sebagai salah satu spot terbaik di Asia Tenggara untuk menantikan waktu munculnya matahari terbit.

Untuk Anda yang masih pemula, Anda bisa mencoba untuk mendaki gunung ini karena jalurnya yang terbilang tidak terlalu sulit.

9. Monumen Meteorit Wonotirto

Lokasi: Wonotirto, Kec. Bulu, Kab. Temanggung.

Monumen Meteorit Wonotirto awalnya digunakan untuk mengingat kejadian terjatuhnya sebuah meteor di areal persawahan Wonotirto yang membuat gempar.

Meteor besar yang menghantam ini menyebabkan suara gemuruh yang sangat riuh dan mematikan semua jenis tumbuhan yang terkena meteor tersebut kemudian terbentuklah sebuah pola yang cantik.

Pola ini yang akhirnya membuat banyak orang tertarik untuk mengunjunginya, sehingga pengelola setempat menjadikannya sebagai objek wisata.

10. Kledung Pass

Lokasi: Kec. Kledung, Kab. Temanggung.

Kledung Pass merupakan tempat perkebunan teh dan tembakau saja. Namun, karena ternyata banyak menarik minat wisatawan untuk datang, sehingga pihak pengelola menjadikannya sebagai objek wisata.

Anda bisa menikmati pemandangan sambil menikmati makanan yang dijajakan oleh warung-warung di sekitar Kledung Pass.

11. Bukit Wagir

Lokasi: Desa Simpar, Kec. Tretep, Kab. Temanggung.

Bukit Wagir menyuguhkan pemandangan alam yang begitu indah, apalagi saat matahai terbit maupun saat matahari terbenam.

Hamparan pemandangan yang terpampang dari atas bukit akan membuat siapapun yang mengunjunginya merasa betah dan sangat tenang.

Abadikan momen liburan dengan latar belakang hamparan pemandangan yang elok di Bukit Wagir ini.

12. Candi Gedong Songo

Lokasi: Kec. Gemawang, Kab. Temanggung.

Candi Gedong Songo tidak hanya memiliki banyak cerita sejarah, namun juga menawarkan pemandangan berlatar belakang pegunungan yang akan membuat Anda betah untuk terus memandanginya.

Anda akan mendapati indahnya pemandangan candi yang megah diselimuti oleh kabut dari pegunungan, sehingga saat Anda mengambil potretnya akan terlihat sangat keren.

13. Watu Angkrik

Lokasi: Jl. Tlogopucang, Kedawung, Kec. Kandangan, Kab. Temanggung.

Watu Angkrik merupakan salah satu wisata alam berupa gardu pandang yang menyajikan pemandangan alam yang luas dan indah.

Anda bisa menjumpai kabut tebal yang sering menyelimuti area ini, sehingga saat Anda mengabadikan momen di sini akan terkesan sangat aesthetic.

Anda juga bisa menikmati fasilitas yang ada di sini, seperti flying fox dan gazebo untuk bersantai.

14. Situs Liyangan dan Kolam Cinta

Lokasi: Purbosari, Kec. Ngadirejo, Kab. Temanggung.

Situs Liyangan ini merupakan situs yang belum lama ditemukan di Temanggung. Objek wisata ini pertama kali ditemukan dalam bentuk batu-batu prasejarah, candi, arca, yoni dan talud yang memiliki sejarah tersendiri.

Bahkan di situs ini juga ditemukan sebuah rumah panggung peninggalan Zaman Mataram Kuno yang sudah terbakar namun masih tetap berdiri.

Area wisata ini memang dipercaya sebagai kawasan tempat tinggal kerajaan Mataram Kuno yang tertimbun oleh lahar Gunung Sindoro bertahun-tahun silam.

Sehingga saat Anda mengujunginya, Anda bisa melihat banyak peninggalan kerajaan tersebut. Di sini juga terdapat kolam berbentuk hati yang sering disebut sebagai Kolam Cinta dengan pemandangan yang indah.

15. Gunung Kendil

Lokasi: Sibajag, Sikatok, Canggal, Kec. Candiroto, Kab. Temanggung.

Gunung Kendil ini sebenarnya hanyalah sebuah bukit, dimana pada zaman Belanda tempat ini dijadikan sebagai lokasi militernya.

Gunung Kendil menghadirkan pemandangan alam yang akan menakjubkan, dengan hamparan alam yang begitu indah, ditambah suasana asri membuat banyak orang ingin berkunjung ke sini.

16. Curug Titang

Lokasi: Durenan, Tembarak, Kec. Temanggung, Kab. Temanggung.

Curug Titang menyuguhkan pemandangan sekitar yang asri dengan udara sejuk, serta percikan air dengan aliran yang cukup deras yang begitu menyegarkan.

Anda bisa berendam dan bermain air di Curug Titang ini karena aliran air yang cenderung aman, namun tetap saja Anda perlu berhati-hati. Karena lagi lagi alam selalu tidak bisa ditebak.

17. Batu Rananggana

Lokasi: Canggal, Kec. Candiroto, Kab. Temanggung.

Batu Rananggana ini merupakan batur berukuran besar yang terletak di atas puncak Gunung Candil.

Artinya Anda perlu melakukan pendakian ke Gunung Candil terlebih dahulu untuk bisa melihat batu yang iconic ini.

Dari atas batu, Anda bisa menikmati hamparan pemandangan indah khas pegunungan yang begitu indah dan memesona.

Indonesia sangat kaya akan keindahan alam dan budayanya, yuk sama-sama menjaga kelestariannya.

Dan alam adalah sebuah bentuk dari kebesaran Tuhan, jangan lupa untuk selalu bersyukur atas segala bentuk karunianya.

Selamat mengunjungi destinasi wisata yang telah kami rekomendasikan.

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN

15 Tempat Wisata di Kabupaten Sukoharjo yang Wajib Dikunjungi

Sukoharjo merupakan sebuah Kabupaten di provinsi Jawa Tengah. Kabupaten Sukoharjo menjadi daerah dengan destinasi wisata alam yang memesona, sehingga siapapun…

15 Tempat Wisata di Jakarta Barat yang Wajib Dikunjungi

Kota Jakarta Barat memang terkenal dengan segala tempat-tempat bersejarahnya. Di kota yang satu ini Anda juga dapat menemui banyak sekali…

Keuntungan Membeli Mobil Secara Tunai dan Kredit

Mobil merupakan alat transportasi yang dipilih oleh banyak orang karena memiliki kapasitas serta fasilitas yang nyaman. Sadarkah Anda bahwa saat…

15 Tempat Wisata di Kepulauan Seribu yang Wajib Dikunjungi

Salah satu kabupaten yang berada di kawasan Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta ini memang sangat terkenal dengan keindahannya. Kabupaten Kepulauan…

17 Tempat Wisata di Kabupaten Sragen yang Wajib Dikunjungi

Sragen merupakan sebuah Kabupaten di provinsi Jawa Tengah. Kondisi geografis serta kebudayaan di kabupaten Sragen ini membuatnya memiliki destinasi wisata…

15 Tempat Wisata di Kabupaten Jember yang Wajib Dikunjungi

Keindahan alam Kabupaten Jember memang membuatnya menyimpan banyak sekali pilihan tempat wisata untuk Anda nikmati. Keindahan pantai-pantai di Jember memang…

15 Tempat Wisata di Klungkung Bali yang Wajib Dikunjungi

Salah satu kabupaten yang ada di Bali ini memang begitu terkenal dengan kulinernya yang khas. Namun bukan hanya kulinernya saja…

17 Tempat Wisata di Kabupaten Semarang yang Wajib Dikunjungi

Semarang merupakan sebuah Kabupaten di provinsi Jawa Tengah. Dengan Kota Ungaran sebagai ibu kotanya. Semarang menyuguhkan pemandangan yang memukau dengan…

Biaya Balik Nama Mobil Bekas dan Syarat Pengurusan Terbaru

Terkadang kita memutuskan untuk membeli barang bekas yang tentunya masih layak, untuk memenuhi kebutuhan. Salah satu barang berharga yang seing…

Cara Membuat CV yang Baik dan Benar

CV atau Curriculum Vitae merupakan Daftar Riwayat Hidup secara individual. CV biasanya digunakan oleh para pelamar kerja guna sebagai dokumen…