15 Tempat Wisata di Kabupaten Situbondo yang Wajib Dikunjungi

Kabupaten Situbondo memang memiliki keindahan alam yang luar biasa. Letaknya yang berada di tengah jalur transportasi Jawa-Bali ini menjadikan Situbondo memiliki perekonomian yang cukup aktif.

Pariwisata di Situbondo juga terbilang cukup aktif dengan banyaknya pilihan keindahan alam yang tersaji di kabupaten ini.

Dalam hal ini, nama Panarukan yang diganti menjadi Situbondo, asal kata siti-bondo yang memiliki makna bahwa daerah ini akan mengikat setiap pendatang untuk menetap di Situbondo artinya memang nyata adanya.

Karena setiap orang yang datang ke Kabupaten Situbondo selalu jatuh cinta dengan segala yang ada di dalamnya.

Tertarik untuk menikmati keindahan alam Situbondo ? Berikut ini telah kami rangkum beberapa tempat wisata yang wajib Anda kunjungi selama berada di Situbondo:

1. Taman Nasional Baluran

Anda tentu sudah tidak asing lagi mendengar tempat wisata yang satu ini bukan ? Ya, Taman Nasional Baluran terletak di Kabupaten Situbondo.

Tak heran jika Taman Nasional Baluran ini menjadi sangat terkenal, karena di tempat ini Anda akan menemukan keindahan gunung, pantai, dan juga padang savana lho.

Banyak juga binatang liar yang dapat Anda temui di Taman Nasional Baluran ini. Oh ya, Anda juga tidak perlu khawatir karena Taman Nasional Baluran ini sudah memiliki fasilitas lengkap mulai dari tempat makan hingga tempat solat.

2. Pantai Bama

Nah seperti yang telah disebutkan, Anda akan menemui pantai yang ada di kawasan Taman Nasional Baluran.

Salah satu pantai yang ada di Taman Nasional Baluran bernama Pantai Bama, menariknya Pantai Bama ini masih sangat begitu asri lho, jadi tak heran Anda akan menemukan banyak binatang liar di pantai ini.

Keindahan dari Pantai Bama pun sudah tidak perlu Anda ragukan lagi, bahkan pantai ini tidak pernah sepi pengunjung lho.

3. Bekol Savannah

Selain keindahan pantai, Taman Nasional Baluran juga memiliki padang savana yang menarik untuk Anda kunjungi. Hamparan padang rumput ini memang begitu mempesona.

Bahkan banyak orang yang menyebut tempat ini sebagai miniatur Afrika lho. Dari hamparan padang rumput ini Anda juga akan menikmati keindahan Gunung Baluran lho dari jauh.

Wah Anda tentu akan merasa betah berada di Bekol Savannah sambil menenangkan pikiran.

4. Kampung Kerapu

Situbondo memiliki Kampung Kerapu yang terlihat begitu indah lho. Keramba kerapu yang ada di Kampung Kerapu ini sengaja dibuat melingkar diatas air yang menjadikannya sangat indah jika dilihat dari ketinggian ataupun direkam menggunakan drone.

Tidak hanya menikmati dari pinggirannya saja, Anda dapat berjalan-jalan diatas dermaga sepanjang 300 meter lho untuk melihat keindahannya dari dekat.

Oh ya, senja di Kampung Kerapu juga sangat mempesona. Jika Anda ingin menikmatinya, pastikan datang di sore hari ya.

5. Pantai Pasir Putih

Siapa yang tidak senang dengan Pantai Pasir Putih ? Keindahannya bahkan membuat siapa saja terpesona. Pantai yang satu ini juga masih sangat begitu terjaga lho, air lautnya pun masih begitu asri.

Akses yang mudah untuk menuju Pantai Pasir Putih juga menjadikannya tidak pernah sepi pengunjung. Bahkan karena terletak di bahu jalan, Anda dapat menikmati keindahannya sambil berkendara.

6. Pantai Tamporah

Situbondo masih memiliki keindahan pantai lainnya lho, salah satunya adalah Pantai Tamporah. Perpaduan pasir pantai putih, air laut yang jernih, dan juga batu karang yang bertebaran membuat pantai ini terlihat begitu eksotis lho.

Bahkan selain keindahannya, Pantai Temporah memiliki fasilitas yang lengkap, seperti toilet, mushola, dan juga gazebo untuk Anda bersantai menikmati keindahannya.

7. Waduk Bajul Mati

Selain keindahannya yang menjadikannya objek wisata, Waduk Bajul Mati juga memiliki fungsi tersendiri lho, yaitu sebagai pelabuhan, pengairan, dan bahkan menjadi pembangkit listrik mikrohidro. Waduk yang berlokasi di perbatasan antara Banyuwangi dan Situbondo ini bahkan disebut-sebut sebagai miniatur Raja Ampat karena keindahannya yang memang mirip dengan Raja Ampat dalam versi lebih kecil. Selain keindahannya, Anda juga akan ditemani oleh sejuknya udara lho di Waduk Bajul Mati. Tempat ini dijamin membuat Anda senang dan juga tenang.

8. Pantai Lempuyang

Keindahan pantai di Situbondo memang tidak ada habisnya. Pantai Lempuyang juga memiliki pesonanya tersendiri lho dibanding pantai-pantai lainnya. Menariknya, pasir pantai di Pantai Lempuyang memiliki tekstur yang sangat lembut.

Selain itu, di Pantai Lempuyang juga Anda akan disuguhi pemandangan laut biru jernih sejauh mata memandang. Tentunya pantai ini akan begitu memanjakan mata Anda.

9. Pantai Tangsi

Masih tempat wisata berupa pantai. Pantai Tangsi ini bisa dibilang cukup berbeda dibanding pantai-pantai Situbondo lainnya. Tak heran, karena dulunya pantai yang satu ini merupakan lokasi kilang minyak.

Namun meski begitu Anda tidak perlu khawatir, karena saat ini aktivitas penambangan minyak sudah diberhentikan, dan Pantai Tangsi sendiri memang masih begitu asri dengan airnya yang jernih juga alam sekitarnya yang terbebas dari sampah.

10. Puncak Rengganis Argopuro

Puncak Rengganis ini masih bagian dari Gunung Agropuro yang berada di Probolinggo lho. Menariknya, di Puncak Rengganis ini Anda akan menemukan situs bersejarah yang terdiri dari tiga area dengan lima bekas bangunan didalamnya.

Namun meski terdapat situs bersejarahnya, sejarah dari Puncak Rengganis ini justru masih belum terungkap lho. Tapi satu hal yang pasti adalah Puncak Rengganis ini menyuguhkan pemandangan alam luar biasa yang akan membuat Anda takjub.

11. Pantai Gelung

Pantai Gelung atau beberapa orang menyebutnya sebagai Pantai Pathek memang menjadi salah satu pantai yang terkenal di Situbondo.

Tidak hanya keindahannya saja, pantai yang satu ini juga memang berada di jalur pantura yang membuatnya seringkali disinggahi pengunjung sambil beristirahat sebelum melanjutkan kembali perjalanannya.

Bahkan di Pantai Gelung Anda juga akan menemukan banyak jajaran kuliner lezat yang dapat Anda nikmati lho sambil beristirahat.

12. Pantai Bilik

Situbondo memang menawarkan banyak sekali keindahan pantai-pantai menakjubkan. Nah, pantai yang satu ini berbeda lho dari pantai-pantai yang umum Anda temui.

Pantai Bilik memiliki gradiasi warna yang begitu mengagumkan, perpaduan antara warna abu, coklat muda hingga tua, dan warna emas menjadi daya tarik tersendiri dari Pantai Bilik ini.

Selain itu, Anda juga dapat menikmati pemandangan pantai dengan background gunung yang mempesona lho di pantai ini.

13. Air Terjun Setancak

Bosan dengan pantai ? Anda dapat berkunjung ke Air Terjun Setancak ini. Salah satu air terjun indah yang memiliki banyak kisah misteri dibaliknya ini memang cukup menarik untuk dikunjungi.

Menurut masyarakat setempat dulunya tidak ada air terjun di tempat ini, namun secara tiba-tiba muncul pancaran air dari atas tebing yang membentuk air terjun.

Hal ini juga yang menjadi alasan kenapa air terjun yang satu ini dinamai Air Terjun Setancak, karena dalam bahasa Madura kata “tancak” memiliki arti “memancar”. Cukup menarik ya?

14. Air Terjun Talempong

Selain Air Terjun Setancak, Anda juga dapat berkunjung ke Air Terjun Talempong. Uniknya tidak seperti Air Terjun Setancak, Air Terjun Talempong memiliki beberapa titik air terjun lho yang membuatnya semakin terlihat eksotis.

Aliran air yang ada di air terjun ini juga begitu jernih dan segar, tak heran jika akhirnya banyak wisatawan senang bermain air di Air Terjun Talempong ini.

15. Pantai Banongan

Anda tidak boleh melewatkan pantai yang satu ini. Pantai Banongan memiliki pemandangan yang akan membuat Anda takjub.

Ketika sampai di pantai ini hal pertama yang akan menyapa adalah lambaian pohon kelapa yang tertiup angin, ya di Pantai Banongan ini Anda akan menemukan banyak pohon kelapa yang dikelola langsung oleh Pemerintah Kabupaten Situbondo.

Pantai yang satu ini juga tergolong sebagai pantai yang masih asri lho, dengan pasir pantai coklat yang lembut ditambah air lautnya yang jernih memang menjadi perpaduan alam yang mempesona, belum lagi dengan semburat jingga di waktu sore menjadikan pantai yang satu ini begitu eksotis.

Demikian beberapa rekomendasi tempat wisata di Kabupaten Situbondo. Semoga dapat menjadi referensi berwisata Anda. Terima kasih.

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN

Kasihan! Rela main belakang demi punya momongan, Syahrini disebut sulit hamil karena hal ini

Tiga tahun menjalin bahtera rumah tangga dengan Reino Barack, Syahrini harus menerima kenyataan belum juga dikaruniai momongan. Penyanyi cantik ini…

15 Tempat Wisata di Klungkung Bali yang Wajib Dikunjungi

Salah satu kabupaten yang ada di Bali ini memang begitu terkenal dengan kulinernya yang khas. Namun bukan hanya kulinernya saja…

Viral Pengantin Wanita Pakai Perhiasan Emas Menutupi Tubuh Sampai Tak Mampu Jalan, Kisahnya Tuai Simpati

Pengantin tampil mewah di hari pernikahan tentu sudah menjadi hal yang umum. Salah satu membuat penampilan pengantin terlihat mewah di…

Cara Membuat Daftar Pustaka Jurnal, Buku, Makalah dan Skripsi

Sebelum masuk pembahasan cara membuat daftar pustaka baik untuk Jurnal, Buku, Makalah maupun Skripsi ada beberapa hal yang harus anda…

Efek Video Sikap Ashanty ke Sosok Fuji Viral, Thariq Halilintar Pasang Badan: Seakan-akan Lebih Tau Tentang Kami

Hebohnya Ashanty dihujat imbas video sikapnya ke sosok Fuji sampai ke telinga Thariq Halilintar. Ya, video yang perlihatkan sikap Ashanty…

Lesti Kejora Laporkan Rizky Billar ke Polisi soal Dugaan KDRT

Penyanyi dangdut Lesti Kejora melaporkan suaminya, Rizky Billar ke Polres Jakarta Selatan atas kasus dugaan kekerasan dalam rumah tangga (KDRT),…

15 Tempat Wisata di Kabupaten Jombang yang Wajib Dikunjungi

Kabupaten Jombang memang menawarkan keindahan alam yang luar biasa. Tak heran dinamai Jombang yang memiliki arti “sedap dipandang”. Salah satu…

Satu Indonesia Bersorak! Shandy Purnamasari Resmi Laporkan Nikita Mirzani ke Kepolisian, Nyai Terancam Pasal Berlapis Maksimal 12 Tahun Penjara

Pelaporan tersebut atas dugaan pencemaran nama baik yang dilakukan oleh Nikita Mirzani. Dimana ia sebelumnya membeberkan kalau kekayaan Shandy Purnamasari…

15 Tempat Wisata di Kabupaten Pasuruan yang Wajib Dikunjungi

Kabupaten Pasuruan memang menjadi salah satu daerah yang menjadi kawasan industri di Indonesia. Namun meskipun kawasan industri bukan berarti Pasuruan…

Hanya Gara-gara Masalah Sepele Ini, Sosok Santri Pondok Gontor Ini Alami Penganiayaan Sampai Meninggal Dunia, Hotman Paris yang Bongkar Semuanya

Seorang santri Pondok Gontor berinisial AM dianiaya sampai tewas. Kasus bermula ketika seorang ibu asal Palembang, Sumatera Selatan, mengadu ke…