15 Tempat wisata di Kabupaten Sidoarjo yang Wajib Dikunjungi

Sidoarjo dan duka saat bencana lumpur lapindo melanda memang tidak pernah bisa dilupakan hingga saat ini.

Namun meski begitu musibah ini justru menjadi salah satu pendorong pariwisata di Sidoarjo lho, tak heran Wisata Lumpur Lapindo menjadi salah satu hal yang tidak boleh terlewatkan jika Anda berada di Kabupaten Sidoarjo.

Meski begitu, bukan berarti Sidoarjo hanya memiliki lumpur lapindo saja ya untuk dijadikan tempat wisata. Sidoarjo juga memiliki banyak tempat menarik yang kaya akan sejarah lho.

Berminat berwisata di Kabupaten Sidoarjo ? Berikut ini telah kami rangkum beberapa tempat wisata yang wajib Anda kunjungi selama berada di Sidoarjo:

1. Wisata Lumpur Lapindo

Salah satu hal yang diingat ketika mendengar Sidoarjo tentu tentang bencana lumpur lapindo yang terjadi belasan tahun lalu. Musibah yang menimpa lebih dari 16 desa di Sidoarjo ini memang begitu melekat di ingatan.

Namun memang selalu ada hikmah dibalik musibah, meski pada awalnya memang begitu mengerikan, namun saat ini lumpur lapindo justru malah menjadi objek wisata yang mendorong naiknya wisatawan di Kabupaten Sidoarjo.

Banyak wisatawan yang merasa penasaran dengan lautan lumpur lapindo ini. Bahkan, sekarang dibuat patung-patung yang dibentuk layaknya orang tenggelam dalam lumpur tersebut sebagai tanda bahwa lumpur lapindo telah merenggut nyawa masyarakat Sidoarjo.

2. Pura Jala Siddhi Amertha

Tempat ibadah umat Hindu ini memang menarik untuk dikunjungi sambil berwisata religi. Pura Jala Siddhi Amertha sendiri memang begitu megah dan gagah lho tidak kalah dengan pura yang ada di Bali.

Wah menyenangkan ya berkunjung ke Sidoarjo dengan suasana Bali? Khusus bagi Anda yang memang beragama Hindu ada baiknya untuk mengikuti aturan yang berlaku yaitu menggunakan selendang kuning.

3. Museum Mpu Tantular

Ingin berwisata sambil menambah wawasan tentang sejarah ? Anda perlu berkunjung ke Museum Mpu Tantular ini.

Selain banyak koleksi benda-benda bersejarah di masa lampau, Anda juga akan melihat sejarah dan asal-usul dari Kabupaten Sidoarjo lho. Tempat yang satu ini juga sangat cocok untuk dikunjungi bersama anak-anak.

4. Candi Pari

Sidoarjo juga memiliki salah satu tempat bersejarah lainnya lho. Candi Pari merupakan salah satu candi yang dibangun pada masa pemerintahan Hayam Wuruk.

Selain menjadi objek wisata, candi yang satu ini juga masih digunakan sebagai tempat beribadah lho bagi umat Hindu hingga saat ini.

5. Kampung Batik Jetis

Kampung Batik Jetis menjadi salah satu tempat wista yang tidak boleh Anda lewatkan.

Di Kampung Batik Jetis ini Anda akan mendapat pengalaman baru dengan belajar membatik dari awal hingga selesai.

Uniknya, batik-batik yang ada di Kampung Batik Jetis ini juga merupakan batik khas Sidoarjo dengan cirinya tersendiri.

6. Pantai Kepentingan

Sidoarjo juga memiliki salah satu pantai unik lho, tidak seperti pantai pada umumnya, Pantai Kepentingan ini justru lebih mirip seperti sungai karena alam sekitarnya yang begitu asri.

Bahkan jika beruntung Anda juga dapat menyaksikan supacara adat yang biasa digelar di Pantai Kepentingan ini sebagai bentuk syukur atas semua yang telah terjadi.

7. Kali Porong

Selain fungsinya yang menjadi penyangga aktivitas perairan warga setempat, keindahan Kali Porong juga menjadikannya banyak dikunjungi para wisatawan.

Pepohonan rimbun yang ada disekitarnya membuat Kali Porong menjadi sangat menenangkan. Bahkan, Anda juga dapat menikmati matahari terbit dan juga matahari terbenam lho di tempat yang satu ini.

8. Delta Fishing

Memancing memang menjadi aktivitas seru sambil melepas penat. Sidoarjo sendiri punya kolam khusus memancing yang cukup besar lho.

Tidak sekadar memancing saja, Delta Fishing juga menyediakan berbagai fasilitas permainan seru lainnya lho, seperti playground, flying fox, dan juga perahu untuk Anda menyeberangi pulau. Wah seru ya?

9. Kebun Coklat Balongbendo

Anda tentu sudah sering mengkonsumsi coklat bukan ? Namun banyak dari Anda yang tidak pernah berkunjung ke perkebukann coklat. Nah, Sidoarjo memiliki tempat wisata berupa cafe dengan konsep perkebunan coklat lho.

Kebun Coklat Balongbendo yang merupakan sebuah cafe berkonsep kebun coklat ini bahkan menyediakan banyak menu khas nusantara lainnya lho yang dapat Anda coba.

10. Legok Asri Sukolegok

Legok Asri Sukolegok menjadi salah satu tempat wisata yang cocok untuk dikunjungi bersama keluarga tercinta.

Luasnya yang mencapai 3 hektar ini memiliki banyak sekali fasilitas yang dapat Anda gunakan lho, seperti area outbound, playground, kolam pancing, tempat makan, dan juga gazebo untuk Anda bersantai menikmati keindahan dan juga sejuknya alam Sidoarjo.

11. Wisata Bahari Tlocor

Anda juga dapat berkunjung ke Wisata Bahari Tlocor lho untuk menikmati pemandangan alam yang eksotis.

Wisata Bahari Tlocor ini menyajikan pemandangan sungai yang dikelilingi oleh tanaman bakau. Bahkan jika airnya sedang surut Anda dapat menaiki perahu lho untuk ke seberang pulau. Tentu menyenangkan bukan?

12. Citra Garden Waterpark

Ingin mengajak anak berwisata air ? Citra Garden Waterpark menjadi pilihan yang tepat untuk Anda.

Berbagai pilihan permainan air tersaji di Citra Garden Waterpark ini, bahkan ada juga area outbound lho.

Puas bermain-main Anda juga dapat menyantap berbagai kuliner yang ada di kantin Citra Garden Waterpark ini.

13. Taman Abirama

Ingin melihat pemandangan alam hijau di Sidoarjo ? Anda harus berkunjung ke Taman Abirama ini. Taman yang ramai dikunjungi berbagai kalangan usia ini memang begitu mempesona.

Pemandangan yang ada membuat siapa saja yang mengunjunginya pasti betah berlama-lama di taman ini. Bahkan banyak fotografer yang menjadikan Taman Abirama ini sebagai spot foto lho.

14. Suncity Waterpark

Selain Citra Garden Waterpark, Sidoarjo juga memiliki Suncity Waterpark lho untuk dijadikan tempat wisata bermain air. Bahkan menariknya, Suncity Waterpark ini memiliki wahana mandi busa.

Wah seru yaaa? Anda juga tidak perlu khawatir untuk membawa anak- anak ke Suncity Waterpark karena memang disediakan kolam khusus yang tentunya aman.

15. Pasar Malam Gading Fajar

Wah belum lengkap rasanya ke Sidoarjo tanpa jalan-jalan malam di Pasar Malam Gading Fajar ini.

Di pasar ini Anda akan menemukan banyak barang-barang murah lho, bahkan Pasar Malam Gading Fajar ini disebut-sebut sebagai Malioboro-nya Sidoarjo.

Dari pasar ini juga Anda dapat membeli berbagai pernak-pernik sebagai buah tangan bagi orang-orang tersayang yang menunggu dirumah.

Demikian beberapa rekomendasi tempat wisata di Kabupaten Sidoarjo. Semoga dapat menjadi referensi berwisata Anda. Terima kasih.

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN

Pasal 158 KUHP (Kitab Undang-Undang Hukum Pidana)

Kitab Undang-undang Hukum Pidana (bahasa Belanda: Wetboek van Stafrecht, umum dikenal sebagai KUH Pidana atau KUHP) adalah peraturan perundang-undangan yang…

Ini Trik Tante Erni Goda Mata Pria, Cara Berpakaian Buat Berdecak Kagum

Sosok Tante Ernie terus ditunggu-tunggu kaum adam, penampilan yang disuguhkan membuat mata pria terpana. Kali ini, Tante Ernie tampil menggoda…

Harga Pertalite di Malaysia Cuma Rp Rp6.780, Ini Alasan BBM Murah di Negeri Jiran

Jika di Indonesia BBM tengah jadi polemik nasional, tak demikian halnya di Malaysia. Warga negara Negeri Jiran itu selama ini…

Roro Fitria Syok Berat Lihat Suami Menari-nari Telanjang Bulat di Depan Foto Orang yang Sudah Wafat

Roro Fitria nampaknya syok berat kepada sang suami, Andre Irawan. Roro Fitria sampai tak habis pikir dengan kelakuan Andre. Maka…

15 Tempat Wisata di Tabanan Bali yang Wajib Dikunjungi

Kabupaten Tabanan memang terkenal dengan area persawahannya, tak heran jika 28% dari luas wilayahnya merupakan lahan persawahan. Tanahnya yang subur,…

Rela Tinggalkan Baju Seksi dan Karir Cemerlangnya, Kehamilan Syahrini Mendadak Disinggung oleh Pengacara Hotman Paris, Blak-blakan Sebut Reino Barack Pria Beruntung!

Rela tinggalkan karir dan baju seksi, kehamilan Syahrini mendadak disinggung Hotman Paris. Siapa yang tak kenal dengan artis yang satu…

15 Tempat Wisata di Jakarta Pusat yang Wajib Dikunjungi

Apa yang terlintas dipikiran Anda ketika mendengar Kota Jakarta Pusat ? Selain tentang kemacetan, kesibukan, Jakarta juga memang cukup terkenal…

17 Tempat Wisata di Kabupaten Kendal yang Wajib Dikunjungi

Kendal merupakan sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Tengah. Kendal masuk dalam Wilayah Metropolitan Kedungsapur yang merupakan Wilayah Metropolitan terbesar keempat…

Panas Konflik Rumah Tangga Maia Estianty dan Irwan Mussry Tak Terdengar Sebelumnya, Ibu Dul Jaelani Mendadak Ngaku Pisah Ranjang dari Sang Suami: ‘Itu Normal’

Menikah untuk kedua kalinya usai bercerai dari Ahmad Dhani, Maia Estianty kini sedang bahagia-bahagianya. Maia Estianty diketahui menikah dengan pria…

15 Tempat Wisata di Bangkalan yang Wajib Dikunjungi

Kabupaten Bangkalan memang menjadi salah satu kabupaten yang cukup terkenal, karena jika Anda melintasi Jembatan Suramadu maka Kabupaten Bangkalan adalah…