15 Tempat Wisata di Kabupaten Sukoharjo yang Wajib Dikunjungi

Sukoharjo merupakan sebuah Kabupaten di provinsi Jawa Tengah. Kabupaten Sukoharjo menjadi daerah dengan destinasi wisata alam yang memesona, sehingga siapapun yang mengujunginya merasa perlu mengeksplor keindahannya secara lebih jauh lagi.

Terdapat destinasi wisata alam serta wisata air dengan beragam wahananya yang sangat seru dan menyenangkan.

Sukoharjo memiliki destinasi wisata yang cukup variatif, sehingga suasana apapun yang ingin Anda dapatkan saat berlibur bisa Anda cari di Kabupaten Sukoharjo.

Berikut telah kami rangkum beberapa Tempat Wisata di Kabupaten Sukoharjo yang wajib Anda kunjungi:

1. Curug Krajan

Lokasi: Krajan, Kec. Weru, Kab. Sukoharjo.

Curug Krajan menyuguhkan suasana alam yang masih asri dengan udara sejuk khas pedesaan yang akan membuat Anda betah berlama-lama di sini.

Dengan aliran air berarus sedang, Anda bisa menikmati kesegaran Curug Krajan ini dengan berendam maupun bermain air di sini.

Namun memang akses menuju air terjun ini tidaklah mudah, sehingga Anda memerlukan stamina yang baik untuk bisa sampai dan menikmati keindahannya.

2. Transformers Park

Lokasi: Banaran, Pabelan, Kec. Kartasura, Kab. Sukoharjo.

Transformers Park akan sangat memanjakan Anda yang sangat menyukai film robot transformers. Pasalnya konsep dari taman ini memang dibuat seperti film robot transformers.

Destinasi wisata ini selalu ramai dikunjungi karena daya tariknya, Anda bisa melihat mobil bekas dengan usia puluhan tahun yang sangat unik.

3. Gunung Sepikul

Lokasi: Kerten, Tiyaran, Kec. Bulu, Kab. Sukoharjo.

Gunung Sepikul menyajikan pemandangan alam dua bukit kembar yang menjulang dengan sangat gagahnya.

Tak heran banyak wisatawan, terutama mereka yang suka mendaki banyak mendatangi tempat ini karena suguhan pemandangan alam yang begitu memakau.

Bagi Anda yang suka fotografi Gunung Sepikul akan menjadi tempat dengan landscape yang sangat keren.

4. Pandawa Water World

Lokasi: Kompleks Pandawa Jl. Cemara Raya Gedangan, Dusun 2, Kec. Grogol, Kab. Sukoharjo.

Jika ditelaah lebih dalam, Kabupaten Sukoharjo memiliki destinasi wisata permainan air yang cukup banyak. Seperti halnya Pandawa Water World, wisata bermain air yang satu ini menjadi primadona bagi masyarakat kota dengan sebutan Kota Makmur ini.

Objek wisata air yang satu ini terletak di daerah Grogol Solo Baru dan berdekatan dengan Kabupaten Sukoharjo. Lokasi tersebut sangat mudah untuk ditemui, sehingga pengunjung tidak akan merasa kesulitan.

Dibuat dengan desain menarik yang mengusung nama Pandawa, membuat wisata air ini semakin cepat digemari oleh masyarakat sekitar maupun wisatawan luar daerah. Selain itu, destinasi wisata buatan yang satu ini memiliki area yang sangat luas.

Di berbagai sisinya, Anda akan melihat beberapa patung Pandawa yang menjadi ikon wisata tersebut. Anda pun bisa menikmati wahana dan fasilitas yang tersedia seperti, kolam arus, warm spa, sight tower, dan lain lain.

5. Royal Water Adventure

Lokasi: Jl. Raya Telukan KM.08, Dusun III, Telukan, Kec. Grogol, Kab. Sukoharjo.

Royal Water Adventure merupakan wisata bermain air dengan konsep modern berupa Family Waterpark.

Royal Water Adventure menjadi alaternatif destinasi wisata yang cocok untuk kelurga, di sini terdapat kolam renang dan beragam wahana yang bisa dimainkan oleh anak-anak juga orang dewasa.

Adapun wahana di Royal Water Adventure diantaranya, kolam arus, child playground, kolam renang semi olympic, body slide, toilet, mushol, dan masih banyak lagi.

6. Gunung Taruwongso

Lokasi: Tengklik, Watubonang, Kec. Tawangsari, Kab. Sukoharjo.

Gunung Taruwongso menghadirkan pemandangan kabupaten Sukoharjo dari ketinggian yang begitu memikat hati.

Medan yang cenderung mudah untuk dilalui membuat para pendaki akan bisa mendaki Gunung Taruwongso dengan lebih mudah.

Jangan lupa untuk menyiapkan stamina yang baik, dengan perbekalan yang lengkap, dan jaga kebersihan serta kelestarian alam selama berada di Gunung Taruwongso ini.

7. The Heritage Palace (Pabrik Gula Gembongan)

Lokasi: Jl. Permata Raya, Dukuh Tegal Mulyo RT.002/RW.008, Honggobayan, Pabelan, Kec. Kartasura, Kab. Sukoharjo.

Pabrik Gula Gembongan memiliki arsitektur yang menarik, megah, dan juga luas. Sehingga walaupun sudah tidak digunakan lagi, Pabrik Gula Gembongan ini tetap menarik, terlebih saat ini sudah ada fasilitas berupa Museum 3D dan Museum Angkot.

Bangunan dari Pabrik Gula Gembongan ini berupa bangunan khas Eropa yang sangat eksotits. Berbeda dengan pabrik gula yang ada di Yogyakarta, Pabrik Gula Gembongan ini sudah tidak beroperasi sejak lama.

Yang menarik dari lokasi tersebut ialah arsitektur bangunannya yang dibuat dengan megah dan luas. Didirikan di era pendudukan Belanda, membuat wisata yang satu ini identik dengan bentuk bangunan khas Eropa.

Tak hanya bangunan pabrik gula, di sana Anda juga akan ditawarkan dengan kemegahan Museum 3D dan Museum Angkot.

8. Pemandian Air Hangat Langenharjo

Lokasi: Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah.

Pemandian Air Hangat Langenharjo akan berhasil membuat tubuh Anda merasa relaks, sehingga Anda lebih siap menghadapi beragam rutinitas dan menjalankan segala bentuk tanggungjawab dengan pikiran dan ide-ide yang cemerlang.

Pasalnya Pemandian Air Hangat Langenharjo ini memiliki pemandangan alam yang begitu memanjakan mata, sehingga mampu mer-refresh hati dan pikiran.

9. Waduk Mulur

Lokasi: Dondong, Mulur, Kec. Bendosari, Kab. Sukoharjo.

Waduk Mulur menyuguhkan panorama matahari terbenam secara utuh. Anda bisa melihat lukisan alam dengan paduan warna langit yang memesona dari Waduk Mulur ini.

Anda juga bisa menghabiskan waktu di sini sambil memancing, maupun berburu foto dengan background yang indah.

10. Umbul Pecinan Batu Seribu

Lokasi: Pacinan, Gentan, Kec. Sukoharjo, Kab. Sukoharjo.

Umbul Pecinan Batu Seribu mengajak Anda untuk berlibur dengan menyenangkan.

Anda bisa menikmati beragam fasilitas yang ada, seperti berenang, mandi, dan berendam sambil menikmati suasana alam sekitar yang masih asri, sejuk, dan suasana yang sangat tenang.

Berlibur di Umbul Pecinan Batu Seribu memberikan pengalam berlibur yang menyenangkan.

11. Geopark Batu Seribu

Lokasi: Gentan, Kec. Bulu, Kab. Sukoharjo.

Geopark Batu Seribu menyajikan pemandangan asri dan udara yang sejuk, sehingga siapapun yang mengunjunginya akan merasa betah dan ingin kembali menikmati suasana yang disuguhkan destinasi wisata ini.

Geopark Batu Seribu dapat dijadikan alternatif destinasi wisata untuk dikunjungi bersama keluarga.

12. Petilasan Kraton Pajang

Lokasi: Dusun I, Makamhaji, Kec. Kartasura, Kab. Sukoharjo.

Petilasan Kraton Pajang sudah pasti memiliki sejuta cerita sejarah yang menarik untuk diketahui. Dahulu, Kerajaan Pajang yang dipimpin oleh Sultan Hadiwijaya atau Jaka Tingkir merupakan salah satu kerajaan yang sempat memerintah Tanah Jawa.

Namun sayangnya, kerajaan tersebut kemudian hilang dari percaturan kerajaan Tanah Jawa. Menghilangnya kerajaan tersebut juga diselingi dengan peninggalan benda benda sejarah yang erat dengan Jaka Tingkir.

Adapun peninggalan tersebut berupa lukisan, benda berat, dan hal lain yang berkaitan dengan Kerajaan Pajang ini.

13. Dam Colo

Lokasi: Jembatan Bendung Colo, Jetis, Pengkol, Kec. Nguter, Kab. Sukoharjo.

Dam Colo ini merupakan bendungan memiliki manfaat untuk mengairi persawahan penduduk desa.

Namun karena struktur bangunan dan desain dari bendungan yang menarik, sehingga banyak orang yang tertarik untuk mengununginya.

Walau begitu, tempat ini masih tidak menarik minat pemerintah untuk mengelolanya dan melengkapi fasilitas yang ada di sini.

14. Sendang Pinilih

Lokasi: Dusun I, Jangglengan, Kec. Nguter, Kab. Sukoharjo.

Sendang Pinilih merupakan destinasi wisata air yang berasal dari mata air yang kemudian dialirkan ke dalam kolam besar.

Pepohonan yang rimbun dan sawah yang berada di sekitar Sendang Pinilih membuat suasana di sini menjadi sangat sejuk dan juga teduh.

Di sini Anda bisa menikmati fasilitas berupa kolam renang anak dan dewasa, juga kolam ikan.

15. Telaga Claket

Lokasi: Jl. Raya Nguter, Kec. Nguter, Kab. Sukoharjo.

Telaga Claket ini terletak di antara Kabupaten Wonogiri dan Sukoharjo. Pemandangan Telaga Claket berupa tebing dan bukit di sekelilingnya akan memanjakan Anda dengan suguhan alam yang begitu meneduhkan jiwa.

Walau memang Telaga Claket ini tidaklah begitu luas, namun alam yang masih asri akan membuat siapa saja betah berlama-lama di sini.

Indonesia sangat kaya akan keindahan alam dan budayanya, yuk sama-sama menjaga kelestariannya. Dan alam adalah sebuah bentuk dari kebesaran Tuhan, jangan lupa untuk selalu bersyukur atas segala bentuk karunianya.

Selamat mengunjungi destinasi wisata yang telah kami rekomendasikan.

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN

‘Bapak Nggak Ada Wewenang’, Viral Video Pria Tegur Petugas Dishub yang Lakukan Razia Kendaraan hingga Tagih Denda Rp 20 Ribu, sang Oknum Auto Kabur Saat dapat Ancaman Begini

Razia kendaraan memang sudah menjadi hal yang lumrah di Indonesia. Pada umumnya, pengendara bisa terjaring razia jika melakukan sejumlah pelanggaran.…

Viral Pengantin Wanita Pakai Perhiasan Emas Menutupi Tubuh Sampai Tak Mampu Jalan, Kisahnya Tuai Simpati

Pengantin tampil mewah di hari pernikahan tentu sudah menjadi hal yang umum. Salah satu membuat penampilan pengantin terlihat mewah di…

15 Tempat Wisata di Kabupaten Situbondo yang Wajib Dikunjungi

Kabupaten Situbondo memang memiliki keindahan alam yang luar biasa. Letaknya yang berada di tengah jalur transportasi Jawa-Bali ini menjadikan Situbondo…

Pasal 139b KUHP (Kitab Undang-Undang Hukum Pidana)

Kitab Undang-undang Hukum Pidana (bahasa Belanda: Wetboek van Stafrecht, umum dikenal sebagai KUH Pidana atau KUHP) adalah peraturan perundang-undangan yang…

15 Tempat Wisata di Jakarta Timur yang Wajib Dikunjungi

Meski Jakarta terbagi menjadi beberapa bagian, Jakarta Timur merupakan daerah terpadat lho yang ada di Jakarta. Sebagai daerah terpadat yang…

7 Gaya Seksi Gisel Pamer Tato di Area Tersembunyi, Terbaru Dekat Dada!

SOSOK Gisella Anastasia alias Gisel tak pernah lepas dari sorotan sebagai selebriti Tanah Air. Termasuk gaya penampilan Gisel yang kerap…

Tutup Pintu Restu untuk Nathalie Holscher? Wejangan Menohok Haji Faisal untuk Frans Faisal: Cari yang Single

Frans Faisal, putra kedua Haji Faisal tersebut kini tengah dijodoh-jodohkan Nathalie Holscher. Ini bukan kali pertama Frans Faisal digosipkan dekat…

15 Tempat Wisata di Flores yang Wajib Dikunjungi

Flores merupakan sebuah pulau yang berada di Provinsi Nusa Tenggara Timur. Pulau ini dinamai Flores yang memiliki arti bunga dari…

15 Tempat Wisata di Bojonegoro yang Wajib Dikunjungi

Kabupaten Bojonegoro memang memiliki banyak tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Selain wisata alamnya, Anda juga dapat mengunjungi wisata budaya…

17 Tempat Wisata di Kabupaten Pati yang Wajib Dikunjungi

Pati merupakan sebuah Kabupaten di provinsi Jawa Tengah yang berbatasan dengan beberapa kabupaten lainnya, seperti Rembang, Kudus, Jepara, Blora, dan…