17 Tempat Wisata di Kabupaten Sragen yang Wajib Dikunjungi

Sragen merupakan sebuah Kabupaten di provinsi Jawa Tengah. Kondisi geografis serta kebudayaan di kabupaten Sragen ini membuatnya memiliki destinasi wisata alam dan beberapa wisata budaya yang menarik untuk Anda kunjungi.

Wisata pantai dan air terjun dengan landscape yang indah serta udara yang sejuk akan menjadi hal yang disuguhkan oleh kabupaten Sragen untuk para wisatawa.

Sragen memiliki destinasi wisata yang cukup variatif, sehingga suasana apapun yang ingin Anda dapatkan saat berlibur bisa Anda cari di Kabupaten Sragen.

Berikut telah kami rangkum beberapa Tempat Wisata di Kabupaten Sragen yang wajib Anda kunjungi:

1. Pemandian Air Panas Bayanan

Lokasi: Gamping, Jambeyan, Sambirejo, Kab. Sragen, Jawa Tengah.

Pemandian Air Panas Bayanan yang dikenal juga dengan sebutan Hyang Tirto Nirmolo ini dipercaya oleh masyarakat sekitar bisa membantu menyembuhkan berbagai penyakit kuli seperti gatal-gatal, rematik, menurunkan kolesterol hingga memelihara kesegaran sendi dan otot.

Selain itu tentunya Anda akan merasa sangat relaks setelah merasakan sensasi air hangat yang berasal dari alam ini.

2. Taman Dayu Alam Asri

Lokasi: Gembong, Desa Dayu, Kec. Saradan, Kab. Sragen, Jawa Tengah.

Taman Dayu Alam Asri merupakan taman yang dibangun dengan konsep wisata edukasi. Di sini terdapat Mini Zoo (kebun binatang mini) dengan koleksi satwa yang terbilang cukup lengkap, seperti elang, burung merak, ular, kanguru dan rusa.

Selain itu ada pula taman lalu lintas yang akan memberikan edukasi tentang tata tertib dan bagaimana berlalu lintas di jalan. Dan ada juga wisata agro atau pertanian yang dibuat untuk mengenalkan berbagai macam tanaman.

3. Museum Prasejarah Sangiran

Lokasi: Kebayanan II, Krikilan, Kec. Kalijambe, Kab. Sragen, Jawa Tengah.

Museum Prasejarah Sangiran akan mengajak Anda untuk mengetahui informasi seputar penemuan fosil Meganthropus Palaeojavanicus.

Saat ini Museum Prasejarah Sangiran sudah memiliki koleksi sekitar 13.685. Banyaknya penemuan fosil di tempat ini dan telah ditetapkan sebagai warisan budaya dunia oleh WHO.

4. Waduk Kedung Ombo

Lokasi: Kab. Grobogan, Kab. Sragen dan Kab. Boyolali, Jawa Tengah.

Waduk Kedung Ombo merupakan tempat wisata yang menunjang pembangunan Indonesia, khususnya sebagai pembangkit listrik yang selama ini berguna untuk masyarakat luas.

Adapun aliran air dari Waduk Kedung Ombo ini juga digunakan sebagai irigasi hingga ke wilayah-wilayah Demak, Kudus, Blora hingga Sragen, Boyolali dan lain sebagainya.

Sehingga masyarakat dengan bantuan pemerintah terus menjaga kelestarian waduk ini agar berfungsi sebagaimana mestinya.

5. Wisata Alam Betisrejo

Lokasi: Desa Jambeyan, Kab. Sragen, Jawa Tengah.

Wisata Alam Betisrejo menawarkan pengalaman berlibur yang seru dan mengesankan. Bukan hanya menyajikan pemandangan yang meneduhkan, Anda juga akan diajak mengolah pertanian secara organic tanpa adanya campuran bahan kimia.

Anda bisa menikmati alam yang begitu menyejukkan ini dengan menginap di homestay yang ada di sekitar lokasi Wisata Alam Betisrejo ini.

6. Gunung Kemukus

Lokasi: Soko, Kebayanan II, Pendem, Kec. Sumberlawang, Kab. Sragen, Jawa Tengah.

Gunung Kemukus merupakan gunung dengan pemandangan alam yang sangat indah dan asri. Destinasi wisata yang satu ini tentu cocok untuk Anda yang hobi mendaki.

Gunung ini tidak lepas dari cerita Pangeran Samudro, berdasarkan kepercayaan masyarakat disebut-sebut jika Gunung Kemukus merupakan peristirahatan terakhir dari Pangeran Samudro yang masuk dalam kategori wisata religi.

7. Sentral Batik Dewi Arum

Lokasi: Kliwonan, Kec. Masaran, Kab. Sragen, Jawa Tengah.

Sentral Batik Dewi Arum menawarkan beragam motif batik yang khas. Sentral Batik Dewi Arum ini merupakan desa wisata batik yang populer.

Selain dapat melihat dan tentunya membeli batik, Anda juga bisa menginap di homestay Sentral Batik Dewi Arum.

Juga terdapat beragam rangkaian aktivitas yang bisa Anda lakukan, seperti memancing, berjelajah desa, membatik, dan lainnya.

8. Ganesha Technopark

Lokasi: Jl. Dr. Sutomo No. 5, Sine, Kec. Sragen, Kab. Sragen, Jawa Tengah.

Ganesha Technopark dibuat untuk memudahkan akses ke lembaga penelitian, professor ataupun siswa yang sudah lulus.

Hal tersebut sebagai bentuk bantuan dari pemerintah agar kedepannya tidak ada lagi penelitian yang terhambat.

Anda akan mendapatkan pengalaman berlibur yang mengesankan dan penuh edukasi saat berkunjung ke sini.

9. Kolam Renang Kartika

Lokasi: Kroyo, Karangmalang, Kab. Sragen, Jawa Tengah.

Kolam Renang Kartika memiliki fasilitas yang cukup lengkap sehingga Anda bisa berlibur dengan nyaman.

Selain melakukan aktivitas renang yang menyenangkan, Anda bisa memancing di kolam pemancingan untuk bersantai dan menghabiskan waktu.

Anda tidak akan kesulitan untuk sampai di tempat ini, selain akses yang mudah, masyarakat pun sudah banyak yang mengetahui lokasi tempat wisata yang satu ini.

10. Wisata Kedung Grujug

Lokasi: Dukuh Pungkruk, Bulu, Doyong, Miri, Kab. Sragen, Jawa Tengah.

Wisata Kedung Grujug merupakan objek wisata berupa curug atau air terjun yang pernuh warna.

Bebatuan yang ada di aliran sungai menambah eksotisme alam dari tempat wisata Kedung Grujug ini.

Suasana alam yang asri, serta udara yang sejuk akan menemani Anda selama berkunjung ke sini.

11. Waduk Blimbing

Lokasi: Desa Belimbing, Kec. Sambirejo, Kab. Sragen, Jawa Tengah.

Waduk Blimbing merupakan aset dari Desa Wonotolo Srimulyo Gondang, karena waduk ini memiliki fungsi untuk irigasi persawahan warga.

Anda akan melihat hamparan pemandangan yang indah, apalagi saat matahari mulai tenggelam.

Warna-warni senja menjadi hal yang akan membuat Anda betah memandanginya. Tempat ini juga seringkali dijadikan spot foto favorit.

12. Makam Joko Tingkir

Lokasi: Butuh, Gedongan, Plupuh, Kab. Sragen, Jawa Tengah.

Makam Joko Tingkir yang merupakan wisata sejarah sekaligus wisata religi ini memiliki daya tarik tersendiri.

Nilai sejarah yang ada di tempat ini, serta Joko Tingkir yang dikebumikan dengan 20 pusara yang dikelilingi oleh tembok dan Sembilan diantaranya berada di dalam cungkup.

Sementara pusara Joko Tingkir itu ada di bagian tengah cungkup, dan hal tersebut juga menjadi sesuatu yang membuat banyak orang penasaran.

13. Wisata Ndayu Park

Lokasi: Gembong, Saradan, Kec. Karangmalang, Kab. Sragen, Jawa Tengah.

Wisata Ndayu Park menjadi destinasi wisata yang cocok untuk Anda kunjungi bersama keluarga.

Di sini terdapat berbagai fasilitas yang seru yang bisa dimainkan oleh anak-anak maupun dewasa, sehingga akan membuat Anda berlibur dengan nyaman dan menyenangkan.

14. Wisata Gunung Banyak

Lokasi: Desa Srawung, Kab. Sragen, Jawa Tengah.

Wisata Gunung Banyak menyuguhkan pemandangan yang begitu indah dan memesona. Pemandangan alam yang terhampar dengan begitu luasnya membuat rasa lelah akibat pendakian bisa Anda lupakan.

Suasana alam yang asri selalu mampu membawa ketenangan pada setiap mata yang memandanginya. Pastikan Anda memiliki kondisi tubuh yang fit agar pendakian berjalan lancar.

15. Air Terjun Dung Jengglong

Lokasi: Dukuh Mojolegi, Desa Bagor, Kec. Miri, Kab. Sragen, Jawa Tengah.

Air Terjun Dung Jengglong memiliki kondisi alam yang masih asri dengan udara yang sangat sejuk.

Air terjun dengan ketinggian 4 meter dan lebar mencapai 7 meter ini memiliki debit air yang cukup deras, batuan berlumut membuat air menjadi kehijauan yang sangat eksotis.

Namun memang destinasi wisata ini belum dimaksimalkan dari segi fasilitas dan akses jalannya.

Indonesia sangat kaya akan keindahan alam dan budayanya, yuk sama-sama menjaga kelestariannya. Dan alam adalah sebuah bentuk dari kebesaran Tuhan, jangan lupa untuk selalu bersyukur atas segala bentuk karunianya.

Selamat mengunjungi destinasi wisata yang telah kami rekomendasikan.

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN

Biaya Balik Nama Sertifikat Tanah dan Syarat Pengurusan Terbaru

Apakah Anda berencana untuk mengurus balik nama sertifikat tanah setelah transaksi? Pertama, Anda harus mengetahui detail biaya yang harus dikeluarkan…

‘Dukun-dukun Langsung Resign’, Pesulap Merah Gandeng Hotman Paris Jadi Pengacara, Firdaus Oiwobo Kebakaran Jenggot: Sesat Semua!

Makin panas, Pesulap Merah alias Marcel Radhival dan dr Richard Lee kini gandeng Hotman Paris sebagai pengacara untuk lawan para…

Lihat! Ibu Ini Membawa 3 Anak Kembarnya Masuk Tahanan, Kak Seto Bela-belain Istri Sambo Agar Tak Dibui, Netizen: Dibayar Berapa Sama Ibu PC?

Perlakuan istimewa dari Ketua Lembaga Perlindungan Anak Indonesia (LPAI) Seto Mulyadi atau akrab disapa Kak Seto terhadap istri Ferdy Sambo,…

‘Tahun Ini udah Fix!’ Verrell Bramasta Umumkan Pernikahan, Siapa Calonnya? Bocorkan Ada 3 Pilihan Wanita

Artis Verrell Bramasta mengatakan bahwa tahun ini dirinya akan menikah. Punya tiga kandidat calon istri. Belum lama ini Verrell Bramasta…

Di luar ekspektasi, ternyata segini bayaran Farel Prayoga sekali manggung

Penyanyi cilik Farel Prayoga melejit namanya pasca bernyanyi di acara HUT Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 2022 lalu. Ia berhasil…

Dulu Nangis Saat BBM Naik, Sekarang Megawati Minta Rakyat Jangan Cengeng, Anak Buah AHY: Itu Tangisan ‘Drama’

Politikus Partai demokrat Yan Harahap menyinggung Megawati Soekarnoputri soal tangisannya dulu ketika Bahan Bakar Minyak (BBM) naik. Menurutnya, tangisannya saat…

15 Tempat Wisata di Jakarta Utara yang Wajib Dikunjungi

Jakarta Utara memang menyimpan banyak sekali tempat bersejarah yang dapat Anda kunjungi. Selain itu, menariknya di kota ini juga ada…

‘Masih Bisa Saya Toleransi’ Haji Faisal Santai, Tak Masalah Kalau Fuji Dugem dengan Thariq Halilintar

Haji Faisal ayah Fuji menanggapi gosip tak sedap yang belakangan menimpa putrinya dan Thariq Halilintar. Gosip beredar belakangan menyebut Fuji…

17 Tempat Wisata di Kabupaten Temanggung yang Wajib Dikunjungi

Temanggung merupakan sebuah Kabupaten di provinsi Jawa Tengah. Kabupaten Temanggung ini memiliki ibu kota yang di kota Temanggung. Letak geografis…

18 Tempat Wisata di Kabupaten Magelang yang Wajib Dikunjungi

Magelang merupakan sebuah Kabupaten atau Kota di provinsi Jawa Tengah. Magelang menyimpan keindahan yang beberapa diantarnya masih jarang diketahui, sehingga…